Fungsi Jurnal Ilmiah

Fungsi Jurnal Ilmiah

Pada artikel ini, kami akan fokus pada jurnal ilmiah yang terkait dengan empat fungsi jurnal ilmiah. Jurnal ilmiah selalu berkaitan dengan penemuan-penemuan baru dalam ilmu pengetahuan atau penelitian ilmiah, pendidikan dan pengetahuan. Jika jurnal memiliki fungsi sebagai berikut, maka disebut jurnal ilmiah:

  • Persyaratan prioritas untuk pendaftaran dan publikasi ilmu pengetahuan. Terutama untuk membangun kepemilikan penulis dan ide
  • Diseminasi, yang menyediakan cara untuk bertukar temuan bagi khalayak yang mencari informasi dari jurnal yang relevan.
  • Membuktikan, memberi izin atau tanda persetujuan. Ini memastikan kontrol kualitas jurnal melalui peer review
  • File catatan dan memelihara catatan ilmiah. Bertujuan untuk membangun sistem penyimpanan permanen untuk karya yang diterbitkan sehingga dapat diakses kapan saja di masa mendatang.
Fungsi Jurnal Ilmiah

Untuk pendaftaran, jurnal tidak boleh menerima materi yang disalin atau dijiplak—penulis memiliki hak untuk menetapkan “hak cipta” dalam ide dan penelitiannya, dan jurnal harus memastikan bahwa mereka menghormatinya. Ini berarti bahwa jurnal tidak boleh menunda publikasi terlalu banyak (dan membiarkan penulis lain mencuri hak cipta).

Bacaan Lainnya

Untuk diseminasi, ini berarti jurnal harus memastikan bahwa jurnal mendistribusikan konten yang benar-hard copy secara efektif dikirim ke pelanggan, dan situs web harus berfungsi dengan baik, jika tidak maka jurnal ilmiah kita akan melemah, terutama jika kontennya tidak dapat diakses.

Sertifikasi berarti jurnal wajib menerapkan standar mutu pada semua informasi ilmiah yang telah diterbitkan-untuk memastikan tidak merupakan pemborosan atau penipuan. Jurnal ini memiliki tanggung jawab untuk melindungi para pembaca dan juga penulisnya. 

maka dari itu kita mesti faham bagaiaman fungsi jurnal, karna kita tau sebagai orang akademisi mesti tau banget tentang fungsi jurnal karna untuk kebutuhan, bisa dijadikan sebagai kenaikan pangkat untuk dosen, bisa dijadikan referensi bagi mahasiswa untuk itu sangat penting sekali memhami fungsi dari jurnal ilmiah tersebut.

Baca Juga: Langkah Langkah Membuat Jurnal

Akhir Kata Mengenai Fungsi Jurnal Ilmiah

Demikianlah pembahasan mengenai fungsi jurnal ilmiah yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat dan terimakasih ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar