Prinsip Prinsip Haki

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit mengenai prinsip prinsip haki, dan semoga setelah kalian melihat artikel ini dapat menjadi solusi dan bermanfaat bagi kalian, namun sebelum kalian masuk lebih dalam kita ikuti ulasan berikut ini.

Hak atas Kekayaan Intelektual atau yang dikenal dengan sebutan “HAKI” adalah sebuah perlindungan hukum yang diberikan sebuah negara tertentu kepada sekelompok atau seseorang individu yang sudah menuangkan gagasannya dalam wujud sebuah karya.

Perlindungan hukum yang diberikan bersifat teritorial, artinya hak atas ciptaan hanya akan mendapat perlindungan kekayaan intelektual di negara tempat ciptaan tersebut didaftarkan.

Hak atas Kekayaan Intelektual atau HAKI merupakan hak eksklusif yang diberikan suatu peraturan kepada sekelompok atau seseorang orang atas karya ciptanya.

Adapun karya yang dilindungi adalah sebuah bentuk benda yang tidak berwujud seperti paten, hak cipta, dan merek dagang dan benda yang berwujud berupa teknologi, informasi, seni, keterampilan, sastra, ilmu pengetahuan, dan sebagainya.

Dalam HAKI ini diketahui mempunyai beberapa prinsip dasar, dalam pembahasan kali ini kami akan menjelaskan terkait prinsip yang dipunyai HAKI, berikut mari kita simak pembahasannya!

Baca Juga : Ini Syarat Paten HAKI Yang Wajib Kamu Penuhi!

Bagi Kamu Yang Memiliki Kebutuhan Terkait Bidang HKI Tersebut, Yuk Langsung Konsultasi Dengan Tim HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Ruang Lingkup Hak Kekayaan Intelektual

Prinsip Prinsip Haki

Sebagaimana diketahui, dalam HAKI mempunyai 2 ruang lingkup yang berbeda yang meliputi: Ha katas Ciptaan dan Hak Ekonomi.

Hak Ekonomi adalah sebuah hak yang mempunyai hubungan yang dapat berdampak secara langsung terhadap ekonomi dalam perusahaan. Hak Ekonomi ini bisa berupa hak hak distribusi, hak penyiaran, hak pertunjukan, hak pengadaan, hak pertunjukan, hak untuk iklan, serta termasuk juga hak pinjam masyarakat.

Sedangkan Hak Moral adalah Hak yang merujuk secara langsung terhadap subjek ciptaanya, yang melekat pada pemegang atau pencipta hak cipta.

Hak ini tidak bisa di alihkan ke siapapun selama pencipta masih hidup, kecuali dialihkan apabila ada surat mengacu dan wasiat kepada undang-undang setelah pencipta meninggal dunia.

Hak atas Ciptaan ini sebagai hak yang diberikan kepada pencipta atau subjek atas temuannya guna agar melindungi nilai reputasi dan pribadi dari ciptaan untuk penciptanya, Hak atas Ciptaan ini seperti program buku, fotografi, database, komputer, dan lainya.

Secara garis besar ha katas kekayaan intelektual terbagi kedalam 2 bagian, yang pertama adalah Hak Cipta, dan yang kedua adalah Hak Kekayaan, namun dikutip dari website Hak Asasi Manusia dan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum melalui DJKI menyebutkan bahwasannya HKI terbagi atas 7 macam, yaitu:

1. Hak Cipta

Hak cipta meliputi ilmu pengetahuan, sastra dan seni, termasuk program komputer. Hak Cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara sendirinya atau otomatis menurut prinsip deklaratif. Hak cipta mencakup 2 macam hak, yaitu hak ekonomi dan hak moral.

2. Paten

Prinsip Prinsip Haki

Paten adalah hak eksklusif seorang penemu untuk melaksanakan atau memberi kuasa kepada orang lain untuk melaksanakan suatu penemuan di bidang teknik dalam jangka waktu tertentu.

3. Merek

Merek adalah tanda yang ditampilkan secara grafis untuk membedakan jasa atau barang yang dihasilkan.

4. Desain Industri

Prinsip Prinsip Haki

Desain industri adalah penciptaan bentuk 2 dimensi atau 3 dimensi yang memberikan kesan estetis, bisa diwujudkan dalam bentuk 2 dimensi atau 3 dimensi, dan bisa dipakai untuk menghasilkan komoditas, produk, barang kerajinan atau industri.

5. Indikasi Geografis

Indikasi geografis merupakan tanda yang menunjukkan daerah asal suatu produk atau barang yang karena faktor geografis memberikan kualitas, karakteristik dan reputasi tertentu pada produk atau barang yang dihasilkan.

6. Rahasia Dagang

Prinsip Prinsip Haki

Rahasia Dagang adalah informasi yang tidak diketahui masyarakat dalam bidang teknis dan/atau komersial, memiliki nilai ekonomis karena kegunaannya dalam kegiatan dirahasiakan, dan komersial oleh pemilik rahasia dagang.

7. Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu (“DTLST”)

Desain tata letak sirkuit terpadu adalah pembuatan desain tata letak tiga dimensi dari berbagai elemen, setidaknya salah satunya adalah elemen aktif, dan beberapa atau semua interkoneksi dan penempatan 3 dimensi dalam sirkuit terpadu untuk tujuan persiapan sirkuit terpadu untuk fabrikasinya.

Bagi Kamu Yang Memiliki Kebutuhan Terkait Bidang HKI Tersebut, Yuk Langsung Konsultasi Dengan Tim HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Prinsip Prinsip HAKI

Dalam HAKI dikenal 4 prinsip dasar, yaitu:

1. Prinsip Ekonomi

Dalam prinsip ekonomi, hak kekayaan intelektual berasal dari karya kreatif manusia yang mempunyai manfaat ekonomi bagi pemilik hak.

2. Prinsip Keadilan

Berdasarkan asas keadilan, dalam proses penciptaan suatu karya atau pencapaian intelektual, seseorang diberikan perlindungan hukum atas hak untuk menggunakan hak atas kekayaan intelektual dari karyanya.

3. Prinsip Kebudayaan

Berdasarkan prinsip penciptaan, kebudayaan karya intelektual bisa meningkatkan taraf peradaban, harkat, dan hidup martabat manusia, sehingga bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

4. Prinsip Sosial

Dalam prinsip sosial, undang-undang mengakui dan memberikan hak atas kekayaan intelektual atas karya individu sebagai satu kesatuan, sehingga perlindungan didasarkan pada keseimbangan antara kepentingan individu dan kepentingan masyarakat.

Keempat asas tersebut di atas menjadi dasar bagi pencipta dan pemegang hak kekayaan intelektual untuk melakukan dan mempertimbangkan, serta merupakan asas dan kebenaran yang menjadi dasar pemikiran dan tindakannya untuk memperoleh perlindungan hukum atas hak kekayaan intelektualnya.

Jasa Pengurusan HKI Mudah, Murah, Cepat & Profesional

Kami sangat mengetahui akan kebutuhan rekan-rekan sekalian, dan kami berupaya dengan maksimal untuk menjadi solusi terbaik bagi rekan-rekan.

Melalui Publikasi Indonesia, kamu bisa mendapatkan Jasa Pengurusan HKI dengan biaya yang sangat terjangkau.

Kami memiliki banyak Tim HKI yang masing-masing sudah expert dalam setiap bidang HKI.

Bagi Kamu Yang Memiliki Kebutuhan Terkait Bidang HKI Tersebut, Yuk Langsung Konsultasi Dengan Tim HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai prinsip prinsip haki, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi teman-teman. Terimakasih!

Previous Post
Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *