Ciri Ciri Jurnal Internasional

Untuk kamu yang sedang mencari ciri ciri jurnal Internasional yang baik, kamu bisa baca pembahasan kami pada artikel ini. Mari kita simak! Pernahkah kamu mendengar

Publikasi Indonesia

[addtoany]

Ciri-Ciri Jurnal Internasional

Untuk kamu yang sedang mencari ciri ciri jurnal Internasional yang baik, kamu bisa baca pembahasan kami pada artikel ini. Mari kita simak!

Pernahkah kamu mendengar istilah jurnal internasional? Jika kamu seorang mahasiswa, saya rasa kamu sudah cukup familiar dengan istilah ilmiah semacam ini. Secara sederhana, jurnal internasional merupakan kumpulan artikel ilmiah yang ditulis dalam bahasa internasional. Tapi tentu makna yang sebenarnya tidak sesederhana itu. Ada beberapa ciri ciri jurnal internasional yang perlu kamu ketahui.

Nah, silahkan simak pembahasan kami berikut ini:

Penawaran Eksklusif Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Khusus Pengunjung Web Publikasiindonesia.id

Belakangan ini, masih banyak dari mereka yang belum mengetahui terkait berapa harga normal yang dibutuhkan untuk jasa publikasi jurnal scopus cepat terbit. Dan banyak dari mereka menganggapnya sangat mahal.

Tapi, perlu diketahui juga bahwa harga tersebut tergantung pada rangking jurnal dan reputasinya. Jadi, tidak semua publikasi jurnal scopus ini di tarif dengan harga mahal.

Kita semua tahu bahwa ada banyak jurnal bereputasi Scopus dan ISI Thomson yang tidak memerlukan biaya sepeserpun dalam publikasinya.

Tapi perlu ingat, bahwa jasa publikasi jurnal Scopus yang gratis, proses reviewnya super ketat. Bahkan, untuk proses reviewnya saja bisa memakan waktu 1-2 tahun. Dan itu juga kalau naskah bapak/ibu di ACC oleh publisher.

Jadi, jika naskah milik bapak/ibu ingin cepat di ACC dan terbit di jurnal Scopus, maka dibutuhkan jasa publikasi jurnal Scopus yang berkualitas.

Kini Kami (Publikasi Indonesia) hadir untuk menjadi solusi terbaik terkait publikasi jurnal Scopus. Terkhusus kepada rekan-rekan baik dosen, mahasiswa, peneliti, doctor dan guru.

Kami siap mendampingi naskah milik Bapak/Ibu agar bisa terbit di jurnal Scopus baik Q1, Q2, Q3 dan Q4.

Berikut beberapa benefit yang akan kamu dapatkan :

  1. Jaminan Mendapatkan ID Scopus
  2. Jaminan Sertifikat
  3. Jaminan Terindeks Scopus
  4. Jaminan Non Presentation
  5. Jaminan Full Text
  6. Jaminan Terbit
  7. Harga Terjangkau

Jika naskah yang kamu miliki belum lengkap, kami juga siap untuk melengkapi dan memperbaiki naskah milik kamu agar sesuai dengan kriteria dalam publikasi jurnal Scopus.

Attention! Kami hanya menyediakan 10 Slot saja untuk pendampingan publikasi jurnal Scopus di tahun ini. Pada bulan ini, tersisa 3 Slot terakhir.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

Ciri Ciri Jurnal Internasional Yang Baik

Ciri-Ciri Jurnal Internasional Yang Baik

Ciri-ciri jurnal Internasional merupakan yang sudah disepakati dan ditentukan oleh instruktur DIKTI dalam Pedoman Penilaian Kredit (PAK). Maka dari itu, standar ini sudah berlaku secara nasional, sehingga kamu dapat menemukan informasi tambahan tentang standar untuk jurnal internasional yang berbeda, terutama jika sumbernya dari luar negeri.

1. Ditulis Menggunakan Kaidah Keilmuan

Ciri-ciri pertama sebuah jurnal dapat dikatakan sebagai jurnal internasional yaitu adanya beberapa bagian-bagian ilmiah yang terkandung didalam jurnal tersebut. Kalau jurnal tersebut tidak ilmiah atau tidak ditulis berdasarkan metode ilmiah, maka namanya bukanlah jurnal melainkan hanya majalah atau karya tulis lainnya.

2. Memiliki Internstional Standard Serial Number (ISSN)

Ciri ciri jurnal Internasional yang kedua yaitu memiliki nomor ISSN. Lantas, apa itu ISSN?

ISSN adalah singkatan dari International Standart of Serial Number yang mana sering digunakan untuk mengidentifikasi sebuah publikasi yang diterbitkan secara berkala baik versi cetak maupun online. Jurnal internasional harus mempunyai nomor ISSN yang dapat dilihat pada halaman resmi website jurnal tersebut.

Tapi, apabila jurnal tersebut mempunyai 2 edisi yakni cetak dan online, maka jurnal tersebut harus mempunyai 2 ISSN, ISSN dari cetak dan ISSN dari online.

3. Dewan Redaksi Mesti Berasal Dari Minimal 4 Negara Dan Ahli Di Bidangnya

Dalam jurnal internasional biasanya terdapat editorial board, atau disebut juga dewan redaksi, yang minimal harus berasal dari 4 negara yang berbeda-beda. Editorial Board berperingkat seperti ahli di bidang atau jurnal masing-masing.

4. Terindeks Internasional

Ciri ciri jurnal internasional berikutnya yaitu terindeksnya database jurnal internasional misalnya Scopus, Web of Science atau database jurnal internasional lainnya yang menjadi pertimbangan Ditjen Dikti.

5. Bukan Jurnal Yang Berasal Dari Jurusan – Ciri Ciri Jurnal Internasional

Seperti yang kita ketahui jika ada jurnal yang dimiliki oleh universitas atau perguruan tinggi tertentu atau juga dari lembaga. Nah, sebaiknya jurnal International diterbitkan oleh lembaga profesi yang mempunyai cakupan luas.

6. Ditulis Dengan Bahasa Internasional Atau Bahasa Resmi PBB

Jurnal internasional harus ditulis dalam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang saat ini dimiliki enam bahasa resmi, seperti Rusia, Prancis, Arab, Inggris, Mandarin, dan Spanyol. Keenam bahasa tersebut adalah bahasa yang sudah diakui oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Ada juga beberapa penggunaan indikator dalam bahasa internasional, berikut diantaranya :

  • Sejarah panjang sebagai genre penulisan
  • Status bahasa resminya di beberapa negara
  • Penerapannya dalam berbagai kehidupan, misalnya sebagai sarana bisnis, pendidikan, diplomasi dan ilmu pengetahuan

7. Ditulis Oleh Penulis Dari Berbagai Negara

Ciri Ciri Jurnal Internasional yang ketujuh adalah jurnal tersebut ditulis oleh penulis yang berasal dari beberapa negara.

Jika jurnal tersebut ditulis oleh 2 orang atau lebih dari negara yang berbeda-beda, jurnal tersebut bisa dikatakan jurnal International. Contohnya seperti ini, satu terbitan jurnal berasal dari 2 penulis dari negara yang berbeda.

Walaupun penulis tersebut berasal dari negara yang berbeda, namun bahasa penulisan jurnalnya harus menggunakan bahasa Internasional resmi PBB. Maka dari itu, jurnal internasional sering ditemukan ditulis dalam bahasa yang dianggap umum, misalnya bahasa Inggris.

8. Memiliki Terbitan Versi Daring (Online)

Ciri Ciri Jurnal Internasional yang ke 8 adalah wajib memiliki terbitan versi online.

Jurnal internasional harus mempunyai dua edisi terbitan, yakni edisi cetak dan edisi daring. Dalam publikasi online, artikel ilmiah sering disajikan dalam format PDF, maka dari itu pembaca harus mendownload versi lengkapnya terlebih dahulu.

Jurnal internasional harus diterbitkan secara online karena akan menangkap pembaca yang lebih luas lagi. Karena jurnal internasional, target audiensnya yaitu seluruh dunia. Dengan penulisan dalam 6 bahasa internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa dan menggunakan versi online, diharapkan jurnal internasional dapat diakses di seluruh dunia.

9. Terbit Secara Teratur

Jurnal internasional harus diterbitkan secara berkala harus sesuai dengan jadwal sistematis yang telah ditentukan. Tentu saja, kalau jurnal tersebut tidak diterbitkan secara berkala, walaupun dengan berbagai batasan, akan terlihat tidak profesional.

10. Merupakan Artikel Orisinil Bukan Sekadar Riview Atau Ulasan

Ciri Ciri Jurnal Internasional yang kesepuluh adalah naskah tersebut harus original.

Artikel yang memuat konten dari dunia sains harus artikel asli, atau karya berdasarkan hasil dari penelitian. Maka dari itu, perlu untuk menghindari artikel jurnal yang hanya berisi review jurnal atau hasil review saja.

Karena review biasanya hanya membahas dari hasil penelitian yang ada, bukan penelitian asli itu sendiri.

Lebih jauh, penting untuk ditekankan bahwa, walaupun data penelitian digunakan, data yang digunakan harus valid dan dapat di interpretasikan untuk mendukung teori penelitian.

11. Dikelola Secara Professional

Tentunya selain ciri-ciri jurnal kredibel tersebut di atas, juga harus dikelola oleh orang-orang yang terpilih, oleh para profesional. Salah satu bentuk profesionalisme yaitu kehadiran editor jurnal.

Tanggung jawab editor jurnal sangatlah ketat. Buktinya, tidak semua jurnal yang dikirim bisa diinput. Jurnal yang masuk harus memenuhi kriteria dan persyaratan yang ketat supaya lulus. Salah satu publikasi jurnal yang paling populer dan kredibel milik pemerintah yaitu Sinta. Bagi yang penasaran bisa langsung tahu apa itu Sinta.

Selain Sinta, ada yang namanya scopus. Scopus merupakan bidang yang tidak di tingkat nasional, namun di tingkat internasional. Nah, untuk yang ingin jurnalnya terindeks Scopus harus bisa berbahasa Inggris. Setiap jurnal yang terindeks Scopus pastinya menjadi sumber kebanggaan dan nilai tersendiri.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

Kriteria / Ciri Ciri Jurnal Internasional

Kriteria Jurnal Internasional

Nah, perlu kamu ketahui juga bahwa jurnal Internasional memiliki beberapa kriteria yang dapat menjadi ciri dari jurnal lainnya.

Berikut beberapa kriteria jurnal Internasional:

  1. Karya ilmiah ditulis sesuai dengan kaidah ilmiah dan etika ilmiah
  2. Memiliki ISSN
  3. Miliki publikasi versi online
  4. Manajemen profesional (keakuratan reguler, ketersediaan instruksi penulisan, status jurnal, dll.)
  5. Bertujuan untuk menampung/mengkomunikasikan temuan ilmiah dan/atau konsep ilmiah dalam disiplin ilmu tertentu
  6. Bagi masyarakat ilmiah/peneliti dengan disiplin ilmu yang relevan.
  7. Penerbitan oleh penerbit/lembaga penelitian/organisasi profesi/universitas dan unitnya
  8. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia dan/atau Bahasa Inggris, dan abstrak adalah Bahasa Indonesia.
  9. Karya tulis ilmiah yang memuat penulis minimal dari dua institusi yang berbeda.
  10. Terdapat dewan redaksi yang terdiri dari para ahli di bidangnya masing-masing dan para ahli dari sekurang-kurangnya dua lembaga yang berbeda.
  11. Menurut pertimbangan kelompok ahli Dirjen Dikti, jurnal nasional yang memenuhi kriteria 1-10 dan termasuk dalam DOAJ atau halaman lain bernilai lebih tinggi dari jurnal nasional, paling banyak 15.

Tips Membuat Jurnal International

Tips Membuat Jurnal International

Selain membahas Ciri Ciri Jurnal Internasional, pada bagian ini kami juga akan memberikanmu beberapa tips dalam membuat jurnal internasional.

Tidak semua orang tahu tentang teknik yang tepat untuk menulis jurnal internasional. Maka hal ini dikarenakan jurnal internasional ditulis dalam bahasa standar dan mempunyai aturan penulisan. Penulisan jurnal internasional biasanya ditulis secara berurutan dari judul sampai referensi yang digunakan.

1. Perbanyak Latihan Menulis

Tips dan trik pertama yang harus kamu ketahui saat menulis untuk jurnal internasional yaitu memperbanyak latihan menulis kamu. Dengan memiliki pengalaman menulis, tentu akan memperbesar peluang untuk lolos pada situs jurnal internasional misalnya Scopus dan lain sebagainya. Juga, kamu dapat berlatih membuat semua pekerjaan yang kamu lakukan menarik untuk pembaca.

2. Tentukan Pembaca

Selain belajar membuat jurnal, kamu juga harus mengidentifikasi pembaca yang akan di jurnal. Tentu saja, dengan mengidentifikasi pembaca kamu, penjurnalan akan lebih mudah untuk kamu.

Selain itu, dengan mengidentifikasi pembaca juga memudahkan kamu untuk mengirimkan jurnal kamu ke lokasi yang tepat. kamu juga bisa menuliskan berbagai kata yang akan membuat pembaca tertarik untuk terus membaca jurnal tersebut.

3. ciri ciri jurnal internasional issn – Tentukan Tema Penelitian

Tips dan trik menulis jurnal internasional berikutnya yaitu mengidentifikasi topik penelitian. Kami menyarankan kamu menggunakan topik yang menarik untuk banyak pembaca jurnal. Kamu juga dapat mencari topik yang berkembang dan menarik perhatian. Dengan begitu, jurnal yang dibuat akan berpotensi untuk diterbitkan oleh jurnal internasional.

4. Buatlah Tulisan Yang Membuat Pembaca Tertarik

Tips dan trik selanjutnya yaitu menulis jurnal yang akan membuat pembaca tertarik dengan jurnal kamu. Cara ini tentu saja tidak mudah dilakukan karena kamu harus mencari artikel yang akan menarik pembaca. Dalam hal ini, kamu harus selalu membaca berbagai jurnal yang terlihat menarik.

5. Koreksi Tulisan

Tips dan trik penulisan jurnal internasional selanjutnya yaitu mengoreksi tulisan yang akan dikirim. Koreksi dalam penulisan sangatlah penting supaya tidak terjadi kesalahan kata, ejaan maupun kalimat.

6. Hindari Plagiarisme

Plagiarisme merupakan sesuatu yang harus dihindari oleh semua penulis. Justru jika kamu bisa menulis jurnal yang sangat bagus, kamu tidak akan mendapatkan apresiasi dari pembaca kamu jika konten tersebut ternyata plagiasi. Justru tindakan plagiarisme hanya akan mempermalukan diri sendiri.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

Akhir Kata

Demikianlah Ciri Ciri Jurnal Internasional, yang bisa kami bahas pada artikel ini. Semoga bermanfaat.


FAQ

Apakah Scopus termasuk jurnal internasional?

Maka Scopus merupakan database untuk jurnal internasional bereputasi. Reputasi jurnal internasional bisa dilihat dari kinerja peneliti, penulis, kinerja jurnal, dan lain-lain. Scopus diketahui sebagai database yang dimiliki dan dikelola oleh Elsevier yang merupakan salah satu penerbit karya ilmiah terkemuka di dunia.

Apakah jurnal internasional harus menggunakan bahasa Inggris?

Menurut DIKTI, jurnal internasional adalah jurnal yang memenuhi kriteria sebagai berikut. Karya ilmiah yang diterbitkan ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan. Memiliki ISSN. Ditulis dengan menggunakan bahasa resmi PBB (Arab, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol dan Tiongkok).

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar