Bagaimana cara translate jurnal internasional? Ingin mentranslatekan satu per satu? Jangan khawatir, ada banyak sekali cara yang dapat kamu lakukan.

Bagi para akademisi, baik mahasiswa maupun dosen yang tengah mengembangkan tesis, disertasi, atau penelitian ilmiah serupa, penting untuk memastikan bahwa sumber referensi yang digunakan berasal dari jurnal internasional dalam bahasa Inggris.

Jurnal internasional dalam bahasa Inggris cenderung memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan jurnal berbahasa lainnya.

Tidak jarang, di beberapa institusi pendidikan tinggi di Indonesia, dosen pembimbing mengharuskan mahasiswa mereka untuk merujuk pada jurnal internasional berbahasa Inggris dalam penulisan karya ilmiah.

Namun, satu tantangan besar yang sering dihadapi adalah ketika referensi jurnal internasional tersebut tersedia dalam bahasa Inggris yang sulit dipahami, terutama bagi individu yang bukan pakar di bidangnya.

Umumnya, kebanyakan orang memanfaatkan Google Translate sebagai alat utama dalam proses penerjemahan.

Hal ini dikarenakan ketika menghadapi sejumlah besar teks yang perlu diterjemahkan, menghadapi kendala dalam menyalin ulang dari dokumen PDF atau melakukan proses copy-paste ke Google Translate bisa menjadi pekerjaan yang cukup merepotkan.

Terutama, kebingungan muncul karena keterbatasan dalam menyalin format teks dari dokumen PDF.

Klik Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Memulai Sesi Konsultasi Gratis Dengan Admin Kami Sekarang Juga!

Baca Juga : Cara Mencari Jurnal Internasional Terindeks Scopus

Pengertian Jurnal Internasional

Cara Translate Jurnal Internasional

Sebelum masuk kedalam pembahasan cara translate jurnal internasional, sebaiknya kamu ketahui dan pahami terlebih dahulu mengenai pengertian jurnal internasional.

Jurnal internasional merujuk kepada publikasi ilmiah yang disusun dengan tujuan penyebaran di tingkat internasional dan dilengkapi dengan akuntabilitas yang jelas. Dalam konteks ini, jurnal internasional secara intrinsik memiliki cakupan global yang luas, diperkuat dengan proses seleksi isi atau konten yang sangat selektif serta berorientasi pada kebaruan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa jurnal-jurnal internasional ini mencapai tingkat ekselen yang tinggi, bahkan bisa dikatakan sebagai yang tertinggi di antara jenis-jenis jurnal lainnya. Tingkat ekselen ini tidak hanya tercermin dalam aspek penyusunan dan penulisan, tetapi juga terlihat dari sejauh mana ketatnya proses penerbitan jurnal ini.

Cara Translate Jurnal Internasional

Ternyata terdapat beberapa cara translate jurnal internasional tanpa perlu melakukan proses salin-tempel berulang di Google Translate.

Hal ini berlaku tidak hanya untuk bahasa Inggris, tetapi juga untuk sejumlah bahasa lainnya, termasuk bahasa Indonesia.

Berikut ini adalah cara translate jurnal internasional yang bisa kamu coba:

1. Lewat Google Docs

Fitur translate online yang sudah tersedia di dalam Google Docs dapat memberikan kemudahan serta kecepatan dalam mentranslatekan jurnal daring. Bagaimana langkah-langkahnya?

Pertama-tama, penting untuk memastikan bahwa konten dari dokumen jurnal internasional yang kamu ingin terjemahkan dapat disalin. Jika dokumen masih dalam format PDF, disarankan untuk mengonversinya ke dalam format Microsoft Word terlebih dahulu agar proses penyalinan isi menjadi lebih mudah.

Dibawah ini adalah cara translate jurnal internasional menggunakan google docs

  • Awali dengan membuat dokumen baru di platform Google Docs.
  • Reproduksi secara lengkap seluruh konten yang terdapat dalam publikasi jurnal internasional ke dalam dokumen baru di Google Docs.
  • Selanjutnya, navigasikan ke menu ‘Tools’ dan pilih alternatif ‘Translate document’.
  • Terdapatlah kesempatan untuk menentukan bahasa sasaran yang diinginkan untuk proses terjemahan.
  • Setelah itu, inisiasikan proses terjemahan dengan mengeksekusi pilihan ‘Translate’, dan pada saat yang bersamaan, sebuah tab baru akan muncul berisi dokumen yang telah diterjemahkan dari jurnal tersebut.

2. Lewat Deepl Translator

Deepl Translator adalah platform penerjemahan daring yang disediakan secara gratis dengan tingkat akurasi yang memadai. Platform ini mendukung 28 bahasa berbeda dan menyediakan dua opsi utama, yaitu terjemahan teks dan terjemahan berkas.

Bagi kamu yang ingin menerjemahkan seluruh konten dari sebuah jurnal internasional, disarankan untuk memanfaatkan fitur translate Berkas untuk kemudahan. Terdapat tiga format yang dapat diunggah, yaitu .pdf, .docx, dan .pptx.

Berikut ini adalah cara translate jurnal internasional menggunakan deepl translator

  • Silakan akses situs Deepl Translator melalui browser pada perangkat kamu.
  • Arahkan kursor kamu pada opsi ‘Terjemahkan dokumen’. Setelah itu, akan muncul opsi untuk memilih bahasa tujuan terjemahan. Silakan pilih bahasa sesuai dengan preferensi kamu.
  • Selanjutnya, klik pada opsi ‘Terjemahkan dokumen menjadi…’ dan bersabarlah hingga program menyelesaikan proses penerjemahan jurnal tersebut.

3. Lewat DocTranslator

Cara translate jurnal internasional berikutnya adalah menggunakan DocTranslator. Laman ini menawarkan layanan terjemahan gratis dengan jumlah kata yang dibatasi hingga 1000 kata.

Apabila kamu membutuhkan jumlah kata yang lebih besar, akan dikenakan biaya tambahan.

Situs ini mengklaim bahwa mereka menyediakan terjemahan berkualitas tinggi, mendekati tingkat keakuratan seperti terjemahan manusia dengan rentang akurasi sekitar 80 hingga 90 persen.

Selain itu, situs ini juga memungkinkan kamu untuk mempertahankan tata letak dokumen asli selama proses penerjemahan.

Berikut ini adalah cara translate jurnal internasional menggunakan DocTranslator

  • Pertama, buka peramban (browser) pada perangkat kamu dan akses situs web DocTranslator.
  • Selanjutnya, tekan tombol yang bertuliskan ‘Unggah Dokumen – Gratis!’.
  • Langkah berikutnya adalah mengunggah dokumen jurnal yang ingin kamu terjemahkan ke dalam area yang telah disediakan.
  • Setelah itu, pilih bahasa asli dari jurnal tersebut serta bahasa target untuk proses terjemahan.
  • Terakhir, klik tombol ‘Upload’ dan biarkan program menyelesaikan proses penerjemahan.

4. Microsoft Word

Cara translate jurnal internasional selanjutnya adalah Microsoft Word. Microsoft Word dapat dijadikan sebagai alat yang dapat diakses untuk melakukan terjemahan atau translate jurnal internasional, lalu bagaimana cara translate jurnal internasional secara online ini dapat dilakukan?

Pertama-tama, pastikan bahwa kamu telah memasang aplikasi PDF Reader, seperti Adobe Acrobat X, bersama dengan Microsoft Word di komputer kamu.

Setelah itu, unduh dokumen jurnal internasional yang telah kamu simpan sebelumnya. Secara umum, dokumen jurnal ini akan berformat PDF.

Dibawah ini adalah cara translate jurnal internasional menggunakan Microsoft Word

  • Pertama, buka dokumen jurnal internasional menggunakan perangkat lunak PDF Reader.
  • Pada menu utama, klik ‘File’, kemudian pilih opsi ‘Save As’ dan simpan dokumen dalam format ‘Word Document’.
  • Setelah berhasil menyimpan dokumen, buka dokumen tersebut menggunakan perangkat lunak Microsoft Word.
  • Selanjutnya, navigasikan ke menu ‘Review’ dan pilih opsi ‘Translate’. Atur bahasa terjemahan dengan mengklik ‘Choose Translation Language’.
  • Setelah bahasa terjemahan telah diatur sesuai kebutuhan, kembali ke opsi ‘Translate’ dan pilih ‘Translate Document (Dari Bahasa Sumber) to (Bahasa Target)’.
  • Saat proses ini dilakukan, akan muncul jendela pop-up yang meminta persetujuan untuk mengirim dokumen jurnal ke Microsoft Translation Services. Pastikan bahwa perangkat kamu terhubung ke internet saat ini.
  • Terakhir, klik ‘Send’ dan tunggu hingga Microsoft Translator secara otomatis muncul untuk menerjemahkan dokumen jurnal internasional yang telah kamu kirim.

Cara translate jurnal internasional ini adalah solusi yang cepat dan sederhana untuk mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Meski demikian, kualitas hasil terjemahan dapat terpengaruh negatif oleh keberadaan istilah teknis yang berkaitan dengan suatu bidang ilmu tertentu.

5. Lewat Jasa Penerjemah Profesional

Sebenarnya, penerjemahan dalam ranah akademik ini mengalami perbedaan yang signifikan bila dibandingkan dengan penerjemahan konvensional, khususnya dalam konteks penerjemahan artikel jurnal internasional.

Dalam penerjemahan jurnal tersebut, kamu akan menemukan sejumlah kosakata teknis yang berkaitan dengan beragam disiplin ilmu yang berbeda.

Melansir dari Alfonso Martinez, rumus dan teori tidak dapat di terjemahkan atau di translatekan dalam kata-per-kata. Hal ini seharusnya membutuhkan tingkat pemahaman tertentu untuk mengungkapkannya di bahasa lain, namun masih dengan makna yang sama.

Oleh karena itu, memilih layanan penerjemah atau translate profesional menjadi alternatif yang sangat tepat bagi mereka yang menginginkan hasil terjemahan yang memuaskan.

Selain itu, keunggulan dari jasa penerjemah profesional, jika dibandingkan dengan alat penerjemah online, mencakup tingkat akurasi yang lebih tinggi dan kemampuannya yang lebih baik dalam menyesuaikan konteks.

Klik Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Memulai Sesi Konsultasi Gratis Dengan Admin Kami Sekarang Juga!

Keuntungan Menerjemahkan Jurnal Internasional

Cara Translate Jurnal Internasional

Setelah kita mengetahui dan memahami terkait cara translate jurnal internsional, kurang rasanya jika kita tidak membahas mengenai keuntungan menerjemahkan jurnal internasional

1. Akses Global

Dengan menerjemahkan jurnal internasional, peneliti dapat memberikan akses ke penelitian mereka kepada sejumlah besar pembaca di seluruh dunia. Ini memungkinkan peneliti dari berbagai negara untuk memahami temuan dan hasil penelitian tanpa hambatan bahasa.

2. Penyebaran Pengetahuan

Menerjemahkan jurnal internasional membantu dalam penyebaran pengetahuan ilmiah yang lebih luas. Ini memungkinkan peneliti untuk berbagi temuan mereka dengan komunitas ilmiah internasional, sehingga memperluas dampak penelitian mereka.

3. Kolaborasi Global

Dengan memfasilitasi komunikasi lintas budaya dan bahasa, penerjemahan jurnal mendukung kolaborasi global. Peneliti dari berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan memperkaya penelitian mereka dengan berbagai sudut pandang.

4. Mengatasi Batasan Bahasa

Tidak semua peneliti memahami bahasa asli jurnal internasional. Dengan menerjemahkan jurnal, peneliti yang tidak berbicara dalam bahasa asli jurnal tersebut tetap dapat mengakses dan memahami isi jurnal tersebut.

5. Peningkatan Prestasi Akademik

Menerjemahkan jurnal internasional dapat meningkatkan reputasi peneliti dan institusi akademik mereka. Hal ini dapat membantu peneliti mendapatkan pengakuan internasional untuk penelitian mereka.

6. Promosi Penelitian Domestik

Penerjemahan jurnal juga dapat membantu mempromosikan penelitian domestik ke dunia internasional. Ini membuka pintu bagi peneliti dalam negeri untuk berpartisipasi dalam dialog ilmiah global.

7. Dukungan bagi Perkembangan Bahasa

Proses penerjemahan juga dapat membantu dalam pengembangan bahasa dan kosakata ilmiah dalam bahasa sasaran. Ini berkontribusi pada perkembangan bahasa dan literasi di masyarakat.

8. Kemajuan Ilmu Pengetahuan

Penerjemahan jurnal membantu dalam mengumpulkan dan memadukan pengetahuan dari berbagai budaya dan bahasa. Hal ini dapat menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam tentang topik-topik tertentu.

Klik Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Memulai Sesi Konsultasi Gratis Dengan Admin Kami Sekarang Juga!

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja artikel yang bisa kami berikan terkait cara translate jurnal internasional, semoga dengan adanya artikel cara translate jurnal internasional bisa berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Terimakasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *