Pada kesempatan kali ini kami akan melakukan pembahasan mengenai tata cara daftar scopus yang masih belum orang-orang ketahui.

Padahal hal ini sangatlah penting terutama anda para dosen yang ingin menerbitkan jurnal internasional berkualitas.

Mengapa Anda Harus Mendaftar Scopus Secara Gratis?

Mengapa Anda Harus Mendaftar Scopus Secara Gratis?

Scopus sendiri merupakan sebuah alat penerbit digital yang memudahkan masyarakat ilmiah untuk melakukan pencarian ataupun berbagi konten lainnya.

Karena dengan adanya lebih dari 3 juta artikel maka hal ini akan membuat anda terbantu untuk menemukan berbagai penelitian terbaru di bidang Anda, ataupun anda bisa mendapatkan artikel peer-review yang nantinya bisa digunakan untuk sumber bagi proyek Anda berikutnya.

Scopus juga merupakan sala satu database kutipan yang sering digunakan untuk makalah ataupun penelitian.

Yang dimana basis dari data ini mencakup referensi ke artikel jurnal, prosiding konferensi, paten, disertasi, dan lainnya yang lebih dari 100 bahasa.

Dan juga scopus ini telah diberi peringkat oleh dua otoritas terpisah sebagai sumber daya global utama untuk informasi ilmiah dan ilmiah.

Baca Juga : Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Bagaimana Cara Daftar Scopus Gratis?

Bagaimana Cara Daftar Scopus Gratis?

Seperti yang sudah kita ketahui bahwasannya scopus merupakan database literatur ilmiah peer-review terkemuka di dunia, yang dimana scopus menyediakan akses ke jurnal, buku dan prosiding konferensi di berbagai bidang studi.

Selain itu sumber daya ini dirancang agar bisa membantu para peneliti dengan pekerjaan akademis yang sedang mereka jalani.

Hal ini juga telah dirancang dengan mempertimbangkan kegunaan serta bisa mudah untuk digunakan.

Maka dari itu anda bisa mencari berbagai artikel dengan menggunakan berbagai filter seperti nama penulis, judul jurnal, kata kunci, dll, yang diman ini juga memberikan Anda akses ke versi teks lengkap artikel dalam format PDF untuk mendapatkan keseluruhan informasinya.

Dan perlu kalian ketahui bahwasannya scopus ini tidak dibuat untuk masyarakat umum, yang menjadikan anda harus memiliki alamat email institut atau universitas terlebih dahulu jika anda ingin mendaftarkan diri ke sumber ini.

Seperti Apa Proses Pendaftarannya?

Seperti Apa Proses Pendaftarannya?

Dalam proses pendaftaran juga biasanya anda harus melalui tautan yang Anda terima di email Anda, yang dimana anda terlebih dahulu harus melakukan pengisian formulir dengan informasi tentang diri Anda dan perusahaan Anda.

Dan saat ini sudah ada Beberapa perusahaan yang telah mengklaim bahwasannya mereka bisa menjalankan perusahaan Anda dalam kurun waktu satu atau dua jam, hal ini mungkin saja benar dalam beberapa kasus tertentu.

Akan tetapi sebagain perusahaan yang ada memerlukan waktu yang lebih banyak agar bisa melewati semua langkah dan proses berdasarkan kebutuhan dan preferensi mereka.

Dan hal yang perlu anda ingat adalah mengetahui berapa banyak pekerjaan yang diperlukan perusahaan lain untuk memulai proses pendaftaran mereka.

Yang dimana ketika anda sudah mengetahui semuanya maka anda bisa mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan jika Anda memutuskan untuk menggunakan opsi ini juga!

Berikut kami lampirkan langkah-langkahnya:

  • Anda bisa terlebih dahulu untuk menemukan judul atau abstrak karya Anda pada halaman entri database
  • Setelah itu anda harus menunggu selama sekitaran satu jam sampai nama pengguna dibuat
  • Setelah itu anda bisa masuk ke email anda yang seharusnya sudah terkirim otomatis ketika pendaftaran berhasil diselesaikan
  • Setelah itu anda bisa melakukan proses Login dengan menggunakan nama pengguna dan kata sandi Anda
  • Setalah itu anda bisa mengikuti petunjuk lebih lanjut untuk bisa menyelesaikan proses pendaftaran nya.

Cara Mendapatkan Id Scopus

Nah setellah mengetahui dan memahami mengenai cara daftar scopus, pembahasan berikutnya adalah cara mendapatkan id scopus

  • Pertama-tama buka web Scopus atau klik link berikut www.scopus.com
  • Kemudian Klik Author Search
  • selanjutnya isi kolom nama dan afiliasi kamu. Kalau artikel kamu seorang pemula, sebaiknya kamu mengosongkan kolom Afiliasi karena memungkinkan untuk menambahkan penulis lain. Selain dari itu, terkadang mempengaruhi nama institusi dalam bahasa Inggris, dan nama institusi yang kamu masukkan tidak menggunakan bahasa Inggris. Sehingga nama kamu tidak bisa ditemukan.
  • Setelah kamu mengklik tombol “Cari”, nama kamu otomatis akan muncul. Lalu untuk mengetahui SCOPUS ID, kamu bisa mengarahkan kursor ke jumlah artikel yang menunjukkan angka 1 (artinya kamu sudah memiliki 1 artikel yang terindeks Scopus).
  • Klik kanan angka satu tersebut, lalu klik salin atau copy.
  • Setelah itu buka notepad Word atau MS, untuk mempastekan link yang sudah kamu copy tadi.
  • Nah, disitulah kamu mendapatkan ID SCOPUS. ID SCOPUS kamu berbentuk angka-angka yang berada di bagian akhir web tersebut (angka merah yang disorot kuning).

Baca Juga : Cara Melihat ID Scopus

Penawaran Eksklusif Pendampingan Publikasi Jurnal Internasional Scopus Khusus Pengunjung Web Publikasiindonesia.id

Belakangan ini, masih banyak dari mereka yang belum mengetahui terkait berapa harga normal yang dibutuhkan untuk jasa publikasi jurnal scopus cepat terbit. Dan banyak dari mereka menganggapnya sangat mahal.

Tapi, perlu diketahui juga bahwa harga tersebut tergantung pada rangking jurnal dan reputasinya. Jadi, tidak semua publikasi jurnal scopus ini di tarif dengan harga mahal.

Kita semua tahu bahwa ada banyak jurnal bereputasi Scopus dan ISI Thomson yang tidak memerlukan biaya sepeserpun dalam publikasinya.

Tapi perlu ingat, bahwa jasa publikasi jurnal Scopus yang gratis, proses reviewnya super ketat. Bahkan, untuk proses reviewnya saja bisa memakan waktu 1-2 tahun. Dan itu juga kalau naskah bapak/ibu di ACC oleh publisher.

Jadi, jika naskah milik bapak/ibu ingin cepat di ACC dan terbit di jurnal Scopus, maka dibutuhkan jasa publikasi jurnal Scopus yang berkualitas.

Kini Kami (Publikasi Indonesia) hadir untuk menjadi solusi terbaik terkait publikasi jurnal Scopus. Terkhusus kepada rekan-rekan baik dosen, mahasiswa, peneliti, doctor dan guru.

Kami siap mendampingi naskah milik Bapak/Ibu agar bisa terbit di jurnal Scopus baik Q1, Q2, Q3 dan Q4.

Berikut beberapa benefit yang akan kamu dapatkan :

  1. Jaminan Mendapatkan ID Scopus
  2. Jaminan Sertifikat
  3. Jaminan Terindeks Scopus
  4. Jaminan Non Presentation
  5. Jaminan Full Text
  6. Jaminan Terbit
  7. Harga Terjangkau

Jika naskah yang kamu miliki belum lengkap, kami juga siap untuk melengkapi dan memperbaiki naskah milik kamu agar sesuai dengan kriteria dalam publikasi jurnal Scopus.

Attention! Kami hanya menyediakan 10 Slot saja untuk pendampingan publikasi jurnal Scopus di tahun ini. Pada bulan ini, tersisa 3 Slot terakhir.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

Baca Juga : Format Penulisan Jurnal Scopus

Kesimpulan

Nah, mungkin cukup sekian pembahasan kami pada kesempatan kali ini mengenai cara daftar scopus yang harus diketahui. Semoga apa yang kami bahas pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.


FAQ

Apakah ada Scopus yang gratis?

Kita semua tahu bahwa ada banyak jurnal bereputasi Scopus dan ISI Thomson yang tidak memerlukan biaya sepeserpun dalam publikasinya. Tapi perlu ingat, bahwa jasa publikasi jurnal Scopus yang gratis, proses reviewnya super ketat. Bahkan, untuk proses reviewnya saja bisa memakan waktu 1-2 tahun.

Apa itu jurnal Scopus Q1?

Kategori Quartile 1 (Q1) ini merupakan tingkatan jurnal Internasional Scopus yang memiliki pengaruh paling besar diantara kategori lainnya.

Scopus milik siapa?

Scopus adalah basis data rujukan dan abstrak milik Elsevier yang diluncurkan pada tahun 2004.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *