Cara Publikasi Jurnal Scopus

Cara Publikasi Jurnal Scopus

Apakah kamu sedang mengalami kesulitan mengenai bagaimana cara publikasi jurnal Scopus? Jangan khawatir, kami memiliki solusi terbaik untukmu. Silahkan baca artikel ini sampai habis ya!

Perlu kamu ketahui bahwa belakangan ini, masih banyak para akademisi yang masih kesulitan dalam mencari hingga publikasi jurnal scopus. Masalah umum yang dialaminya adalah dikarenakan banyak penerbit jurnal scopus yang beredar.

Menariknya, ada beberapa rekomendasi jurnal scopus yang bisa kamu submit secara gratis. Ingin tahu kelanjutannya? Silahkan simak yang di bawah ini!

7 Cara Publikasi Jurnal Scopus Mudah & Cepat

Cara Publikasi Jurnal Scopus Mudah & Cepat

Nah, langsung saja pada bagian pertama ini, kami akan memberikanmu terkait bagaimana cara publikasi jurnal Scopus dengan mudah.

Baca Juga : Jurnal Scopus Cepat Terbit

1. Pahami Lebih Detail Mengenai Jurnal Scopus

Pahami Lebih Detail Mengenai Jurnal Scopus

Sebelum membahas cara publikasi jurnal Scopus, ada baiknya mempelajari lebih lanjut tentang Scopus itu sendiri. Sebenarnya, jurnal internasional apa saja yang terindeks Scopus? Bagaimana proses dalam pengajuan naskah ke jurnal internasional?

Perlu kamu ketahui, Scopus adalah portal rujukan yang menawarkan penelitian terkenal dari para sarjana di seluruh dunia. Setiap jurnal penelitian dalam daftar Scopus melewati satu atau lebih tahapan kurasi yang cukup ketat. Dari menemukan orisinalitas, waktu penelitian hingga kualitas tulisan.

Kamu sedang mencari jasa pendampingan publikasi jurnal Scopus? Kamu bisa konsultasikan kepada Tim Ahli kami. Klik Whatsapp di bawah ini untuk konsultasi gratis!

2. Pertimbangkan Penerbit Jurnal Scopus Gratis

Pertimbangkan Penerbit Jurnal Scopus Gratis

Jika ada pertanyaan dibenakmu tentang apakah ada sebuah cara publikasi jurnal scopus secara gratis? Jawabannya adalah “ADA”. Tapi perlu digarisbawahi bahwa ada publikasi jurnal scopus yang gratis dan berbayar.

Jika kamu ingin publikasi jurnal scopus gratis, maka kamu akan melewati proses review yang cukup ketat agar naskahmu bisa di terima di jurnal tersebut. Mungkin akan memerlukan waktu 6 bulan sampai 1 tahun lamanya.

Jika naskahmu ditolak, maka kamu harus merevisinya dan melakukan pengajuan ulang. Tentu saja, pengajuan ulang naskahmu akan memerlukan waktu yang sama.

Tapi, jika kamu memutuskan untuk memilih publikasi jurnal scopus yang berbayar, kamu akan didampingi 100% baik itu proses review dan proses publikasinya.

Untuk waktunya, kamu tidak akan memerlukan waktu yang lama seperti publikasi jurnal scopus gratis.

Publikasi Indonesia hadir untuk membantumu dalam pendampingan publikasi jurnal scopus agar bisa terbit di waktu yang dekat.

Kami siap mendampingi naskah scopus milikmu sampai benar-benar terbit di jurnal scopus.

Bagi kamu yang ingin berkonsultasi terkait pendampingan publikasi jurnal scopus, kamu bisa langsung hubungi kami melalui Whatsapp di bawah ini!

Tapi jika kamu ingin mencoba publikasi jurnal scopus yang gratis, berikut kami berikan 2 rekomendasi yang bisa menjadi pertimbangan kamu.

Berikut contoh jurnalnya :

  • The International Review Research in Open and Distributed Learning (IRRODI)

Jurnal terbitan Universitas Athabasca yang spesifik meneliti kehidupan sosial, utamanya pendidikan.

  • International Journal of Management Science and Engineering Management

Jurnal terbitan YTaylor and Francis Online yang banyak mempublikasikan penelitian seputar manajemen bisnis, akuntansi, hingga sistem informasi.

Baca Juga : Jurnal Scopus Cepat Terbit

3. Terjemahkan Jurnalmu Sesuai Grammarly

Terjemahkan Jurnalmu Sesuai Grammarly

Mintalah artikel jurnal kamu diterjemahkan oleh penerjemah yang sudah ahli dan berpengalaman. Karena hal pertama yang dilihat reviewer adalah bahasa. Jasa penerjemah jurnal profesional tidaklah murah karena tidak bisa dilakukan oleh siapapun, bahkan jika seseorang sudah sangat mahir berbahasa Inggris.

Memang cukup sulit di jaman sekarang ini untuk mencari jasa penerjemah jurnal yang memang berkopeten di bidangnya.

Tapi, perlu kamu ketahui bahwa Kami memiliki Tim Penerjemah Jurnal yang sudah ahli dalam bidangnya. Semua scope, Tim kami mampu menerjemahkannya.

Sudah banyak client kami yang puas akan jasa kami.

Bagi kamu yang sedang mencari jasa translate / penerjemah jurnal scopus, bisa langsung konsultasi kepada Tim Ahli kami. Klik Whatsapp di bawah ini untuk berkonsultasi secara gratis!

4. Carilah Referensi Jurnal Scopus Yang Tepat

Carilah Referensi Jurnal Scopus Yang Tepat

Selain mempertimbangkan biaya, yang sebenarnya tidak kalah penting adalah keakuratan jurnal yang akan Anda gunakan sebagai referensi. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara mencari jurnal di Scopus? Dengan banyaknya artikel yang dimuat di jurnal Scopus, sulit untuk menemukan artikel nasional

Kuncinya adalah selalu teliti dan fokus pada penelitian yang paling relevan. Untuk mempermudah pencarianmu, coba masukkan kata kunci yang lebih detail, seperti judul publikasi, nama penerbit, atau bahkan kode ISSN.

Baca Juga : Call For Paper Jurnal Scopus

5. Download Template/ Format Jurnal Yang Diminta

Download Template Format Jurnal Yang Diminta

Menyesuaikan artikel yang dibuat menggunakan format yang dipersyaratkan oleh masing-masing penerbit. Karena, ini akan memungkinkan jurnal yang sudah kamu submit, akan publish dengan cepat.

6. Persiapkan Naskah Dan Sesuaikan Dengan Yang Diminta Jurnal

Persiapkan Naskah Dan Sesuaikan Dengan Yang Diminta Jurnal

Format artikel yang dapat diajukan kepada editor jurnal internasional yang terindeks Scopus biasanya tercantum pada halaman atau dokumen Pedoman Penulis.

Format artikel Anda, mulai dari panjang teks (jumlah kata) hingga format bibliografi. Pastikan mereka memenuhi persyaratan jurnal. Untuk kenyamanan, mereka biasanya menyediakan templat skrip yang dapat diunduh, jadi Anda cukup mengunduh dan menyalin-tempel skrip Anda.

Baca Juga : Jasa Jurnal Ilmiah

7. Mulai Submit & Publikasikan Jurnal Penelitian Kamu

Mulai Submit & Publikasikan Jurnal Penelitian Kamu

Nah, cara agar naskahmu bisa ter publikasi di jurnal scopus, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Ikuti semua instruksi dan ketentuan untuk jurnal yang ditulis oleh penerbit targetmu
  • Cobalah berkomunikasi dengan sarjana dari universitas lain, jika mereka dari negara yang berbeda, lebih baik melakukan penelitian kolaboratif
  • Penelitian yang benar dan tepat sasaran
  • Menulis jurnal penelitian 5000-7000 kata, dengan tata bahasa terjemahan yang benar, referensi yang memadai, dan menghindari plagiarisme
  • Terus membangun prestasi dan rekam jejak yang kuat untuk diri sendiri dan karir Anda

Cara Publikasi Jurnal Scopus & Internasional Secara Gratis

Cara Publikasi Jurnal Scopus & Internasional Secara Gratis

Mungkin belum banyak yang mengetaui bahwasannya, persyaratan pada cara publikasi jurnal scopus ini melewati verifikasi dan prosedur publikasi ganda.

Seperti contoh review, proofreading, focus dan ruang lingkup yang tepat. Tentu saja, masih ada faktor-faktor lainnya dan juga setiap jurnal akan memiliki ketentuan yang berbeda.

Sederhananya, beberapa jurnal scopus memiliki syarat dan ketentuan pada tata bahasa yang benar untuk penulisan naskah ilmiah dalam bahasa internasional. Syarat lainnya adalah perlu menyesuaikan peraturan tertulis seperti kutipan, bibliografi dan lain sebagainya.

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya bahwa cara publikasi jurnal Scopus gratis ini memakan waktu yang sangat lama.

Naskah yang kamu kirim harus menunggu review terlebih dahulu. Bisa sampai bulanan hingga tahunan dan itupun kalau naskah milikmu diapprove oleh publisher.

Jadi, jika kamu membutuhkan publikasi jurnal Scopus agar cepat terbit, kamu bisa konsultasikan kepada kami. Silahkan hubungi kami melalui Whatsapp di bawah ini :

Tapi, jika kamu memang kekeh untuk publikasi jurnal scopus secara gratis, berikut kami berikan 3 rekomendasi jurnal scopus yang bisa kamu submit secara gratis.

Berikut nama-nama jurnalnya :

Baca Juga : Upload Jurnal Gratis

1. IJMEMS (International Journal of Mathematical, Engineering, and Management Science)

IJMEMS

Jurnal tersebut telah terindeks Scopus sejak tahun 2016 dan terbuka akses bagi siapa saja. Tempat ini biasanya menerbitkan jurnal Scopus tingkat 2 dalam 1 tahun gratis atau 6 nomor publikasi.

Bidang subjek yang biasanya disajikan jurnal adalah matematika, akuntansi, manajemen, dan teknik komputer.

Link Jurnal : Klik Di Sini

2. JICT (Journal of International and Communication Technology)

Journal of International and Communication Technology

JICT sudah masuk Scopus sejak 2011, dan penerbitnya dari Northern Malaysia University Press. Tempat ini umumnya menerbitkan jurnal tingkat Q3, yang umumnya terbit 4 kali dalam setahun, dengan maksimal 7 artikel.

Maksud dari situs ini adalah jika berhasil, penulisnya gratis atau free.

Link Jurnal : Klik Di Sini

3. WJST (Walailak Journal of Science and Technology)

WJST

WJST telah berada di Scopus sejak tahun 2012. Setiap penulis yang menerbitkan, dulu dan sekarang, tidak pernah memungut biaya, dan situsnya terbuka dan gratis untuk diunduh.

WJST adalah tempat terbitnya jurnal Q4 tingkat Scopus, waktu publikasi biasanya dilakukan setiap bulan, sehingga jumlah artikel yang diterbitkan dalam setahun adalah 12, dan satu artikel berisi maksimal 10 artikel. Bidang ilmu yang dapat diterbitkan bebas dan termasuk dalam klaster ilmiah mana pun.

Link Jurnal : Klik Di Sini

Tips Agar Jurnal Scopus Milikmu Mudah Approve

Tips Agar Jurnal Scopus Milikmu Mudah Approve

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Scopus membagi tingkatan kualitasnya menjadi 4 Quartile (Q), yaitu Q1, Q2, Q3 dan Q4.

Semakin kecil nilai Quartile-nya, maka akan semakin tinggi kualitas jurnal Scopus tersebut.

Nah, tingkatan kualitas yang cocok bagi pemula adalah Q4.

Tapi, perlu digarisbawahi bahwa ada syarat mutlak pada jurnal scopus agar mudah ditembus, seperti kualitas dari artikel penelitian yang bersifat novelty.

Nah, ada beberapa cara publikasi jurnal Scopus agar mudah ditembus, berikut beberapa caranya :

  1. Jangan malas dan terus mencari referensi dari sumber terpercaya.
  2. Baca, catat, dan pahami poin-poin utama jurnal.
  3. Isi artikel tidak kurang dari 5000-7000 kata.
  4. Artikel baru harus berkualitas tinggi dan jelas.
  5. Gunakan tata bahasa yang baik dan benar.
  6. Cari terbitan jurnal, semakin banyak terbitan jurnal, semakin kecil peluang untuk lolos.
  7. Tingkat plagiarisme sebuah artikel hanya bisa sampai 10%.

Ingin jurnal naskahmu mudah ditembus di jurnal Scopus? Kamu bisa konsultasikan kepada Tim Ahli kami. Klik Whatsapp di bawah untuk berkonsultasi secara gratis!

Baca Juga : Kendala Publikasi Jurnal Internasional

Daftar Jurnal Terindeks Scopus Lainnya

Daftar Jurnal Terindeks Scopus Lainnya

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini banyak jurnal yang terindeks Scopus. Selain itu, penulisan ilmiah tidak lagi didominasi oleh perguruan tinggi ternama di Indonesia. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa jurnal terindeks biasanya tersedia di setiap kampus.

Nah, berikut ini kami uraikan beberapa jurnal Indonesia yang terindeks Scopus berdasarkan data dari santa.ristekbrin.go.id.

No.Journal NameImpactH5-IndexCitation (5 years)H-IndexCitation
1Paediatrica Indonesiana: Indonesian Journal of Pediatrics and Perinatal Medicine (Ikatan Dokter Anak Indonesia)6.86161551233250
2Indonesian Journal of Science and Technology (Universitas Pendidikan Indonesia)6.53161010171077
3Journal on Mathematic Education (Universitas Sriwijaya)6.36333990334285
4Makara Journal of Science (Universitas Indonesia)5.63222182263185
5Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) (Universitas Negeri Semarang)5.52447551458073
6QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies) (STAIN Kudus)5.2593259330
7International Journal of Electrical and Computer Engineering (Institute of Advanced Engineering and Science (IAES))5.132155323517620
8International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) (Institute of Advanced Engineering and Science (IAES))4.97232526252653
9International Journal of Power Electronics and Drive Systems (Institute of Advanced Engineering and Science (IAES))3.76235684266376
10Gadjah Mada International Journal of Business (GamaIJB) (Universitas Gadjah Mada)3.67252977324451

Kesimpulan

Nah, sekian saja pembahasan kita kali ini mengenai bagaimana cara publikasi jurnal Scopus beserta tipsnya agar mudah ditembus. Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat bagi kamu. Terimakasih!

Bagi kamu yang ingin berkonsultasi gratis terkait publikasi jurnal scopus, silahkan klik yang di bawah ini!

KLIK UNTUK KONSULTASI GRATIS TERKAIT PUBLIKASI JURNAL SCOPUS


FAQ

Apa itu publikasi Scopus?

SCOPUS adalah layanan indeksasi dan penyedia database jurnal terbesar saat ini

Dimana mencari jurnal yang terindeks Scopus?

Pada artikel ini, kami sudah memberikan list jurnal scopus

Apakah Scopus gratis?

Ada yang gratis, ada juga yang berbayar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.