Cara Mencari Judul Jurnal di Sinta

Cara mencari judul jurnal di sinta dengan menggunakan berbagai langkah-langkah mudah yang bisa teman-teman coba lakukan.

Untuk kamu yang ingin mengetahui bagaimana Cara Mencari Judul Jurnal Di Sinta, silahkan simak pembahasan berikut ini. Simak sampai habis yaa!!

Walaupun menerbitkan sebuah artikel ilmiah menjadi salah satu kewajiban untuk lulusan perguruan tinggi, namun masih sedikit orang yang mengetahui tata cara mencari jurnal yang sudah terindex sinta.

Dan juga salah satu syarat untuk kelulusan dari S1 sampai S3 yaitu dengan mempublikasikan jurnal di jurnal ilmiah yang terakreditasi.

Dan yang paling sederhana yaitu S1, yang dimana merupakan jurnal nasional berlisensi, dan biasanya hanaya terindex oleh Copernicus.

Sinta sendiri adalah Indeks Sains dan Teknologi atau studi yang berbasis web dan dirancang untuk mengukur kinerja dari para peneliti, lembaga, dan jurnal ilmiah Indonesia.

Cara Mencari Judul Jurnal di Sinta

Cara Mencari Judul Jurnal di Sinta

Dan untuk teman-teman yang masih belum mengetahui bagaimana cara mencari jurnal sinta yang baik dan benar kamu bisa ikuti langkah-langkah mudah dibawah ini, supaya teman-teman paham bagaimana cara mencari judul jurnal di sinta. Simak sampai habis!                              

  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mengunjungi halaman resmi sinta dan klik menu Sources / Sumber lalu klik Jurnal / Journal.
  • Langkah yang kedua kamu bisa ketik jurnal apa yang kamu mau di kolom pencarian kemudian klik cari, tapi kalau kamu belum mengetahui nama jurnalnya kamu bisa klik atau gunakan opsi pencarian lanjutan.
  • Setelah itu pada opsi pencarian lanjutan, kamu bisa memilih salah satu dari beberapa rangkaian ilmu yang tersedia, rangkaian ilmu tersebut adalah Kesehatan, Sains, Pendidikan Agama, Ekonomi, Kemanusiaan, Pertanian, Seni, Sosial, dan Permesinan.
  • Jika kamu sudah menemukan jurnal yang kamu inginkan, kamu bisa memilih target sinta yang kamu butuhkan seperti sinta 1, 2, 3 atau 6.
  • Jika kamu sudah memutuskan sinta berapa yang kamu inginkan kamu bisa klik jurnal tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait jurnal tersebut.

Baca Juga : Submit Jurnal Sinta

Penawaran Eksklusif Publikasi Jurnal Sinta Berkualitas Pasti Terbit (Terbit Di Waktu Dekat)

Daftar Jurnal Pengabdian Masyarakat Sinta 2 Yang Terbit Bulan Ini (Slot Terbatas!)

Seperti yang kita ketahui bahwa sangat jarang sekali Jurnal Nasional yang terindeks Sinta 2 Psikologi ini bisa terbit dengan cepat. Biasanya, waktu paling cepat berkisar antara 6 bulan – 1 tahun lamanya.

Hal ini karena Jurnal Nasional yang terindeks Sinta 2 Psikologi, terbit secara berkala, yaitu 4 bulan sekali, 6 bulan sekali dan bahkan ada yang 1 tahun sekali.

Nah, agar naskah Jurnal milik kamu cepat terbit di Jurnal Sinta, maka kamu membutuhkan Jasa Publikasi Jurnal Nasional Sinta yang terbit setiap bulan.

Dengan adanya kami, naskah jurnal bisa terbit dengan cepat di Jurnal Sinta bukan impian semata lagi.

Untuk setiap bulannya, kami hanya menerbitkan 20 naskah saja. Dan untuk bulan ini, hanya tersisa 4 slot naskah. Jika kamu berhasil mendapatkannya, kemungkinan besar naskahmu akan terbit bulan ini 2022.

Kami menerima semua rumpun ilmu, mulai dari Agama, Ekonomi, Sastra, Kesehatan, Psikologi, Sosial dan lain sebagainya.

FYI : Khusus bulan Ini, kami mengadakan promo bagi para pengunjung web publikasiindonesia.id yang ingin menerbitkan Jurnal Sinta.

Bagi kamu yang tertarik dengan penawaran kami, bisa langsung konsultasikan melalui Whatsapp di bawah ini!

Biaya Jasa Publikasi Jurnal Sinta

Biaya Jasa Publikasi Jurnal

Hanya di Publikasi Indonesia kamu bisa mendapatkan pelayanan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau!

Jasa Publikasi Jurnal Sinta milik kami ini bisa diperuntukan bagi para Mahasiswa, Dosen, Peneliti dan para akademisi lainnya. Bisa juga sebagai syarat kelulusan S1, S2, S3 dan Angka Kredit Pengajuan Jafung (Jabatan Fungsional)

Kami sudah mengelola lebih dari 8 Jurnal Nasional bereputasi Sinta, Jurnal Terakreditasi dan Jurnal International Bereputasi.

Yaitu : Jurnal Syntax Literate, Jurnal Social Sains, Jurnal Psikologi Indonesia, Jurnal Syntax Admiration, Jurnal Indonesia Social Sains, Jurnal Indonesia, Jurnal Cerdika dan masih banyak lainnya.

Kami akan mendampingi naskah yang kamu miliki sampai terbit di Jurnal Sinta.

Kelebihan Menggunakan Jasa Kami :

  • Naskah Bisa Terbit Bulan Ini!
  • Pendampingan Sampai Naskah Terbit Di Jurnal Sinta
  • LoA cepat (3-7 hari)
  • Focus and Scope : Multidisiplin (Semua Rumpun Ilmu)
  • Gratis Revisi Minor
  • Gratis Proofreading
  • Gratis Mendley
  • Gratis Template
  • Harga Terjangkau
  • SLOT TERBATAS!! (Tersisa 4 Slot)

Karena Slot Terbatas, silahkan langsung hubungi kami dengan klik gambar Whatsapp di bawah ini :

Cara Mengecek Jurnal Sinta

Cara Mengecek Jurnal Sinta

Nah, setelah kamu mengetahui bagaimana Cara mencari judul jurnal di sinta, pada bagian ini kami juga akan memberikan beberapa cara mengecek Jurnal Sinta.

Ada juga beberapa Langkah-langkah untuk mengecek Jurnal Sinta sebagai berikut:

Baca Juga : Cara Melihat Peringkat Jurnal Di Sinta

1. Cara Mengecek Sinta Jurnal di Website Resminya

Cara Mengecek Sinta Jurnal di Website Resminya
  • Pertama-tama silahkan buka url website sinta : https://sinta.kemdikbud.go.id/. Berikutnya pergi ke navigasi utama (atas) ke bagian “Sumber” dan klik “Jurnal”.
  • Lalu, cari jurnal di bilah pencarian, masukkan nama jurnal jika ada, dan klik tombol cari. Kalau tidak, klik tombol Pencarian Lanjutan.
  • Jadi dalam pencarian ini kamu dapat mencari jurnal ilmiah yang disinkronkan menggunakan bidang kamu. Bagian topik ini memiliki sepuluh bidang pengelompokan yang dapat kamu pilih, misalnya: Kesehatan, Sains, Pendidikan Agama, Ekonomi, Kemanusiaan, Pertanian, Seni, Masyarakat, dan Mesin.
  • Kali ini saya akan berikan contoh untuk memilih bidang pendidikan. Setelah dipilih, klik tombol “Cari”. Kotak lain mengabaikan kosong.
  • Diagram di bawah ini yaitu apa yang terjadi dalam proses pencarian jurnal terakreditasi di bidang pendidikan. Silakan pilih apa yang terjadi dengan pencarian ini untuk menemukan jurnal Sinta yang akan kamu kunjungi dengan tujuan 1, 2, 3, 4 atau lainnya.
  • Contohnya adalah jurnal pendidikan terakreditasi Sinta 4.
  • Klik salah satu nama jurnal untuk mengetahui bagaimana lebih detail tentang jurnal tersebut. Untuk membuka jurnal pilihan kamu, klik tombol “Situs” di bagian bawah nama penerbit.

2. Cara Mengetahui Jurnal yang Terakreditasi Arjuna

Cara Mengetahui Jurnal yang Terakreditasi Arjuna

Setelah kita membahas cara mengecek sinta jurnal, tidak lengkap rasanya kalau tidak membagikan bagaimana cara mengetahui jurnal terakreditassi melalui Arjuna.

  • Pertama yang perlu kamu ketahui yaitu mengunjungi website Arjuna Ristekbrin di https://arjuna.kemdikbud.go.id/
  • Selanjutnya Klik Lihat Daftar Jurnal
  • ketik nama jurnal di bagian pencarian, kemudian tekan enter.
  • Klik Histori Akreditasinya, untuk melihat apa saja riwayat akreditasinya.
  • Yang terakhir adalah melihat masa berlaku akreditasinya.

Perbedaan Judul Artikel dan Judul Jurnal

Cara Mencari Judul Jurnal di Sinta – Pembahasan berikutnya kami akan membahas perbedaan Perbedaan Judul Artikel dan Judul Jurnal dan pentingnya pemilihan judul yang tepat dalam setiap konteks. Yuk simak!

1. Fungsi dan Tujuan

Pertama-tama, mari kita pahami fungsi dan tujuan dari judul artikel dan judul jurnal. Judul artikel berperan sebagai identitas singkat untuk konten tertentu. Fungsinya adalah menarik perhatian pembaca, memberikan gambaran singkat tentang isi artikel, serta mengandung kata kunci yang relevan untuk SEO (Search Engine Optimization).

Di sisi lain, judul jurnal memiliki peran yang lebih kompleks. Selain menarik perhatian pembaca, judul jurnal harus mencerminkan sifat ilmiahnya, menggambarkan isi penelitian secara tepat, dan menyampaikan konteks metodologi yang digunakan. Judul jurnal juga berfungsi sebagai indikator kategorisasi dan referensi bagi para peneliti dalam literatur ilmiah.

2. Panjang dan Detail

Perbedaan lainnya adalah panjang dan detail dalam judul artikel dan judul jurnal. Judul artikel biasanya lebih singkat, terdiri dari beberapa kata kunci yang padat dan menarik. Sebagai contoh, “Peningkatan Produktivitas Pertanian melalui Teknologi Inovatif” bisa menjadi judul artikel.

Sebaliknya, judul jurnal cenderung lebih panjang dan lebih rinci. Hal ini diperlukan untuk mencakup aspek-aspek penting dari penelitian yang dilakukan. Contohnya, “Analisis Dampak Penggunaan Teknologi Inovatif terhadap Produktivitas Pertanian di Wilayah Asia Tenggara: Studi Kasus pada Petani Padi di Indonesia.”

3. Gaya Penulisan

Pemilihan gaya penulisan juga menjadi perbedaan antara judul artikel dan judul jurnal. Judul artikel biasanya lebih menarik dan bersifat informatif, dengan menggunakan gaya bahasa yang lebih kreatif dan menarik minat pembaca.

Sementara itu, judul jurnal cenderung lebih formal dan konservatif. Gaya penulisannya lebih serius dan mengutamakan kejelasan dalam menyampaikan maksud penelitian.

4. Nada Kesimpulan

Dalam judul artikel, terkadang pembuat judul lebih condong pada nada yang memberikan kesimpulan atau pandangan tersirat terhadap topik yang dibahas. Hal ini bertujuan untuk memancing rasa ingin tahu pembaca dan mendorong mereka untuk membaca seluruh artikel.

Di sisi lain, judul jurnal lebih netral dan berusaha menggambarkan secara objektif isi penelitian tanpa memberikan penilaian terhadap temuan.

Baca Juga : Cara Memasukkan Jurnal Ke Sinta

Kesimpulan

Nah, cukup sampai sini saja pembahasan kita kali ini mengenai Cara Mencari Judul Jurnal di Sinta dan Cara Mengecek Jurnal Sinta. Semoga ini bisa berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Terimakasih!


FAQ

Jurnal Sinta itu seperti apa?

Jurnal sinta mempunyai kepanjangan yakni Science and Technology Index, sinta sendiri merupakan sebuah portal ilmiah atau laman daring yang telah dikelola oleh kemendikbud ristek dan juga menyediakan daftar jurnal nasional yang terakreditasi.

Apakah jurnal Sinta termasuk jurnal internasional?

Jurnal Sinta secara garis besar adalah database jurnaljurnal nasional yang sudah terakreditasi oleh ARJUNA, Sehingga bisa dituju untuk membuktikan seorang dosen dan peneliti sudah menerbitkan jurnal nasional terakreditasi. Sementara jurnal Scopus merupakan database untuk jurnal internasional bereputasi.

Previous Post
Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *