Cara Mereview Jurnal

Nah untuk teman-teman yang belum mengetahui bagaimana cara mereview jurnal ilmiah baik itu nasional maupun internasional yang benar? Silahkan kamu simak artikel ini untuk mendapatkan informasinya.

Oleh karena itu dalam Bahasa Indonesia, review merupakan ulasan atau mereview. Jurnal adalah kumpulan artikel-artikel yang di terbitkan secara berkala. Nah jadi, mereview jurnal merupakan kegiatan untuk bisa mengetahui kualitas dari sebuah jurnal.

Dan kegiatan ini meliputi banyak tahapan mulai dari mengidentifikasi, meringkas kelemahan dan terakhir kekuatan artikel yang sudah di terbitkan dalam jurnal.

Untuk memberikan gambaran yang baik, review jurnal ini khusus untuk membantu orang lain dalam memahami isi dan tujuan jurnal.

Review jurnal biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sangat professional pada bidang tersebut. Nah, saat ini penelitian lebih di tujukan atau difokuskan pada pengembangan ilmu pengetahuan dalam dunia Pendidikan.

Riview jurnal ini merupakan sebuah kegiatan yang melibatkan pencarian referensi atau mereview penelitian yang telah di publikasikan pada jurnal ilmiah.

Adapun cara cepat dalam mereview jurnal, langkahnya sederhana dan terjamin mudah untuk dipraktikan. Baiklah, langsung saja berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai cara review jurnal yang cepat dan mudah.

Baca Juga : Tempat Publish Jurnal

Penawaran Eksklusif Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Khusus Pengunjung Web Publikasiindonesia.id

Belakangan ini, masih banyak dari mereka yang belum mengetahui terkait berapa harga normal yang dibutuhkan untuk jasa publikasi jurnal scopus cepat terbit. Dan banyak dari mereka menganggapnya sangat mahal.

Tapi, perlu diketahui juga bahwa harga tersebut tergantung pada rangking jurnal dan reputasinya. Jadi, tidak semua publikasi jurnal scopus ini di tarif dengan harga mahal.

Kita semua tahu bahwa ada banyak jurnal bereputasi Scopus dan ISI Thomson yang tidak memerlukan biaya sepeserpun dalam publikasinya.

Tapi perlu ingat, bahwa jasa publikasi jurnal Scopus yang gratis, proses reviewnya super ketat. Bahkan, untuk proses reviewnya saja bisa memakan waktu 1-2 tahun. Dan itu juga kalau naskah bapak/ibu di ACC oleh publisher.

Jadi, jika naskah milik bapak/ibu ingin cepat di ACC dan terbit di jurnal Scopus, maka dibutuhkan jasa publikasi jurnal Scopus yang berkualitas.

Kini Kami (Publikasi Indonesia) hadir untuk menjadi solusi terbaik terkait publikasi jurnal Scopus. Terkhusus kepada rekan-rekan baik dosen, mahasiswa, peneliti, doctor dan guru.

Kami siap mendampingi naskah milik Bapak/Ibu agar bisa terbit di jurnal Scopus baik Q1, Q2, Q3 dan Q4.

Berikut beberapa benefit yang akan kamu dapatkan :

  1. Jaminan Mendapatkan ID Scopus
  2. Jaminan Sertifikat
  3. Jaminan Terindeks Scopus
  4. Jaminan Non Presentation
  5. Jaminan Full Text
  6. Jaminan Terbit
  7. Harga Terjangkau

Jika naskah yang kamu miliki belum lengkap, kami juga siap untuk melengkapi dan memperbaiki naskah milik kamu agar sesuai dengan kriteria dalam publikasi jurnal Scopus.

Attention! Kami hanya menyediakan 10 Slot saja untuk pendampingan publikasi jurnal Scopus di tahun ini. Pada bulan ini, tersisa 3 Slot terakhir.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

Cara Mereview Jurnal

Cara Mereview Jurnal

Artikel ini di tujukan bagi teman-teman yang belum mengetahui cara cepat untuk mereview jurnal entah itu jurnal sinta, jurnal internasional, jurnal nasional dan yang lainnya.

Tentu saja untuk semua rumpun ilmu baik itu hukum, psikologi, ekonomi, politik, akuntansi, kuantitatif, Kesehatan dan lain-lain. 

Perlu kamu ketahui untuk cara mereview jurnal ternyata sangat mudah dan cepat, langsung saja berikut adalah cara cepat merview jurnal :

1. Review Jumlah Halaman – Cara Mereview Jurnal

Tahap pertama untuk melakukan review jurnal adalah dengn mereview jumlah halamannya kalian harus bisa menjelaskan berapa jumlah halaman jurnal yang akan kamu review.

Dan tentu saja kalian juga harus menjelaskan secara detail, termasuk jenis makalah pada jurnal, untuk menilai dan mengetahui bahwa kalian sedang diteliti oleh dosen.

2. Perhatikan Hal Penting Pada Jurnal

Silahkan kalian cari materi yang mudah dideskripsikan secara singkat dan jelas dalam sebuah resensi,atau kalian bisa mengilustrasikan dengan membaca poin-poin penting pada jurnal, sehingga kalian bisa untuk menghemat waktu daripada kamu harus membaca keseluruhan dari jurnal tersebut.

Dan catat juga poin-poin penting ini agar kamu tidak lupa saat menulis ulasan nanti. Nah, itu adalah Langkah kedua dari cara mereview jurnal. 

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

3. Buatlah Pembuka – Cara Mereview Jurnal

Langkah selanjutnya kamu juga bisa menulis pembukaan seperti, terima kasih kepada orang-orang yang telah membantu proses review, akan tetapi kamu juga bisa melewatinya dengan bantuan orang-orang yang membantu. Misalnya seperti pembukaan di bawah ini:

Puji syukur kami panjatkan kepada tuhan yang maha esa yang mana telah memberikan kepada kita semua tempat dan waktu sehingga kita dapat menyelesaikan review jurnal ini.

Kami juga sangat berterima kasih kepada mereka (sebutkan seseorang yang telah membantu) (kalian juga dapat menggunakan kata lebih sedikit atau mengembangkannya sesuai kemampuan) yang telah membantu proses review ini hingga dapat terselesaikan tepat waktu.

4. Membuat Daftar Isi

Cara Mereview Jurnal

Cara mereview jurnal selanjutnya yaitu dengan membuat daftar isi dalam ulasan jurnal kamu supaya pembaca dapat lebih mudah membaca dan memahaminya.

5. Membuat Judul Yang Sesuai

Buatlah judul pada jurnal kamu , karena sebuah judul tidak bisa diubah, perhatikan juga dalam pembuatan judul, harus sesuai dengan isi dan tidak menyesatkan para pembaca.

6. Buatlah Keterangan Jurnal

Cara mereview jurnal yang ke enam yaitu melakukan deskripsi jurnal, yang berarti kamu harus menulis deskripsi jurnal yang mencakup gaya penulisan, seperti nama penulis, penerbit, anamat email, dan terakhir tahun penerbit.

Jelaskan dengan sangat rinci yang telah kalian baca pada jurnal sebelumnya tanpa mengecualikan kata-kata..

Dan terakhir dosen juga akan menilai kalian untuk menetukan atau menunjukan keahlian kalian dalam mereview jurnal.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

7. Introduction Jurnal – Cara Mereview Jurnal

Cara review jurnal nasional selanjutnya yaitu introduction journal. Silahkan perkenalkan jurnal yang akan kalian review yaitu dengan cara menulis berapa banyak yang akan orang yang akan membaca majalah tersebut atau seberapa terkenal majalah itu dan dengan begitu kamu akan memperoleh poin tambahan.

Caranya adalah kenali penulisnya, baca prestasi penulis jurnalnya, dan terakhir jika tidak ada artikel mengenai jurnal tersebut.

8. Metodelogi Pada Jurnal

Cara mereview jurnal yang kedelapan yaitu dengan menulis metodologi(cara melakukan sesuatu dengan menggunakan pikiran secara seksama untuk mencapai sebuah tujuan) secara detail mengenai jurnal bersangkutan.

9. Sumber Jurnal Tersebut – Cara Mereview Jurnal

Cara Mereview Jurnal

Selanjutnya jelaskan juga dari mana kamu mendapatkan jurnal tersebut dan bagaimana kamu bisa mendapatkannya.

10. Bagian Review Kamu

Saat ini kamu bisa menuliskan secara singkat apa yang ada pada jurnal tersebut, seperti prosedur dan informasi yang dapat pendengear ambil dari jurnal sesudah kamu membaca jurnal pada tadi dalam langkah kedua.

Nah mungkin itu penyebabnya saya menulis “baca yang penting dalam jurnal” pada langkah kedua sehingga dapat memproses dengan cepat isi dari ulasan jurnal kamu.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

11. Kesimpulan

Tulis apa saja yang ada pada jurnal, saran kami tetap bersikap positif semampu yang kalian bisa, lalu jelaskan kekurangan jurnal tersebut supaya si penulis jurnal tidak merasa diremehkan.

Dan dengan cara ini kamu bisa memdapatkan review bagus dari dosen tentunya.

12. Buatlah Penutup

Cara mereview jurnal yang terakhir atalah membuat penutup. Akhiri review dengan menggunakan kata-kata yang bisa menyentuh hati para pembaca atau pendengar review kalian.

Misalnya seperti contoh:

Nah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dan terimakasih yang sudah membaca atau menyimak (sesuaikan dengan kondisi) review jurnal yang telah saya sampaikan.

Mungkin untuk komentar dan saran silahkan teman-teman untuk hubungi melalui kontak via email atau bisa juga mengisi kolom dibawah ini – jika ada sesi tanya jawab – ok hanya itu yang bisa saya sampaikan.

Mungkin cukup sekian ulasan mengenai majalah ini. (dapat mengurangi pengembangan atau penggunaan kata-kata sesuai dengan kemampuan).

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

Kesimpulan

Nah mungkin cukup sekian sedikit pembahasan dari kami mengenai cara mereview jurnal dengan cepat dan mudah, semoga artikel ini dapat membantu teman-teman, dan bisa menambah wawasan kita semua. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *