Cara Membuat Resume Jurnal Ilmiah

  • Whatsapp

Sebelum kita membahas cara membuat resume jurnal, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu jurnal ilmiah. Jurnal ilmiah merupakan publikasi berkala dalam publikasi akademik, biasanya dalam bentuk laporan penelitian terbaru, dengan tujuan untuk memajukan perkembangan keilmuan.

Jika sudah mengetahui apa itu jurnal ilmiah, mari kita ketahui juga apa itu resume jurnal. Resume jurnal merupakan upaya untuk mengabstraksi jurnal penelitian yang bertujuan untuk memudahkan pembaca jurnal dalam memahami tujuan penelitian, metode dan hasil penelitian.

Bacaan Lainnya

Pengertian Resume Jurnal

Resume jurnal adalah sebuah upaya untuk membuat ringkasan dari suatu jurnal penelitian untuk memudahkan pembaca jurnal mengetahui tujuan, metode penelitian, serta hasil dalam suatu penelitian.

Sebelum menulis resume jurnal, yang harus anda lakukan ada beberapa langkah sebagai berikut ini :

  • Membaca jurnal terlebih dahulu
  • Tentukan gagasan utamanya
  • Menulis resume
  • Resume yang sudah ready harus di Review

Saat menulis resume jurnal harus menggunakan bahasa Anda sendiri, yang harus singkat dan mudah, agar saat membaca bisa lebih paham. Untuk informasi lebih detail, berikut adalah contoh resume jurnal yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

Judul : Pengendalian arsip dan pengelolaan pada kantor kecamatan

Volume : Vol.1 No.1 2019

Tahun : Tahun 2019

Penulis : Angela

Latar Belakang saat Resume Jurnal

Latar belakang jurnal berdasarkan pada pengelolaan dan penguasaan arsip daerah. Ini terkait dengan beberapa aturan yang terpicu secara teknis dan umum. Dalam pengelolaan yang bersifat teknis berdasarkan pada perubahan gubernur Kalimantan barat no 453 tahun 2005.

Namun hal tersebut tidak mudah untuk dicapai pada kenyataannya, karena kurangnya pemahaman tentang tata cara pengelolaan dalam kearsipan, tidak mudah untuk dicapai. Hal ini tentunya berlaku untuk sebagian besar agen di setiap wilayah Indonesia. Lebih spesifiknya, kejadian ini terjadi di setiap daerah.

Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk memeriksa pengelolaan dan pengendalian rukun tetangga pada tahun 2018.

Secara garis besar, jurnal bertujuan untuk:

  • Memahami proses kontrol dan pengarsipan Kantor Wilayah Jawa Timur
  • Memahami pengendalian manajemen Kantor Camat Jawa Timur

Cara Membuat Resume Jurnal Ilmiah : Metode Penelitian

Nah Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif.

Metode

Penulis biasa menganalisis fenomena ini dengan menggunakan metode kualitatif. Dalam metode kualitatif ini menggunakan data berupa angka, gambar dan teks. Walaupun nantinya akan ada data dalam bentuk digital, metode ini akan dijelaskan dengan kata-kata penulis.

Hasil Penelitian

Dalam majalah ini, hasil penelitiannya menunjukkan bahwa pengendalian dan pengelolaan file di Jawa Timur belum sepenuhnya berhasil, karena terdapat kendala dalam mengelola banyak tugas, sehingga hasilnya belum maksimal. Penempatan file juga kurang rapi, sehingga pengarsipan terbatas dan memakan waktu lama.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa pengendalian dan pengelolaan arsip membutuhkan upaya yang maksimal, mulai dari membagi tugas sesuai meja kerja karyawan hingga menempatkan arsip yang harus dipesan.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dari penelitian ini terletak pada penggunaan teori-teori yang sudah jadi, tetapi kekurangannya terletak pada analisis yang mendalam.

Penutup

Ini adalah beberapa komentar tentang resume dan beberapa contoh resume. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Jika Anda merasa kesulitan untuk melanjutkan pekerjaan, baik itu buku, majalah, kertas, portal media atau surat kabar, Anda dapat menggunakan beberapa contoh pemulihan di atas sebagai referensi.

Sumber : Kumparan.com

Semoga Info yang kami berikan bermanfaat untuk para pembaca. Jika ingin berkonsultasi bisa kunjungi Web Publikasiindonesia.id atau bisa langsung bisa Klik Link dibawah ini :

Ingin Berkonsultasi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *