Cara Publikasi Jurnal Di SINTA

Cara Publikasi Jurnal Di SINTA

Hallo Sobat Publikasi! Penasaran dengan bagaimana cara Publikasi Jurnal di SINTA, SCOPUS, Nasional & Internasional,? Kamu bisa temukan jawabannya di artikel ini!

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Publikasi Jurnal ini biasanya dilakukan oleh para Akademisi seperti Mahasiswa, Dosen, Doctor dan juga Peneliti.

Dengan cara Publikasi Jurnal Ilmiah baik itu Nasional maupun Internasional, para Akademisi akan memperoleh manfaat seperti meningkatkan angka kredit sebagai syarat Jabatan Fungsional ( Jafung) ataupun bisa juga untuk kelulusan.

Yang paling penting, Publikasi Jurnal ini bisa untuk meningkatkan portofolio seorang Akademisi khususnya untuk Dosen. Sedangkan untuk Mahasiswa, bisa untuk syarat kelulusan ataupun tugas kuliah.

Nah, untuk Publikasi Jurnal sendiri, bisa dilakukan dua cara yaitu dengan Publikasi Jurnal Nasional dan juga Internasional.

Baiklah, langsung saja berikut ini kami bahas mengenai beberapa cara Publikasi Jurnal di semua rumpun ilmu :

Cara Publikasi Jurnal SINTA, SCOPUS , Nasional & Internasional

Cara Publikasi Jurnal Di SINTA

Baiklah, pada bagian ini kami akan memaparkan ke Sobat Publikasi beberapa cara Publikasi Jurnal Ilmiah baik di SINTA, Internasional, Google Scholar, Scopus, OJS, Portal Garuda dan lain sebagainya.

Simak pembahasan kami berikut ini :

Perlu Sobat Publikasi ketahui bahwa SINTA menawarkan fitur analisis, identifikasi hasil penelitian dan juga Benchmark yang mana bisa kamu manfaatkan untuk menerbitkan Jurnal di SINTA.

Biasanya, para Author di Jurnal SINTA ini bisa berasal dari penulis perseorangan ataupun sebuah Institusi.

Baca Juga : Cara Menerbitkan Jurnal Ilmiah Gratis Di OJS

Ini dia langkah-langkah dan cara Publikasi Jurnal di SINTA yang wajib Sobat Publikasi ikuti :

1. Mulailah Dengan Mendaftar Akun SINTA.

Tahap pertama tentu saja mendaftar akun di SINTA, bagi dosen tentu hal ini penting karena kedepannya bisa memudahkan proses penerbitan Jurnal.

Pendaftaran akun menjadi hal utama bagi Dosen yang belum memiliki akun di laman ini.

2. Tahap Pendaftaran

Caranya bisa masuk ke laman SINTA di https://sinta.kemdikbud.go.id/ kemudian masuk ke menu Registration yang terletak di bagian atas. Jika sudah memiliki akun maka tinggal login saja dengan masuk ke menu Author Login pada halaman utama.

3. Mengisi Formulir Registrasi

Tahap berikutnya adalah mengisi formulir registrasi akun, kurang lebih tampilan formulirnya seperti ini:

Isi data di dalam formulir sesuai ketentuan mulai dari nama lengkap, nomor KTP, Id di Google Scholar, Id di Scopus, dan lain sebagainya.

4. Masukkan ID Google Scholar

Pada formulir pendaftaran yang di jelaskan sebelumnya, akan ada proses pengisian ID Google Scholar dan Scopus. Sifatnya wajib karena nantinya akan di sinkronisasikan dengan kedua database tersebut.

Masukan ID Google Scholer yang terkait dengan masing-masing Institusi.

Jadi, sebelum membuat akun di SINTA pastikan sudah memiliki akun di Google Scholar maupun di Scopus. Supaya proses pembuatan akun di SINTA tidak ada kendala dan prosesnya juga berjalan cepat.

5. Pengecekan Ulang Nama

Jangan buru-buru menekan tombol Registrasi untuk memastikan semua data sudah benar dan lengkap.

Sehingga dosen akan di cek namanya, statusnya di perguruan tinggi, NIDN yang di miliki, jabatan fungsionalnya, dan lain-lainnya.

Kemudian untuk data profil dan apapun di Google Scholar dan Scopus selama pendaftaran jangan di ubah dulu.

Biarkan apa adanya untuk kelancaran proses pendaftaran. Sebab akan di buat sinkron atau saling terhubung. Jika ID yang di masukan berbeda maka akan memunculkan kendala dalam proses pendaftaran.

Pastikan tidak ada data yang kosong kecuali ada keterangan data tertentu boleh dikosongi. Pastikan juga semua data valid, karena pihak pengelola laman SINTA nantinya akan melakukan proses verifikasi.

6. Data Yang Tidak Lengkap Dapat Mengganggu Proses Validasi.

Maka dari itu pengecekan / memastikan kelengkapan merupakan hal yang sangat di ajurkan ya Sobat Publikasi!

7. Tunggu Beberapa Saat Untuk Menerima Verifikasi Dari Tim Verifikasi

Pemeriksaan verifikasi ini biasanya melalui beberapa pemeriksaan, seperti pemeriksaan nama, NIDN, verifikasi artikel di Google Scholar, dan verifikasi email. Inilah sebabnya mengapa Anda harus melengkapi semua data formulir selama proses pendaftaran.

Status akun di laman SINTA akan berubah menjadi verified, dan bisa memakan waktu beberapa hari. Oleh sebab itu selama proses pendaftaran jangan mengubah data apapun. Sekaligus formulir di isi dengan data yang benar-benar valid.

Jika beberapa tahapan ini terlewati, status pada tampilan layar dapat berubah menjadi Terverifikasi.

Nah, sebenarnya apakah sobat publikasi sudah mengetahui apa itu publikasi jurnal di SINTA sebelumnya?

Jika belum dan masih bingung dengan apa itu SINTA, mari kenali!

Baca Juga : Cara Publikasi Jurnal Ilmiah Terakeditasi SINTA

Apa Itu Publikasi Jurnal Di SINTA?

Cara Publikasi Jurnal Di SINTA

Selanjutnya Sesuai pada website resmi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI), SINTA adalah website yang memuat mengenai pengukuran suatu kinerja ilmu pengetahuan, Teknologi yang sesuai dari data hasil Penelitian.

Mulai dari peneliti, hasil tulisan dari penulis, Lembaga Institusi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan tulisan Jurnal hasil dari Author Jurnal itu sendiri.

Beberapa Perbedaan SINTA Dengan Sistem Yang Lain

Beberapa mesin indeks yang kita tahu dan telah popular selain SINTA antaranya Portal Garuda atau Indeks Garuda, lalu Google Scholar atau Google Cendekia, juga Indonesia Science and Technology Indeks atau (InaSTI), ataupun juga Indonesian Publication Index atau IPI.

Indeks yang di Kelola yang berasal dari Indonesia yaitu SINTA ini mengarah ke mesin indeksasi Internasional meskipun beberapa point masih ada yang belum semuanya Internasional. Contohnya Scopus, Elsevier, Web of Science, DOAJ, ataupun Tomson Reuteur.

Fitur-Fitur SINTA

Cara Publikasi Jurnal Di SINTA

Guna memudahkan pengelolaan, maka Portal SINTA di lengkapi beberapa fitur sebagai berikut:

1. Citation

Pada bagian Citation menampilkan h-index dalam kurun waktu pertahun untuk Google Scholar dan Scopus.

2. Networking

Sedangkan dada bagian networking, Anda dapat mengetahui networking dengan peneliti lain yang pernah mengadakan kerjasama dengan Anda.

3. Research Oputput

Research Output berisi mengenai artikel jurnal, buku dan artikel seminar yang telah Anda hasilkan. Sedangkan pada bagian Score, Anda dapat melihat indeks di Scopus, Google Scholar dan InaSTI.

Keunggulan SINTA

Cara Publikasi Jurnal Di SINTA

Keunggulan utama SINTA di bandingkan dengan portal peng-indeks yang lain yaitu dapat secara otomatis meng-indeks hasil karya yang telah ter-indeks di Google Scholar, Scopus, InaSTI dan Indonesian Publication Index (IPI)

Baca Juga : Tempat Publish Jurnal

Siapa Saja yang Dapat Mendaftar SINTA?

SINTA di buat guna mewadahi hasil penelitian yang sudah di Publikasikan secara online. Sehingga orang yang dapat berkontribusi di Portal SINTA adalah para Peneliti dan Dosen.

Dosen juga di anggap sebagai peneliti karena di samping mengajar di kelas, dosen juga melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dapat di katakan, kedua profesi inilah yang memiliki kontribusi terbesar dalam meningkatkan indeks publikasi jurnal ilmiah di negara kita.

Kesimpulan

Itu lah cara Publikasi Jurnal di SINTA yang dapat kami paparkan, Semoga aertikel ini dapat membantu Sobat Publikasi yang masih bingung dengan bagaimana caranya.


FAQ

Dimana tempat publish Jurnal?

Hanya di Publikasi Indonesia tentunya.

Bagaimana cara menerbitkan Jurnal?

Caranya sudah kami paparkan di Artikel sebelumnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *