Cara Membuka Jurnal Yang Terkunci

banyak yang tidak mengetahui bahwa untuk cara membuka jurnal yang terkunci ternyata sangat mudah, bahkan kamu bisa melakukannya dengan berbagai website (selain sci-hub). Khusus buat

Rudi Ferdiansah

[addtoany]

banyak yang tidak mengetahui bahwa untuk cara membuka jurnal yang terkunci ternyata sangat mudah, bahkan kamu bisa melakukannya dengan berbagai website (selain sci-hub).

Khusus buat kamu yang sedang dalam masa pembelajaran di perguruan tinggi atau dosen, guru, atau bahkan para peneliti pasti akan kesulitan untuk mencari jurnal yang berbasis online. Apalagi jurnal yang terkunci.

Keberadaan jurnal sekarang ini begitu penting untuk menunjang setiap karya ilmiah yang dibuat oleh para akademisi. Didalamnya berisi laporan penelitian, survey, studi literatur dan masih banyak lagi.

Namun, tidak semua bagian setiap jurnal terpublikasikan secara lengkap dan mungkin kamu juga pernah menemuinya. Misalnya, saat mencari jurnal pendidikan islam yang kemudian hanya terpublikasi bagian judul dan abstraknya saja, sementara bagian metodologi, analis sampai implikasi tidak dimunculkan.

Artinya, jurnal tersebut terkunci dan bisa jadi harus menjadi member premium (berbayar) untuk bisa membukanya. Nah khusus untuk kamu yang sedang mencari gratisan, disini kami akan membagikan cara membuka jurnal yang terkunci dengan bantuan sci-hub dan website selain sci-hub.

Apakah bisa? Tentu, dengan syarat kamu menemukan jurnal yang sudah tercantum DOI (Digital Object Identifier). Itu merupakan link permanen pada suatu dokumen elektronik sebagai tanda bahwa jurnal atau karya ilmiah itu terakreditasi oleh Kemristekdikti.

Silahkan join grup whatsapp kami, untuk sharing informasi dan pengelolaan jurnal di semua bidang ilmu. Kamu bebas bertanya seputar jurnal dan tentunya gratis ya

Cara Membuka Jurnal Yang Terkunci

Cara Membuka Jurnal Yang Terkunci

Disini kami akan membagikan beberapa cara membuka jurnal yang terkunci dengan sci hub dan website selain sci hub yaitu Liben.org. Silahkan saja pilih cara yang menurut kamu paling mudah untuk digunakan.

1. Cara Membuka Jurnal Yang Terkunci Dengan Sci Hub

Sci-hub adalah mesin pencari online yang khusus untuk mencari artikel, makalah, dan juga jurnal penelitian. Lebih dari 64.500.000 jurnal penelitian ada dalam sci hub dan tiap hari selalu ada update penambahan jurnal.

Untuk cara membuka jurnal yang terkunci, silahkan cermati caranya berikut ini:

  • Selanjutnya cari link DOI yang ada dalam jurnal tersebut. Link diatas mencantumkan link DOI di sumber referensi, lihat gambar berikut ini.
cara membuka jurnal yang terkunci
  • Buka situs sci-hub dan pastekan salah satu link DOI diatas tadi.
  • Tunggu beberapa saat, dan nanti akan muncul jurnal yang sebelumnya terkunci akan langsung terbuka lengkap mulai dari bagian abstrak sampai daftar referensi.
  • Langkah terakhir, silahkan kamu download jurnalnya dengan cara klik arah panah ke bawah di bagian pojok kanan atas atau klik ikon print untuk mencetak hard copy-nya.
cara membuka jurnal yang terkunci

Sangat mudah bukan untuk cara membuka jurnal yang terkunci? Pastinya sangat mudah. Tapi apakah ada website untuk download jurnal berbayar secara gratis selain di sci-hub? Ada kok, berikut ulasannya.

Oh iya, nama domain sci hub juga sering berbeda-beda. Kalau kamu kebingungan untuk mencari sci hub yang aktif , berikut saya berikan list nya:

  • http://sci-hub.se/
  • http://sci-hub.la/
  • http://sci-hub.tw/
  • http://sci-hub.tv/
  • https://sci-hub.name
  • http://80.82.77.83/
  • http://80.82.77.84/ 

BACA JUGA : Biaya Publikasi Jurnal SINTA

2. Cara Membuka Jurnal Yang Terkunci Selain Sci Hub Via Library Genesis

Selain menggunakan sci hub kamu juga bisa menggunakan Library Genesis: Scientific Articles, website ini berpokus pada artikel sains. Berikut cara-caranya :

  • Buka dan kunjungi situs library genesis pada https://libgen.is/
  • Ketika situs berhasil diakses, maka kamu akan melihat tampilan halaman utama dari library genesis.
  • Nanti akan ada kolom untuk memasukkan nama jurnal.
  • Masukkan keyword jurnal yang kamu cari pada kolom tersebut, dan klik tombol search.

Ingin tahu cara mengurangi plagiarisme turnitin? silahkan di klik saja ya artikelnya.

cara membuka jurnal yang terkunci
  • Selanjutnya akan muncul berbagai jurnal yang relevan dengan keyword yang kamu masukkan tadi dan pilih jurnalnya
  • Nanti akan muncul halaman yang berisikan informasi terkait daftar pustaka dari jurnal beserta isi jurnalnya
cara membuka jurnal yang terkunci
contoh
  • Kamu bisa mendownload melalui beberapa alternatif situs download yang disediakan
  • Selesai

Artikel Terkait : Biaya Publikasi Jurnal SCOPUS

Akhir Kata

Dengan mengetahui tutorial cara membuka jurnal yang terkunci ini Kamu bisa mendapatkan berbagai jurnal sesuai kebutuhan dari berbagai kategori.

pabila ada yang ingin memberi masukan atau ingin bertanya silahkan tulis pada kotak komentar yang tersedia dibawah. Semoga bermanfaat!

Related Post

Tinggalkan komentar