Cara Menulis Jurnal Internasional

Pada pertemuan kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara menulis jurnal internasional yang masih di pertanyakan banyak orang terutama para mahasiswa. Jurnal internasional ini biasanya memiliki urutan yang teratu yaitu mulai dari judul hingga referensi.

Perlu kamu ketahui bahwa jurnal internasional memiliki penulisan baku dan tidak sesulit yang kamu bayangkan. Bagi kamu yang penasaran yuk kita simak selengkapnya mengenai struktur jurnal internasional dan cara menulis jurnal internasional !!

Struktur Jurnal Internasional

Jika kamu ingin menulis artikel atau jurnal internasional, kamu harus memenuhi struktur atau susunan penulisan dari jurnal internasional terlebih dahulu. Berukut adalah struktur atau sistematika penyusunannya :

  • Judul artikel atau karya ilmiah / titile
  • Nama penulis / Authors
  • Unit kerja dan alamat lengkap / Affiliation
  • Abstrak artikel atau karya ilmiah / Abstract
  • Bab 1 yang berisi pendahuluan / Introduction
  • Bab 2 yang berisi metode penelitian / Materials And Method
  • Bab 3 yang berisi hasil dan pembahasan / Result
  • Bab 4 yang berisi kesimpulan dan saran / Discussion      
  • Ucapan Terimakasih / Acknowledgements
  • Dilengkapi dengan daftar pustaka yang merupakan sumber atau referensi yang menjadi acuan / References

Nah itu adalah struktur dari penulisan jurnal ilmiah yang harus kamu penuhi dan fahami bagaimana cara pembuatannya.

Cara Menulis Jurnal Internasional

Oke akhirnya kita sampai pada pembahasan utama, jadi untuk cara menulis jurnal internasional ini terbagi mencari 8 cara, seperti apa pembahasannya, yuk kita simak !!

1. Tentukan Tema Penelitian

Untuk cara yang pertama adalah dengan menentukan tema dari penelitian. Bagian ini sangat penting untuk kamu perhatikan. Karena hal ini dapat mengacu pada seberapa populer jurnal milikmu agar bisa peminatnya. Saran dari kami, teman-teman dapat mencoba untuk memilih tema yang saat ini sedang hangat atau banyak diperbincangkan dan tentunya masih relavab dengan bidang ilmu yang kalian kuasai. Juga tema tersebut harus memiliki unsur kebaruan supaya bisa selalu update.

2. Relevan dengan Bidang Keilmuan

Cara menulis jurnal internasonal yang selanjutnya adalah menggunakan referensi yang berkualitas. Jadi pada saat proses pencarian sebuahrefrensi jurnal kamu tidak boleh sembarangan, sebab kaliah harus menyesuaika terbelebih dahulu dengan bidang keiimuan yang kalin benar-benar kuasai. Nah dengan begitu ini bisa menjadi factor yang meminimalisir terjadinya kegagalan pada penulisan jurnal karena relavan maka jurnal tersebut akan menjadi kompetendi bidang keilmuan tersebut.

3. Buat Reviewer Terpikat

Tentunya pada penulisan jurnal internasional haruslah sesuai dengan yang diinginkan oleh para viewers. Oleh karena itu bagian ini sangat penting untuk kalian lakukan.

Jadi pada saat menggunakan referesi jurnal dari penelitian, pembaca harus mengetahui jurnal tersebut searah dengan bidang ilmu yang kamu kuasai.

4. Pakai Alat Supaya Tidak Human Error

Cara menulis jurnal internasional selanjutnya yaitu menggunakan tools. Jadi pada saat pembuatan jurnal juga diusahakan untuk sesuai dengan panduan penelitian yang berlaku supaya dapat memudahkan pada saat proses penerbitan dan juga sebisa mungkin kamu untuk menghindari kesalahan yang mengakibatkan human error.
Seperti kesalahan penulisan/typo, salah tata bahasa, salah pada penyusunan bagian jurnal, dan masih banyak lagi.

5. Menghindari Plagiat

Dalam penulisan jurnal entah itu jurnal nasional atau internasional, plagiasi merupakan hal yang harus benar-benar kamu hindari, karena jika pada tulisanmu mengandung plagiasi maka tulisan tersebut akan langsung ditolak, tentu saja itu sangat merugikan kamu bukan.

6. Menyusun Daftar Pustaka

Pada saat penulisan daftar pustaka juga harus kamu perhatikan, kamu harus benar-benar cermat dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, pada saat proses penulisan
Tapi tenang saja kamu juga dapat mencoba untuk menggunakan aplikasi khusus atau tools yang bisa digunakan pada proses penyusunan supaya terhindar dari human error.

7. Susun Persembahan

Selanjutnya cara menulis jurnal internasional adalah menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi bantuan dari semua pihak yang telah membantu proses penelitian sampai selesai. Bagian persembahan ini kamu letakan pada bagian akhir jurnal, yang pastinya bagian ini juga harus ada.

8. Pembayaran

Nah apabila kamu telah berhasil menerima LoA Letter of Acceptance dari hasil jurnal yang kalian sudah susun, bagian ini biasanya juga di dalam tersebut akan ada sebuah invoice.
Maka kamu telah bisa melakukan pembayaran, dan untuk melakukan pembayarannya sendiri yaitu dengan menggunakan mata uang negara asal dan kamu juga bisa juga memakai dollar Amerika sebagai pembayaran.

Nah telah kami sampaikan bagaimana cara menulis jurnal interasional yang tepat, sekarang yuk kita pelajari apa saja keuntungan menerbitkan jurnal internasional. Simak terus ya!

Jasa Publikasi Jurnal internasional Cepat & Pasti Terbit

Untuk mendapatkan tempat publikasi jurnal cepat dan gratis cukup susah. Setidaknya kamu membutuhkan waktu paling cepat 4 bulan hingga satu tahun. Karena jurnal biasanya terbit berkala dalam kurun waktu 3 bulanan, 4 bulanan, 6 bulanan dan tahunan.

Nah, agar naskah jurnalmu bisa terbit dengan cepat, maka kamu membutuhkan tempat publikasi jurnal internasional atau nasional yang terbit setiap bulan.

Memang, sekarang ini cukup sulit untuk mencari tempat submit jurnal internasional maupun nasional yang bisa terbit setiap bulan dan terbukti kredibilitasnya.

Tapi jangan khawatir, kami hadir untuk menjadi solusi terbaik bagi kamu.

Kami (Publikasi Indonesia) sendiri sudah mengelola lebih dari 8 jurnal internasional bereputasi dan nasional terakreditasi. Tentunya, semua jurnal yang kami kelola ini sudah terakreditasi Dikti.

Berikut beberapa contoh Jurnal yang dikelola oleh Publikasi Indonesia : Jurnal Indonesia Sosial Sains, Jurnal Cerdika (Kesehatan), Jurnal Comserva, Jurnal Pendidikan Indonesia dan Jurnal Indonesia Sosial Teknologi.

Dan kemudian ada juga jurnal internasional yaitu : Jurnal JRSSEM.

Selain itu, Publikasi Indonesia juga menyediakan :

Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi (Bagi Kampus Yang Belum memiliki Jurnal Terakreditasi Bisa Memilih Produk Tersebut)

Bagi kamu yang tertarik dengan penawaran kami, segera konsultasikan kepada Tim Ahli kami melalui Whatsapp di bawah ini!

Apa Kuntungan Publikasi Jurnal Internasional?

Nah mungkin dari teman-teman banyak yang bertanya apa sih keuntungan publikasi jurnal internasional ini? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak pembahasannya berikut ini!

Keuntungan menerbitkan jurnal internasional bagi para akademisi adalah sebagai syarat untuk kenaikan jabatan. Dan juga bisa digunakan untuk kenakian guru besar(professor) atau bisa juga untuk kenaikan jabatan Lektor Kepala (Associate Professor).

Memang di Indonesia keuntungan yang didapat tidak terlalu terasa, tapi perlu kamu ketahui di luar negeri 1 publikasi dengan mencantumkan institusi atau perguruan tinggi, maka institusi tersebut akan membayar si penulis/pemilik jurnal sebesar USD 3000-5000 tergantung grade jurnalnya.

Itu adalah keuntungan publikasi jurnal internasional yang wajib ketahui.

Kesimpulan

Telah kami sampaikan informasi mengenai struktur jurnal internasioal, bagaimana cara menulis jurnal internasional, dan keuntungan yang didapat dari publikasi jurnal internaisonal. Semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan teman-teman semua. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *