Cara Upload Jurnal Di Sinta

Hallo sobat publikasi, sedang mencari informasi seputar cara upload jurnal di sinta? jika iya, kamu berada pada artikel yang tepat, karena pada pembahasan kali ini

Dwi Rayhan Sunandar Putra

[addtoany]

Cara Upload Jurnal Di Sinta

Hallo sobat publikasi, sedang mencari informasi seputar cara upload jurnal di sinta? jika iya, kamu berada pada artikel yang tepat, karena pada pembahasan kali ini kami akan memberikanmu informasi seputar cara upload jurnal di sinta.

Penasaran seperti apa pembahasannya? simak sampai habis artikel ini agar kamu mendapatkan jawabannya.

Memahami cara upload jurnal di sinta sangat penting bagi disen dan mahasiswa, dan khususnya untuk para dosen, karena dosen memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk melakukan publikasi jurnal.

publikasi jurnal ini di khususkan untuk semua hasil pengabdian masyarakat yang dijalankan langsung oleh para dosen dan peneliti, agar bisa menambahkan dan meningkatkan jumlah publikasi jurnal dan bisa mendorong pendidikan tinggi di Indonesia.

Jadi, para dosen diwajibkan untuk melakukan publikasi jurnal baik itu jurnal internasinal maunpun nasional terakredirasi.

Tanpa basa-basi lagi dibawah ini kami paparkan cara upload jurnal di sinta dengan mudah dan cepat.

Baca Juga : Cara Mencari Judul Jurnal di Sinta

Cara Upload Jurnal Di Sinta

Ada beberapa Cara Upload Jurnal Di Sinta, beserta tahapannya juga cukup sederhana dan dijamin mudah untuk kamu lakukan. Baiklah, langsung saja kami paparkan beberapa tahapan menerbitkan jurnal Di sinta.

1. Mendaftar Akun Sinta

Pertama-tama yang harus kamu lakukan tentunya dengan mendaftarkan akun ke sinta, untuk dosen tentunya hal ini sangatlah penting karena nantinya dapat memudahkan proses penerbitan jurnal.

Nah untuk para dosen yang belum mempunyai akun sinta, pendaftaran akun menjadi hal yang sangat utama.

Nah, dibawah ini kami akan memberikanmu cara membuat akun sinta:

pertama kamu masuk ke https://sinta.kemdikbud.go.id/ lalu masuk ke menu registration yang terletak di bagian atas.

Jika kamu sudah mempunyai akun sinta maka lanjut login saja dengan masuk ke menu author login pada halaman utama.

2. Mengisi Formulir Registrasi

Berikutnya kamu akan di arahkan untuk mengisi formulir registrasi akun, kurang lebih tampilan formulir misalnya:

Isi data yang sesuai diarahkan di formulir mulai dari nama lengkap, ID di Google Scholar, nomor KTP, ID di Scopus, dan lain sebagainya.

3. Masukan ID Google Scholar

Nah, yang sudah di jelaskan diatas, akan ada proses pengisian ID Scopus dan ID Google Scholar. Dan ini diwajibkan karena nantinya akan disinkronkan dengan kedua database tersebut.

Jadi sebelum kamu membuat akun di sinta pastikan kamu sudah mempunyai akun di Scopus maupun Google Scholar. Supaya nantinya disaat pembuatan akun di sinta tidak ada masalah dan prosesnya juga berjalan dengan cepat.

4. Pengecekan Kelengkapan Data

Pastikan data di formulir tersebut sudah lengkap dan jangan terburu-buru untuk menekan tombol registrasi supaya memastikan semua datanya sudah lengkap dan benar.

Kamu juga harus memastikan kalau di formulir tidak ada data yang kosong kecuali ada keterangan tertentu yang boleh dikosongkan.

Pastikan juga semua datanya valid, karena nantinya pihak pengelola sinta akan melakukan proses verifikasi.

Maka dari itu dosen akan dicek Namanya dan statusnya di perguruan tinggi, jabatan fungsional NIDN yang dimiliki, dan lain-lainnya.

Kemudian untuk data profil yang ada di Scopus dan Google Scholar selama masih dalam pendaftaran jangan diubah terlebih dahulu.

Biarkan apa adanya demi kelancaran proses pendaftaran. Karena nantinya akan dibuat saling berhubung. Kalau ID yang di masukan itu berbeda maka akan memunculkan kendala dalam proses pendaftaran.

Ingin Publikasi Jurnal Sinta Terbit Bulan Ini? Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

5. Proses Verifikasi

Sebagai mana yang sudah dijelaskan diatas, pihak sinta akan melakukan pengecekan data apakah data itu valid sesuai dengan yang diisikan dosen atau tidak.

Maka dari itu akan dilakukan pengecekan ke perguruan tinggi, ID di Scopus dan di Google Scholar lalu di NIDN, Dll. Kalau terbuktik sudah valid proses verifikasi sudah selesai dilakukan.

Untuk status akun di sinta juga akan berubah menjadi verified, ini juga dapat memakan waktu selama berhari-hari. Maka dari itu kenapa selama proses pendaftaran jangan sampai mengubah data apapun. Sambil formulir diisi dengan data yang valid.

Baca Juga : Submit Jurnal Sinta

6. Update Data Profil dan Dokumen

Ketika akun terverified, berikutnya kamu akan di arahkan untuk memperbarui profil data. Itu artinya pengguna sudah dapat melengkapi data diri di akun sinta yang sudah selesai di buat.

Silahkan kamu lengkapi karena nantinya dapat menentukan nama author dari jurnal yang di publikasikan ke sinta. Dan dapat memudahkan pencarian, maka kamu juga harus menggunakan nama data diri yang valid.

7. Tahap Sinkronisasi

Nah, Cara Upload Jurnal Di Sinta berikutnya yaitu tahap sinkronisasi antara akun di Google Scholar dengan akun di sinta dan juga di scopus. jika sinkronisasi sudah selesai maka jurnal yang sebelumnya pernah diterbitkan di Google Scholar maupun di Scopus akan terhubung.

Dan semuanya dapat di tampilkan di halaman sinta, dan juga dapat mempermudahkan para dosen untuk bisa mengetahui perkembangan publikasi sebelumnya.

Selain itu juga, dosen yang sudah sampai ke tahap ini dapat masuk ke tahap indeks

8. Tahap Akreditasi

Nah, sekarang kita akan ketahap indeks atau akreditasi, dimana tahapan indeks atau akreditasi menjadi tahapan terakhir dalam cara menerbitkan jurnal di sinta dan bisa di lakukan oleh sendiri maupun para dosen.

Dan intinya yaitu dapat mengajukan akreditasi terhadap jurnal tersebut ke ARJUNA. Yaitu dihalaman http://arjuna.ristekdikti.go.id/

Dan kalau skor akreditasinya 70 sampai 85 maka kamu akan mendapatkan akreditasi B sampai di sinta bisa mendapatkan di kategori sinta 2. Dan kalau skor akreditasinya diatas 85 maka nilai akreditasinya akan mendapatkan A dan mendapatkan di kategori sinta 1.

Ingin Publikasi Jurnal Sinta Terbit Bulan Ini? Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Sinta Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Melihat Peringkat Jurnal Di Sinta

Penawaran Eksklusif Publikasi Jurnal Nasional & Internasional Berkualitas Pasti Terbit (Terbit Di Waktu Dekat)

Daftar Jurnal Pengabdian Masyarakat Sinta 2 Yang Terbit Bulan Ini (Slot Terbatas!)

Seperti yang kita ketahui bahwa sangat jarang sekali Jurnal Nasional yang terindeks Sinta ini bisa terbit dengan cepat. Biasanya, waktu paling cepat berkisar antara 6 bulan – 1 tahun lamanya.

Hal ini karena Jurnal Nasional yang terindeks Sinta, terbit secara berkala, yaitu 4 bulan sekali, 6 bulan sekali dan bahkan ada yang 1 tahun sekali.

Nah, agar naskah Jurnal milik kamu cepat terbit di Jurnal Sinta, maka kamu membutuhkan Jasa Publikasi Jurnal Nasional Sinta yang terbit setiap bulan.

Dengan adanya kami, naskah jurnal bisa terbit dengan cepat di Jurnal Sinta bukan impian semata lagi.

Untuk setiap bulannya, kami hanya menerbitkan 20 naskah saja. Dan untuk bulan ini, hanya tersisa 4 slot naskah. Jika kamu berhasil mendapatkannya, kemungkinan besar naskahmu akan terbit bulan ini.

Kami menerima semua rumpun ilmu, mulai dari Agama, Ekonomi, Sastra, Kesehatan, Psikologi, Sosial dan lain sebagainya.

FYI : Khusus bulan Ini, kami mengadakan promo bagi para pengunjung web publikasiindonesia.id yang ingin menerbitkan Jurnal Sinta.

Bagi kamu yang tertarik dengan penawaran kami, bisa langsung konsultasikan melalui Whatsapp di bawah ini!

Biaya Jasa Publikasi Jurnal Sinta

Biaya Jasa Publikasi Jurnal

Hanya di Publikasi Indonesia kamu bisa mendapatkan pelayanan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau!

Jasa Publikasi Jurnal Sinta milik kami ini bisa diperuntukan bagi para Mahasiswa, Dosen, Peneliti dan para akademisi lainnya. Bisa juga sebagai syarat kelulusan S1, S2, S3 dan Angka Kredit Pengajuan Jafung (Jabatan Fungsional)

Kami sudah mengelola lebih dari 8 Jurnal Nasional bereputasi Sinta, Jurnal Terakreditasi dan Jurnal International Bereputasi.

Yaitu : Jurnal Syntax Literate, Jurnal Social Sains, Jurnal Psikologi Indonesia, Jurnal Syntax Admiration, Jurnal Indonesia Social Sains, Jurnal Indonesia, Jurnal Cerdika dan masih banyak lainnya.

Kami akan mendampingi naskah yang kamu miliki sampai terbit di Jurnal Sinta.

Kelebihan Menggunakan Jasa Kami :

  • Naskah Bisa Terbit Bulan Ini!
  • Pendampingan Sampai Naskah Terbit Di Jurnal Sinta
  • LoA cepat (3-7 hari)
  • Focus and Scope : Multidisiplin (Semua Rumpun Ilmu)
  • Gratis Revisi Minor
  • Gratis Proofreading
  • Gratis Mendley
  • Gratis Template
  • Harga Terjangkau
  • SLOT TERBATAS!! (Tersisa 4 Slot)

Karena Slot Terbatas, silahkan langsung hubungi kami dengan klik gambar Whatsapp di bawah ini :

Cara Publish Jurnal Sinta

Jika sebelumnya kita telah mengetahui cara upload jurnal di SINTA, pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara publish jurnal SINTA. Penasaran seperti apa caranya? Yuk simak pembahasan selengkapnya dibawah ini!

1. Persiapkan Naskah dan Data Penelitian Kamu

Sebelum memulai proses publish jurnal di SINTA, pastikan naskah kamu telah dipersiapkan dengan baik dan data penelitian telah diorganisir dengan rapi. Hal ini meliputi mengikuti format penulisan yang sesuai dengan pedoman jurnal yang kamu tuju, menyusun abstrak yang jelas dan informatif, serta menyediakan referensi yang relevan dan akurat.

2. Pilih Jurnal yang Sesuai dengan Bidang Penelitian Kamu

Cara upload jurnal di SINTA – Setelah naskah kamu siap, langkah berikutnya adalah memilih jurnal yang sesuai dengan bidang penelitian kamu. Pastikan jurnal yang kamu pilih terdaftar di SINTA dan memiliki reputasi yang baik. Selain itu, perhatikan lingkup dan kriteria jurnal untuk memastikan naskah kamu sesuai dengan fokus dan tujuan penerbitan jurnal tersebut.

3. Registrasi dan Pengiriman Naskah

Setelah kamu memilih jurnal yang tepat, lakukan registrasi pada platform atau situs jurnal yang bersangkutan. Ikuti petunjuk dan panduan yang diberikan untuk pengiriman naskah. Pastikan kamu melengkapi semua informasi yang diperlukan dengan benar, termasuk informasi tentang penulis, abstrak, kata kunci, dan lainnya.

4. Proses Review dan Revisi

Setelah naskah kamu dikirim, jurnal akan mengirimkan naskah tersebut untuk proses peer review. Proses ini melibatkan penilaian oleh para ahli di bidang yang relevan untuk memastikan kualitas dan validitas riset kamu. Terkadang, kamu mungkin perlu melakukan revisi berdasarkan saran dan masukan dari reviewer. Pastikan kamu merespons dengan cermat dan melakukan perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas naskah.

5. Terbitkan Jurnal di SINTA (cara upload jurnal di SINTA)

Setelah naskah kamu telah diterima dan direvisi dengan baik, langkah terakhir adalah terbitkan jurnal di SINTA. Pastikan kamu mengikuti panduan terkait proses penerbitan di SINTA dengan seksama. Setelah jurnal kamu terdaftar di SINTA, riset kamu akan dapat diakses oleh masyarakat akademis dan peneliti lainnya.

Kesimpulan

Jadi itu adalah pembahasan lengkap mengenai cara upload jurnal di SINTA yang benar, semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah pemahaman teman-teman semua. Terimakasih telah membaca!


FAQ

Apakah publish jurnal di Sinta berbayar?

Perlu kamu ketahui bahwa untuk publikasi jurnal sinta sendiri ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. dan Jika kamu memilih publikasi jurnal sinta yang gratis, maka kamu akan melalui proses review naskah yang super ketat dan tidak ada yang akan mendampingimu.

Upload jurnal Sinta 2 berapa?

Biaya tersebut mencakup berbagai layanan seperti proofreading, editing, review artikel, dan publikasi artikel. Biaya jasa publikasi jurnal SINTA 2 dapat berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 20 juta, tergantung pada kebijakan masing-masing jasa publikasi.

Apakah ada sinta gratis?

Untuk publikasi jurnal Sinta sendiri, ada yang gratis dan adapula yang berbayar. Jika kamu memilih yang gratis, maka kamu harus melewati seluruh prosesi review jurnal yang cukup ketat.

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar