Manfaat Publikasi Hasil Penelitian

Manfaat Publikasi Hasil Penelitian

Manfaat Publikasi Hasil Penelitian – Publikasi ilmiah adalah suatu bentuk penerbitan karya dalam bentuk dokumen ilmiah atau kedokteran, poster, manuskrip, abstrak, dan lain-lain. Ini sendiri biasanya mencakup validasi data, hasil uji klinis, atau informasi lain yang terkait dengan produk berlisensi.

Adapun realisasinya sendiri dapat berupa karya tulis ilmiah, artikel resensi, buku, dan lain-lain. Publikasi karya ilmiah memiliki beberapa tujuan, antara lain memperoleh saran penulisan ilmiah yang lebih baik, memiliki jaringan yang lebih luas, dan berkontribusi dalam pemecahan masalah. Publikasi ilmiah ini tentunya juga akan membawa manfaat bagi penulis sendiri, misalnya sebagai salah satu syarat untuk memasuki bidang akademik, dan pembaca yang mendapatkan pengetahuan baru dari hasil penelitian atau ulasan (review).

Bacaan Lainnya
Manfaat Publikasi Hasil Penelitian

Tujuan Publikasi Ilmiah

Sebelum ke pembahasan mengenai manfaat publikasi hasil penelitian, ada baiknya kita bahas dulu tujuannya ya.

Publikasi atau penerbitan karya ilmiah dilakukan untuk beberapa tujuan, seperti berikut ini:

Baca Juga : Cara Publikasi Jurnal Scopus

1. Memperoleh saran untuk lebih baik dalam membuat tulisan ilmiah

Jika kita membabi buta menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya, penerbit akan memilih karya yang mereka terima. Selain itu, mereka akan memberikan opini positif sehingga penulis dapat meningkatkan karyanya.

Selain itu, penerbitan karya ilmiah juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri penulis. Melalui umpan balik atau saran yang diberikan oleh penerbit, sangat mungkin kesalahan atau kesalahan akan diminimalkan di masa mendatang.

2. Mempunyai jaringan yang lebih luas

Semakin banyak karya ilmiah yang kita terbitkan, maka jaringan pertemanan atau relasi akan semakin luas, karena pembaca yang tertarik dengan karya kita selalu ingin memahami keadaan kita sebagai penulis.

Oleh karena itu jika karya kita dibaca oleh banyak orang, baik dalam bisnis, keuangan, dll pasti akan membawa keuntungan tersendiri, jadi jangan bosan untuk selalu berusaha membuat karya ilmiah yang terbaik agar dapat bermanfaat bagi orang lain. yang lain.

3. Ikut andil dalam menuntaskan suatu permasalahan

Seringkali, masalah sosial yang muncul dalam kehidupan dapat diselesaikan dengan adanya hasil penelitian ilmiah yang telah kita tulis. Jika artikel tersebut dipublikasikan secara luas ke tingkat internasional, maka dapat menjadi solusi dari masalah kualitas.

Manfaat Publikasi Hasil Penelitan

Terdapat beberapa manfaat publikasi hasil penelitian yang telah kita buat, seperti ini:

1. Memperdalam pemahaman terhadap materi perkuliahan

Ketika kita menulis karya ilmiah yang berkaitan dengan bidang keilmuan kita, kita perlu banyak membaca bahan referensi. Referensi tersebut dapat berasal dari berbagai sumber, seperti buku, jurnal, publikasi ilmiah, dokumen nasional, artikel online, dan berita harian. Dengan banyak membaca bahan referensi, tentunya pengetahuan kita akan bertambah.

Padahal, jika tulisan ilmiah kita adalah hasil penelitian, maka tentunya kita akan mendapatkan ilmu ketika mencari data mentah di lapangan. Mencari melalui data mentah, kita akan menambah pemahaman dan pengalaman kita di bidang sains.

2. Latihan persiapan untuk Tugas Akhir

Tugas akhir merupakan syarat wajib bagi setiap mahasiswa. Walaupun tugas akhir sering menjadi hantu yang mengerikan bagi mahasiswa, karena berbagai hal, seperti beberapa kali revisi yang berujung pada keterlambatan kelulusan, atau tidak tahu bagaimana memulai menulis skripsi.

Oleh karena itu, berlatih menulis artikel ilmiah merupakan cara yang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut, karena ketika menulis artikel ilmiah, kita akan langsung mempraktekkan metode penelitian yang dipelajari di kelas.

Baca Juga: Fungsi jurnal umum

3. Portofolio

Ketika artikel kita telah melewati serangkaian seleksi oleh reviewer dan editor, maka dapat dipastikan bahwa kita telah diakui, dan artikel kita ditulis sesuai dengan aturan tertentu dan memenuhi standar yang telah ditetapkan. taruh.

Ketika artikel dimuat dalam jurnal, berarti artikel ilmiah yang kita tulis telah diabadikan dalam bentuk tulisan, atau dengan kata lain, kita sudah memiliki kumpulan karya yang berkaitan dengan bidang keilmuan Anda. Portofolio ini bermanfaat bagi kita yang berniat melamar pekerjaan di institusi yang kita tuju.

4. Salah satu syarat wajib bagi seseorang yang akan menjadi seorang akademisi atau dosen

Bagi kita yang ingin melanjutkan karir di bidang akademik, seperti dosen atau orang setingkat akademik lainnya, kita harus meminta untuk mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal terakreditasi.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada umumnya mewajibkan calon dosen yang melamar untuk mempublikasikan minimal satu publikasi ilmiah pada jurnal yang terakreditasi.

5. Jalan untuk menjadi Profesor

Meraih gelar profesor merupakan pencapaian tertinggi siapapun di dunia akademis. Pasalnya, guru besar adalah dosen tertinggi di universitas. Nama lainnya adalah mahaguru dan guru besar.

Gelar profesor ini merupakan simbol penguasaan sejati dan kontribusi kita yang berarti pada bidang keilmuan tertentu. Untuk memperoleh gelar tersebut, salah satu syarat utama yang harus kita penuhi adalah mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal internasional bergengsi.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan seputar manfaat publikasi hasil penelitian yang bisa admin berikan. Apabila ada yang ingin bertanya silahkan tulis dalam kotak komentar ya. Semoga bermanfat dan terimmakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.