Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan SINTA

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan SINTA

Hallo Sobat Beritrust! Bagi kamu yang masih penasaran dengan bagaimana Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan SINTA, disini kamu akan menemukan jawabannya. Simak sampai habis yuks!

Para Akademisi baik di tingkat Mahasiswa hingga Dosen tentu cukup akrab dengan Google Scholar. Secara definisi aplikasi Google Schoolar adalah fitur untuk mencari rujukan literatur lmiah. Misalnya Jurnal Ilmiah yang berasal dari berbagai bidang keilmuan. 

Google Scholar adalah salah satu fitur aplikasi di bawah naungan perusahaan mesin pencari terbesar yakni Google. Fitur ini menyediakan literatur ilmiah dalam bentuk jurnal dan artikel ilmiah yang sudah di Publikasi oleh penulisnya dan berasal dari berbagai disiplin ilmu.

Baca Juga : Cara Publikasi Jurnal Di SINTA

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan SINTA

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan SINTA

Pada bab ini kami akan memberitahu Anda langkah langkah untuk Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan SINTA yang mudah untuk dilakukan dimana saja.

Tutorial ini di tujukan untuk para verifikator SINTA, dimana salah satu tugas dari verifikator SINTA adalah melakukan sinkronisasi Google Scholar sehingga metadata Karya Ilmiah Dosen di profil Google Scholar di bawa ke dalam portal SINTA.

Tak usah berlama-lama lagi , Mari kami tunjukan langkah-langkah nya.

Dalam tutorial ini, saya akan menyinkronkan Google Scholar dari salah satu dosen di tautan berikut: https://scholar.google.co.id/citations?hl=id&user=pBiiwtsAAAAJ

Ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini dengan teliti,  simak sampai selesai!

Login pada link berikut : https://sinta.kemdikbud.go.id/logins

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan SINTA

Cari Dosen yang bersangkutan dengan menggunakan nama dosen atau NIDN Dosen.

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan SINTA

Perhatikan juga di sini bahwa bagian Statistik Penulis di bagian Google Cendekia menunjukkan bahwa artikel tersebut masih 0, dalam hal ini tidak pernah di sinkronkan.

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan SINTA

Melakukan sinkronisasi semudah mengklik menu Minta Sinkronisasi Google.

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan SINTA

Pilih opsi Ya, kirim permintaan dan tunggu proses sinkronisasi berhasil. Tanda bahwa sinkronisasi selesai, kemudian jumlah artikel di bagian statistik penulis.

Baca Juga : Ciri-Ciri Jurnal Terindeks SINTA

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan SINTA

Seperti yang bisa di lihat, ada 5 artikel di bagian Google Cendekia, berdasarkan jumlah publikasi di profil Google Cendekia yang bersangkutan.

Oleh karena itu, kita dapat melihat SINTA instruktur melalui link https://sinta.kemdikbud.go.id/authors

dan mencari nama instruktur yang bersangkutan berdasarkan kata kunci.

Lihat bahwa jumlah dokumen di Google adalah 5, yang dapat Anda lihat dengan memilih menu Dokumen GS.

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan SINTA

Cara Daftar Akun Google Scholar

Setalah mengetahui Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan SINTA, tidak menutup kemungkinan Anda belum mengetahui cara daftar akun google scholer, Maka dari itukami akan memberitahu caranya disini. Silahkan simak sampai habis!

Berikut cara daftar akun google scholer, mari ikuti langkah-langkahnya :

  • Langkah pertama, kamu bisa langsung kunjungi situs resmi Google Scholar atau bisa klik link berikut https://scholar.google.co.id/
  • Kemudian Klik Profil Saya
  • Login dengan Email kamu
  • Lengkapi Data Diri
  • Pilih opsi Berikutnya / Next
  • Setelah itu, silahkan Cari Artikel milikmu berdasarkan nama penulis
  • Centang semua jurnal milikmu yang muncul
  • Klik opsi Tanda Panah ke kanan
  • Pilih Terapkan Dan Update Secara Otomatis
  • Centang di bagian Jadikan Profil Saya Untuk Umum
  • Selesai

Baca Juga : Biaya Publikasi Jurnal Sinta

Panduan Akun Google Scholar Agar Maksimal Dalam Pencarian

Nah, pada bagian ini kami akan memberikanmu informasi penting terkait cara memaksimalkan pencarian dalam akun Google Scholar.

Ini dia penjelasannya :

  • Jika Anda mencari konten jamur tiram, pastikan untuk memasukkan kata kunci tertentu. Jadi jangan hanya memasukkan “jamur tiram”, tapi “isi jamur tiram”. Semakin spesifik, saran yang lebih tepat.
  • Gunakan fitur Advanced Search yang di sediakan untuk membantu Google Cendekia memfilter hasil pencarian secara lebih spesifik.
  • Jika Anda menemukan banyak referensi yang sesuai, maka bookmark artikel tersebut dengan mengklik gambar bintang untuk menandai artikel tersebut. Memudahkan Anda untuk menemukannya kembali tanpa harus mengingat kata kunci yang Anda masukkan kemarin.
  • Manfaatkan fitur Kutipan Cepat Google Cendekia, yang memudahkan penyalinan teks untuk mendapatkan lebih banyak kutipan secara langsung

Tips Penting Menggunakan Akun Google Scholer Yang Wajib Di Ketahui

Akun Google Cendekia biasa nya untuk mempublikasikan Karya Ilmiah setelah pengguna berhasil membuat atau mendaftar.

Oleh karena itu, perlu juga mengedukasi pengguna lain tentang beberapa tips penggunaan ini untuk mendapatkan referensi yang paling tepat di bidang Ilmiah untuk memahami metode penelitian yang di gunakan.

Para Akademisi ini tentunya bisa Mahasiswa tingkat akhir hingga Dosen yang mencari referensi atau kutipan untuk makalah mereka.

Berikut adalah beberapa tips yang wajib Anda ketahui untuk mempertimbangkan ketika mencari pertanyaan yang relevan untuk Mahasiswa atau Akademisi di Google Cendekia:

  • 1. Untuk mendapatkan hasil pencarian yang maksimal untuk artikel terkait, pengguna harus menggunakan kata kunci yang spesifik mungkin.
  • Misalnya, pengguna yang merupakan ahli statistik tahun terakhir dan ingin menggunakan metode perhitungan “penguraian”dapat dengan mudah memasukkan kata dekomposisi ke dalam pencarian Google Cendekia untuk menemukan Publikasi relevan yang paling sesuai.
  • 2. Metode pertama masih belum ideal Pengguna dapat melakukan pencarian lanjutan melalui fungsi “Pencarian Lanjutan” di sidebar halaman beranda. Cara kerjanya, Google Cendekia akan memfilter pencarian tentang Publikasi yang di cari pengguna seefisien mungkin.
  • 3. Jika sudah menemukan artikel yang di pilih, jangan lupa untuk bookmark atau klik tanda bintang untuk menandai artikel tersebut dan memudahkan pengguna untuk menemukan kembali file terkait.
  • 4. Google Scholar memiliki fungsi kutipan cepat, ketika pengguna memutuskan artikel mana yang akan di kutip, dia hanya perlu menyalin atau menyalin kutipan ke artikel pribadinya.

Baca Juga : Jurnal Pengabdian Masyarakat Terindeks SINTA

Kesimpulan

Nah, sekian saja pembahasan kami mengenai cara sinkronsansi google scholer dengan SINTA. Semoga artikel ini dapat mengobati rasa penasaran Anda yang selama ini tak terpecahkan.

Bagi kamu yang ingin bertanya lebih lanjut, bisa tulis di kolom komentar.


FAQ

Apa nama lain Google scholer ?

Google Cendikia

Apa itu akun SINTA?

Fungsi Sinta adalah merekam publikasi dan kutipan dosen melalui Google Scholar. Melalui akun Sinta Anda, Anda akan melihat peringkat publikasi institusi serta peringkat publikasi penulis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *