Cara Mengecek ISSN Jurnal Internasional

Hallo Sobat publikasi, bagi kalian yang sudah lama aktif dengan jurnal dijamin kalian tidak akan kebingungan setelah mengetahui Cara Mengecek Issn Jurnal Internasional.

ISSN atau Nomor Seri berstandar internasional adalah sebuah nomor unik yang diberikan oleh ISDS (International Serial Data System) pada jurnal yang telah bereputasi.

Di negara kita juga, jurnal yang telah dipublikasikan oleh para peneliti yakni dikalangan dosen harus semua sudah memiliki ISSN.

Yang nantinya akan menjadi standar untuk memastikan jurnal tersebut memiliki kode seri yang cukup unik dan berkualitas. Bagaimana caranya?

Tentang ISSN

Tentang ISSN

Sebelum kepembahasaan utama mengenai Cara Mengecek ISSN Jurnal Internasional , alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tetantang ISSN.

ISSN harus memiliki penjelasan yang benar dengan nomor seri yang di berikan oleh ISDB di Perancis untuk terbitan jurnal internasional.

ISSN hampir mirip dengan ISBN pada sebuah terbitan buku, dengan memiliki fungsi untuk proses pendataan. Sehingga dapat memudahkan administrasi jurnal internasional.

Saat kalian mencari sebuah jurnal, maka kalian hanya cukup menyebutkan kode ISSN pada jurnal maka jurnal yang kalian maksud akan keluar dari sistem pencarian.

Baca Juga : Ciri Ciri Jurnal Internasional

7 Cara Mencari Jurnal ISSN

7 Cara Mencari Jurnal ISSN

Nah, saat kita semua membahas ke pembahasaan inti mengenai Cara Mengecek Issn Jurnal Internasional. Karna tidak semua jurnal yang telah diterbitkan oleh peneliti lokal maupun non lokal memiliki ISSN.

Apabila peneliti mendaftarkan ISSN, maka akan menjadi suatu nilai tambahan terhadap kualitas jurnal tersebut. Hal ini sangat mendorong jurnal tesebut menjadi lebih banyak referensi dan mendapatkan banyak kredit.

Dikarenakan tidak semua jurnal memiliki ISSN, maka ada beberapa orang yang masih bingung dan terus mencari bagaimana Cara Mengecek ISSN Jurnal Internasional.

Inilah langkah-langkah Cara Mengecek Issn Jurnal Internasional yang bisa kalian ikuti, sebagai berikut:

1. Jurnal Di Perpustakaan

Jurnal Di Perpustakaan

Adapun Cara Mengecek ISSN Jurnal Internasional yang pertama kamu bisa mendapatkannya melalui Jurnal Di Perpustakaan.

Langkah pertama yang kalian lakukan ialah mencari di perpustakaan kanmpus, dan biasanya seluruh dosen yang melakukan publikasi sudah pernah melakukan pengurusan ISSN. Sehingga koleksi jurnal terdapat pada perpustakaan kampus itu sudah beri-ISSN juga.

Bagaimana jika perpustaannya tidak lengkap?

Jurnal cetak sebenarnya tidak terlalu banyak, maka bisa kalian akses jurnal secara online. Salah satu diperpustakaan Nasional Republik Indonesia maupun Perpusnas. Laman resminya ada di http://e-resources.perpusnas.go.id/

2. Jurnal Di IPI

Jurnal Di IPI

Ketika jurnal ISSN yang kita butuhkan tidak di temukan di situs Perpusnas maka kamu bisa beralih ke IPI.

Masih asing dengan istilah IPI?

IPI adalah salah satu portal resmi yang di miliki oleh Portal Garuda. IPI juga dapat dijadikan sebagai suatu tujuan untuk menemukan lebih banyak jurnal online yang telah di jamin lebih banyak koleksi yang sudah ber-ISSN.

Memiliki Sifat online yang membuat Portal Garuda ini menjadi cukup mudah di akses sesuai dengan waktu luang. Sehingga bisa mencari referensi kapan saja sesuai dengan kebutuhan dan koleksi yang bisa  terbilang cukup lengkap.

Di tambah, jika jurnal yang di dalamnya sudah menjamin berkualitas dan mayoritasnya sudah terakreditasi dan masuk ke dalam database yang bereputasi untuk jurnal internasional.

3. Jurnal ISSN Di LIPI

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Cara Mengecek ISSN Jurnal Internasional selanjutnya adalah dengan berkunjung ke laman resmi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

LIPI merupakan lembaga penelitian dan menyediakan portal situs khusus untuk membantu dalam mengakses jurnal yang bereputasi dan terakreditasi.

Apabila kita ingin mencari jurnal ISSN baik ditulis oleh penulis Indonesia maupun luar Indonesia.

Dan jika kalian ingin mencari Jurnal menggunakan LIP bisa pergi langsung ke laman resmi milik LIPI. LIPI sendiri sudah embeli berbagai akses untuk berlangganan jurnal yang bereputasi dan terakreditasi, tetapi sifatnya berbayar.

Baca Juga : Tingkatan Jurnal Internasional

4. Mengakses Situs DOAJ

DOAJ

Cara Mengecek ISSN Jurnal Internasional Opsional berikutnya ialah mencari jurnal online di dalam situs DOAJ (Directory of Open Access Journals).

Salah satu sittus kali ini akan banyak menyediakan berbagai puluhan ribu jurnal open access yang membuatnya dapat dibuka dan diunduh bahkan di baca oleh siapa saja. Saat telah tercataan sekitar 20.000 jurnal yang telah open access.

Sehingga dapat membuka banyak kesempatan untuk menemukan jurnal yang di inginkan ataupun di butuhkan sesuai dengan topik penelitian dan karya tulis yang telah di susun.

Menariknya di DOAJ tidak hanya tersedia fasilitas mengakses puluhan ribu jurnal saja.

Di DOAJ juga tersedia fasilitas untuk mudah menemukan artikel-artikel ilmiah ingin kalian cari dan kalian gunakan sesuai topik penelitian yang sedang di jalankan.

Kini DOAJ sendiri bisa menjadi destinasi untuk memudahkan penemuan banyak referensi yang berkualitas, dan mayoritas jurnalnya sudah ber-ISSN.

5. Google Scholar

Google Scholar

Google Scholar juga menjadi salah satu bagian dalam Cara Mengecek ISSN Jurnal Internasional dengan secara online.

Situs potal jurnal satu ini milik google sangat populer dan menjadi suatu tujuan para dosen, mahasiswa, dll dalam mencari referensi jurnal ilmiah berkualitas. Jurnal disini juga dapat di unduh secara gratis dalam bentukformat PDF.

Tentu mayoritas jurnal disini telah memiliki ISSN sehingga sangat kredibel untuk dijakan sebagai referensi penelitian dan penulisan karya ilmiah.

Tidak hana jurnal saja, Google Scholer juga menyediakan berbagai referensi lainnya. Misalkan seperti tesis, skripsi, paper, dan lain sebagainya yang dapat diunduh maupun hanya sekedar baca dengan gratis.

6. Situs Pubmed Central

Situs Pubmed Central

Situs Pubmed Central bisa kalian gunakan sebagai Cara Mengecek ISSN Jurnal Internasional, maka kalian juga bisa menuju ke PubMed Central yang secara khusus menyediakan akses berbagai jurnal medis yang sangat berkualitas dari seluruh dunia.

Jurnal yang ada disitus ini juga terbilang sangat lengkap dan menjamin berkualitas dan kredibel.

PubMed Central yang dikembangkan oleh U.S National Library of Medicine dengan kinerja pengelolaannya sangat profesional.

Desain pada website ini terbilang sangat sederhana dan mudah dipahami, tetapi secara proses pencarian jurnal situs ini sangat cepat untuk menampilkan jurnal jurnal yang sedang dicari, karna website ini sangat ringan jika digunakan.

Dan ditambah banyak jurnal kesehatan yang bisa kalian temukan disini tanpa biaya sepeserpun, kecuali modal kuota saja.

7. Mencari Di IOSR

IOSR

Jika ingin mencari Mengecek ISSN Jurnal Internasional bisa menggunakan IOSR, IOSR sendiri bisa digunakan sebagai menemukan jurnal yang pendidikan ber-ISSN.

IOSR atau International Organization of Scientific Research merupakan arah yang sangat baik dan bagus untuk mendapatkan jurnal yang berkualitas.

Di sini juga telah tersedia jurna di bidang pendidikan yang berasal dari penelitian di penjuru dunia dan telah menggunakan bahasa yang disetujui oleh PBB.

Jika kalian selama ini masih bingung untuk mencari jurnal pendidikan yang telah memiliki ISSN dimana?

Maka kalian bisa menjadikan IOSR sebagai salah satu pilihan utama kalian, selain itu IOSR memiliki banyak koleksi dan bisa di akses dengan secara gratis.

Jasa Publikasi Jurnal internasional Cepat & Pasti Terbit

Untuk mendapatkan tempat publikasi jurnal cepat dan gratis cukup susah. Setidaknya kamu membutuhkan waktu paling cepat 4 bulan hingga satu tahun. Karena jurnal biasanya terbit berkala dalam kurun waktu 3 bulanan, 4 bulanan, 6 bulanan dan tahunan.

Nah, agar naskah jurnalmu bisa terbit dengan cepat, maka kamu membutuhkan tempat publikasi jurnal internasional atau nasional yang terbit setiap bulan.

Memang, sekarang ini cukup sulit untuk mencari tempat submit jurnal internasional maupun nasional yang bisa terbit setiap bulan dan terbukti kredibilitasnya.

Tapi jangan khawatir, kami hadir untuk menjadi solusi terbaik bagi kamu.

Kami (Publikasi Indonesia) sendiri sudah mengelola lebih dari 8 jurnal internasional bereputasi dan nasional terakreditasi. Tentunya, semua jurnal yang kami kelola ini sudah terakreditasi Dikti.

Berikut beberapa contoh Jurnal yang dikelola oleh Publikasi Indonesia : Jurnal Indonesia Sosial Sains, Jurnal Cerdika (Kesehatan), Jurnal Comserva, Jurnal Pendidikan Indonesia dan Jurnal Indonesia Sosial Teknologi.

Dan kemudian ada juga jurnal internasional yaitu : Jurnal JRSSEM.

Selain itu, Publikasi Indonesia juga menyediakan :

Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi (Bagi Kampus Yang Belum memiliki Jurnal Terakreditasi Bisa Memilih Produk Tersebut)

Bagi kamu yang tertarik dengan penawaran kami, segera konsultasikan kepada Tim Ahli kami melalui Whatsapp di bawah ini!

Baca Juga : Cara Mencari Jurnal Internasional Di Google Scholar

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja yang bisa kami sampaika terkait Cara Mengecek ISSN Jurnal Internasional Di Google Scholar semoga dengan adanya artikel Cara Mencari Jurnal Internasional Di Google Scholar bisa berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan semua


FAQ

Dimana letak ISSN pada jurnal internasional?

Mencantumkan ISSN di pojok kanan atas pada halaman kulit muka, halaman judul, dan halaman daftar isi dari terbitan tersebut diatas dengan diawali tulisan ISSN.

ISSN apakah jurnal internasional?

ISSN merupakan singkatan dari International Standart of Serial Number yang mana sering digunakan untuk mengidentifikasi sebuah publikasi yang diterbitkan secara berkala baik versi cetak maupun online

Previous Post
Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *