Tingkatan Jurnal Internasional

Nah pada materi kali ini kami publikasi Indonesia akan memberikan informasi mengenai tingkatan jurnal internasional. Jika kamu penasaran seperti apa pembahasannya yuk simak berikut ini.

Namun sebelum ke pembahasannya kita kenali terlebih dahulu apa itu jurnal innternasional.

Penawaran Eksklusif Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Khusus Pengunjung Web Publikasiindonesia.id

Belakangan ini, masih banyak dari mereka yang belum mengetahui terkait berapa harga normal yang dibutuhkan untuk jasa publikasi jurnal scopus cepat terbit. Dan banyak dari mereka menganggapnya sangat mahal.

Tapi, perlu diketahui juga bahwa harga tersebut tergantung pada rangking jurnal dan reputasinya. Jadi, tidak semua publikasi jurnal scopus ini di tarif dengan harga mahal.

Kita semua tahu bahwa ada banyak jurnal bereputasi Scopus dan ISI Thomson yang tidak memerlukan biaya sepeserpun dalam publikasinya.

Tapi perlu ingat, bahwa jasa publikasi jurnal Scopus yang gratis, proses reviewnya super ketat. Bahkan, untuk proses reviewnya saja bisa memakan waktu 1-2 tahun. Dan itu juga kalau naskah bapak/ibu di ACC oleh publisher.

Jadi, jika naskah milik bapak/ibu ingin cepat di ACC dan terbit di jurnal Scopus, maka dibutuhkan jasa publikasi jurnal Scopus yang berkualitas.

Kini Kami (Publikasi Indonesia) hadir untuk menjadi solusi terbaik terkait publikasi jurnal Scopus. Terkhusus kepada rekan-rekan baik dosen, mahasiswa, peneliti, doctor dan guru.

Kami siap mendampingi naskah milik Bapak/Ibu agar bisa terbit di jurnal Scopus baik Q1, Q2, Q3 dan Q4.

Berikut beberapa benefit yang akan kamu dapatkan :

  1. Jaminan Mendapatkan ID Scopus
  2. Jaminan Sertifikat
  3. Jaminan Terindeks Scopus
  4. Jaminan Non Presentation
  5. Jaminan Full Text
  6. Jaminan Terbit
  7. Harga Terjangkau

Jika naskah yang kamu miliki belum lengkap, kami juga siap untuk melengkapi dan memperbaiki naskah milik kamu agar sesuai dengan kriteria dalam publikasi jurnal Scopus.

Attention! Kami hanya menyediakan 10 Slot saja untuk pendampingan publikasi jurnal Scopus di tahun ini. Pada bulan ini, tersisa 3 Slot terakhir.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

Apa Itu Jurnal Internasional?

Jurnal internasional yaitu sebuah kumpulan artikel ilmiah yang telah ditulis dalam bahasa internasional atau bahasa PBB. Jurnal ini selalu diterbitkan oleh lembaga ataupun dari pihak internasional tentunya.

Dan untuk jurnal internasional ini terbagi menjadi dua jenis diantaranya adalah jurnal internasional bereputasi dan juga jurnal internasional tidak bereputasi.

Nah untuk ciri jurnal internasional yang bereputasi merupakan sebuah jurnal yang telah terindeks oleh database internasional seperti scopus, google scholar, WOS, dan database terkenal lainnya.

Perlu teman-teman ketahui sebelum kita lanjut ke pembahasan utama yaitu tingkatan jurnal internasional, bahwa saat ini menerbitkan jurnal internasional menjadi syarat wajib untuk lulus S3 di berbagai perguruan tinggi.

Penulisan jurnal internasional juga terbilang sulit dan memiliki tantaga tersendiri, seperti review nya yang ketat dan harus benar-benar karya ilmiah yang kreatif sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan.

Tentu saja jika jurnal atau artikel yang kamu buat mengandung unsur plagiat maka jurnal tersebut akan langsung di tolak oleh pihak penerbit jurnal.

Nah itu adalah kesulitan tersendiri bagi para akademsi yang ingin menerbitkan jurnal internasional mereka. Bagaimana teman-teman? tertantang untuk mencobanya?

Tingkatan Jurnal Internasional Scopus

Setelah mengetahui apa itu jurnal internasional, Tingkatan jurnal internasional scopus ini ada 4, Q1, Q2, Q3, dan Q4.

Dilansir dari website ui.ac.id, dalam menilai sebuah jurnal, Scopus ini memiliki klasterisasi kualitas jurnal dan dibagi menjadi 4 Quartile.

Yang pertama adalah Q1, Kategori Q1 ini  merupakan jurnal dengan kualitas tertinggi atau terbaik. Dan seterusnya diikuti oleh urutan Q2 sampai Q4.

Diambil dari situs Quora.com, pada saat mengkategorikan sebuah jurnal yang nantinya akan segera dimasukkan kedalam tingkatan Quartile 1 sampai 4 tersebut, ada parameter yang digunakan oleh tim Scopus.

Dan parameter itu adalah SJR (Scimago Journal Rank).

Perlu kamu ketahui SJR ini adalah jumlah kutipan rata-rata per artikel atau bisa kita sebut juga sebagai sitasi yang diterbitkan dalam bentuk jurnal selama 3 tahun terakhir.

Berikut kami akan berikan informasi mengenai tingkatan jurnal internasional scopus:

1. Q1 (Quartile 1)

Tingkatan jurnal internasional yang pertama adalah Kategori Quartile 1 (Q1). kategori ini adalah tingkatan jurnal Internasional Scopus yang memiliki pengaruh paling besar diantara quartile lainnya.

Ibaratnya terdapat 100 jurnal internasional yang telah terindeks Scopus pada bidang keilmuan tertentu, biasanya jurnal yang memiliki kategori Q1 ini berada di peringkat 1 sampai 25 atau bisa kita sebut sebagai 25 jurnal teratas.

2. Q2 (Quartile 2)

Kategori Quartile 2 (Q2) ini juga merupakan tingkatan jurnal internasional Scopus yang memiliki pengaruh cukup besar hamper menyamai kategor Q1.

Misalnya terdapat 100 jurnal internasional yang terindeks Scopus, maka jurnal dengan kaegori Q2 ini berada pada peringkat 26 sampai 50.

3. Q3 (Quartile 3)

Selanjutnya adalah Q3. Kategori Quartile 3 (Q3) ini merupakan sebuah tingkatan jurnal internasional Scopus yang memiliki pengaruh yang kurang besar jika kita bandingkan dengan kategori Q1 dan Q2.

Misalnya jika terdapat 100 jurnal yang telah terindeks Scopus, maka kategori Q3 ini berada pada peringkat 51 sampai 75 jurnal.

4. Q4 (Quartile 4)

Dan terakhir adalah Q4. Quartile 4 (Q4) ini merupakan tingkatan jurnal internasional scopus yang memiliki pengaruh paling rendah jika dibandingkan dengan kategori sebelumnya.

Misalnya ada 100 jurnal yang telah terindeks scopus, maka kategori Q4 ini berada di peringkat 76 sampai 100. Atau bisa dibilang sebagai kategori paling rendah.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

10 Situs Jurnal Internasional Terbaik

Nah setelah mengetahui tingkatan jurnal internasional, yuk kita lanjut ke pembahasan selanjutnya yaitu mengenai situs jurnal internasional terbaik yang wajib teman-teman mahasiswa ketahui.

Langsung saja berikut adalah rekomendasi situs jurnal internasional terbaik:

1. Microsoft Academic

Situs Microsoft Academic ini menyediakan banyak sekali referensi jurnal ilmiah dengan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris.

Kalian bisa mengakses situs ini di browser dan langsung mengetik kata kunci yang relavan sesuai jurnal yang ingin kamu cari.

Nah sistem pencarian pada situs ini juga bisa melakukan filter sesuai dengan keinginan kamu. Contohnya, kalian ingin mencari jurnal berdasarkan penulis jurnal, kamu dapat klik “author” dan “date range” untuk mengerucutkan tahun terbit jurnal tersebut.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

2. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

Situs selanjutnya adalah DOAJ. Directory of Open Access Journals (DOAJ) merupakan sebuah situs yang berisi direktori jurnal dan juga artikel ilmiah ynag sesuai namanya yaitu open akses. Atau dengan kata lain, akses terbuka. Perlu kamu ketahui DOAJ ini dirilis pada tahun 2003.

Sejak DOAJ ini dirilis, telah menyediakan lebih dari 11.000 jurnal dari 127 negara di dunia. Dan tidak hanya itu, lebih dari 4 juta artikel juga telah disedikan pada situs ini.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

[njwa_button id=”67124″]

3. Google Scholar

Siapa sih yang belum kenal google scholar? Google scholar ini bisa menjadi salah satu rekomedasi situs untuk mencari jurnal internasional. Pada situs ini telah tersedia ratusan bahkan ribuan jurnal ilmiah yang bisa diakses dengan beragam format seperti PDF.

Dan jurnal yang tersedia juga beragam, yaitu mulai dari jurnal nasional sampai jurnal Internasional.

Dan terakhir jenis karya ilmiah yang disediakan juga beragam mulai dari tesis, jurnal, dan e-book bisa kamu dapatkan dan bisa kamu akses secara gratis.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

4. ResearchGate

Situs selanjutnya yaitu ResearchGate. Situs ResearchGate merupakan sebuah platform media sosial khusus untuk para akademisi. Pada situs ini juga terdapat forum diskusi yang bisa diakses para peneliti dari seluruh dunia secara gratis.

Situs ini juga bisa diakses oleh para mahasiswa S1 dan S2 untuk mencari referensi jurnal dalam pembuatan karya ilmiah. Akan tetapi, beberapa jurnal disini membutuhkan izin akses atau request ke penulisnya terlebih dahulu.

Tentu saja setelah mengetahui tingkatan jurnal internasional kita juga perlu mengetahui situs untuk mengakses jurnal internasional ini.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

5. ScienceDirect

ScienceDirect merupakan sebuah platform yang khusus menyediakan referensi jurnal internasional. Nah situs ini sudah tak asing lagi bagi kalangan peneliti dan dosen.

Akan tetapi, pada situs sciencedirect ini banyak memuat artikel ilmiah berbayar. Bagi mahasiswa yang sedang mencari referensi jurnal internasional, kalian bisa masuk ke situs ini dan bisa membaca abstrak penelitian tersebut.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

6. Academia.edu

Situs jurnal internasional selanjutnya adalah academia.edu. Bagi akademisi berpengelaman tentu saja telah mengetahui situs Academia.edu ini.

Situs yang satu ini umumnya dikenal dengan sebutan “jejaring sosial para akademisi” dalam berbagi hasil penelitian yang telah mereka lakukan.

Jika kamu ingin mengunduh jurnal di situs ini, kamu hanya perlu membuat akun atau menyinkronkannya terlebih dahulu dengan akun Google atau Facebook.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

7. ProQuest

Situs jurnal internasional selanjutnya adalah ProQuest. Situs ProQuest ini merupakan sebuah database atau pusat data jurnal elektronik yang berpusat di Ann Arbor, Amerika.

Situs ini telah menyediakan sumber informasi ilmiah bagi para peneliti, dosen, dan juga mahasiswa.

Teman-teman dapat mencari jurnal yang ingin dijadikan referensi berdasarkan kata kunci yang kalian masukan.

Pada situs ini juga tidak hanya menyediakan jurnal Internasional, tetapi juga ada buku, video dan juga audio pembelajaran, dan terakhir surat kabar.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

8. Cambridge Journal

Rekomendasi situr jurnal internasional selanjutnya adlah Cambridge Journal. Sama seperti situss sebelumnya, cara mengunduh jurnal pada situ ini kalian tinggal perlu mengetikkan nama jurnal pada mesin pencari jadi sangat mudah untuk kalian dalam mendapatkan jurnal yang kita inginkan.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

9. Oxford Journal

Siapa sih yang gak kenal University of Oxford? Salah satu universitas terbaik dunia ini juga memberikan akses terbuka dan gratis untuk para mahasiswa yang ingin mencari jurnal internasional berkualitas.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

10. International Journal of Education & the Arts

Situs yang terakhir adalah Internasional Journal of Education & the Arts. Situs ini sama seperti sebelumnya sangat direkomendasikan bagi kalian yang sedang mencari jurnal internasional berkualitas.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

Kesimpulan

Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan mengenai tingkatan jurnal internasional dan rekomendasi situr jurnal internasional, semoga bisa menambah wawasan kita semua. Terimakasih.  

By Aldo Faisal Umam

Saya seorang dosen muda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *