Cara Membuat Jurnal Pendidikan Islam

  • Whatsapp
jurnal pendidikan islam

Tata cara penulisan jurnal pendidikan islam sering kali membuat teman-teman guru/dosen mengalami kebingungan, padahal pada ini pendidikan kita sekarang menuntut jurnal sebagai syarat utama dalam berbagai moment seperti kenaikan pangkat, tugas dan sebagainya.

Tiap jurnal pendidikan islam yang terbit juga tidak terlepas dari beberapa kaidah atau aalur yang berbeda-beda, tergantung porsi yang diinginkan penerbit dan cara menerbitkan jurnal juga cukup susah. Kali ini kami ingin berbagi sedikit pengetahuan bagaimana cara dan prosedur dalam jurnal pendidikan islam.

Susunan Jurnal Pendidikan Islam Yang Benar

jurnal pendidikan islam
  1. Judul
  2. Abstrak
  3. Pendahuluan
  4. Bahan dan Metode
  5. Hasil
  6. Pembahasan
  7. Kesimpulan
  8. Daftar Pustaka

Baca Juga : “Hal-hal Penting Dalam Membuat Jurnal Ilmiah”

Penjelasan Bagian Jurnal Pendidikan Islam

1. Judul – Jurnal Pendidikan Islam

Setiap jurnal pendidikan harus mempunyai judul yang jelas. Dengan membaca judul, akan memudahkan pembaca tahu inti maksud jurnal tanpa harus membaca seluruh dari jurnal tersebut. Judul tidak boleh memiliki makna ganda.

Kami sarankan tidak boleh lebih dari 12 kata jurnal berbahasa Indonesia dan lebih dari 10 kata jurnal berbahasa Inggris. Judul jurnal ilmiah harus ditulis pada tengah atas halaman, menggunakan huruf kapital, dan di bold.

2. Nama

Nama Penulis, Nama Pembimbing I, Nama Pembimbing II, tanpa gelar akademik harus ada nama lembaga (afiliasi : nama prodi, fakultas, dan universitas), dan ada baiknya menyertakan alamat dan email.

3. Abstrak – Jurnal Pendidikan Islam

Abstrak berbeda dengan ringkasan ya. Bagian abstrak dalam jurnal ilmiah pendidikan fungsinya untuk memahami secara singkat isi jurnal. Maksudnya abstrak ini menjadi penjelas tanpa harus melihat pada jurnal. Abstrak harus mimiliki sekitar 250 kata yang didalamnya ada tujuan, metode, hasil dan kesimpulan.

Jangan gunakan singkatan atau kutipan dalam abstrak. Abstrak ini biasanya ditulis terakhir. Cara mudah menulis abstrak adalah dengan mengutip poin-poin penting pada setiap bagian karya ilmiah. Kemudian menggunakan poin-poin untuk menyususun deskripsi singkat seputar jurnal ilmiah yang telah Anda buat. Penulisan abstrak diketik menggunakan 1 spasi.

4. Kata Kunci

jurnal pendidikan islam

Kata kunci atau keyword harus sebanyak 3-5 kata, diambil dari inti yang akan Anda bahas dalam penelitian.

5. Pendahuluan – Jurnal Pendidikan Islam

Pendahuluan dalamnya ada latar belakang mengapa riset dilakukan, runtutan permasalahan yang akan Anda teliti, dikaitkan dengan teori, dan diakhiri dengan tujuan dilaksanakan penelitian tersebut. Penulisan harus dengan 2 spasi, kurang lebih 4-6 halaman.

Rekomendasi Tempat Publish Jurnal Ilmiah Cepat dan Gratis

6. Metode Penelitian

Bagian ini menjelaskan ketika percobaan telah dilakukan. Anda harus menjelaskan desain percobaan, peralatan, metode pengumpulan data, dan jenis pengendalian.

Aturan umum yang perlu Anda ingat juga adalah pada bagian ini harus menjelaskan secara rinci dan jelas sehingga para pembaca memiliki pengetahuan dan teknik dasar supaya bisa lancar melakukan publikasi jurnal ilmiah. Penulisan Metode ini harus Anda ketik dengan 2 spasi, kurang lebih 1 halaman.

7. Pembahasan/Hasil Pembahasan

Pembahasan dapat dibagi dalam beberapa sub bagian. Diketik dalam 2 spasi, penulisan kurang lebih 4-6 halaman. Dalam pembahasan ini harus membandingkan hasil penelitian dengan model atau teori yang diacu, xdan menghubungkan hasil penelitian Anda. Pembahasan digunakan untuk hasil riset kualitatif, kalau Hasil dan Pembahasan digunakan untuk hasil penelitian kuantitatif.

8. Simpulan – Jurnal Pendidikan Islam

Dalam simpulan yang dibahas adalah pembuktian hipotesis dari penelitian jurnal pendidikan Anda, dengan ditulis secara padat yang memuat informasi. Yang sekiranya cukup sehingga pembaca mengetahui bahwa telah membuktikan hipotesis yang telah dilakukan dan dalam mengetahui kelebihan dan kekurangan metode.

Dan biasanya ada saran yang berisi kemungkinan riset lebih lanjut, dan potensi-potensi yang dimiliki metode yang dipakai dapat Anda masukkan.

Bagi Anda yang mungkin ingin tahu bagaimana cara membuat resume jurnal ilmiah yang benar, silah klik link tadi ya.

9. Daftar Pustaka

Daftar pustaka pada jurnal ilmiah Harus ditulis langsung setelah artikel ilmiah berakhir (tidak perlu ganti halaman baru). Sedangkan daftar pustaka pada makalah, buku, atau penelitian ditulis dengan berganti halaman baru. Jenis penulisan daftar pustaka seperti ini DAFTAR PUSTAKA, dicetak tebal dengan huruf tegak, kapital semua.

Komposisi yang ada dalam daftar pustaka secara berturut-turut meliputi: (1) nama pengarang ditulis dengan urutan: nama akhir, nama awal, dan nama tengah, tanpa gelar akademik, (2) tahun penerbitan, (3) judul, termasuk subjudul, (4) tempat penerbitan, dan (5) nama penerbit. Unsur-unsur tersebut dapat bervariasi bergantung kepada jenis sumber pustakanya.

Pembahasan Selengkapnya seputar cara menulis daftar pustaka.

Download Contoh Jurnal Pendidikan Islam, Terbaru 2021

contoh jurnal harian guru sd k13

Berikut ini admin memberikan beberapa link contoh jurnal pendidikan islam lengkap beserta link downloadnya. Kalau Anda berkenal silahkan untuk mendownloadnya sendiri.

Akhir Kata

Demikianlah cara membuat cara membuat jurnal pendidikan islam yang baik dan benar. Apabila ada yang ingin bertanya atau masih kebingungan, silahkan tulis pada kolom komentar. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *