Pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan sedikit pembahasan mengenai Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus yang harus anda ketahui.

Scopus dimiliki oleh Elsevier yang merupakan salah satu penerbit yang terkemuka yang ada di dunia, scopus pada dasarnya merupakan sebuah database atau pusat data terbesar di dunia.

Akan tetapi pada kenyatannya ada beberapa, meskipun tidak signifikan, dokumen dalam database Scopus yang diterbitkan sebelum Perang Dunia II.

Untuk fungsi utama dari Scopus ini adalah untuk mengindeks literatur ilmiah serta memberikan informasi akurat tentang metadata setiap artikel ilmiah, termasuk data abstrak, referensi, dan publikasi.

Bukan hanya itu saja, scopus juga menyediakan berbagai data agregat yang menunjukkan tingkat dari pengaruh jurnal atau lembaga dalam bidang publikasi ilmiah, yang dimana berdasarkan hubungan dari kutipan artikel yang dipublikasikan oleh peneliti atau oleh jurnal.

Baca Juga : Cara Cek Prosiding Terindeks Scopus

Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Nah, pada bagian ini kami akan memaparkan kepadamu beberapa Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus dengan mudah dan cepat. Yuk simak sampai Habis!

1. Mengecek Lewat Scimago Jr

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengecek jurnal terindek scopus adalah dengan menggunakan Scimago Jr, yang dimana Scimago Jr ini merupakan daftar peringkat jurnal internasional dan sumber Scopus.

Maka dari itu bisa dipastikan bahwasannya sebagian besar jurnal yang terdapat di Scimago Jr. berasal dari Scopus. Untuk lebih detailnya anda bisa coba melakukan langkah-langkah dibawah ini:

  • Langkah pertama anda bisa membuka terlebih dahulu laman Scimago Jr di https://www.scimagojr.com/
  • Lalu jika sudah anda bisa langsung masuk ke laman tersebut, setelah masuk anda bisa melakuakn pencarian judul jurnal internasional yang anda inginkan lalu klik Enter.
  • Lalu jika sudah anda bisa menunggu beberapa saat sampai sisten selesai melakukan pencarian, nah jika sudah maka dalam jurnal tersebut akan tertulis lengkap informasi lainnya, dan dari sanalah anda bisa mengetahuinya.

Nah bagi anda yang tidak memiliki judul untuk dicari maka anda bisa menggunakan fitur “Semua Bidang Mata Pelajaran” atau “Semua Kategori Mata Pelajaran”, yang dimana fitur ini dapat mempermudah pengunjung website untuk melakukan pencarian umum.

2. Mengecek Lewat Scopus

Untuk cara yang kedua dalam mengecek jurnal terindeks scopus adalah dengan melalui Scopus yang sudah pastinya gratis.

Akan tetapi untuk akses membacanya sendiri sedikit dibatasi, maka dari itu anda harus terlebih dahulu berlangganan agar bisa open access, berikut caranya:

  • Untuk langkah pertama anda bisa terlebih dahulu untuk membuka laman Scopus melalui https://www.scopus.com/home.uri
  • Setelah itu anda bisa melakukan pencarian menggunakan fitur pencarian dengan kata Source yang terletak di bagian kanan atas.
  • Lalu jika sudah anda bisa mengetikan negara asal jurnal ataupun judul jurnal tersebut, jika sudah maka anda bisa mengklik tombol Find Source.
  • Nah jika sudah melakukan pencarian maka anda hanya harus menunggu sampai sistem menunjukan hasil pencarian, dan jika memang judul jurnal yang anda cari itu muncul maka jurnal yang ada cari terindeks dalam Scopus.
  • Akan tetapi jika judul jurnal yang and acara tidak muncuk maka anda bisa pertimbangkan untuk mengecek tahun coverage dari jurnal tersebut.

Baca Juga : Cara Mendapatkan ID Scopus

Penawaran Eksklusif Pendampingan Publikasi Jurnal Internasional Scopus Khusus Pengunjung Web Publikasiindonesia.id

Belakangan ini, masih banyak dari mereka yang belum mengetahui terkait berapa harga normal yang dibutuhkan untuk jasa publikasi jurnal scopus cepat terbit. Dan banyak dari mereka menganggapnya sangat mahal.

Tapi, perlu diketahui juga bahwa harga tersebut tergantung pada rangking jurnal dan reputasinya. Jadi, tidak semua publikasi jurnal scopus ini di tarif dengan harga mahal.

Kita semua tahu bahwa ada banyak jurnal bereputasi Scopus dan ISI Thomson yang tidak memerlukan biaya sepeserpun dalam publikasinya.

Tapi perlu ingat, bahwa jasa publikasi jurnal Scopus yang gratis, proses reviewnya super ketat. Bahkan, untuk proses reviewnya saja bisa memakan waktu 1-2 tahun. Dan itu juga kalau naskah bapak/ibu di ACC oleh publisher.

Jadi, jika naskah milik bapak/ibu ingin cepat di ACC dan terbit di jurnal Scopus, maka dibutuhkan jasa publikasi jurnal Scopus yang berkualitas.

Kini Kami (Publikasi Indonesia) hadir untuk menjadi solusi terbaik terkait publikasi jurnal Scopus. Terkhusus kepada rekan-rekan baik dosen, mahasiswa, peneliti, doctor dan guru.

Kami siap mendampingi naskah milik Bapak/Ibu agar bisa terbit di jurnal Scopus baik Q1, Q2, Q3 dan Q4.

Berikut beberapa benefit yang akan kamu dapatkan :

  1. Jaminan Mendapatkan ID Scopus
  2. Jaminan Sertifikat
  3. Jaminan Terindeks Scopus
  4. Jaminan Non Presentation
  5. Jaminan Full Text
  6. Jaminan Terbit
  7. Harga Terjangkau

Jika naskah yang kamu miliki belum lengkap, kami juga siap untuk melengkapi dan memperbaiki naskah milik kamu agar sesuai dengan kriteria dalam publikasi jurnal Scopus.

Attention! Kami hanya menyediakan 10 Slot saja untuk pendampingan publikasi jurnal Scopus di tahun ini. Pada bulan ini, tersisa 3 Slot terakhir.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

Keuntungan Jurnal Berhasil Terindeks

Keuntungan Jurnal Berhasil Terindeks

Nah, setelah melakukan pembahasan mengenai Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus, maka selanjutnya anda harus memahami lebih dalam lagi manfaat yang akan diterima jika jurnal tersebut berhasil masuk kedalam database atau pusat data scopus

Nah jika sudah masuk ke dalam indeks Scopus maka hal ini akan menjadi standar untuk publikasi jurnal internasional di Indonesia.

Yang dimana hal ini tentunya dikarenakan Scopus memiliki kriteria yang kompleks dan hanya mengindeks jurnal berkualitas saja.

Yang dimana ketika sudah berhasil masuk ke dalam database atau pusat data Scopus maka anda akan mendapatkan beberapa keuntungan yang bisa didapatkan, seperti:

1. Meningkatkan Manfaat Jurnal

Nah jika anda sudah berhasil terindeks oleh jurnal Scopus, maka anda bisa meningkatkan pendapatan jurnal atau artikel ilmiah yang kamu terbitkan.

Karena ada banyak komunitas ilmiah diluaran sana yang menggunakan Scopus sebagai bahan atau tempat mencari referensi berkualitas tinggi.

Maka dari itu artikel ilmiah yang dimuat di jurnal terindeks Scopus akan lebih dikenal lebih banyak orang dalam skala internasional.

2. Menambah Informasi di CV

Dan bagi para dosen sendiri yang sedang meniti karir di dunia akademis, mempunyai riwayat publikasi di database Scopus adalah sebuah prestasi.

Dan bagi para dosen yang telah berhasil mempublikasikan di database Scopus maka mereka berhak untuk mengajukan sebuah promosi agar bisa melompat keluar dari program.

Contohnya adalah dosen yang langsung menjadi professor dikarenakan prestasinya di bidang publikasi jurnal internasional.

Bukan hanya itu saja tapi Prestasi ini juga nantinya bisa dimasukkan ke dalam CV. Yang nantinya akan meningkatkan nilai atau bobot CV.

3. Menambah KUM

Manfaat yang selanjutnya adalah penambahan nilai KUM atau nilai kredit instruktur. Yang dimana ketika nilai KUM sudah mencapai jumlah tertentu maka hal itu akan sangat membantu dalam mengajukan promosi fungsional.

Dan dengan adanya publikasi yang masuk dalam skala besar ke dalam database atau pusat data Scopus maka akan semakin mudah juga dalam mencapai KUM yang tinggi.

4. Membubuhkan Nama Secara Internasional

Dan jika anda telah berhasil masuk kedalam indeks Scopus ini maka anda juga telah berhasil menambahkan nama anda ke jenjang internasional.

Karena seperti yang telah dibahas sebelumnya Scopus selalu dikunjungi oleh komunitas ilmiah dari seluruh penjuru dunia.

Baca Juga : Daftar Jurnal Terindeks Scopus

Kesimpulan

Mungkin cukup sekian yang bisa kami bahas mengenai Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus. Semoga apa yang dibahas pada kesempatan kali ini bisa membantu semua rekan-rekan diluaran sana yang sedang mengalami kesulitan.


FAQ

Dimana mencari jurnal yang terindeks Scopus?

Berikut cara melihat jurnal yang terindeks Scopus: Buka dan kunjungi situs resmi Scopus https://www.scopus.com/home.uri. Klik “Sumber” di pojok kanan atas. Masukkan nama jurnal pada kolom “Enter Title” dan tekan Enter atau klik “Find Source“

Apa beda jurnal Sinta dan Scopus?

Jurnal Sinta secara garis besar adalah database jurnal-jurnal nasional yang sudah terakreditasi oleh ARJUNA, Sehingga bisa dituju untuk membuktikan seorang dosen dan peneliti sudah menerbitkan jurnal nasional terakreditasi. Sementara jurnal Scopus merupakan database untuk jurnal internasional bereputasi.

Apa itu Scopus Q1 Q2?

Quartile 1 (Q1) adalah tingkatan tertinggi yang menandakan jurnal terindeks Scopus dengan pengaruh paling besar. Quartile 2 (Q2) adalah tingkatan kedua setelah Q1, yang menandakan jurnal terindeks Scopus dengan pengaruh cukup besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *