Cara Mencari Jurnal Indonesia Terindeks Scopus

Bagi kamu yang sedang penasaran dengan Cara Mencari Jurnal Internasional Terindeks Scopus kamu bisa mengikuti artikel dibawah ini sampai habis.

Jika kalian sedang mencari referensi penelitian, biasanya kalian mencari referensi dari jurnal nasional dan internasional. Salah satu menjadi sumber jurnal Internasional yang biasa kita jadikan sebagai sumber referensi penting ialah Scopus.

Nah, pada kali ini kita akan membahas tentang apa itu majalah Scopus, serta bagaimana Cara Mencari Jurnal Internasional Terindeks Scopus dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Cek Prosiding Internasional

Cara Mencari Jurnal Internasional Terindeks Scopus

Cara Mencari Jurnal Indonesia Terindeks Scopus

Selanjutnya, kita akan mempelajari mengenai Cara Mencari Jurnal Internasional Terindeks Scopus. Jurnal yang terindeks Scopus dapat kalian ambil dari jurnal nasional dan Internasional.

Terdapat 2 metode pencarian jurnal yang terindeks Scopus, yakni jurnal Internasional yang terindeks oleh Scopus, adapun jurnal Indonesia yang terindeks Scopus. Berikut ini Cara Mencari Jurnal Internasional Terindeks Scopus:

Cara Mencari Jurnal Internasional Terindeks Scopus

Cara Mencari Jurnal Indonesia Terindeks Scopus

Terdapat 2 cara Cara Mencari Jurnal Internasional Terindeks Scopus. Dikutip dari lister.co.id, yang pertama kalian bisa melalui scimagojr.com, dan yang kedua kalian bisa melalui situs resmi Scopus.

Melalui scimagojr.com

Melalui scimagojr.com

Cara mencari jurnal Internasional terindeks Scopus yang pertama dapat melalui website scimagojr.com, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kalian Buka situs web scimagojr.com atau buka Google dan cari “scimagojr”
  • Setelah kalian dalam halaman web scimagojr, dan pilih topik jurnal yang dimaksud, misalkan kalian mencari bidang seni, lalu pilih bidang seni dan humanus
  • Dan kemudian pilih subjek dengan kategori jurnal yang diinginkan
  • Pilih level Q atau kuartil yang kalian inginkan dan unduh data ke Excel.

Cara mencari jurnal internasional terindeks scopus langkah kedua melalui website resmi Scopus. Pada metode kedua ini, kalian harus memiliki daftar jurnal yang akan dicari. Metode seperti di bawah ini.

  • Langkah pertaa kalian Bukan halaman scopus resmi di scopus.com, atau kalian bisa cari di goole mengetik “scopus”
  • Lalu kalian klik “Sumber” pada bagian atas
  • Selanjutnya kalian isikan nama jurnal pada kolom “Enter Title” dan kalian tekan Enter, atau bisa juga dengan klik pada bagian “Find Source”
  • Nama jurnal yang kalian ketik di google search, berikutnya kalian klik jurnal dan cek tahun liputannya
  • Jika kalian ingin melihat “liputan konten scopus” bisa dilihat di bawah.

Cara Mencari Jurnal Indonesia Terindeks Scopus

Cara Mencari Jurnal Indonesia Terindeks Scopus

Cara Mencari Jurnal Internasional Terindeks Scopus pun mudah. Langkah-langkah mencari jurnal adalah sebagai berikut.

  • Langkah pertama kalian membuk website sinta yaitu : sinta.ristekbrin.go.id
  • Lalu kalian klik yang bertuliskan “Jumlah Jurnal Berdasarkan Skor Sinta”, lalu kalian pilih S1.
  • Dan S1 pilihan kalian akan muncul jurnal Indonesia yang terindeks Scopus
  • Setelah jurnal kalian muncul, kalian hanya perlu mencari bidang ilmiah yang kalian inginkan
  • Cara cepatnya kalian ketik “Sinta 1” ke dalam pencarian Google
  • Setelah jurnal Sinta 1 keluar, tinggal kalian cari jurnal yang diinginkan.

Baca Juga : Tingkatan Jurnal Internasional

Cara Masuk Jurnal Scopus

Cara Masuk Jurnal Scopus

Setelah kalian mengetahui 2 Cara Mencari Jurnal Internasional Terindeks Scopus, berikutnya kami juga aka membagikan tips cara masuk jurnal Scopus.

Banyak para akademisi dan para peneliti berlomba-lomba agar artikel miliknya bisa terindeks Scopus. Bahwasannya persaingan sangat ketat dan kualitas artikel merupakan pertimbangan utama sebelum publikasikan.

Ada beberapa pedoman yang kalian harus ketahui sebelum publikasi artikel ke jurnal terindeks Scopus. Dilansir dari duniadosen.com, penjelasannya dibawah sebagai berikut.

1. Sesuaikan bidang ilmu yang dituju

Yang terpenting yaitu memperhatikan apakah telah sesuai dengan bidang keilmuan yang akan di tuju sebelum kalian mempubikasikannya, agar redaksi dapat memproses artikel yang kalian punya.

Artikel-artikel yang terima leh pihak Scopus akan direview terlebih dahulu oleh para ahli atau pakar di bidang keilmuan, sehingga layak atau tak layaknya akan menjadi pertimbangan yang tinggi.

Artikel yang telah diterbitkan oleh Scopus bisa mengikuti beberapa tahapan penyutingan, peninjauan, dan penyusunan huruf, membuat naskah artikel harus benar-benar layak untuk diterbitkan. Bidang ilmu yang akan dituju harus sesuai dengan artikel yang kalian ajukan.

Dan untuk menemukan bidang ilmu yang tepat, kalian sesuaikan ruang lingku atau batasan bidang yang telah ditentukan oleh jurnal. Contoh seperti, ruang lingkup jurnal adalah tentang pendidikan, sehingga Anda dapat mengirimkan artikel ke jurnal tentang masalah pendidikan.

2. Manuscript jurnal yang bagus

Setelah kalian memperhatikan ruang lingkup penelitian, dan yang harus kalian perhatikan juga yaitu naskah artikel yang baik. Naskah artikel yang baik akan memudahkan pembaca untuk memahami dan menelusuri jurnal tersebut.

Dua hal penting dalam penulisan dalam naskah ialah penyajian/penjelasan dan isi/isi.

Penyajian atau penjelasan yang merupakan pembuatan teks yang berinci dan jelas agar pembaca mudah memahami isi dalam teks tersebut.

Selain itu, isi atau isi kalian harus mencantumkan cara mendapatkan manfaat dari artikel yang ditulis. Dan jika kalian sudah memiliki nilai kegunaan yang sangat tinggi, gambaran dengan narasi yang menarik.

3. Banyak latihan menulis artikel jurnal

Kalian juga harus memperbanyak latihan menulis esai agar cara kalian menulis bagus untuk mengasah keterampilan entri Anda. Hal ini sangat penting dilakukan jika kalian menulis secara teratur dan telah dipublikasikan di banyak jurnal nasional sehingga artikel kalian dapat dilihat oleh pengelola jurnal.

Banyaknya latihan dalam penulisan artikel jurnal dapat meningkatkan kemampuan analisis dan menyesuaikan ruang lingkup penelitian jurnal sehingga penulis dapat dengan mudah memahami aturan yang berlaku pada setiap jurnal. Kebijakan setiap jurnal berbeda, jadi penting untuk kalian ketahui.

Baca Juga : Ciri Ciri Jurnal Internasional

4. Usahakan menulis artikel yang inovatif dan menarik

Kiriman harus bernilai praktis, inovatif dan menarik. Pengelola jurna akan melihat melihat materi yang relevan dengan isu terbaru ataupun memiliki inovasi terbaru. Oleh karna itu, penuis artikel jurnal sangatlah disarakan untuk mempertimbangkan poin-poin ini.

5. Hindari plagiarisme

Hal yang sangat terpenting yang kalian harus hindari dari seorang penulis adalah plagiarisme. Plagiarisme yang sering kita lihat, hal ini sangat tidak bagus untuk artikel yang kita dan jangan kalian membuat naskah dengan cara cepatnya dengan menyalin.

Jika kalian mengutip dalan teori buku atau artikel, kalian harus meyertakan sumber yang diperoleh.

Plagiarisme merupakan hal yang sangat merugikan untuk kita keran merusak citra seorang sarjana. Jadi jangan biarkan penulis melakukan ini.

6. Berkonsultasi dengan yang pernah publikasi di scopus

Penting juga bagi penulis untuk menghindari seminar atau workshop / Selain itu juga penulis artikel harus perbanyak berkonsultasi dengan dosen atau peneliti yang telah menerbitkan artikel karena mereka akan berbagi tips dan trik agar artikel yang kalian buat bisa terindeks Scopus.

Penawaran Eksklusif Pendampingan Publikasi Jurnal Internasional Scopus Khusus Pengunjung Web Publikasiindonesia.id

Belakangan ini, masih banyak dari mereka yang belum mengetahui terkait berapa harga normal yang dibutuhkan untuk jasa publikasi jurnal scopus cepat terbit. Dan banyak dari mereka menganggapnya sangat mahal.

Tapi, perlu diketahui juga bahwa harga tersebut tergantung pada rangking jurnal dan reputasinya. Jadi, tidak semua publikasi jurnal scopus ini di tarif dengan harga mahal.

Kita semua tahu bahwa ada banyak jurnal bereputasi Scopus dan ISI Thomson yang tidak memerlukan biaya sepeserpun dalam publikasinya.

Tapi perlu ingat, bahwa jasa publikasi jurnal Scopus yang gratis, proses reviewnya super ketat. Bahkan, untuk proses reviewnya saja bisa memakan waktu 1-2 tahun. Dan itu juga kalau naskah bapak/ibu di ACC oleh publisher.

Jadi, jika naskah milik bapak/ibu ingin cepat di ACC dan terbit di jurnal Scopus, maka dibutuhkan jasa publikasi jurnal Scopus yang berkualitas.

Kini Kami (Publikasi Indonesia) hadir untuk menjadi solusi terbaik terkait publikasi jurnal Scopus. Terkhusus kepada rekan-rekan baik dosen, mahasiswa, peneliti, doctor dan guru.

Kami siap mendampingi naskah milik Bapak/Ibu agar bisa terbit di jurnal Scopus baik Q1, Q2, Q3 dan Q4.

Berikut beberapa benefit yang akan kamu dapatkan :

  1. Jaminan Mendapatkan ID Scopus
  2. Jaminan Sertifikat
  3. Jaminan Terindeks Scopus
  4. Jaminan Non Presentation
  5. Jaminan Full Text
  6. Jaminan Terbit
  7. Harga Terjangkau

Jika naskah yang kamu miliki belum lengkap, kami juga siap untuk melengkapi dan memperbaiki naskah milik kamu agar sesuai dengan kriteria dalam publikasi jurnal Scopus.

Attention! Kami hanya menyediakan 10 Slot saja untuk pendampingan publikasi jurnal Scopus di tahun ini. Pada bulan ini, tersisa 3 Slot terakhir.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

Call For Paper Journal Scopus

Call For Paper Journal Scopus

Bagi kamu yang tertarik dengan call for paper journal di atas, bisa langsung konsultasi dengan tim Scopus kami melalui Whatsapp di bawah ini!

Tingkatan Jurnal Scopus Yang Wajib Untuk Akademisi Ketahui

Tingkatan Jurnal Scopus Yang Wajib Untuk Akademisi Ketahui

Setelah kalian mengetahui Cara Mencari Jurnal Internasional Terindeks Scopus  dan cara masuk Jurnal Scopus selanjutnya kita juga akan membahas mengenai tingkatan jurnal Scopus yang wajib diketahui

Sangat disayangkan sekali apabila masih ada akademisi yang belum mengetahui tentang tingkatan jurnal Scopus, apalagi mengenai terkhusus bagi mereka para Dosen dan Peneliti.

Di lansir dari situs ui.ac.id, Scopus membuat semacam klasterisasi untuk menilai soal kualitas dari jurnal tersebut. Nah, klasterisasi atau tingkatan jurnal Scopus tersebut dibagi menjadi 4.

Adapun tingkatannya sebagai berikut :

1. Q1 (Quartile 1) >>> Paling Tinggi

2. Q2 (Quartile 2)

3. Q3 (Quartile 3)

4. Q4 (Quartile 4) >>> Paling Rendah

Baca Juga : Cara Mencari Jurnal Internasional Di Google Scholar

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa Cara Mencari Jurnal Internasional Terindeks Scopus yang bisa kami paparkan, semoga berguna dan bermanfaat buat semuanya terima kasih!


FAQ

Dimana mencari jurnal yang terindeks Scopus?

Buka dan kunjungi situs resmi Scopus https://www.scopus.com/home.uri. Klik “Sumber” di pojok kanan atas. Masukkan nama jurnal pada kolom “Enter Title” dan tekan Enter atau klik “Find Source“ Jika nama jurnal yang Anda masukkan di kolom pencarian tidak ada, klik jurnal dan periksa tahun liputannya.

Apa itu jurnal Internasional terindeks Scopus?

Jurnal terindeks Scopus adalah salah satu database (pusat data) kutipan atau literatur ilmiah yang dimiliki oleh penerbit terkemuka dunia, Elsevier.

Apa yang dimaksud dengan jurnal terindeks Scopus?

Sementara jurnal Scopus merupakan database untuk jurnal internasional bereputasi. Dimana reputasi jurnal ini bisa dilihat dari kinerja jurnal dan kinerja beberapa aspek yang menyertainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *