Perbedaan Skripsi dan Makalah – Pada akhir masa perkuliahan mahasiswa mulai disibukkan dengan adanya kegiatan penelitian tugas akhir dan tugas akhir ini menjadi salah satu syarat untuk lulus ke jenjang sarjana. Bagi mahasiswa jenjang S1, tugas akhir nya yaitu membuat laporan akhir skripsi yang dimana skripsi ini memiliki langkah-langkah tertentu dalam penulisannya sendiri. Selain skripsi, karya ilmiah lainnya yaitu jurnal ilmiah.

Jurnal ilmiah juga memiliki syarat utama dalam berbagai momen, seperti kenaikan pangkat jabatan, penilaian kerja masing-masing pegawai, dan masih banyak lagi.

Perbedaan Skripsi dan Makalah

Nah disini saya akan membahas perbedaan antara skripsi,jurnal ilmiah,dan makalah mari kita simak bersama-sama.

Skripsi

Perbedaan Skripsi dan Makalah
sumber : freepik

Perbedaan Skripsi dan Makalah – Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa pada akhir semester yang biasanya merupakan hasil penelitian untuk gelar S1, yang berisi permasalahan suatu karya ilmiah dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah kebahasaan yang berlaku.

Skripsi dirancang dengan berdasarkan hasil penelitian selama masa studi yang disusun mahasiswa dalam tugas akhir sesuai dengan bidang yang dia ambil, skripsi berlaku hanya untuk perorangan tidak berkelompok atau hanya untuk satu orang dengan tema berbeda.

Penulisan dalam skripsi dibagi menjadi beberapa bagian yang disetiap bagiannya harus dibuktikan dengan cara di dokumentasikan hasil penelitian tersebut dan diletakan pada bab tertentu, maka dari itu skripsi mempunyai ciri khas hasil laporan dengan tebal hingga ratusan halaman. Penulisan skripsi ditulis dengan sangat lengkap dan jelas, tetapi harus sesuai kaidah kebahasaan.

Baca juga : Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

Berikut struktur skripsi yang benar, yaitu :
1. Cover
2. Judul
3. Kata pengantar
4. Daftar isi
5. Abstrak
6. Pendahuluan
7. Tinjau pustaka
8. Pembahasan
9. Penutup
10. Daftar pustaka dan lampiran

Tujuan menulis skripsi yaitu untuk menyampaikan hasil mahasiswa selama program studi di sekolah tersebut. Penulisan skripsi juga menjadi salah satu bagian dari kedisiplinan ilmu yang menjadi syarat kelulusan dalam program sarjana. Jika laporan skripsi sudah selesai, kemudian diajukan pada sidang yang selanjutnya akan diuji oleh dua dosen pembimbing didalam bidangnya. Pada tahap ini biasanya yang sangat ditakutkan oleh mahasiswa karena ini babak penentuan untuk lulus pada tahap final.

Makalah

Perbedaan Skripsi dan Makalah – Makalah adalah salah satu karya tulis ilmiah yang isi pembahasannya mengenai data di lapangan yang membahas suatu permasalahan induktif atau deduktif yang diperoleh dengan kajian pustaka, biasanya makalah dibuat untuk mahasiswa melengkapi tugas-tugas mata kuliahnya.

Menggunakan bahasa yang singkat dan jelas untuk dipahami oleh dosen nya sendiri, biasanya makalah dibuat dengan sederhana dari pada karya tulis ilmiah yang lainnya, tujuan utama nya yaitu mngenai pokok persoalan yang diterbitkan dalam suatu majalah tertentu. Makalah bukan hanya sebuah rangkuman tetapi sebagai sarana agar menunjukan isi kemampuan dari berbagai kategori yang berfungsi untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu.

Makalah memiliki struktur yang dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :
1. Pendahuluan
2. Studi perpustakaan
3. Pokok pembahasan
4. Kesimpulan dan penutup

Perbedaan Skripsi, Jurnal, Makalah :

  • Skripsi :
    – Publikasi yang terbatas

– Penelitiannya hanya untuk satu orang
– Penulisannya dibagi menjadi beberapa bab
– Laporan penelitiannya dengan terjun langsung ke lapangan
– Harus ditulis secara lengkap
– Hasil dokumentasinya per-bab

  • Makalah :
    – Publikasi hanya untuk umum
    – Penulisannya tidak sampai ber bab-bab
    – Laporan penelitiannya bisa belajar dari referensi buku atau bersumer dari mana saja
    – Dibuat dengan bahasa yang sederhana
    – Sebagai tugas sekolah
    – Makalah ditulis untuk mendapatkan nilai

Cara publikasi jurnal nasional dan internasional

Keuntungan Membuat Makalah Dan Skripsi

Perbedaan Skripsi dan Makalah

Perbedaan Skripsi dan Makalah – Pembahasan kali ini akan membahas beberapa keuntungan penting dari membuat makalah dan sripsi dalam pengembangan akademik Anda.

  1. Pengembangan Penelitian Mendalam: Menulis makalah dan sripsi melibatkan penelitian mendalam tentang topik yang Anda teliti. Proses ini membantu Anda mengembangkan kemampuan analitis dan memahami topik dengan lebih baik.
  2. Peningkatan Kemampuan Menulis: Melalui praktik terus-menerus, Anda akan meningkatkan kemampuan menulis. Kemampuan ini berguna di berbagai bidang, baik dalam dunia akademik maupun profesional.
  3. Penguasaan Materi: Membuat makalah dan sripsi memaksa Anda untuk benar-benar memahami materi yang Anda teliti. Ini membantu Anda membangun pemahaman yang kokoh tentang topik tersebut.
  4. Pengembangan Kemampuan Penalaran: Menyusun argumen dan analisis dalam makalah dan sripsi melibatkan kemampuan penalaran yang kuat. Ini membantu Anda menjadi pemikir kritis yang lebih baik.
  5. Kontribusi pada Pengetahuan: Dengan mengeksplorasi topik secara mendalam, Anda dapat memberikan kontribusi pada pengetahuan yang ada dalam bidang tersebut. Makalah dan sripsi Anda bisa menjadi sumber informasi berharga bagi orang lain yang tertarik pada topik serupa.
  6. Peningkatan Otoritas Akademik: Menulis makalah dan sripsi membangun reputasi akademik Anda. Ini dapat membantu Anda dikenal sebagai ahli dalam bidang tertentu dan membuka peluang untuk kolaborasi dan publikasi lebih lanjut.
  7. Persiapan untuk Karier Akademik dan Profesional: Bagi mereka yang bercita-cita menjadi akademisi atau profesional di berbagai industri, kemampuan menulis makalah dan sripsi menjadi keterampilan penting yang diperlukan dalam komunikasi ilmiah dan profesional.
  8. Pembelajaran Mandiri: Proses membuat makalah dan sripsi mendorong pembelajaran mandiri. Anda belajar mengatur waktu, mencari sumber informasi, dan mengelola proyek secara efisien.
  9. Mengasah Kemampuan Presentasi: Makalah dan sripsi sering kali memerlukan presentasi di depan rekan atau dosen. Ini memberi Anda kesempatan untuk mengasah kemampuan berbicara di depan umum.
  10. Penghargaan Pribadi: Menyelesaikan makalah dan sripsi adalah pencapaian pribadi yang memberikan kepuasan dan rasa percaya diri dalam kemampuan Anda.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan seputar perbedaan skripsi dan makalah yang mungkin bermanfaat buat anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *