Cara Melihat H index Scopus

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui terkait Cara Melihat H Index Scopus, silahkan kamu simak pembahasan lengkap berikut ini!

Penawaran Eksklusif Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Khusus Pengunjung Web Publikasiindonesia.id

Belakangan ini, masih banyak dari mereka yang belum mengetahui terkait berapa harga normal yang dibutuhkan untuk jasa publikasi jurnal scopus cepat terbit. Dan banyak dari mereka menganggapnya sangat mahal.

Tapi, perlu diketahui juga bahwa harga tersebut tergantung pada rangking jurnal dan reputasinya. Jadi, tidak semua publikasi jurnal scopus ini di tarif dengan harga mahal.

Kita semua tahu bahwa ada banyak jurnal bereputasi Scopus dan ISI Thomson yang tidak memerlukan biaya sepeserpun dalam publikasinya.

Tapi perlu ingat, bahwa jasa publikasi jurnal Scopus yang gratis, proses reviewnya super ketat. Bahkan, untuk proses reviewnya saja bisa memakan waktu 1-2 tahun. Dan itu juga kalau naskah bapak/ibu di ACC oleh publisher.

Jadi, jika naskah milik bapak/ibu ingin cepat di ACC dan terbit di jurnal Scopus, maka dibutuhkan jasa publikasi jurnal Scopus yang berkualitas.

Kini Kami (Publikasi Indonesia) hadir untuk menjadi solusi terbaik terkait publikasi jurnal Scopus. Terkhusus kepada rekan-rekan baik dosen, mahasiswa, peneliti, doctor dan guru.

Kami siap mendampingi naskah milik Bapak/Ibu agar bisa terbit di jurnal Scopus baik Q1, Q2, Q3 dan Q4.

Berikut beberapa benefit yang akan kamu dapatkan :

  1. Jaminan Mendapatkan ID Scopus
  2. Jaminan Sertifikat
  3. Jaminan Terindeks Scopus
  4. Jaminan Non Presentation
  5. Jaminan Full Text
  6. Jaminan Terbit
  7. Harga Terjangkau

Jika naskah yang kamu miliki belum lengkap, kami juga siap untuk melengkapi dan memperbaiki naskah milik kamu agar sesuai dengan kriteria dalam publikasi jurnal Scopus.

Attention! Kami hanya menyediakan 10 Slot saja untuk pendampingan publikasi jurnal Scopus di tahun ini. Pada bulan ini, tersisa 3 Slot terakhir.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

Apa Itu Scopus?

Cara Melihat H index Scopus

Sebelum kamu mengetahui terkait cara melihat h index scopus, alangkah baiknya jika kita ketahui terlebih dahulu terkait ap aitu scopus.

Scopus merupan salah satu layanan penyedia dan indeksasi pusat data dan database, jurnal yang berada dibawah naungan Elsevier dan Scopus merupakan perusahaan atau organisasi penerbit publikasi ilmiah internasional yang berbasis di Belanda, Amsterdam, dan juga berdiri sejak 1880.

Saat ini Scopus sudah mengindeks lebih dari 22.000 judul artikel jurnal dari 5000 lebih penerbit. Sekitar 20.000 artikel yang terindeks merupakan artikel peer-reviewed. Selain menampilkan karya ilmiah, dan Scopus juga menyajikan atau menyediakan data hak paten berbagai penelitian di dunia, serta menyediakan layanan untuk menilai suatu jurnal berdampak signifikan atau tidak.

Baca Juga : Cara Cek Prosiding Terindeks Scopus

Cara Melihat H Index Scopus Mudah Dan Cepat

Ada beberapa situs di google yang menjelaskannya dengan baik, akan tetapi sayangnya dari link ini di negara tetangga Malaysia. Berikut adalah langkah-langkah dan Cara Melihat H Index Scopus :

  • Langkah pertama dalam Cara Melihat H Index Scopus adalah kamu tidak perlu menjadi peneliti utama, penulis kedua atau ketiga juga dapat langsung mendapatkan nomor ID. Tidak ada jalan lain. (Jika ada cara lain, beri tahu saya..)
  • Cara Melihat H index Scopus Berikutnya Kunjungi situs Scopus (www.scopus.com), lalu klik Author Search, masukkan nama belakang kamu (Family Name), dan tekan Search. Untuk institusi yang tidak berlangganan Scopus, hanya Penulis yang terlihat. Saat peringatan sign up/register Scopus muncul, di bawahnya terdapat link berwarna biru dengan tulisan “Author Preview” yang bisa diklik dan dilanjutkan dengan mencari nama penulisnya.
  • Cara Melihat H index Scopus selanjutnya Tunggu sebentar, jika ternyata nama kamu tidak ada, segera buat publikasi ilmiah yang terindeks di tingkat internasional, misal Scopus, Google Schol   ar, Thomson, dan lain sebagainya. Jika terindeks, nama kamu akan muncul di Scopus, Google Scholar, Thomson dan pengindeks lainnya. Untuk saat ini Dikti sepertinya masih menggunakan Scopus, mungkin akan segera muncul indexer lain.
  • Setelah beberapa nama muncul, lalu kamu cari yang cocok dengan afiliasi dan naskah yang diterbitkan atau dipublikasikan. Nah, setelah itu, klik nama kamu pada kolom paling kiri.
  • Nah, Disana kamu bisa melihat nama, institusi (afiliasi), ID penulis dan h index. Jika kamu ingin melihat grafik h index, kamu bisa menekan View h-graph. Untuk perhitungan lebih detail dapat googling, atau tunggu artikel saya selanjutnya.
  • Cara Melihat H index Scopus yang terakhir adalah isikan indeks skor baru 1 pada kolom simlitabmas My Author ID di Scopus.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus Terbaru

Cara Melihat H index Scopus

Setelah kita membahas mengenai Cara Melihat H index Scopus, berikutnya kita akan membahas mengenai ciri-ciri jurnal terindeks scopus

ciri-ciri jurnal terindeks scopus Setidaknya ada beberapa kriteria agar jurnal dapat disebut sebagai jurnal internasional. Berikut ciri-ciri jurnal terindeks Scopus:

Baca Juga : Daftar Jurnal Terindeks Scopus

1. Harus Ditulis Menggunakan Kaidah Keilmuan

Nah, yang pertama dalam Cara Melihat H index Scopus adalah adanya prinsip-prinsip ilmiahnya. Untuk jenis tulisan non-ilmiah atau non-ilmiah lainnya tidak boleh berbentuk jurnal, tetapi hanya jurnal atau karya tulis lainnya.

Artinya jurnal internasional harus memperhatikan pentingnya artikel yang ditulis dengan menggunakan etika dalam pendeskripsian karya ilmiah, tidak melupakan fakta dan angka yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, jurnal internasional harus menulis berdasarkan bukti-bukti yang ada, bukan hanya opini penulis.

2. Ditulis Dengan Bahasa Internasional

Cara Melihat H index Scopus

Yang kedua dalam Cara Melihat H index Scopus adalah Jurnal internasional harus ditulis dalam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang saat ini memiliki enam bahasa resmi, antara lain Inggris, Prancis, Spanyol, Rusia, Mandarin, dan Arab. Keenam bahasa ini diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dalam menggunakan bahasa internasional, ada beberapa indikator, antara lain:

  1. Sejarah panjang penggunaan sebagai skrip
  2. Status bahasa resminya di beberapa negara
  3. Penerapannya dalam berbagai bidang kehidupan, seperti perdagangan, diplomasi, pendidikan dan ilmu pengetahuan

Oleh karena itu, jurnal internasional harus ditulis dalam salah satu dari enam bahasa internasional resmi yang ditetapkan oleh PBB. Pada saat yang sama, bahasa Indonesia belum menjadi bahasa internasional yang ditetapkan oleh PBB, sehingga jurnal khusus berbahasa Indonesia belum menjadi jurnal internasional.

3. Memiliki Internasional Standard Serial Number (ISSN)

Cara Melihat H index Scopus

ISSN adalah nomor seri standar internasional yang digunakan untuk mengidentifikasi publikasi berkala di media cetak dan elektronik. Jurnal internasional harus memiliki ISSN yang dapat dilihat di website resmi jurnal tersebut.

Jika jurnal memiliki edisi online dan cetak, versi online dan cetak juga memiliki 2 ISSN. Ini merupakan salah satu Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus yang tidak dapat ditolak.

4. Memiliki Terbitan Versi Online

Jurnal internasional harus memiliki dua edisi, yaitu edisi cetak dan edisi online atau daring. Artikel ilmiah sering disajikan dalam format PDF dalam versi publikasi online, sehingga pembaca harus mengunduh versi lengkapnya terlebih dahulu.

Jurnal internasional diterbitkan secara online saat mereka menjangkau khalayak yang lebih luas. Karena merupakan jurnal internasional, target audiensnya akan di seluruh dunia. Dengan menulis dalam enam bahasa internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa dan menggunakan versi online, semoga jurnal internasional tersedia di seluruh dunia.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

5. Dewan Redaksi Mesti Berasal Dari Minimal 4 Negara

Cara Melihat H index Scopus

Dalam jurnal internasional biasanya terdapat dewan redaksi atau biasa disebut juga dengan redaksi, yang harus berasal dari minimal 4 negara yang berbeda. Editor dianggap ahli di bidangnya atau jurnalnya. Ini Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus yang wajib ada.

6. Ditulis Oleh Penulis Beda Negara

Selanjutnya dalam Cara Melihat H index Scopus adalah naskah harus ditulis oleh penulis di negara yang berbeda.

Jika penulis berasal dari negara lain, ia juga masuk dalam jurnal yang terindeks Scopus. Misalnya, dalam satu terbitan atau satu terbitan jurnal, penulis setidaknya berasal dari 2 negara yang berbeda.

Walaupun penulisnya berasal dari negara yang berbeda, penulisan jurnal tetap menggunakan bahasa internasional. Oleh karena itu, jurnal internasional sering ditulis dalam bahasa yang dianggap umum, seperti bahasa Inggris.

7. Terindeks Internasional

Cara Melihat H index Scopus

Beriktnya dalam Cara Melihat H index Scopus yang terakhir adalah terindeks oleh database jurnal internasional seperti Web of Science, Scopus atau database jurnal internasional lainnya yang menjadi pertimbangan Ditjen Dikti.

Di Indonesia istilah jurnal terindeks scopus sudah sangat dikenal, artinya memenuhi salah satu kriteria jurnal internasional. Penulisan jurnal juga cukup sulit untuk diindeks secara internasional, isi jurnal harus benar-benar memiliki teknik analisis data yang efektif dan berkualitas tinggi.

Baca Juga : Cara Membuat Jurnal Scopus

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

Cara Melihat ID Scopus

setelah kita membahas mengenai Cara Melihat H index Scopus dan ciri-ciri jurnal terindeks scopus, kurang rasanya jika kita tidak membahas mengenai Cara Melihat ID scopus

Nah, perlu kamu ketahui juga bahwa ada 3 cara untuk melihat ID Scopus dengan cepat dan mudah. Kamu bisa memilih salah satunya.

berikut adalah 3 cara mendapatkan ID Scopus:

1. Cara Melihat ID Scopus Di Webnya Langsung

Yang pertama dalam Cara Melihat H index Scopus adalah melihat dari ID Scopus di Web langsung

  • Buka halaman Scopus atau klik link berikut www.scopus.com
  • Klik Pencarian Penulis
  • Kemudian isi kolom nama dan afiliasi Anda. Jika artikel Anda seorang pemula, Anda harus mengosongkan kolom afiliasi karena penulis lain dapat ditambahkan. Selain itu, terkadang ini akan mempengaruhi nama institusi dalam bahasa Inggris, dan nama institusi yang Anda masukkan tidak dalam bahasa Inggris. Jadi tidak dapat menemukan nama Anda.
  • Setelah mengklik tombol pencarian, nama Anda akan muncul. Kemudian untuk mengetahui SCOPUS ID, Anda dapat mengarahkan kursor ke jumlah artikel yang menunjukkan angka 1 (artinya Anda sudah memiliki 1 artikel yang terindeks Scopus).
  • Klik kanan nomor satu dan klik Salin.
  • Setelah itu, buka MS Word atau Notepad dan paste link yang sudah anda copy tadi.
  • Di sana Anda akan menemukan SCOPUS ID. ID SCOPUS Anda adalah nomor di akhir halaman (nomor merah disorot dengan warna kuning).

2. Cara Melihat ID Scopus Dengan Inspect Element

  • Lakukan langkah 1 sampai 4 dari cara pertama yang kita tulis tadi.
  • Klik elemen periksa hingga tautan halaman muncul di sisi kanan halaman pada layar komputer Anda
  • Nah, Scopus Idnya ada di akhir link halaman

3. Cara Melihat ID Scopus Dengan Bantuan

Kalau tidak mau repot dengan cara yang dulu untuk melihat Scopus ID dua cara. Anda juga dapat mengirim pesan kepada administrator Scopus dengan menghubungi kami Scopus. Tentu saja, jika Scopus tidak mendapatkan respon, prosesnya akan memakan waktu cukup lama.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

Baca Juga : Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan terkait Cara Melihat H index Scopus, semoga dengan adanya artikel Cara Melihat H index Scopus bisa berguna dan bermanfaat. Terimakasih!!


FAQ

Cara mengetahui apakah jurnal terindeks Scopus?

Buka browser dan kunjungi situs resmi Scopus atau kamu bisa klik link berikut https://www.scopus.com/home.uri. Kemudian klik “Sumber” di pojok kanan atas. Masukan nama jurnal pada kolom yang tersedia“Enter Title” lalu klik Enter atau klik “Find Source“

Apa arti H index dalam jurnal?

H-indeks adalah metrik yang digunakan untuk mengukur kontribusi dan dampak dari publikasi ilmiah dosen dan peneliti.

Dimana letak Index jurnal?

Hampir sama dengan cara melihat status akreditasi jurnal, biasanya daftar indeksasi yang dimiliki jurnal sudah disampaikan dengan jelas oleh pengelola jurnal di laman utama (home) websitenya. Anda bisa mencari di bagian kiri atau kanan (sidebar) laman jurnal, atau juga di bagian bawah laman (footer).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *