Manfaat HAKI Bagi Investor

Nah, bagi kamu yang sedang mencari artikel mengenai manfaat haki bagi investor atau penemu, kamu bisa mengecek artikel ini sampai habis!

Pengertian HKI

Manfaat HAKI Bagi Investor

Pada substantif pengertian hak kekayaan intelektual atau HKI bisa digambarkan sebagai hak atas kekayaan yang timbul atau timbul dari akal manusia atau intelektual manuasia.

Karya intelektual sebagaimana dimaksud dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, sastra, atau teknologi, diproduksi dengan mengorbankan tenaga, waktu, bahkan uang. Adanya pengorbanan tersebut menjadikan hasil karya memiliki nilai.

Ditambah dengan manfaat ekonomi yang dapat dinikmati, nilai ekonomi yang melekat di dalamnya mengedepankan konsep kekayaan intelektual (property). Untuk dunia bisnis, potongan-potongan ini dikenal sebagai aset perusahaan.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Jasa Pengurusan HKI, Yuk Langsung Konsultasi Dengan Tim HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Manfaat HAKI Bagi Investor

Manfaat HAKI Bagi Investor
  1. Yang pertama dalam manfaat haki bagi investor adalah.  Bagi dunia usaha, terdapat perlindungan terhadap penyalahgunaan atau pemalsuan karya intelektual yang dimiliki oleh pihak lain di dalam dan luar negeri. Perusahaan yang sudah di bangun
  2. Yang kedua dalam manfaat haki bagi investor adalah. memperoleh citra yang positif atau baik dalam persaingan apabila mempunyai perlindungan hukum dalam bidang ha katas kekayaan intelektual atau HKI.
  3. Yang ketiga dalam manfaat haki bagi investor adalah. Bagi inventor atau penemu bisa menjamin kepastian hukum baik itu kelompok maupun individu serta dapat terhindar dari kerugian yang besar akibat pemalsuan dan perbuatan curang oleh pihak lain.
  4. Yang keempat dalam manfaat haki bagi investor adalah. Bagi pemerintah, dengan adanya citra positif pemerintah yang menerapkan ha katas kekayaan intelektual atau HKI dalam tingkat Word Trade Organization atau WTO. Selain itu dengan adanya penerimaan devisa yang diperoleh dari pendaftaran ha katas kekayaan intelektual atau HKI.
  5. Dengan adanya kepastian hukum bagi pemegang hak dalam melakukan usahanya tanpa ada gangguan dari pihak manapun atau pihak lain.
  6. Yang keenam dalam manfaat haki bagi investor adalah. Pemegang hak bisa melakukan upaya hukum baik itu perdata maupun pidana apabila terjadi pelanggaran atau peniruan.
  7. Yang terakhir dalam manfaat haki bagi investor adalah. Pemegang hak bisa memberikan lisensi atau izin kepada pihak lain.

Baca Juga : Macam Macam HAKI

Landasan Hukum HKI

Manfaat HAKI Bagi Investor

Berikut adalah Beberapa peraturan perundang-undangan di Indonesia antara lain :

  1. UU Noomor. 7 tahun 1994 tentang Persetujan Pembentukan Organsasi Perdagangan Dunia
  2. UU Noomor. 32 tahun 2000 tentang Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu
  3. UU Noomor. 31 tahun 2000 tentang Desain Industri
  4. UU Noomor. 30 tahun 2000 tentang Rahasia Dagang
  5. UU Noomor. 29 tahun 2000 tentang Perlindungan Varietas Tanaman
  6. UU Noomor. 15 tahun 2001 tentang Merek
  7. UU Noomor. 14 tahun 2001 tentang Paten
  8. UU Noomor. 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta

Baca Selengkapnya Tentang Dasar Hukum HKI <<<

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Jasa Pengurusan HKI, Yuk Langsung Konsultasi Dengan Tim HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Sejarah HKI

Manfaat HAKI Bagi Investor

Setelah kita mengetahui apa saja manfaat HAKI bagi investor, kurang rasanya jika kita tidak membahas sejarahnya.

Akibat globalisasi dan liberalisasi perdagangan, perkembangan industri dan perdagangan Indonesia menghadapi tantangan dengan persaingan yang semakin ketat.

Dengan masuknya World Trade Organization (WTO), liberalisasi perdagangan APEC untuk negara maju pada tahun 2010 dan negara berkembang pada tahun 2020, serta program CEPT dalam kerangka AFTA-ASEAN pada tahun 2003, pergerakan perdagangan dunia akan lebih aktif dan cepat.

Hak kekayaan intelektual atau HKI tidak cuman hanya semata-mata masalah teknis hukum akan tetapi juga menyangkut kepentingan ekonomi.

Pelanggaran hak kekayaan intelektual atau HKI di itu samping bisa menyebabkan kerugian terhadap penemu, Negara, masyarakat juga membawa dampak terhadap hubungan sosial budaya, hukum, ekonomi dan bahkan bisa menimbulkan ketegangan politik antar Negara.

Sejak berdirinya Word Trade Organization atau WTO, banyak sekali kasus sengketa perdagangan yang diadukan akibat melanggar ketentuan GATT atau WTO. Kasus yang banyak dipersengketakan adalah masalah pembatasan pelanggaran ha katas kekayaan intelektual, subsidi, impor, diskriminasi standar barang dan diskriminasi pasar domestik.

Selain masalah dalam ketentuan GATT atau WTO tersebut terdapat beberapa kecenderungan pada Negara-negara maju menggunakan kebijakan praktekpraktek dan unilateral.

Larangan impor dan perlindungan domestik yang tidak masuk akal terhadap perdagangan anti persaingan. Hal ini dilakukan dengan menghubungkan perdagangan dengan isu-isu lain. Kasus kekayaan intelektual, khususnya kasus hak cipta, menjadi salah satu alasan beberapa negara menghentikan fasilitas Generalized System of Preferences (GSP), sehingga menghambat ekspor produk Indonesia.

Bagi Kamu Yang Memiliki Kebutuhan Terkait Bidang HKI Tersebut, Yuk Langsung Konsultasi Dengan Tim HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai manfaat haki bagi investor, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi teman-teman. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *