Syarat Jurnal Terindeks Scopus

Halo teman-teman, kali ini kami akan memberikan artikel mengenai Syarat Jurnal Terindeks Scopus yang dapat kamu praktekan.

Karena cukup banyak akademis baru yang bertanya-tanya terkait hal ini, padahal hal ini sangat mudah dan sederhana untuk kamu pelajari.

Apa Itu Scopus?

Syarat Jurnal Terindeks Scopus

Nah, sebelum membahas lebih dalam lagi terkait Format penulisan jurnal scopus, alangkah baiknya jika kamu ketahui terlebih dahulu mengenai apa itu scopus.

Scopus adalah pusat data atau database yang mana literatur atau sitasi ilmiahnya dimiliki ileh penerbit terkenal dan terkemuka dunia, yaitu Elsevier.

Scopus sendiri mulai dikenalkan pada masyarakat luas pada tahun 2004. Dan biasanya Scopus bersaing ketat dengan Web of Science (WOS) yang diterbitkan oleh Thomson Reuters yang juga menjadi salah satu pusat data terbesar di dunia.

Scopus sendiri mulai dikenalkan kepada public sejak tahun 2004. Dan Scopus bersaing cukup ketat dengan WOS (Web Of Science) yang diterbitkan atau dipublikasikan oleh Thomson Reuters yang mana menjadi salah satu database atau pusat data terbesar di dunia

Baca Juga : Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Syarat Jurnal Terindeks Scopus

Jurnal scopus mempunyai standard tertentu dalam penulisannya, dan bagi kamu yang ingin masuk scopus maka artikel milik kamu wajib memenuhi syarat-syarat yang sudah ditentukan

Penolakan juga merupakan suatu hal yang sering sekali terjadi jika kamu membuat jurnal yang tidak sesuai dengan keinginan pembeli, dikirim dalam format yang tidak sesuai atau materi pembahasan yang tidak sesuai, dan masih banyak lagi

Maka dari itu jika jurnal milik kamu ingin segera terindeks oleh scopus maka kamu wajib memperhatikan dan mematuhi standar atau peraturan yang ada.

Perlu kamu diketahui juga, bahwa mengecek atau mencari jurnal yang sudah terindeks scopus untuk referensi penulisan.

Dan untuk standar penulisan scopus sendiri kamu dapat melihatnya pada website resmi scopus beserta syarat-syarat lainnya yang wajib kamu penuhi

1. Topik Yang Sesuai

Syarat Jurnal Terindeks Scopus yang pertama adalah kalian bisa menulis topik yang relavan dengan hasil penelitian kalian karena jika tidak relavan maka hal itu akan menghambat proses index

Jika dalam hal ini kalian melakukan kesalahan maka jurnal milikmu akan langsung ditolak, maka dari itu kamu harus benar-benar teliti pada subjek penelitian yang sedang kalian jalani.

Berikut kami lampirkan syarat terindeks scopus yang perlu kamu ketahui:

2. Menggunakan Bahasa Yang Standar

Syarat Jurnal Terindeks Scopus berikutnya adalah Bahasa standar. Penggunaan bahasa dalam penulisan jurnal scopus sangat penting, karena umumnya jurnal internasional ditulis dengan menggunakan bahasa inggris ataupun bahasa resmi lainnya

Maka dari itu kamu wajib menggunakan bahasa yang telah teridentifikasi oleh scopus supaya jurnal milik kamu terindeks oleh scopus.

3. Kebaruan

Syarat Jurnal Terindeks Scopus selanjutnya adalah kebaruan. Kebaruan juga merupakan elemen cukup penting dalam penulisan jurnal scopus, karena dengan adanya kebaruan maka jurnal milik kamu akan mempunyai perbedaan dengan jurnal lainnya

Dan dengan adanya perbedaan ini maka akan semakin banyak juga orang yang tertarik untuk meneliti atau membaca jurnal milik kamu.

4. Perhatikan Deadline

Nah pada bagian ini orang-orang pastinya pernah atau sering mengalaminya, padahal hal ini sangat fatal jika terjadi

Jika kamu telah melebihi deadline yang sudah ditentukan maka secara otomatis naskah kamu akan langsung di tolak dan juga akan langsung didiskulifikasi

5. Menghindari Plagiarisme

Syarat Jurnal Terindeks Scopus  yang kelima adalah menghindari plagiarism. Menghindari plagiarisme adalah hal yang sangat penting dalam sebuah penulisan, dan tentu saja hal ini akan berdampak sangat besar dengan hasil yang akan kamu dapatkan.

Kamu juga boleh mencomot atau mengambil referensi milik orang lain, akan tetapi kamu juga wajib merubah kata-kata tersebut supaya tidak sama dengan referensi yang kamu gunakan

Meskipun kamu wajib mengubah bahasanya tetapi kamu juga jangan pernah sekalipun merubah isi dari pembahasan tersebut.

6. Tingkat Kualitas Data

Syarat Jurnal Terindeks Scopus yang berikutnya adalah tingkat kualitas data. Dengan memperbaiki tulisan kamu maka dapat menarik lebih banyak pembaca, karena dengan lengkapnya data milk kamu maka akan semakin banyak juga orang-orang yang mencarinya.

Maka dari itu kamu wajib mengumpulkan sumber referensi sebanyak mungkin untuk memperoleh data-data yang lebih lengkap dari artikel milik orang lain.

Baca Juga : Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Penawaran Eksklusif Pendampingan Publikasi Jurnal Internasional Scopus Khusus Pengunjung Web Publikasiindonesia.id

Belakangan ini, masih banyak dari mereka yang belum mengetahui terkait berapa harga normal yang dibutuhkan untuk jasa publikasi jurnal scopus cepat terbit. Dan banyak dari mereka menganggapnya sangat mahal.

Tapi, perlu diketahui juga bahwa harga tersebut tergantung pada rangking jurnal dan reputasinya. Jadi, tidak semua publikasi jurnal scopus ini di tarif dengan harga mahal.

Kita semua tahu bahwa ada banyak jurnal bereputasi Scopus dan ISI Thomson yang tidak memerlukan biaya sepeserpun dalam publikasinya.

Tapi perlu ingat, bahwa jasa publikasi jurnal Scopus yang gratis, proses reviewnya super ketat. Bahkan, untuk proses reviewnya saja bisa memakan waktu 1-2 tahun. Dan itu juga kalau naskah bapak/ibu di ACC oleh publisher.

Jadi, jika naskah milik bapak/ibu ingin cepat di ACC dan terbit di jurnal Scopus, maka dibutuhkan jasa publikasi jurnal Scopus yang berkualitas.

Kini Kami (Publikasi Indonesia) hadir untuk menjadi solusi terbaik terkait publikasi jurnal Scopus. Terkhusus kepada rekan-rekan baik dosen, mahasiswa, peneliti, doctor dan guru.

Kami siap mendampingi naskah milik Bapak/Ibu agar bisa terbit di jurnal Scopus baik Q1, Q2, Q3 dan Q4.

Berikut beberapa benefit yang akan kamu dapatkan :

  1. Jaminan Mendapatkan ID Scopus
  2. Jaminan Sertifikat
  3. Jaminan Terindeks Scopus
  4. Jaminan Non Presentation
  5. Jaminan Full Text
  6. Jaminan Terbit
  7. Harga Terjangkau

Jika naskah yang kamu miliki belum lengkap, kami juga siap untuk melengkapi dan memperbaiki naskah milik kamu agar sesuai dengan kriteria dalam publikasi jurnal Scopus.

Attention! Kami hanya menyediakan 10 Slot saja untuk pendampingan publikasi jurnal Scopus di tahun ini. Pada bulan ini, tersisa 3 Slot terakhir.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

Kesimpulan

Nah, cukup sekian saja pembahasan kita kali ini mengenai beberapa Syarat Jurnal Terindeks Scopus yang wajib banget kamu perhatikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pengunjung web publikasiindonesia.id yah!


FAQ

Apa ciri ciri dari jurnal terindeks Scopus?

urnal terindeks Scopus memiliki beberapa ciri yaitu, memiliki International Standard Serial Number (ISSN), ditulis menggunakan kaidah keilmiahan dan bahasa internasional, serta merupakan artikel orisinil


Syarat Jurnal Terindeks Scopus

Topik Yang Sesuai.
Menggunakan Bahasa Yang Standar.
Kebaruan.
Perhatikan Deadline.
Syarat Jurnal Terindeks Scopus Yang Menghindari Plagiarisme.
Tingkat Kualitas Data.

Scopus itu Q Berapa?

Jurnal Scopus yang masuk dalam kategori Q2 juga memiliki kualitas yang tinggi, namun tidak sebesar Q1. Jurnal-jurnal ini sering kali menjadi referensi dalam bidang akademik, namun mungkin tidak memiliki dampak yang besar seperti Q1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *