Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

cara menulis daftar pustaka dari jurnal

Dalam menyusun suatu karya ilmiah, baik tugas kuliah biasa maupun tugas akhir atau skripsi, penting untuk diketahui cara menulis daftar pustaka dari jurnal pada akhir laporan.

Jurnal penelitian yang dijadikan referensi bisa berupa jurnal ilmiah yang berasal dari jurnal nasional maupun internasional. Untuk menulis daftar pustaka dari jurnal, sudah saya tulis berikut ini tapi ada baiknya Anda tahu dulu apa itu daftar pustaka.

Bacaan Lainnya

Apa Itu Daftar Pustaka?

cara menulis daftar pustaka dari jurnal

Ketika menulis sebuah tulisan ilmiah, Anda diharuskan untuk menyajikan tulisan yang berasal dari sumber yang valid. Daftar pustaka adalah daftar yang berisi tentang sumber yang digunakan dalam sebuah penelitian ilmiah.

Oh iya, buat anda yang ingin belanja online, simak ulasan kami mengenai rekomendasi situs jualan online paling laris. Klik saja link yang berwarna Jingga tersebut.

Ada banyak sebutan lain dari daftar pustaka yaitu, referensi, rujukan, pranala atau sumber pustaka. Daftar pustaka biasanya terletak pada halaman paling akhir dari sebuah karya ilmiah.

Menuliskan daftar pustaka dalam tulisan karya ilmiah juga punya banyak manfaat. Misalnya sebagai petunjuk bahwa sumber yang diambil merupakan sember yang valid, memenuhi etika penulisan karya ilmiah.

Sebagai penanda bahwa penulis berterima kasih kepada peneliti sebelumnya dan menunjukkan bahwa Anda mendukung ide dari peneliti tersebut.

Bagaimana? Sudah paham apa itu contoh daftar pustaka, langsung saja kita simak cara menulis daftar pustaka dari jurnal online lengkap beserta contohnya.

Cara Membuat Resume Jurnal Ilmiah

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

Sebelum ke praktek cara menulis daftar pustaka dari jurnal internasional maupun nasional, ada baiknya Anda tahu hal ini dahulu.

Jadi dalam penulisan jurnal, perlu juga memperhatikan bagaimana mencatat kutipan dengan baik. Baik itu dengan cara mengutip kalimat, kata atau mengutip sebuah paragraf.

Setiap kali mengutip, Anda wajib untuk mencantumkan informasi mengenai sumber yang digunakan. Kemudian, bagaimana cara menulis daftar pustaka dari jurnal tersebut? Berikut selengkapnya.

Buat anda yang sedang ingin mencari Peluang Usaha Online Di Tengah Pandemi, silahkan klik tulisan berwarna jingga tersebut.

1. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Dengan Format APA Style:

cara menulis daftar pustaka dari jurnal

Dalam cara menulis daftar pustaka dari jurnal, dimulai dengan Nama akhir pengarang, nama awal. (Tahun penerbitan). Judul artikel. Nama jurnal, volume (edisi jika ada), halaman.

Contoh 1 penulis :

Pelin, Bicen. (2018). Coopetitive innovation alliance performance: Alliance competence, alliance’s market orientation, and relational governance. Journal of Business Research, 79, 23-31.

Huang, X., & Brown, A. (1999). An Analysis and Classification of Problems in Small Business. International Small Business Journal, 18(1), 73.

Baca Juga : Jasa Publikasi Jurnal Nasional

Contoh 2 penulis atau lebih :

Teck, Ming., Alatalo s., & Salo, Jalo. (1998). Recover from a service failure: The differential effects of brand betrayal and brand disappointment on an exclusive brand offering. Journal of Business Research, 4, 126 – 139.

Rouse, J. (1997). Business Research: A Practical Guide for Undergraduate and Postgraduate Students. International Small Business Journal, 15(4), 103+.

Silahkan join grup whatsapp kami, untuk sharing informasi dan pengelolaan jurnal di semua bidang ilmu. Kamu bebas bertanya seputar jurnal dan tentunya gratis ya

Baca Juga : Cara Menganalisis Jurnal Yang Baik dan Benar

2. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal Format MLA Style:

cara menulis daftar pustaka dari jurnal

Untuk cara menulis daftar pustaka dari jurnal menggunakan format MLS Style, dimulai dengan Nama akhir, Nama awal. “Judul artikel”. Nama jurnal, Volume. edisi, Tahun publikasi, p. halaman: Media,. Tanggal akses.

Contoh 1 :

Huang, Xueli, and Alan Brown. “An Analysis and Classification of Problems in Small Business.” International Small Business Journal, vol. 18, no. 1, 1999, p. 73. Gale Academic OneFile, . Accessed 19 Oct. 2020.

Contoh 2 :

Rouse, Julia. “Business Research: A Practical Guide for Undergraduate and Postgraduate Students.” International Small Business Journal, vol. 15, no. 4, 1997, p. 103+. Gale Academic OneFile, . Accessed 19 Oct. 2020.

ingin tahu cara mengurangi plagiasi dengan mudah dan otomatis? Silahkan klik artikel tadi ya.

3. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Format Chicago Style

cara menulis daftar pustaka dari jurnal

Untuk cara menulis daftar pustaka dari jurnal menggunakan format Chicago Style, dimulai dengan Nama pengarang. “Judul jurnal”. Nama Jurnal, volume, (tahun): halaman. Media (tanggal, tahun diakses).

Contoh 1 :

Huang, Xueli, and Alan Brown. “An Analysis and Classification of Problems in Small Business.” International Small Business Journal. 18, no. 1 (1999): 73. Gale Academic OneFile (accessed October 19, 2020).

Contoh 2 :

Stokes, Andrea. “Small and Medium-sized Enterprises and the Environment: Business Imperatives.” International Small Business Journal 19, no. 1 (2000): 100. Gale Academic OneFile (accessed October 19, 2020). .

BACA JUGA : “Tempat Publikasi Jurnal Nasional dan Internasional”

4. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal Format Harvard Style

Daftar Pustaka Format Harvard Style

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal sangat bervariasi. Contoh di halaman ini mungkin tidak cocok dengan gaya yang diterapkan di kampus Anda – harap periksa pedoman penulisan perguruan tinggi untuk memastikan Anda memenuhinya.

1. Referensi Jurnal Cetak

Kutipan ke artikel jurnal harus mencakup hal-hal berikut:

  • Penulis artikel – dengan nama belakang dan inisial
  • Tahun terbit
  • Judul artikel
  • Nama jurnal (miring atau tebal)
  • nomor gulungan
  • Nomor bagian atau masalah
  • Nomor halaman

2. Referensi Jurnal Elektronik

Banyak jurnal elektronik juga memiliki versi cetak. Jika demikian, cukup ikuti instruksi yang diberikan sebelumnya untuk referensi artikel tercetak.

Namun, jika jurnal hanya tersedia secara elektronik, referensi harus memuat informasi berikut:

  • Penulis – memiliki nama belakang dan inisial
  • Tahun terbit
  • Judul artikel
  • Nama jurnal (dicetak miring)
  • [on line]
  • Tempat terbit dan penerbit
  • nomor gulungan
  • Pertanyaan atau nomor bagian
  • Nomor halaman (jika ada)
  • Tanggal Anda melihat artikel secara online
  • URL atau DOI

Contoh Daftar Pustaka Dari Jurnal

Nah, pada bagian ini kami akan memberikanmu sebuah contoh daftar pustaka dari jurnal :

kamu bisa scroll sampai habis!

Jenis Penulisan Sumber Kutipan Daftar Pustaka

Jenis Penulisan Sumber Kutipan

Dalam cara menulis daftar pustaka dari jurnal, perlu kamu ketahui bahwa ada dua cara mengutip sumber tertulis tergantung pada metodenya, yaitu:

1. Cara Menulis Kutipan Langsung

Kutipan langsung adalah tulisan yang mengutip sumber referensi tanpa mengubah kalimat pengarang. Istilahnya sederhana, referensi langsung menggunakan teknik copy-paste artikel. Menurut peraturan American Psychological Association atau APA, pidato langsung dibagi menjadi pidato langsung pendek dan pidato langsung panjang.

Kutipan langsung singkat mengacu pada artikel tidak lebih dari 40 kata. Untuk menulis kutipan langsung yang pendek, letakkan dalam satu paragraf dengan tulisan Anda, dan sertakan tanda kutip. Hal ini bertujuan untuk dapat membedakan antara tulisan dan kutipan Anda dari milik orang lain. Tulis sumbernya di dekat kutipan yang Anda tulis.

2. Cara Menulis Kutipan Tidak Langsung

Dalam hal ini, penulis bermaksud bahwa seluruh kalimat sumber referensi tidak dikutip, tetapi penulis menulis kalimat itu sendiri. Kutipan tidak langsung, atau parafrase seperti yang umum dikenal, umumnya tidak memerlukan nomor halaman dari sumber yang dikutip.

Namun, American Psychological Association atau APA merekomendasikan penulisan nomor halaman untuk referensi. Jika menurut Anda mencantumkan nomor halaman akan membantu pembaca karya ilmiah Anda, tidak ada salahnya untuk menuliskan nomor halaman. Lebih baik lagi, diskusikan hal ini dengan supervisor atau mentor Anda.

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal Secara Otomatis

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal Secara Otomatis

Nah, pada bagian ini kami akan memberikanmu 3 macam cara menulis daftar pustaka dari jurnal secara otomatis. Silahkan simak poin-poin di bawah ini :

a. Dengan Microsoft Word

Dengan Microsoft Word

Bibliografi juga dapat dibuat secara otomatis menggunakan aplikasi bawaan Microsoft Word tanpa harus menginstal aplikasi tersebut di perangkat komputer Anda. Berikut langkah-langkah cara menulis daftar pustaka dari jurnal dengan bantuan Microsoft Word :

  1. Langkah pertama adalah membuka Microsoft Word, klik Referensi, dan arahkan kursor ke Sisipkan Kutipan.
  2. Klik Tambahkan Sumber Baru.
  3. Catat data terkait sumber seperti jenis sumber (buku, artikel, atau berita), penulis, judul, tahun, lokasi, penerbit, dan bahasa, lalu klik OK jika semuanya sudah selesai. Di bagian ini, Anda harus memasukkan sumber secara manual. Secara manual, karena Microsoft Word tidak menggunakan metadata seperti aplikasi kutipan lainnya.
  4. Masukkan semua sumber yang ingin Anda kutip secara tertulis, lalu masuk ke Kelola Sumber dan pilih Buku/Artikel/Berita yang akan dikutip nanti.
  5. Setelah Kelola Sumber selesai, klik Sisipkan Kutipan untuk menulis dan mengutip sumber, itu akan menunjuk ke sumber buku/artikel/berita yang dikelola sebelumnya.
  6. Setelah sitasi selesai, saatnya memasukkan daftar pustaka secara otomatis. Lakukan ini di bilah alat yang sama, lalu klik Gaya untuk memastikan gaya kutipan mana yang digunakan,
  7. Kemudian klik Bibliography dan gunakan Microsoft Word untuk membuat bibliography dan selesai.

b. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal Dengan Aplikasi Mendeley

Dengan Aplikasi Mendeley

Mendeley adalah aplikasi yang secara otomatis menghasilkan kutipan, daftar pustaka, dan daftar pustaka. Secara umum aplikasi ini sangat membantu bagi anda yang sedang menulis karya ilmiah, disertasi, disertasi ataupun buku karena anda tidak perlu repot menulis daftar pustaka secara manual.

Berikut langkah-langkah cara menulis daftar pustaka dari jurnal menggunakan aplikasi Mendeley :

Sumber: mendeley.com

  1. Untuk menggunakan aplikasi ini, unduh di mendeley.com dan instal di komputer atau laptop Anda. Jangan lupa untuk memasang plug-in untuk Microsoft Word dan browser Internet agar dapat melakukan sitasi (referensi) secara otomatis.
  2. Jika add-in berhasil diinstal, fitur Mendeley akan muncul di Microsoft Word Anda, tepat di Menu Referensi. Langkah selanjutnya adalah mendaftar akun sehingga Anda dapat menyinkronkan saat terbuka dalam mode online.
  3. Setelah instalasi dan pendaftaran akun selesai, Anda dapat menggunakan fungsi Mendeley.
  4. Sebelum membuat daftar pustaka, pastikan terlebih dahulu mengunduh buku dan artikel dari perpustakaan online, Google Cendekia, dan portal berita untuk memasukkan dokumen dan metadata ke dalam aplikasi Mendeley.
  5. Untuk mengimpor metadata dan file ke Mendeley, Anda cukup mengklik Add File untuk memilih file yang ingin Anda kutip, dan menunggu Mendeley membaca metadata, setelah itu buku atau artikel Anda akan muncul di Perpustakaanku Mendeley dan Bersiaplah dikutip.
  6. Langkah selanjutnya adalah proses sitasi, buka artikel anda di Microsoft Word dan pastikan sumbernya sudah ada di My Mendeley Library. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah memilih Referensi, kemudian pada Insert Citation Toolbar, setelah itu akan muncul kotak dialog Mendeley, lalu pilih artikel yang ingin Anda kutip di My Library, dan klik OK.
  7. Setelah sitasi selesai, saatnya membuat daftar pustaka, sekarang tidak akan kesulitan lagi karena dengan Mendeley, pembuatan daftar pustaka dilakukan secara otomatis. Langkah pertama adalah memastikan kursor Anda berada di akhir tulisan Anda atau di bab daftar pustaka.
  8. Kemudian klik References pada toolbar Mendeley, lalu Insert Bibliography, dan selamat atas automatic bibliography Anda.

c. Dengan Aplikasi Zotero

Dengan Aplikasi Zotero

Menggunakan zotero sebagai aplikasi add-on untuk sitasi dan daftar pustaka sama dengan menggunakan Mendeley, install lalu register, dan install plugin di office untuk menghubungkan Zotero dan Microsoft Word.

Aplikasi Zotero tidak hanya digunakan untuk mengutip dokumen, tetapi juga untuk film, video, musik, dan berita.

Zotero digunakan atas dasar yang sama dengan Mendeley, yaitu menggunakan Metadata, akan lebih mudah jika metadata yang akurat tersedia saat mengunduh sumbernya. Jika kurang tepat dapat dikoreksi secara manual agar bibliografi Anda sesuai.

Berikut langkah-langkah cara menulis daftar pustaka dari jurnal menggunakan aplikasi Zotero :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mengutip dan membuat daftar pustaka adalah dengan menggunakan Add Item untuk memasukkan sumber buku/artikel/berita ke dalam aplikasi Zotero, kemudian arahkan ke file sumber yang telah diunduh sebelumnya.
  2. Kutip dengan memilih Zotero, lalu klik Tambah Kutipan dan arahkan ke sumber yang diinginkan.
  3. Buat bibliografi dengan mengklik Add/Edit Bibliography untuk melengkapi waktu sitasi. Pastikan kursor berada di posisi terakhir atau di bab daftar pustaka.

Tambahan : Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

Cara Menulis Daftar Pustaka

Tidak lengkap rasanya kalau hanya membuat tutorial cara menulis daftar pustaka dari jurnal saja, berikut beberapa membuat daftar pustaka dari sumber lain.

1. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku

Jika dilihat-lihat, cara menulis daftar pustaka dari jurnal cukup berbeda dengan dari buku. Nah, baiklah langsung saja berikut ini beberapa cara membuat daftar pustaka dari buku :

Nama Belakang, Nama Depan. (Tahun). Judul Buku. Kota: Penerbit Buku.

Contoh: Hirata, Andrea. (2006). Sang Pemimpi. Yogyakarta: Bentang.

Berikut penjelasan komponen-komponennya:

a. Nama penulis

Tulis nama belakang penulis terlebih dahulu, lalu koma dan huruf pertama dari nama depan. Jika buku memuat judul pengarang, maka judul tersebut tidak perlu dicantumkan dalam daftar pustaka.

Contoh:

Lestari, Dewi.

Jika dua atau lebih nama penulis tercantum dalam referensi, hanya nama penulis pertama yang dibalik, dan sisanya tidak diperlukan. Jangan lupa tambahkan “dan” di antara penulis kedua dan ketiga.

Contoh: Lestari, Dewi dan Selo Soemardjan.

Lestari, Dewi. Marta Susilo., dan Selo Soemardjan.

Jika penulis buku referensi yang Anda gunakan lebih dari tiga penulis, tulis nama penulis pertama terbalik dan tambahkan ‘dkk’ (dan kawan-kawan).

Contoh: Lestari, Dewi dkk.

Oh iya, bagi anda yang sedang ingin mencari jasa desain rumah khususnya daerah Sidoarjo dan Surabaya, silahkan simak artikel kami sebelumnya.

b. Tahun terbit

Setelah menulis nama penulis, tulis tahun penerbitan buku yang Anda gunakan sebagai referensi, diikuti dengan tanda kurung buka dan tutup.

Contoh: Hirata, Andrea. (2006).

c. Judul buku

Setelah menulis nama pengarang dan tahun terbit, tuliskan judul buku yang digunakan. Ingatlah untuk menulis dalam huruf miring atau miring.

Contoh: Hirata, Andrea. (2006). Sang Pemimpi.

d. Tempat terbit

Tuliskan tempat penerbitan buku yang Anda gunakan sebagai referensi, dan tambahkan titik dua setelahnya.

Contoh: Hirata, Andrea. (2006). Sang Pemimpi. Yogyakarta:

e. Nama penerbit

Urutan terakhir daftar pustaka untuk menulis buku adalah nama penerbit.

Bagi Anda yang ingin mengasah kemampuan bermarketing, berikut 100 Strategi Marketing yang wajib anda baca. Silahkan klik tulisan berwarna jingga tersebut.

Contoh: Hirata, Andrea. (2006). Sang Pemimpi. Yogyakarta: Bentang.

2. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Skripsi, Disertasi, Tesis Atau Karya Ilmiah Lain

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Skripsi

Ingat ya cara menulis daftar pustaka dari jurnal itu berbeda dengan yang satu ini. Cara menyusun daftar pustaka dari karya tulis atau laporan ilmiah dengan urutan sebagai berikut: nama belakang dan inisial penulis. (Tahun tesis).

Judul tesis ditulis italic. (Award, institusi, tahun). Jangan lupa untuk menyertakan ‘diakses dari’ dan url yang diakses. Contoh: situs judi slot online terbaik dan terperca merupakan agen slot online resmi deposit pulsa

Sandy, A. (2009). Cheaper to Fly than hire a car in Brisbane. (Disertasi Doktoral, University of Queensland,2008) Diakses dari http://espace.library.uq.edu.au/UQ:1587477

Bagi anda yang sedang mencari Jasa Penulis Artikel SEO Murah Berkualitas, Anda bisa langsung kunjungi website tersebut dengan cara klik link berwarna jingga.

3. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal Internet Atau Website

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Sebenarnya saya sudah pernah menulis secara lengkap seputar cara menulis daftar pustaka dari internet, tapi supaya lebih jelas saya akan jelaskan kembali.

Seperti halnya dari buku, cara menulis daftar pustaka dari jurnal juga cukup berbeda jika dilakukan dari internet.

Jika Anda mendapatkan referensi dari situs Internet atau halaman web, silakan tulis daftar pustaka sebagai berikut: Penulis, orang, dan organisasi halaman. (Tahun halaman dibuat atau direvisi). Judul halaman ditulis miring. Tanggal, bulan, hari, dan tahun kunjungan dari situs web.

Jika halaman web terdapat nama penulis, daftar pustaka ditulis seperti contoh berikut.

Contoh:

Atherton, J. (2005). Behaviour Modification. Diakses pada 5 Februari 2018, dari http://www.learningandteaching.info/learning/behaviour_mod.html

Jika terdapat nama institusi sebagai penulis, daftar pustaka ditulis seperti berikut.

Contoh:

Queensland health. (2008). Health Starts in life. Diakses pada 1 Maret 2017, dari http://www.health.qld.gov.au/ph/documents/saphs/hsil_ful_doc.pdf.

Jika halaman tidak memiliki nama penulis atau organisasi, segera tulis judul di awal, diikuti tahun halaman dibuat..

Contoh:

Behaviour Modification. (2005). Diakses pada 5 Februari 2018, dari http://www.learningandteaching.info/learning/behaviour_mod.html

Jika Anda mendapatkan referensi dari media lain (seperti podcast), silakan tulis daftar pustaka sebagai berikut: Penulis. (tahun bulan hari). Judul, [Jenis Media]. Tanggal kunjungan, tahun kunjungan, URL.

Contoh:

Al Zaabi, M. (Producer) & Bjarnesen, T. (Presenter). (2006, November 7). Diabetes in the elderly. [Podcast radio program]. Sydney: ABC Radio National. Diakses pada 11 Februari 2015, dari http://www.abc.net.au/hn/talks/

4. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Hasil Wawancara

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Wawancara

Ketika Anda menggunakan wawancara yang tidak dipublikasikan sebagai sumber pekerjaan penelitian, harap sertakan referensi dalam catatan kaki. Cara menulis daftar pustaka dari jurnal dan dari sumber ini berbeda ya, selengkapnya dibawah ini.

Jangan lupa untuk menuliskan nama pewawancara. Jika Anda melakukan wawancara sendiri, harap tuliskan nama pewawancara dan lampirkan ‘oleh penulis’.

Contoh:

Nellie Melba, diwawancarai oleh Albert Smith, September 1924, Oral History Archive, National Library, Australia.

Oh iya, bagi anda yang sedang mencari rekomendasi souvenir, anda bisa langsung kunjungi Souvenir Promosi Bali. Silahkan klik saja tulisan berwarna jingga tersebut.

5. Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Musik, Video Dan Audio

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Musik

a. Untuk penggunaan musik, video dan audio, daftar pustaka ditulis sebagai berikut:

Contoh:

Mozart, Wolfgang Amadeus. Sonatas and Fantasies for the Piano. Prepared from the autographs and earliest printed sources by Nathan Broder. Rev. Ed. Bryn Mawr, PA: Theodore Presser, 1960.

b. Jika menggunakan video dari internet, tuliskan tanggal video dipublikasi beserta panjangnya durasi video dan URL video. Dari contoh di bawah, ‘5.42’ menandakan durasi video.

Contoh:

South LanarkshireTV. “In Focus: Forest Kindergarten.” YouTube video, 5:42. August 13, 2010. https://www.youtube.com/watch?v =g8WWrRzf7ZU&list=TLEXvO6QPFaLk

c. Untuk penggunaan audio dari internet, sertakan tanggal diaksesnya audio, URL audio dan durasi panjangnya audio.

Contoh:

“Allegro Molto Appassionato,” Violin Concerto in E minor, Op. 64. Dimainkan oleh Franziska Früh (violin) with the Fulda Symphony Orchestra, Grosser Saal der Orangerie Fulda, March 18, 2001, 13 min., 27 sec. https:// commons .wikimedia.org /wiki/File: Felix_Mendelssohn__Violinkonzert_e-moll _1._Allegro_molto_appassionato.ogg.

Silahkan join grup whatsapp kami, untuk sharing informasi dan pengelolaan jurnal di semua bidang ilmu. Kamu bebas bertanya seputar jurnal dan tentunya gratis ya.

Selain itu, ada penjelasan lebih detail lagi mengenai cara menulis daftar pustaka dari jurnal.

Penulisan Sumber Kutipan

Penulisan Sumber Kutipan

Berdasarkan caranya, untuk mengutip sebuah sumber tulisan bisa dibagi menjadi dua cara yaitu:

1. Cara Menulis Kutipan Langsung

Kutipan langsung adalah tulisan yang mengutip sumber yang dirujuk tanpa mengubah kalimat penulisnya. Istilahnya sederhana, referensi langsung menggunakan teknik copy-paste artikel. Menurut peraturan American Psychological Association atau APA, pidato langsung dibagi menjadi pidato langsung pendek dan pidato langsung panjang.

Kutipan langsung singkat mengacu pada artikel tidak lebih dari 40 kata. Untuk menulis kutipan langsung yang pendek, letakkan dalam satu paragraf dengan tulisan Anda, dan sertakan tanda kutip. Hal ini untuk membedakan mana tulisan dan kutipan Anda dari orang lain. Tulis sumbernya di dekat kutipan yang Anda tulis.

Kutipan langsung panjang adalah kutipan lebih dari 40 kata atau biasa dikenal dengan kutipan blok. Cara menulis kutipan langsung adalah dengan membuat paragraf baru dengan kalimat yang sedikit menjorok ke kanan, tanpa tanda kutip, namun tetap menggunakan jenis font yang sama dengan tulisan Anda. Ini untuk membedakan karya mana yang Anda kutip dan karya Anda sendiri.

Ingat, mengutip sebuah artikel tidak hanya untuk mendukung ide tulisan Anda, tetapi juga dapat digunakan untuk menunjukkan bahwa beberapa penulis tidak setuju dengan ide Anda atau memiliki pandangan yang berbeda tentang ide Anda.

Contoh kutipan langsung:

“perempuan harus memiliki ruang dan uang untuk dirinya sendiri” (Hadid, 2002, h. 3)

2. Cara Menulis Kutipan tidak Langsung

Dalam hal ini, penulis bermaksud bahwa seluruh kalimat sumber referensi tidak dikutip, tetapi penulis menulis kalimat itu sendiri. Kutipan tidak langsung, atau parafrase seperti yang umum dikenal, umumnya tidak memerlukan nomor halaman dari sumber yang dikutip.

Namun, American Psychological Association atau APA merekomendasikan penulisan nomor halaman untuk referensi. Jika menurut Anda mencantumkan nomor halaman akan membantu pembaca karya ilmiah Anda, tidak ada salahnya untuk menuliskan nomor halaman. Lebih baik lagi, diskusikan hal ini dengan supervisor atau mentor Anda.

Contoh kutipan tidak langsung:

Hal ini dikemukakan oleh Goffman (1951) yang berpendapat bahwa laki-laki cenderung memilih pasangan yang memiliki status sosial yang sama dengannya.

Atau bisa juga dengan cara : Pada tahun 1950, Goffman melakukan penelitian tentang keterkaitan antara laki-laki dengan status sosial.

Manfaat Dan Tujuan Daftar Pustaka

Cara membuat daftar pustaka dari jurnal punya tujuan yaitu menguatkan tulisan ilmiah. Maka dari itu, ketika mengutip sebuah tulisan jangan lupa untuk memberikan dan menulis sumbernya. Hal ini juga supaya menghindari tuduhan plagiasi.

Selain untuk menghindari plagiat, menuliskan daftar pustaka juga berguna untuk menghargai penulis yang menjadi sumber acuan dalam penulisan karya ilmiah.

Dengan begitu, Anda bisa mengakui bahwa ide atau kutipan yang Anda tulis berasal dari pemikiran orang lain.

Tujuan dari cara menulis daftar pustaka dari jurnal lainnya adalah membantu pembaca lainnya mengetahui lebih dalam sumber kutipan karya ilmiah yang ditulis.

Karena banyak pembaca yang ingin menelusuri informasi lebih lanjut mengenai sumber bacaan dari sebuah karya ilmiah.

Nah, teruntuk kamu yang ingin mengetahui cara mendapatkan uang dari trading Quotex, silahkan klik link berwarna biru tersebut.

Cara Membuat Daftar Pustaka

Cara Membuat Daftar Pustaka

Daftar referensi dibuat di akhir karya ilmiah Anda yang menguraikan semua sumber yang telah Anda referensikan dalam tulisan Anda.

Kadang-kadang, Anda juga dapat mengetahui cara menulis daftar pustaka dari jurnal yang merupakan sebuah daftar yang lengkap dari semua sumber yang dikonsultasikan saat meneliti tugas Anda, baik yang dirujuk dalam karya atau tidak.

Bibliografi juga dapat berupa karya terpisah, mencantumkan sumber yang diterbitkan tentang topik tertentu.

Tips Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal Online

cara menulis daftar pustaka dari jurnal

Berikut ini tips dari kami dalam cara menulis daftar pustaka dari jurnal. Silahkan simak beberapa poin di bawah ini :

  • Klasifikasikan sumber atau referensi berdasarkan kategori, Misal dimulai dari referensi kategori buku, kategori jurnal, kategori majalah, kategori surat kabar, kategori jurnal online dan lain sebagainya. Dengan ini Anda bisa lebih fokus mengerjakan daftar pustaka berdasarkan kategori karena masing-masing kategori memiliki format yang tidak jauh berbeda.
  • Setelah melakukan klasifikasi selanjutnya urutkan masing-masing sumber berdasarkan abjad, Ini memudahkan Anda saat mulai menuliskan daftar pustaka. Di samping itu juga memudahkan Anda saat menyusun daftar pustaka secara keseluruhan.
  • Langkah terakhir adalah menuliskan daftar pustaka sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan disesuaikan dengan masing-masing kategori sumber.

ARTIKEL MENARIK : “Cara publikasi jurnal nasional dan internasional”

Bagaimana sobat publikasi, Apakah masih bingung cara menulis sitasi dan daftar pustaka ?

Kini publikasi indonesia menyediakan jasa yang bisa membantu mahasiswa atau dosen dalam mensitasi atau daftar pustaka dengan rapih dan sesuai ketentuan bidang ilmu. info lebih lengkap bisa cek pada flayer di bawah ini yah atau bisa langsung hubungi kontak nya untuk konsultasi. klik di sini

Prinsip Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

Terdapat banyak bentuk prinsip penulisan daftar pustaka, biasanya tergantung dari aturan yang disepakati suatu lembaga pendidikan tersebut.

Berikut adalah prinsip-prinsip yang umum digunakan ketika melakukan cara menulis daftar pustaka dari jurnal.

  • Penulisan nama harus dibalik dan dipisah dengan tanda koma dan nama depan cukup ditulis dengan huruf pertama. Jika nama terdiri atas tiga kata atau lebih maka penulisan dimulai dari nama terakhir diikuti dengan singkatan dari nama pertama ke belakang. Kadang ada lembaga yang menerapkan penulisan nama tidak dipisah dengan tanda koma. Lebih lengkapnya perhatikan contoh dibawah.
  • Penulisan nama pengarang tanpa menggunakan gelar(akademik, keturunan, dan agama).
  • Bila penulisannya lebih dari satu orang pengarang gunakan tanda koma untuk memisahkannya.
  • Penulisan Judul buku dicetak miring tetapi judul artikel tidak.
  • Judul buku setiap awal kata menggunakan huruf kapital, kecuali kata tugas.
  • Judul artikel ditulis dengan huruf kecil, kecuali huruf awalnya.
  • Daftar pustaka disusun berdasarkan alfabet.
  • Jarak (spasi) antara satu referensi (satu judul) dengan referensi (judul lain) sesuai dengan jarak (spasi) makalah atau skripsi (1,5-2).
  • Sambungan referensi diketik dengan cara menjorok ke dalam 5-7 ketukan dan spasi rapat (tunggal 1).
  • Jika dari seorang penulis, digunakan beberapa rujukan, nama penulis cukup dicantumkan satu kali. Selanjutnya nama penulis diganti dengan garis (tanda pisah 3M).

Cara Menerbitkan Jurnal Ilmiah

Akhir Kata

Demikianlah cara menulis daftar pustaka dari jurnal online baik nasional maupun internasional scopus lengkap beserta contohnya. Apabila ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar.

Terimakasih

Referensi : venostech.com, penerbitdeepublish.com, gramedia.com dan bunehaba.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 Komentar

    1. betul banget kak, memang cukup sulit untuk bisa tembus ke Q2. Tapi, tenang kak, kami siap kok mendampingi kakak agar naskah jurnal kakak bisa tembus ke Q2.
      Kakak juga bisa konsultasikan terlebih dahulu kepada Tim Ahli kami melalui nomor +6285795639166. Sesi konsultasi ini gratis kok. Kami tunggu kabar baiknya yah kak!