Cara Menerbitkan Jurnal

  • Whatsapp
cara menerbitkan jurnal

Hallo Sobat Publikasi, Kali ini admin ingin memberikan cara menerbitkan jurnal nasional terakreditasi, pastinya publikasi jurnal ini sangat diwajibkan oleh kampus untuk kalangan dosen dan mahasiswa.

Selama mengerti dan tahu cara melakukannya, Siapapun dapat menerbitkan jurnal atau tulisannya dalam jurnal.

Bacaan Lainnya

Membuat jurnal ilmiah biasanya dilakukan oleh kalangan akademisi seperti dosen, mahasiswa dan peneliti. Akan tetapi saat menerbitkan makalah atau tulisan dan naskah ilmiah hasil penelitian tidaklah mudah.

Membutuhkan proses yang sangat Panjang dan membutuhkan waktu yang cukup banyak. Selain itu membutuhkan pemikiran yang sangat panjang.

Terdapat banyak tempat untuk publikasi jurnal yang biasa kita sebut sebagai publisher atau penerbit dari yang berbayar maupun gratis. Salah satunya yaitu seperti publikasiindonesia.id yang menyediakan banyak jurnal terbit setiap bulan.

Cara Menerbitkan Jurnal Nasional Gratis di OJS, SINTA, Scholar, dan Publikasiindonesia

Cara Menerbitkan Jurnal

Perlu sobat publikasi ketahui, tidak semua jurnal yang berasal dari Indonesia disebut jurnal nasional. Karena jurnal ilmiah yang berasal dari Indonesia juga ada yang berstatus Jurnal Internasional.

Langsung saja admin berikan cara menerbitkan artikel jurnal nasional terakreditasi. Ada 2 Cara Menerbitkan Artikel Anda ke Jurnal Nasional Terakreditasi sebagai berikut:

1. Cara Menerbitkan Jurnal di OJS

Biasanya mahasiswa, peneliti maupun dosen menyerahkan artikel nya pada publisher untuk proses publikasinya. Akan tetapi disini admin ingin membagikan cara nya agar sobat publikasi mengetahui bagaimanasih publikasi jurnal melalui OJS.

Menerbitkan jurnal melalui OJS tentunya sangat mudah, prosesnya dilakukan secara online baik memasukan artikel nya sampai dengan menerbitkannya.

Ada berapa tahapa ya dalam menerbitkan jurnal melalui OJS ?

Jawabannya Ada 5 tahapan dalam menerbitkan jurnal melalui ojs

  1. Tahap pertama yaitu dengan memulai submit artikel kita pada web ojs.
  2. Kedua yaitu dengan unggah file artikel kita yang akan diterbitkan.
  3. Tahapan ketiga yaitu dengan mengisi meta data naskah artikel jurnal dengan memperhatikan data lengkap authors seperti nama dan lainnya -> Kemudian penulis melengkapi meta data artikel jurnal dengan memperhatikan judul dan abstrak/isinya. ->  tambahkan kata kunci yang sesuai dengan judul artikel, referensi  atau daftar pustaka yang menjadi acuan anda dalam menulis jurnal.
  4. Ke empat yaitu dengan upload file tambahan seperti data penelitian gambar atau table jika di perlukan -> Klik tombol upload untuk mengunggah file.
  5. Tahapan ke lima Kemudian muncul ringkasan dari seluruh file yang terupload -> Kemudian klik tombol finish submission.

Setelah melakukan cara tadi anda dapat melihat status naskah artikel anda dengan mengklik tombol active submission pada user home. Perlu di ingat cara ini bisa di gunakan di semua jurnal ilmiah yang menggunakan layanan jurnal berbasis OJS (Open Jurnal System).

Ingin konsultasi seputar publikasi jurnal? Silahkan klik link berikut ini. (gratis konsultasi)

2. Cara Menerbitkan Jurnal Ilmiah Nasional di Publikasi Indonesia

Cara Menerbitkan Jurnal

Publikasiindonesia.id adalah Satu – Satunya Penerbit Jurnal Ilmiah Terakreditasi yang Terbit Setiap Bulan.

Semua Naskah Jurnal yang diterbitkan Publikasiindonesia.id bisa untuk Semua Rumpun Ilmu, dan lolos cek Plagiasi menggunakan Plagiarism Checker dan Teregister di DOI. Kemudian jurnal – jurnal di Publikasiindonesia.id juga telah menjadi member Crossref dan RJI.

Publikasiindonesia.id tidak hanya menyediakan jurnal nasional terakreditasi, tetapi juga menyediakan jurnal internasional terindex Copernicus, DOAJ, WOS dan Scopus.

Ingin konsultasi ? silahkan bisa klik disini. GRATISSSSS!!!

4. Cara Menerbitkan Jurnal di Google Scholar

Tidak hanya melalui OJS saja, Anda pun juga bisa mengunggah jurnal ilmiah lewat Google Scholar yang juga banyak diminati oleh kalangan mahasiswa untuk mencari sumber referensi. Web ini menyediakan penelitian baik dari dalam atau luar negeri. Berikut cara menerbitkan jurnal ilmiah di google scholar :

  • Pertama adalah Masuk ke situs Google Scholar.
  • Lakukan log in terlebih dahulu.
  • Semua pengguna hanya bisa melakukan log in menggunakan alamat institusi saja.
  • Anda harus memiliki akses ini terlebih dahulu sebelum bisa mengunggah lewat Google Scholar.
  • Bagi Anda yang belum pernah mendaftar, maka lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengakses akun instansi atau perguruan tinggi tempat mengajar.
  • Pastikan tahapan log in sudah berhasil menuju akun Anda masing-masing.
  • Klik pada ikon atau Tombol + yang letaknya ada di bawah foto profil Anda.
  • Selanjutnya akan ada beberapa menu pilihan yang bisa Anda sesuaikan berdasarkan kebutuhan jurnal.
  • Anda bisa menambah anggota penulis jurnal atau artikel ilmiah dengan mengisikan beberapa nama secara berurutan.
  • Klik pada menu tambahkan artikel secara manual untuk mengunggah jurnal atau artikel yang sebelumya sudah diunggah namun masih belum terindeks atau terdeteksi oleh Google Scholar.
  • Selanjutnya pilih jenis yang akan diunggah mulai dari jurnal hasil tesis, paten, penelitian, seminar, buku, book chapter dan lain sebagainya.
  • Isikan pada kolom sesuai jenis dari jurnal Anda

Baca Juga : “Cara Mengecek Sinta Jurnal”

5. Cara Menerbitkan Jurnal Nasional di Sinta

cara menerbitkan jurnal di sinta

Sebenarnya kami sudah membahasnya dalam artikel Cara Publikasi Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta ini, tapi supaya lebih enak kami akan membahasnya lagi.

SINTA juga menawarkan analisis, identifikasi hasil penelitian hingga benchmark sehingga bisa Anda gunakan untuk mengunggah jurnal. Para author dapat berasal dari penulis perseorangan atau sebuah institusi. Berikut cara menerbitkan jurnal di sinta :

  • Lakukan pendaftaran akun SINTA terlebih dahulu.
  • Tahap registrasi yakni bisa Anda mulai dengan masuk ke dalam www.sinta.ristekdikti.go.id/.
  • Isilah formulir untuk mengisi beberapa data diri seperti nama dan NIDN bagi yang memiliki profesi sebagai dosen.
  • Masukkan ID Google Scholar yang terhubung dengan masing-masing institusi.
  • Isilah nama perguruan tinggi sekaligus alamat email yang tentu saja bersifat resmi dan masih digunakan.
  • Pastikan semua data formulir terisi dengan lengkap.
  • Data yang tidak lengkap akan mengganggu proses verifikasi.
  • Tunggulah beberapa saat untuk menerima verifikasi yang berasal dari tim verifikator badan Ristek Dikti.

Pemeriksaan verifikasi ini umumnya melewati beberapa pemeriksaan misalnya pemeriksaan nama, NIDN, verifikasi artikel di Google Scholar dan validasi melalui email. Hal ini menjadi alasan mengapa Anda harus mengisi semua data formulir pada proses registrasi secara lengkap.

Apabila beberapa tahapan tersebut lolos maka status bisa berubah menjadi verified pada tampilan layar Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa ID pada Google Scholar tidak dapat diubah lagi ketika proses verifikasi sudah berhasil. Data ini hanya bisa diubah oleh Tim SINTA dengan beberapa cara pengajuan terlebih dahulu.

Silahkan klik link dibawah untuk mengetahui info seputar publikasi jurnal sinta

Artikel Terkait : Biaya Publikasi Jurnal Sinta

Tahap Sinkronisasi

Selanjutnya masuk ke tahap sinkronisasi. Tahap ini akan melakukan pemindahan publikasi dimana sebelumnya sudah melalui validasi oleh Google Scholar namun akan disalin kembali ke Scopus.

  • Scopus adalah database milik SINTA. Tahapan ini akan membuat jurnal atau artikel yang sebelumnya ada di Google Scholar bisa sinkron dengan SINTA.
  • Selanjutnya Anda bisa mendapatkan poin dan nama yang akan muncul dalam daftar Afiliasi tiap masing-masing instansi.
  • Proses pendaftaran telah berhasil dan kini Anda bisa melanjutkan dengan tahapan indeks.
  • Proses Indeks jurnal pada web SINTA akan melalui beberapa tahapan meliputi pendaftaran ke portal AKreditasi Jurnal Nasional.
  • Anda bisa melakukan pendaftaran diri dengan mengunjungi http://arjuna.ristekdikti.go.id.
  • Isilah formulir evaluasi diri dimana Anda sebelumnya harus mempelajari aturan akreditasi terlebih dahulu menurut Akreditasi Peraturan Dirjen Dikti tahun 2014.
  • Perhatikan beberapa hal berikut sebelum mengunggah Jurnal ke SINTA sehingga lebih cepat terindeks:
  • Laporan mendapat evaluasi sekitar atau lebih dari 70. Jika mendapat nilai 70-85 maka memperoleh akreditasi B dan dimasukkan dalam kategori SINTA 2.
  • Nilai A akan diperuntukkan jika evaluasi mendapat nilai lebih dari 85 dan masuk dalam kategori SINTA 1.
  • Pastikan untuk mematangkan dan mempersiapkan semua aturan yang sebelumnya sudah tertulis di dalam peraturan SINTA. Pasalnya Subdit bisa saja menurunkan 4 asesor akreditasi dari Kemenristekdikti.
  • Beberapa hal yang akan dinilai dari manajemen jurnal untuk masuk ke Arjuna Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual.
  • anda bisa mengajukan evaluasi terlebih dahulu jika merasa belum yakin dengan jurnal tersebut sebelum diunggah.
  • tahap evaluasi ini umumnya dilakukan oleh 2 evaluator Jurnal yang diambil dari Subdit Fasilitas Jurnal Ilmiah. Tugasnya yakni untuk memberikan penilaian dan verifikasi terkait hasil kebenaran.
  • Perhatikan kategorisasi pada nilai evaluasi untuk kategori SINTA.

bagaimana dengan tutor yang admin berikan ? jika masih bingung, konsultasikan sekarang juga, GRATIS!!!

dengan cara klik link dibawah ini:

Akhir Kata

Demikianlah cara menerbitkan jurnal ilmiah nasional terakreditasi gratis dan berbayar di OJS, Online dan di SINTA dengan mudah. Kalau ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat

referensi : publikasijurnalilmiah.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *