Fungsi jurnal umum

  • Whatsapp
fungsi jurnal umum

Fungsi jurnal umum – Pengertian jurnal umum nya sendiri yaitu tempat untuk mencatat transaksi perusahaan yang di kelola secara sistematis pada suatu jurnal tertentu dengan memasukan bukti transaksi keuangan, juga berfungsi untuk menjalankan perintah atau cara-cara menginputkan data ke dalam buku besar.

Fungsi jurnal umum

Nah disini, kita akan membahas fungsi jurnal umum. Fungsinya dibagi menjadi 5 :

1. Fungsi Historis

Memiliki fungsi yang dimana jurnal umum mencatat semua tanggal transaksi dengan berurutan yang diinput secara sistematis dan kronologis untuk mempermudah adanya pencarian data riwayat tersebut.

Jasa Publikasi Jurnal Nasional dan Internasional

2. Fungsi Pencatatan

Pencatatan yang dikenal dengan kata “mencatat” memili arti dimana jurnal umum ini mencatat semua dokumen laporan yang ada diperusahaan secara terperinci dan lengkap dari adanya pengeluaran maupun pendapatan, agar tidak terjadi keselisihan biaya di perusahan tersebut, kemudian di masukan kedalam laporan keuangan akhir periode.

3. Fungsi Analisis

Fungsi analisis ini termasuk kedalam salah satu fungsi jurnal umum yang dimana terdapat transaksi. Sebelum dimasukan kedalam laporan keuangan, wajib dianalisa terlebih dahulu agar meminimalisir resiko kesalahan yang ada dalam pembuatan laporan keuangan akhir periode.

Baca juga : Publikasi Jurnal Cepat

4. Fungsi Instruksi

Pada jurnal umum, kamu harus membuat akun terlebih dahulu untuk mengisi sesuai dengan yang tercatat pada akun tersebut, selanjutnya untuk intruksi transaksi bukti transfer yang tergolong debit atau kredit sehingga dapat memudahkan kamu agar tidak terkena resiko pada laporan keuangan perusahaan.

5. Fungsi Informatif

Berupa informasi transaksi yang terkait didalam media informatif yang disusun secara rapi untuk memberikan keringanan kepada pihak internal ataupun eksternal dalam urusan laporan keuangan perusahaan.


           

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *