Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus

7+ Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus Yang Wajib Kamu Ketahui!

Bagi kamu yang ingin mengetahui tentang apa saja Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus, kamu bisa temukan semua jawabannya di dalam artikel ini. Yuk simak sampai habis!

Pernahkah Anda mendengar istilah jurnal? Ada dua jenis jurnal/artikel penulisan ilmiah, yang biasa disebut jurnal internasional dan jurnal nasional. Dalam setiap jurnal, ada fitur yang membuatnya unik.

Pastikan jurnal yang Anda pilih terindeks dan terakreditasi dengan baik. Hal ini karena mempengaruhi karya ilmiah yang diajukan untuk benar-benar dibaca oleh semua orang.

Ingin Tahu Info Publikasi Jurnal Scopus Mudah Terbit? Simak Sampai Habis Yah!

Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus Terbaru

Setidaknya ada beberapa kriteria agar jurnal dapat disebut sebagai jurnal internasional. Berikut ciri-ciri jurnal terindeks Scopus:

1. Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus Harus Ditulis Menggunakan Kaidah Keilmuan

Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus - Ditulis Menggunakan Kaidah Keilmuan

Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus yang pertama adalah adanya prinsip-prinsip ilmiahnya. Untuk jenis tulisan non-ilmiah atau non-ilmiah lainnya tidak boleh berbentuk jurnal, tetapi hanya jurnal atau karya tulis lainnya.

Baca Juga : Download Jurnal Scopus Gratis

Artinya jurnal internasional harus memperhatikan pentingnya artikel yang ditulis dengan menggunakan etika dalam pendeskripsian karya ilmiah, tidak melupakan fakta dan angka yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, jurnal internasional harus menulis berdasarkan bukti-bukti yang ada, bukan hanya opini penulis.

Ingin Tahu Info Publikasi Jurnal Scopus Mudah Terbit? Simak Sampai Habis Yah!

2. Ditulis Dengan Bahasa Internasional

Ditulis Dengan Bahasa Internasional

Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus kedua adalah Jurnal internasional harus ditulis dalam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang saat ini memiliki enam bahasa resmi, antara lain Inggris, Prancis, Spanyol, Rusia, Mandarin, dan Arab. Keenam bahasa ini diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dalam menggunakan bahasa internasional, ada beberapa indikator, antara lain:

  1. Sejarah panjang penggunaan sebagai skrip
  2. Status bahasa resminya di beberapa negara
  3. Penerapannya dalam berbagai bidang kehidupan, seperti perdagangan, diplomasi, pendidikan dan ilmu pengetahuan

Baca Juga : Cara Melihat ID Scopus

Oleh karena itu, jurnal internasional harus ditulis dalam salah satu dari enam bahasa internasional resmi yang ditetapkan oleh PBB. Pada saat yang sama, bahasa Indonesia belum menjadi bahasa internasional yang ditetapkan oleh PBB, sehingga jurnal khusus berbahasa Indonesia belum menjadi jurnal internasional.

3. Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus Harus Memiliki Internasional Standard Serial Number (ISSN)

Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus - Memiliki Internasional Standard Serial Number

ISSN adalah nomor seri standar internasional yang digunakan untuk mengidentifikasi publikasi berkala di media cetak dan elektronik. Jurnal internasional harus memiliki ISSN yang dapat dilihat di website resmi jurnal tersebut.

Jika jurnal memiliki edisi online dan cetak, versi online dan cetak juga memiliki 2 ISSN. Ini merupakan salah satu Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus yang tidak dapat ditolak.

4. Memiliki Terbitan Versi Online

Memiliki Terbitan Versi Online

Adanya terbitan versi online/daring merupakan Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus yang wajib dimiliki.

Jurnal internasional harus memiliki dua edisi, yaitu edisi cetak dan edisi online atau daring. Artikel ilmiah sering disajikan dalam format PDF dalam versi publikasi online, sehingga pembaca harus mengunduh versi lengkapnya terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Mencari Jurnal Di Scopus

Jurnal internasional diterbitkan secara online saat mereka menjangkau khalayak yang lebih luas. Karena merupakan jurnal internasional, target audiensnya akan di seluruh dunia. Dengan menulis dalam enam bahasa internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa dan menggunakan versi online, semoga jurnal internasional tersedia di seluruh dunia.

5. Dewan Redaksi Mesti Berasal Dari Minimal 4 Negara Dan Merupakan Ahli Di Bidangnya

Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus - Dewan Redaksi Mesti Berasal Dari Minimal 4 Negara Dan Merupakan Ahli Di Bidangnya

Dalam jurnal internasional biasanya terdapat dewan redaksi atau biasa disebut juga dengan redaksi, yang harus berasal dari minimal 4 negara yang berbeda. Editor dianggap ahli di bidangnya atau jurnalnya. Ini Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus yang wajib ada.

Ingin Tahu Info Publikasi Jurnal Scopus Mudah Terbit? Simak Sampai Habis Yah!

6. Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus Harus Ditulis Oleh Penulis Beda Negara

Ditulis Berbagai Negara

Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus selanjutnya adalah naskah harus ditulis oleh penulis di negara yang berbeda.

Jika penulis berasal dari negara lain, ia juga masuk dalam jurnal yang terindeks Scopus. Misalnya, dalam satu terbitan atau satu terbitan jurnal, penulis setidaknya berasal dari 2 negara yang berbeda.

Baca Juga : Jurnal Scopus Cepat Terbit

Walaupun penulisnya berasal dari negara yang berbeda, penulisan jurnal tetap menggunakan bahasa internasional. Oleh karena itu, jurnal internasional sering ditulis dalam bahasa yang dianggap umum, seperti bahasa Inggris.

Ingin Tahu Info Publikasi Jurnal Scopus Mudah Terbit? Simak Sampai Habis Yah!

7. Terindeks Internasional

Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus harus Terindeks Internasional

Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus yang terakhir adalah terindeks oleh database jurnal internasional seperti Web of Science, Scopus atau database jurnal internasional lainnya yang menjadi pertimbangan Ditjen Dikti.

Di Indonesia istilah jurnal terindeks scopus sudah sangat dikenal, artinya memenuhi salah satu kriteria jurnal internasional. Penulisan jurnal juga cukup sulit untuk diindeks secara internasional, isi jurnal harus benar-benar memiliki teknik analisis data yang efektif dan berkualitas tinggi.

Penawaran Eksklusif Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Khusus Pengunjung Web Publikasiindonesia.Id

Publikasi Jurnal Scopus

Belakangan ini, masih banyak dari mereka yang belum mengetahui terkait berapa harga normal yang dibutuhkan untuk jasa publikasi jurnal scopus cepat terbit. Dan banyak dari mereka menganggapnya sangat mahal.

Tapi, perlu diketahui juga bahwa harga tersebut tergantung pada rangking jurnal dan reputasinya. Jadi, tidak semua publikasi jurnal scopus ini di tarif dengan harga mahal.

Kita semua tahu bahwa ada banyak jurnal bereputasi Scopus dan ISI Thomson yang tidak memerlukan biaya sepeserpun dalam publikasinya.

Tapi perlu ingat, bahwa jasa publikasi jurnal Scopus yang gratis, proses reviewnya super ketat. Bahkan, untuk proses reviewnya saja bisa memakan waktu 1-2 tahun. Dan itu juga kalau naskah bapak/ibu di ACC oleh publisher.

Jadi, jika naskah milik bapak/ibu ingin cepat di ACC dan terbit di jurnal Scopus, maka dibutuhkan jasa publikasi jurnal Scopus yang berkualitas.

Kini Kami (Publikasi Indonesia) hadir untuk menjadi solusi terbaik terkait publikasi jurnal Scopus. Terkhusus kepada rekan-rekan baik dosen, mahasiswa, peneliti, doctor dan guru.

Kami siap mendampingi naskah milik Bapak/Ibu agar bisa terbit di jurnal Scopus baik Q1, Q2, Q3 dan Q4.

Berikut beberapa benefit yang akan kamu dapatkan :

  • Jaminan mendapatkan ID Scopus
  • Jaminan Sertifikat
  • Jaminan terindeks Scopus
  • Jaminan Non Presentation
  • Jaminan Full Text
  • Jaminan Terbit
  • Harga Terjangkau

Jika naskah yang kamu miliki belum lengkap, kami juga siap untuk melengkapi dan memperbaiki naskah milik kamu agar sesuai dengan kriteria dalam publikasi jurnal Scopus.

Attention! Kami hanya menyediakan 10 Slot saja untuk pendampingan publikasi jurnal Scopus di tahun 2022 ini. Pada bulan ini, tersisa 3 Slot terakhir.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Juli!

Tips Membuat Jurnal Scopus

Tips Membuat Jurnal Scopus

Setelah kamu mengetahui tentang Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus, pada kesempatan ini kami akan memberikanmu beberapa tips untuk membuat jurnal Scopus.

Tidak semua orang mengetahui teknik penulisan jurnal internasional yang tepat. Hal ini dikarenakan jurnal internasional ditulis dalam bahasa standar dan memiliki aturan penulisan. Penulisan di jurnal internasional biasanya ditulis secara berurutan dari judul hingga sumber yang digunakan.

  1. Tingkatkan latihan menulis Anda
  2. Tentukan pembaca
  3. Identifikasi topik penelitian
  4. Tulis artikel yang menarik minat pembaca Anda
  5. Koreksi teks
  6. Hindari plagiarisme

Kesulitan Dalam Membuat Jurnal Scopus? Kami Sangat Bisa Membantumu. Klik Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Pendampingan Pembuatan Jurnal Scopus!

Kesimpulan

Nah, demikianlah pembahasan yang bisa kami sampaikan terkait Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus yang wajib banget untuk kamu ketahui.

Semoga ini semua bisa bermanfaat dan berguna bagi rekan-rekan sekalian, terimakasih!

Ingin Publikasi Jurnal Scopus? Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Scopus Kami Sekarang Juga!


FAQ

Bagaimana Cara Mengetahui Suatu Jurnal Sudah Terindeks Scopus?

Buka Laman Resmi Scopus > Klik Sources > Isikan Nama Jurnal > Klik Find Sources > Klik Jurnal Tersebut > Cek Tahun Coverage-Nya > Cek Juga Scopus Content Coverage

Apa Itu Scopus?

Scopus adalah database jurnal international yang memiliki kualitas sangat bagus termasuk database abstrak dan kutipan terbesar dari literatur peer-review: jurnal ilmiah, buku dan prosiding konferensi

Bagaimana Cara Masuk Scopus?

Buka Laman Scopus > Klik Author Search > Isilah Kolom Nama Dan Afiliasi > Klik Tombol Search > Klik Kanan Angka Satu Tersebut, Lalu Klik Copy

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.