Publikasi Jurnal

  • Whatsapp
publikasi jurnal

Publikasi jurnal biasanya dilakukan oleh seorang dosen, peneliti, atau akademisi. Dengan cara publikasi artikel ilmiah dalam jurnal nasional dan internasional bisa bermanfaat untuk meningkatkan angka kredit dan bisa juga menjadi syarat untuk naik jabatan fungsional bagi dosen atau mengajukan promosi.

Jurnal bisa untuk meningkatkan portofolio seseorang khususnya peneliti dan dosen. Sedangkan manfaat bagi mahasiswa publikasi ilmiah ini biasa mereka lakukan untuk memenuhi tugas mata kuliah maupun sebagai syarat tugas akhir atau kelulusan (wisuda dan yudisium).

Bacaan Lainnya

Ada dua pilihan untuk melakukan publikasi karya ilmiah ini. Pertama pada jurnal nasional dan untuk jurnal internasional. Pada pembahasan ini, kita akan mengulas tentang cara publikasi atau submit jurnal nasional yang mudah, cepat dan gratis.

Artikel ini bisa memberikan referensi buat kamu seputar cara publikasi jurnal nasional termasuk yang terakreditasi atau sinta 1, 2, 3, maupun 4 secara cepat. Baik jurnal pendidikan, akuntansi, ekonomi, kesehatan dan lain lain.

Cara Publikasi Jurnal Ilmiah Nasional Terakreditasi Gratis dan Cepat

publikasi jurnal

Cara submit dan upload publikasi karya ilmiah pada jurnal nasional bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah berikut ini. Ikuti secara runtut dan benar supaya jurnal bisa terbit dengan baik dan cepat.

1. Memiliki karya ilmiah original dan bukan plagiat

Hal pertama yang harus Kamu lakukan sebelum menerbitkan jurnal adalah mempunyai karya ilmiah yang asli. Kamu harus membuat artikel ilmiah tersebut berdasarkan kajian literatur ataupun melakukan penelitian.

Karya tulis ini harus original dan tidak boleh mengambil milik orang lain. Apabila jurnal yang Kamu kirim kena plagiat, Kamu akan mengalami masalah yang besar termasuk mendapatkan blacklist dari berbagai jurnal baik dalam negeri atau luar negeri.

2. Mengikuti template dari tempat publikasi jurnal

publikasi jurnal

Mengikuti template dari Jurnal adalah sesuatu yang sangat penting dan harus Kamu perhatikan dengan baik oleh mereka yang akan mengirim. Biasanya setiap redaksi jurnal akan mempunyai format tersendiri sehingga Kamu harus mengikutinya dengan benar.

Template ini biasanya berhubungan dengan meletakkan dari abstrak hingga apa saja yang harus ada dalam isi. Semua harus tersusun dengan baik mengikuti aturan tersebut. Biasanya antara jurnal satu dengan lain mempunyai sedikit perbedaan format sehingga Kamu tidak boleh menyamaratakan.

Biasanya mereka yang mengirim jurnal dengan format yang berantakan atau tidak sesuai aturan, akan sulit untuk direvisi. Walaupun isi jurnalnya sangat menarik, bisa saja si pemilik jurnal anggaran untuk menerbitkannya karena merasa Kamu kurang professional.

Baca Juga : “Tempat Publish Jurnal nasional dan Internasional”

3. Submit Jurnal harus sesuai dengan bidang ilmu

publikasi jurnal

Setiap jurnal mempunyai spesifikasi tersendiri. Jurnal nasional juga sama, ada jurnal yang berhubungan dengan ilmu sosial, Matematika, sampai ke ilmu lain yang lebih spesifik. Misal jurnal yang hanya khusus untuk mereka yang berprofesi sebagai dokter gigi atau dokter spesialis lainnya.

Apabila Kamu mengirim atau upload jurnal ke dewan redaksi yang salah, bisa saja jurnal tersebut akan tertolak. Untuk itu, sebelum menulis jurnal ada baiknya untuk mengetahui kategori jurnalnya dulu. Apakah masuk bidang ilmu tertentu atau bidang ilmu yang lebih spesifik lagi.

Jika Kamu sering membuat kesalahan meski jurnal yang Kamu buat punya isi yang menarik, bisa saja akan tertolak begitu saja. Sangat sanyang jika Kamu salah kirim jurnal karena apa yang Kamu tulis jadi sia-sia.

4. Mengambil topik terkini

Jika kamu ingin upload jurnal mudah keterima maka harus memilik untuk mengambil toik yang terbaru, tema yang segar dan terkini.

Jurnal yang banyak orang publikasi sekarang umumnya berisi topik atau materi yang terbaru. Topik ini jarang orang lain bahas sehingga penerbit dari jurnal akan memilihnya sebagai prioritas. Untuk publikasi Jurnal yang kamu miliki bisa terbit dengan cepat.

Pemilihan topik ini harus kamu lakukan dengan riset yang sangat matang. Apabila Kamu sering membaca jurnal dalam negeri atau internasional seperti scopus, pasti akan sangat paham materi apa saja yang sering menjadi pembahasan dan yang masih sedikit sehingga butuh penelitian baru.

Apabila kurang paham Anda juga berkonsultasi secara gratis, silahkan klik gambar dibawah ini.

Cara Publikasi Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta

publikasi jurnal

Banyak juga orang yang membutuhkan penerbitan pada jurnal yang sudah terakreditasi atau jurnal yang terindex sinta baik itu sinta 1, 2, 3 sampai 4. Kamu bisa melakukan metode yang sama dengan cara yang kamu dapatkan dari membaca artikel ini.

Hanya saja jurnal tujuan atau yang kamu tuju untuk tempat publikasi adalah pastikan bahwa jurnal tersebut sudah terindex sinta atau terakreditasi arjuna.

Maka jurnal tersebut jadi tempat untuk Kamu melakukan submit jurnalnya. Khusus untuk jurnal biasanya memberikan tarif atau biaya publikasi, dengan harga yang beragam.

Khusus untuk jurnal sinta ada peringkat mulai dari sinta 1 sampai sinta 6. Harus Kamu perhatikan untuk memilih submit pada jurnal sinta yang tepat yaitu ke sinta 1, sinta 2, sinta 3, sinta 4, sinta 5 atau sinta 6. Karena semakin kecil peringkat sinta semakin sulit untuk publikasi jurnal.

Publikasi Jurnal Cepat Nasional Terakreditasi

Sebenarnya Kamu bisa melakukan publikasi dan submit jurnal nasional secara cepat dan ke manapun sesuai dengan keinginan. Namun, jika bingung bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini agar jurnal bisa terbit dengan cepat dan gratis.

1. Lakukan Riset

publikasi jurnal

Sebelum melakukan publikasi jurnal ilmiah nasional, Kamu harus melakukan riset terlebih dahulu berhubungan dengan nama dari jurnal. Biasanya bidang ilmu tertentu mempunyai jurnal yang jumlahnya lebih dari satu.

Lakukan riset terlebih dulu dengan membaca jurnal yang akan kamu jadikan sasaran. Dari sana, kamu akan tahu seperti apa gaya penulisan yang sering dipakai dan menjadi syarat publikasi serta format yang mereka gunakan untuk melakukan proses publikasi.

Usahakan untuk mendaftar beberapa jenis jurnal yang berbeda dari beberapa jurnal tersebut Kamu bisa pilih salah satu yang terbaik. Kirim karya ilmiah yang sudah kamu buat ke sana atau ke redaksi jurnal lain apabila memiliki lebih dari satu tulisan.

2. Bergabung ke Asosiasi

Cara paling mudah untuk menerbitkan jurnal nasional secara cepat adalah bergabung dengan asosiasi tertentu. Misal jurnal yang berhubungan dengan dokter gigi, Kamu bisa bergabung ke asosiasi dokter gigi yang dalamnya ada juga menerbitkan jurnal khusus yang membahas hal-hal berhubungan dengan bidang tersebut.

Bergabung dengan asosiasi juga memudahkan kamu untuk mendekati para redaktur untuk mengirim naskah. Biasanya jika anggota yang mengirim, prioritas naskah untuk segera terbit akan besar. Lebih bagus lagi kalau naskah tersebut berpotensi meningkatkan nilai dari asosiasi tersebut.

3. Publikasi Jurnal melalui OJS Jurnal Gratis

publikasi jurnal

Open journal system atau ojs jurnal gratis berisi berbagai data yang berhubungan dengan pemilik jurnal, lokasi, kontak, sampai informasi lain yang sangat penting.

OJS sangat cocok untuk melakukan riset secara rinci. Jadi, Kamu bisa mendapatkan berbagai sasaran untuk dikirim tulisan secara online atau langsung datang ke sana.

Biasanya beberapa jurnal mempunyai aturan tersendiri sehingga Kamu bisa langsung menghubungi nya saat akan mengirim artikel ilmiah.

Ada 5 tahapan dalam publikasi jurnal ilmiah melalui ojs :

  1. Memulai submit/memasukan artikel kita pada web ojs tersebut.
  2. Kemudian unggah file artikel kita atau jurnal yang akan dipublikasikan.
  3. Setelah itu isi metadata naskah artikel jurnal, dengan memperhatikan data lengkap authors seperti nama dan lainnya. Kemudian penulis melengkapi meta data artikel jurnal dengan memperhatikan judul dan abstrak/isinya. Selain itu tambahkan kata kunci yang sesuai dengan judul artikel, tambahkan referensi  atau daftar pustaka yang menjadi acuan kamu dalam menulis jurnal.
  4. Selanjutnya Mengunggah atau upload file tambahan seperti data penelitian gambar atau table jika di perlukan. Klik tombol upload untuk mengunggah file.
  5. Terkahir, nanti muncul ringkasan dari seluruh file yang terupload. Kemudian klik tombol finish submission.

Setelah melakukan cara tadi kamu bisa melihat status naskah artikel kamu dengan mengklik tombol active submission pada user home. Perlu kamu ingat cara ini bisa di gunakan di semua jurnal ilmiah yang menggunakan layanan jurnal berbasis OJS (Open Jurnal System).

Untuk lebih jelas dan lengkapnya, silhhkan baca artikel dibawah ini atau bisa langsung konsultasi Dengan klik link berikut Konsultasi Gratis ini.

Cara Submit Jurnal di OJS Versi 3

4. Mengirim ke Jurnal Internal

Beberapa lembaga mempunyai jurnal internal yang khusus menerbitkan karya-karya ilmiah dari orang yang ada di dalamnya. Jurnal ilmiah ini biasanya ada pada sekolah atau universitas dan biasanya hanya berpusat pada satu bidang ilmu atau campuran sehingga semua orang bisa mengirim.

Karya ilmiah ini biasanya untuk mereka yang bekerja di instansi tersebut. Apabila kamu mengirim jurnal ke sini peluang untuk diterbitkan akan lebih besar. Tentu dengan isi jurnal yang sangat bermanfaat dan materi yang ditawarkan juga tidak pasaran.

Jasa Publikasi Jurnal Cepat Terbit Setiap Bulan

publikasi jurnal

Dengan Publikasi indonesia kamu tidak lagi pusing bagaimana cara mempublikasikan jurnal kamu untuk masuk pada jurnal terakreditasi nasional. Kami juga memiliki jurnal ilmiah yang telah terakreditasi nasional SINTA.

Di publikasi juga menggunakan pengecekan plagiasi. Yaitu kami menggunakan turnitin. Pastinya kamu akan terpuaskan dengan di publikasikannya artikel kamu di jurnal nasional publikasi indonesia.

Kami mengelola lebih dari 10 jurnal nasional berISSN,  terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi.

Yaitu : Jurnal Sinta 2 Tekpen, Jurnal Sinta 4 (Semua Rumpun), Jurnal Sinta 3 (Semua Rumpun), Jurnal Pendidikan Indonesia, Jurnal Indonesia Sosial Sains, Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, Jurnal Cerdika, Jurnal Social Sains, Jurnal Health Sains, Jurnal Syntax Admiration, Jurnal Syntax Literate, Jurnal JRSSEM dan Jurnal Comserva.

Apakah jurnalnya terakreditasi Dikti? Ya di publikasiindonesia.id sudah terakreditasi dikti.

Jasa publikasi jurnal cepat ini juga telah terindex bahkan lebih dari 17 indexing tingkat nasional dan internasional. Seperti Garuda, Sinta, One Search, Google Scholar, Road, OSF dan lainnya.

Berikut jasa yang ditawarkan publikasiindonesia :

  • jasa bantu publikasi jurnal berISSN dan terakreditasi sinta 5, 4, 3, 2 & 1 untuk semua rumpun ilmu
  • jasa publikasi jurnal internasional (scopus)
  • jasa penerbitan buku isbn
  • jasa pembuatan jurnal (tesis, skripsi dsb)
  • Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi (PJMT)
  • Jasa pendaftaran hak cipta

info lebih lanjut bisa klik link ini.

Gratis Konsultasi Untuk seputar Jurnal Kami, Klik gambar dibawah ini :

Tambahan : Situs Jurnal Pendidikan Indonesia Gratis Bereputasi

1. Perpusnas

Perpusnas (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia) selalu menjadi tujuan terbaik untuk publikasi jurnal pendidikan. Karena situs ini dikelola oleh pemerintah yang sudah berlangganan jurnal-jurnal internasional bereputasi.

Dengan demikian beberapa jurnal internasional dari penulis Indonesia dalam bidang pendidikan bisa kamu temukan disini. Situs ini sangat lengkap, karena setiap tahunnya pemerintah membeli lebih banyak jurnal ilmiah.

2. LIPI

publikasi jurnal

Jika mencari jurnal open access atau yang bisa kamu akses secara gratis dan termasuk jurnal internasional bereputasi.

Situs satu ini mempunyai koleksi sampai 15 ribu lebih jurnal dan artikel ilmiah yang membuatnya sebagai tujuan terbaik berburu jurnal ilmiah di bidang apapun. Tentu juga dalam bidang pendidikan, dan menariknya situs ini selalu update jurnal terbaru yang publish oleh para penerbit jurnal ilmiah.

3. Portal Garuda

Portal Garuda yang dikenal luas sebagai situs untuk menemukan jurnal ilmiah bereputasi juga bisa kamu jadikan pilihan. Situs ini dikelola oleh IPI atau Indonesian Publication Index yang memang hanya menyediakan jurnal internasional bereputasi dan jurnal nasional terakreditasi.

Database IPI ini memiliki sekitar 3.000 jurnal bahkan lebih yang berasal dari berbagai berbagi bisang keilmuan. Dengan begitu, mencari jurnal di bidang pendidikan pun sangat tepat jika dilakukan disini.

4. Google Scholar

Google Scholar perlu diakui masuk ke dalam 10 situs jurnal pendidikan Indonesia gratis bereputasi. Karena situs ini bisa menjadi database untuk jurnal-jurnal internasional maupun nasional dari berbagai bidang keilmuan.

Mencari jurnal pendidikan Indonesia gratis disini juga dijamin akan sangat mudah, karena koleksi lengkap dan desain situs dibuat ramah dan sederhana.  Situs dari Google ini juga menjadi pilihan terbaik, karena mempunyai jurnal berbahasa Indonesia.

5. IOSR Journal

IOSR atau Internasional Organization of Scientific Research juga menjadi tujuan terbaik untuk menemukan jurnal pendidikan internasional bereputasi.

Karena selalu update jurnal terbaru dan berasal dari berbagai bidang keilmuan. Sehingga untuk mendapatkan jurnal pendidikan Indonesia disini akan sangat mudah, karena beberapa diantaranya adalah jurnal sesuai kebutuhan.

Penerbit Jurnal Ilmiah Cepat Terbit Setiap Bulan

Untuk mendapatkan tempat publikasi jurnal cepat dan gratis cukup susah. Setidaknya anda butuh waktu paling cepat 4 bulan hingga satu tahun. Karena jurnal biasanya terbit berkala dalam kurun waktu 3 bulanan, 4 bulanan, 6 bulanan dan tahunan.

Supaya cepat terbit maka anda butuh tempat publikasi jurnal cepat terbit setiap bulan, ya perbulan. Tapi sangat jarang. Jangan khawatir, tapi admin berikan bocoran ada banyak jurnal yang terbit bulanan. Pasti cepat kan.

Dimana tempat publish jurnal nya? Ya, publikasiindonesia.id kami mengelola 8 jurnal nasional bereputasi,  terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi. Jurnal yang dipublikasikan di Publikasiindonesia.id sudah Terakreditasi SINTA Dikti. Bagi Author dengan kebutuhan untuk persyaratan sidang atau kelulusan dan untuk keperluan dosen mengurus jabatan fungsional akan mendapatkan angka kredit yang lebih tinggi.

Untuk informasi selengkapnya, silahkan konsultasi gratis dengan klik link gambar dibawah ini.

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang cara publikasi jurnal nasional terakreditasi gratis yang mudah dan cepat. Kamu bisa mengikuti semua langkah tadi supaya karya tulis dan hasil penelitian yang Kamu miliki bisa Kamu bagikan ke orang lain dan tentu terpublikasi.

Apalagi jika Kamu sedang memburu jabatan tinggi atau yang berhubungan dengan dosen. Jurnal akan membantu Kamu untuk meningkatkan kredibilitas sehingga peluang untuk mendapatkan promosi sangat besar. Jurnal juga bisa kamu pakai Jika Kamu ingin melamar pekerjaan ke lembaga lain sebagai dosen.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *