Cara Mengecek Sinta Jurnal

Banyak yang tidak tahu cara mengecek sinta jurnal, padahal melakukan publikasi artikel ilmiah sudah menjadi syarat wajib untuk lulus dari pendidikan tinggi. Salah satu syarat lulus baik itu S1 sampai S3 adalah publikasi di Jurnal Ilmiah terakreditasi.

Bahkan, khusus S3 harus jurnal internasional bereputasi misalnya scopus. Sedangkan untuk S2 adalah jurnal ilmiah nasional terakreditasi SINTA.

Yang paling mudah tentunya adalah untuk S1 yaitu jurnal nasional online, biasanya hanya sampai terindeks copernicus.

Kali ini saya akan membahas tentang jurnal nasional terakreditasi, khususnya bagaimana cara mengecek sinta jurnal.

Ingin Publikasi Jurnal Sinta Terbit Bulan Ini? Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Apa Itu Sinta?

Cara Mengecek Sinta Jurnal

Cara Mengecek Sinta Jurnal – SINTA (Science and Technology Index) adalah penelitian berbasis web yang dibangun untuk mengukur kinerja peneliti, institusi, dan jurnal ilmiah yang ada di Indonesia.

Jurnal yang terindex sinta adalah jurnal yang sudah terkreditasi oleh sistem akreditasi ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional) yang dikelola Ristekbrin.

Langsung saja kita akan bahas bagaimana cara mengecek sinta jurnal dan arjuna yang sesuai dengan tema artikel kali ini.

Cara Mengecek Sinta Jurnal dan Jurnal Terakreditasi

Dibawah ini saya akan memberikan 2 cara untuk mengeceknya jurnal terakreditasi, silahkan pilih cara mana yang paling mudah menurut kamu.

1. Cara Mengecek Sinta Jurnal Di Website Resminya

1. pertama, silahkan buka situs sinta di url: https://sinta.kemdikbud.go.id/. Kemudian masuk ke navigasi utama (paling atas) ke bagian “SOURCES”, lalu klik “JOURNALS”.

2. Selanjutnya cari jurnal pada kolom pencarian, jika Kamu mempunyai punya nama jurnal silahkan langsung ketik nama jurnal itu lalu klik tombol pencarian. Kalau belum, silakan klik tombol “Filter”.

3. nah pada pencarian ini, kamu bisa mencari jurnal ilmiah sesuai dengan bidang kamu. Ada sepuluh bidang pengelompokan yang bisa kamu pilih bagian subject ini, Yaitu: kesehatan, sains, pendidikan agama, ekonomi, kemanusiaan, agrikultur, seni, sosial, dan mesin.

filter rumpun ilmu jurnal sinta

4. Kali ini saya mencontohkan untuk memilih bidang pendidikan. Setelah dipilih silakan langsung klik tombol “Search”. Kotak lainnya biarkan kosongkan, tidak apa apa.

5. Gambar berikut ini adalah hasil pencarian jurnal terakreditasi di bidang pendidikan. Silakan pilih hasil pencarian ini untuk mencari target jurnal Sinta berapa yang akan Kamu tuju boleh 1, 2, 3, 4 atau yang lainnya.

6. Misalkan seperti ini, yaitu jurnal pendidikan yang terakreditasi di Sinta 4.  

            

7. Silakan klik salah satu nama jurnal, untuk dapat info lebih detail dari jurnal itu. Untuk ke jurnal yang Kamu pilih tadi silakan klik tombol “Website” pada bagian bawah nama penerbitnya.

Bagaimana? sangat mudah bukan cara mengecek sinta jurnal tadi? semoga paham ya.

Bagaimana? Mudah sekali bukan cara mengeek sinta jurnal berusan? Semoga bermanfaat untuk kamu yah.

Bagi

Ingin Publikasi Jurnal Sinta Terbit Bulan Ini? Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Jasa Publikasi Jurnal Sinta

2. Cara Mengetahui Jurnal yang Terakreditasi di Arjuna

Setelah membahas cara mengecek sinta jurnal, tidak lengkap rasanya kalau tidak membagikan cara mengetahui jurnal terakreditassi lewai Arjuna.

1. Kunjungi website Arjuna Ristekbrin di https://arjuna.kemdikbud.go.id/

2. Klik Lihat Daftar Jurnal

cara mengecek sinta jurnal

3. ketikkan nama jurnalnya pada bagian pencarian, lalu tekan enter.

4. Klik Histori Akreditasi, untuk melihat riwayat akreditasinya.

cara mengecek sinta jurnal

5. Lihat masa berlaku akreditasinya.

cara mengecek sinta jurnal

Pastikan Kamu melihat bahwa jurnal tersebut masih terakreditasi sampai sekarang.

Jika melalui website Arjuna dirasa masih terlalu ribet dan kurang jelas informasinya. Saya sarankan untuk melihatnya melalui website SINTA dengan cara yang pertama.

Ingin Publikasi Jurnal Sinta Terbit Bulan Ini? Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Artikel terkait : “Contoh Jurnal Harian Guru Sd K13

Cara Upload Jurnal di Sinta

Cara Mengecek Sinta Jurnal – Untuk cara submit jurnal di sinta itu sangat mudah sekali, untuk selengkapnya kamu bisa baca pembahasan berikut.

  • Masuk ke website sinta ristekdikti
  • Pilih Registration

-Isi data-data yang diminta :
1. Status : Pilih Lecturer, dan
2. NIDN : ketik NIDN yang dimiliki
3. Nama lengkap : ketik dengan nama sesuai dengan id Google Scholar atau nama yang sering digunakan dalam penulisan artikel/jurnal
4. Afiliation : ketik nama universitas, maka secara otomatis akan muncul
nama universitas yang dimaksud dibagian bawah, misalnya ketik Sam
Ratulangi. Langkah selanjutnya adalah klik nama universitas yang
dimaksud.
5. Academic grade : pilih jabatan fungsional yang dijabat saat ini
6. ID Card Number : ketik nomor KTP
7. E-mail : ketik alamat e-mail pribadi (disarankan e-mail yang berasal dari universitas, misalnya [email protected])
8. Password : masukkan password yang akan digunakan dalam login ke
sintaristekdikti
9. Confirm password : ulangi password yang dimasukkan dalam baris password
10. Google Scholar URL : dalam bagian ini terdapat beberapa tahap, yaitu :
– Buka tab yang baru pada browser dan masuk ke website Google Scholar
– Sign in ke Google Scholar dengan menggunakan e-mai pada nomor 7 diatas
– Copy dan paste URL Google Scholar yang dimaksud ke website sintaristekdikti seperti berikut ini :
11. Scopus ID : ketik Scopus ID jika telah melakukan publikasi pada jurnal bereputasi.
12. Klik Register
13. Sign in ke e-mail (yang diketik pada nomor 7), lihat e-mail dari sintaristekdikti, dan ikuti instruksi yang diberikan.

Sumber : lppm.unsrat.ac.id

Baca Juga : Website Submit Jurnal ilmiah Nasional & Internasional Gratis

Tempat Publikasi Jurnal Sinta Cepat Terbit Setiap Bulan

Ingin tahu dimana tempat submit jurnal sinta yang cepat terbit? Untuk informasi selengkapnya, silahkan konsultasi gratis dengan klik link dibawah ini.

Daftar Jurnal Terindeks SINTA, Terbaru 2023

Berikut daftar jurnal yang terindeks SINTA baik itu sinta 1, 2, 3, 4, 5, bahkan 6. Selengkapnya saya berikan listnya:

NoJournal NameImpact H5-IndexCitations (5 Years)H-IndexCitations
1Journal on Mathematics EducationUniversitas Sriwijaya | ISSN : 24070610 | PISSN : 24070610S1   10.41344481364766
2International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE)Institute of Advanced Engineering and Science (IAES) | ISSN : 26205440 | PISSN : 22528822EducationS1   8.83242851262980
3Indonesian Journal of Science and TechnologyUniversitas Pendidikan Indonesia | ISSN : 25278045 | PISSN : 25278045Science SocialS1   7.57181195181195
4Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)Universitas Negeri Semarang | ISSN : 20894392 | PISSN :EducationS1   7.51468150478693
5Makara Journal of ScienceUniversitas Indonesia | ISSN : 23560851 | PISSN :ScienceS1   6.5222451273491
6International Journal of Electrical and Computer EngineeringInstitute of Advanced Engineering and Science (IAES) | ISSN : 20888708 | PISSN :Science EngineeringS1   6.2833157733617863
7TELKOMNIKA (Telecommunication Computing Electronics and Control)Universitas Ahmad Dahlan | ISSN : 16936930 | PISSN : 23029293Science EngineeringS1   5.672894803612261
8QIJIS (Qudus International Journal Of Islamic Studies)STAIN Kudus | ISSN : 24769304 | PISSN : 24769304Education ReligionS1   5.031143911445
9IJoLE: International Journal of Language EducationUniversitas Negeri Makassar | ISSN : 25488465 | PISSN : 25488457Humanities Education Art SocialS1   4.671034810349
10Indonesian Journal of Islam and Muslim SocietiesIAIN Salatiga | ISSN : 2406825x | PISSN : 20891940Humanities Art ReligionS1   4.531791317943

Diatas saya hanya berikan 1-10 saja, untuk selebihnya kamu bisa kunjungi link ini.

Call For Paper Jurnal Sinta Publish Bulan Ini, Fast Track & LoA 3 Hari

Berikut daftar jurnal sinta 2, 3, dan 5 Publish Fast Track dan LOA 1 Hari ready.

Bagi kamu yang tertarik dengan call for paper di atas, kamu bisa hubungi kami melalui Whatsapp di bawah ini :

Silahkan join grup whatsapp kami, untuk sharing informasi dan pengelolaan jurnal di semua bidang ilmu. Kamu bebas bertanya seputar jurnal atau daftar pustaka jurnal dan tentunya gratis ya

Cara Mengetahui Jurnal Terakreditasi

Cara Mengecek Sinta Jurnal – Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa langkah penting untuk mengetahui apakah suatu jurnal telah terakreditasi.

1. Mengecek Basis Data Jurnal Terpercaya

Langkah pertama adalah memeriksa basis data jurnal terpercaya seperti Scopus, Web of Science, dan DOAJ (Directory of Open Access Journals). Basis data ini sering memberikan informasi tentang status akreditasi jurnal, serta parameter lain seperti faktor dampak dan indeksasi.

2. Periksa Laman Resmi Jurnal

Kunjungi laman resmi jurnal yang ingin Anda pertimbangkan. Jurnal-jurnal terakreditasi biasanya akan mencantumkan informasi tentang status akreditasi mereka, entitas yang memberikan akreditasi, dan kriteria yang digunakan.

3. Cek Daftar Jurnal Akreditasi

Beberapa lembaga akreditasi memiliki daftar jurnal yang telah diakreditasi. Periksa daftar ini untuk memastikan apakah jurnal yang Anda pertimbangkan termasuk di dalamnya. Misalnya, DIKTI di Indonesia memiliki daftar jurnal terakreditasi.

4. Kriteria Akreditasi

Ketahui kriteria yang digunakan oleh lembaga akreditasi untuk memberikan status akreditasi pada jurnal. Biasanya, faktor seperti kualitas editorial, proses peer review, dampak penelitian, dan reputasi jurnal menjadi pertimbangan.

5. Konsultasi dengan Rekan Peneliti

Berkomunikasi dengan rekan peneliti atau sesama penulis untuk mendapatkan informasi tentang jurnal-jurnal terakreditasi yang telah mereka gunakan. Pengalaman dari individu lain dapat memberikan pandangan yang berharga.

6. Tinjau Konten dan Penulis

Tinjau konten yang dipublikasikan dalam jurnal tersebut. Jurnal terakreditasi biasanya memiliki standar kualitas tinggi dan penelitian yang berkualitas. Selain itu, perhatikan juga siapa penulis yang sering berkontribusi, karena penulis yang memiliki reputasi baik juga dapat menjadi indikator kualitas jurnal.

7. Perhatikan Proses Review

Proses review jurnal terakreditasi cenderung ketat dan ketat. Jika jurnal memiliki proses review yang transparan, ketat, dan mematuhi standar etika, ini mungkin merupakan pertanda positif.

Ingin Publikasi Jurnal Sinta Terbit Bulan Ini? Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Fungsi Database SINTA

Fungsi Jurnal Sinta yang dirilis dan dipublikasikan kepada komunitas ilmiah memiliki beberapa tujuan penting untuk meningkatkan kualitas publikasi di perguruan tinggi Indonesia. Berikut ini adalah fungsi-fungsinya:

1. Platform penerbitan online

Selain sebagai database daftar jurnal nasional terakreditasi di Indonesia, Sinta juga berfungsi sebagai media bagi dosen atau peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Melalui Sinta, dosen dapat dengan mudah mengelola publikasi jurnal secara mandiri, karena setiap dosen yang memiliki akun terverifikasi di Sinta dapat menggunakan fitur tersebut untuk mempublikasikan jurnalnya. Dengan cara ini jurnal-jurnal tersebut akan masuk ke database Sinta dan dapat didaftarkan ke ARJUNA untuk proses akreditasi.

2. Evaluasi Kinerja Jurnal

Fungsi Jurnal Sinta lainnya adalah untuk menilai kinerja jurnal nasional yang diterbitkan oleh seluruh dosen dan peneliti di Indonesia. Melalui koneksi dengan Google Scholar dan Scopus serta dilengkapi fitur sitasi dan penilaian, Sinta memungkinkan digunakan untuk melacak hasil publikasi dosen dan peneliti.

Selain itu, jurnal Sinta juga membagi kategori seperti Sinta 1 hingga 6 berdasarkan tingkat akreditasi tertinggi hingga terendah. Hal ini memberikan peluang bagi para dosen dan peneliti untuk terus meningkatkan kualitas publikasinya hingga dapat mencapai kategori Sinta 1 atau S yang menandakan akreditasi antara A dan B.

Dengan adanya jurnal Sinta, kualitas jurnal sudah terbukti dan memberikan referensi jurnal nasional yang berkualitas kepada masyarakat serta mendorong para dosen untuk meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiahnya.

Akhir Kata

Demikianlah cara mengecek sinta jurnal dengan mudah kamu lakukan. Kelemahan dari sistem pencarian sinta adalah begitu banyak jurnal yang muncul sehingga kamu harus memilah satu per satu.

Kalau ada yang ingin bertanya, boleh tulis pada kolom komentar ya.


FAQ

Bagaimana cara mencari jurnal di Sinta?

Untuk caranya, sudah kami berikan di dalam artikel ini

Apakah jurnal Sinta berbayar?

Ada yang berbayar, ada pula yang gratis

Paling bagus Sinta berapa?

Sinta 1

Previous Post
Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *