Cara Membuat Jurnal

Nah, pada artikel ini, admin akan memberikan kalian bagaimana cara membuat jurnal dengan menggunakan cara-cara yang cukup mudah. Kami akan membahasnya serinci-rinci mungkin. Penasaran? Yuk

Dwi Rayhan Sunandar Putra

[addtoany]

Cara Membuat Jurnal

Nah, pada artikel ini, admin akan memberikan kalian bagaimana cara membuat jurnal dengan menggunakan cara-cara yang cukup mudah. Kami akan membahasnya serinci-rinci mungkin.

Penasaran? Yuk simak sampai habis!

Perlu kamu ketahui bahwa jurnal adalah publikasi regular yang berupa artikel ilmiah yang dipublikasikan atu diterbitkan secara berkala.

Tujuan dalam pembuatan jurnal adalah untuk bisa mengembangkan penelitian yang sudah ditulis dan menjadi sumber referensi bagi peneliti lain yang mengerjakan penelitian yang sejenis.

Apakah didalam artikel ini ada pembahasan terkait bagaimana cara membuat jurnal? Tentu saja ada.

Selain itu juga, mungkin dibenak kalian muncul pertanyaan “apakah ad acara membuat jurnal hukum, akuntansi, Pendidikan dala lain-lain tanpa penelitian?” atau mungkin saja “ bagaimana cara membuat jurnal online?”

Sekarang simpan pertanyaan kamu, dan simak sampai habis artikel ini agar kamu bisa menemukan jawabannya.

Baca Juga : Tempat Publish Jurnal

Penawaran Eksklusif Publikasi Jurnal Nasional & Internasional Berkualitas Pasti Terbit (Terbit Di Waktu Dekat)

Daftar Jurnal Pengabdian Masyarakat Sinta 2 Yang Terbit Bulan Ini (Slot Terbatas!)

Seperti yang kita ketahui bahwa sangat jarang sekali Jurnal Nasional atau jurnal internasional ini bisa terbit dengan cepat. Biasanya, waktu paling cepat berkisar antara 6 bulan – 1 tahun lamanya.

Hal ini karena Jurnal Nasional atau Jurnal Internasional, terbit secara berkala, yaitu 4 bulan sekali, 6 bulan sekali dan bahkan ada yang 1 tahun sekali.

Nah, agar naskah Jurnal milik kamu cepat terbit di Jurnal Nasional atau Jurnal Internasional, maka kamu membutuhkan Jasa Publikasi Jurnal Nasional Sinta & Jurnal Internasional yang terbit setiap bulan.

Dengan adanya kami, naskah jurnal bisa terbit dengan cepat di Jurnal Nasional atau Jurnal Internasional bukan impian semata lagi.

Untuk setiap bulannya, kami hanya menerbitkan 20 naskah saja. Dan untuk bulan ini, hanya tersisa 4 slot naskah. Jika kamu berhasil mendapatkannya, kemungkinan besar naskahmu akan terbit bulan ini 2022.

Kami menerima semua rumpun ilmu, mulai dari Agama, Ekonomi, Sastra, Kesehatan, Psikologi, Sosial dan lain sebagainya.

FYI : Khusus bulan Ini, kami mengadakan promo bagi para pengunjung web publikasiindonesia.id yang ingin menerbitkan Jurnal Nasional atau Jurnal Internasional.

Bagi kamu yang tertarik dengan penawaran kami, bisa langsung konsultasikan melalui Whatsapp di bawah ini!

Biaya Jasa Publikasi Jurnal Nasional atau Jurnal Internasional

Biaya Jasa Publikasi Jurnal

Hanya di Publikasi Indonesia kamu bisa mendapatkan pelayanan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau!

Jasa Publikasi Jurnal Sinta milik kami ini bisa diperuntukan bagi para Mahasiswa, Dosen, Peneliti dan para akademisi lainnya. Bisa juga sebagai syarat kelulusan S1, S2, S3 dan Angka Kredit Pengajuan Jafung (Jabatan Fungsional)

Kami sudah mengelola lebih dari 8 Jurnal Nasional bereputasi Sinta, Jurnal Terakreditasi dan Jurnal International Bereputasi.

Yaitu : Jurnal Syntax Literate, Jurnal Social Sains, Jurnal Psikologi Indonesia, Jurnal Syntax Admiration, Jurnal Indonesia Social Sains, Jurnal Indonesia, Jurnal Cerdika dan masih banyak lainnya.

Kami akan mendampingi naskah yang kamu miliki sampai terbit di Jurnal Nasional atau Jurnal Internasional.

Kelebihan Menggunakan Jasa Kami :

  • Naskah Bisa Terbit Bulan Ini!
  • Pendampingan Sampai Naskah Terbit Di Jurnal Nasional atau Jurnal Internasional
  • LoA cepat (3-7 hari)
  • Focus and Scope : Multidisiplin (Semua Rumpun Ilmu)
  • Gratis Revisi Minor
  • Gratis Proofreading
  • Gratis Mendley
  • Gratis Template
  • Harga Terjangkau
  • SLOT TERBATAS!! (Tersisa 4 Slot)

Karena Slot Terbatas, silahkan langsung hubungi kami dengan klik gambar Whatsapp di bawah ini :

Susunan Dan Tata Cara Membuat Jurnal

Cara Membuat Jurnal

Nah, dalam proses menulis atau membuat jurnal ilmiah sendiri, ada susunan dan tata cara yang harus kamu perhatikan.

Adapun tata cara dan susunan membuat jurnal sebagai berikut:

  • Judul
  • Abstrak
  • Pendahuluan
  • Bahan dan Metode
  • Hasil
  • Pembahasan
  • Kesimpulan
  • Daftar Pustaka

Cara Membuat Jurnal Ilmiah

Nah, pada bagian sebelumnya kami telah memberikan kamu tata cara dan susunan membuat jurnal yang baik dan juga benar. Dan pada bagian ini, kami akan memberikan dan menjelaskan terkait Langkah-langkahnya secara detail dan lengkap.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Judul

Setiap jurnal wajib mempunyai judul yang jelas. Dengan membaca judul, pembaca bisa lebih mudah dalam memahami sifat jurnal tanpa perlu membaca keseluruhannya. Dan judul tidak boleh mempunyai makna yang ganda.

Dan disarankan tidak boleh lebih dari 10 kata dalam jurnal berbahasa inggris dan tidak lebih dari 12 kata dalam jurnal berbahasa Indonesia. Judul ini ditulis ditengah dan diatas halaman, dengan menggunakan huruf kapital dan dicetak dengan tebal.

2. Nama

Cara Membuat Jurnal berikutnya adalah nama penulis. Nama penulis nama tutor pertama, nama tutor kedua, tanpa Pendidikan. Saran mencantumkan nama instittusi (afiliasi: nama program studi, nama universitas, nama fakultas) dan disarankan untuk mencantumkan email dan alamat.

3. Abstrak

Cara Membuat Jurnal selanjutnya adalah abstrak. Bagian abstrak jurnal digunakan sebagai mencerna secara singkat isi jurnal. Dan abstrak disini adalah untuk penjelasan, bukan untuk jurnal referensi.

Dan abstrak wajib kurang lebih dari 250 kata, metode, hasil, kesimpulan dan meringkas tujuan. Dan jangan menggunakan kutipan atau singkatan dalam abstrak. Abstrak wajib berdiri sendiri, tanpa catatan kaki.

Dan, ringkasan ini ditulis terakhir. Cara mudah dalam menulis abstrak adalah dengan mengutip ide-ide yang penting di setiap bagian dalam jurnal. Dan kemudian menggunakan bullet point dalam Menyusun deskripsi singkat jurnal yang sudah dihasilkan. Penulisan abstrak dimasukan dengan menggunakan 1 spasi.

4. Kata Kunci

Kata kunci 3-5 kata, diambil dari inti yang akan dibahas dalam penelitian.

5. Pendahuluan

Cara Membuat Jurnal selanjutnya adalah pendahuluan. Pendahuluan berisi tentang latar belakang mengapa penelitian harus dilakukan, Deskripsi masalah yang akan diteliti, hubungannya dengan teori, dan kesimpulan dengan tujuan penelitian yang sedang berlangsung. Artikel diketik dengan 2 spasi, sekitar 4-6 halaman.

6. Metode Penelitian

Cara Membuat Jurnal yang berikutnya adalah metode penelitian. Metode penelitian ini menjelaskan kapan harus melakukan eksperimen. Peneliti menjelaskan desain eksperimen, jenis control, peralatan, dan metode pengumpulan data.

Jika percobaan dilakukan di alam, maka penulis menggambarkan wilayah penelitian, lokasi, dan menggambarkan pekerjaan yang dilakukan.

Aturan umum yang harus diingat adalah bahwa bagian ini wajib terperinci dan jelas sehingga pembaca mempunyai dasar dan teknik penerbitan. Metode penulisan mengisi 2 spasi, sekitar 1 halaman.

7. Pembahasan/Hasil Pembahasan

Pembahasan bisa dibagi menjadi beberapa sub bagian. Masukkan 2 spasi. Dan Tulis sekitar 4 sampai 6 halaman.

Diskusi menghubungkan temuan dengan penelitian sebelumnya dengan membandingkan temuan dengan model atau teori yang dikutip, mencatat kesamaan, dan mendiskusikan perbedaan.

Diskusi digunakan untuk hasil penelitian kualitatif, sedangkan Hasil dan Pembahasan digunakan untuk hasil penelitian kuantitatif.

8. Simpulan

Saat membahas kesimpulan yang membenarkan hipotesis penelitian, tulislah secara singkat dan sertakan informasi yang cukup agar pembaca mengetahui bahwa ia telah membuktikan hipotesis yang dibuat dan memahami kekuatan dan kelemahan metodologi penelitian.

Biasanya akan ada proposal yang mencakup kemungkinan penelitian lebih lanjut dan dapat mencakup potensi metode yang digunakan.

9. Daftar Pustaka

Cara Membuat Jurnal yang terakhir adalah daftar Pustaka. Daftar pustaka untuk karya ilmiah ditulis segera setelah teks utama (tanpa jeda halaman), sedangkan referensi untuk disertasi, buku atau penelitian ditulis dengan jeda halaman. Jenis penulisan daftar pustaka diberi nama DAFTAR PUSTAKA dan dicetak tebal, huruf besar semua, tegak.

Unsur-unsur yang dicantumkan secara berurutan dalam daftar pustaka meliputi:

  1. Nama penulis ditulis dengan urutan sebagai berikut: nama keluarga, tanpa gelar, depan dan tengah,
  2. Tahun penerbitan,
  3. Judul, termasuk subjudul,
  4. Tempat penerbitan dan
  5. Nama penerbit. Elemen-elemen ini bisa bervariasi tergantung pada jenis sumber perpustakaan.

Cara Membuat Jurnal Ilmiah Dari Skripsi

Kunci menulis jurnal penelitian berdasarkan makalah adalah memperhatikan strukturnya. Struktur artikel ini hampir sama dengan makalah, hanya lebih ringkas dan padat, bukan copy-paste dari kertas.

Kunci untuk menulis jurnal penelitian berdasarkan makalah adalah dengan memperhatikan strukturnya. Struktur artikel hampir sama persis dengan makalah, hanya dengan lebih ringkas dan tidak copy-paste dari kertas.

Nah, bagi kamu yang bertanya-tanya bagaimana cara membuat jurnal ilmiah dari makalah, silakan kamu simak pembahasan berikut ini sampai habis:

1. Pemilihan Jurnal

Cara Membuat Jurnal Ilmiah Dari Skripsi  yang pertama adalah pemilihan jurnal. kamu tidak dapat memilih judul jurnal sesuka hati. Hakikat membaca diketahui dari judulnya. Untuk kenyamanan pembaca, judul jurnal yang dipilih harus jelas sebagaimana dikutip oleh Ridwan Institute. Setidaknya judul tidak boleh melebihi 12 kata.

2. Mencantumkan Nama Jurnal Skripsi

Selain itu, kamu jangan lupa untuk mencantumkan nama penulis, dosen pembimbing, dan juga lembaga yang terlibat.

3. Bikin Jurnal Skripsi Abstrak

Setelah diberikan judul, susunan berikutnya adalah bagian abstrak. Abstrak wajib mandiri. Artinya, tidak boleh mengandung catatan kaki atau tanda kutip.

4. Pendahuluan

Nah, Di sini kamu bisa menulis latar belakang pembuatan buku harian. kamu juga harus mencantumkan review dan manfaat jurnal supaya pembaca memahami tujuan jurnal kamu.

5. Bahan Dan Metode

Bagian ini bertujuan untuk membekali pembaca dengan keterampilan dan pengetahuan dasar setelah membaca jurnal.

6. Hasil

Sekarang kamu bisa mempresentasikan hasil penelitian kamu. Dan, Pada bagian ini, kamu wajib menuliskan informasi yang singkat dari temuan penelitian kamu.

7. Pembahasan

Cara Membuat Jurnal Ilmiah Dari Skripsi  selanjutnya adalah pembahasan. Tujuan pembahasan adalah supaya pembaca bisa melihat perbedaannya dan persamaan.

8. Kesimpulan

Cara Membuat Jurnal Ilmiah Dari Skripsi berikutnya dalah kesimpulan. Hasil dari jurnal-jurnal sebelumnya bisa dirangkum di sini.

9. Daftar Pustaka

Cara Membuat Jurnal Ilmiah Dari Skripsi  yang kesembilan adalah daftar Pustaka. Ada beberapa teknik yang dapat kamu lakukan dalam membuat daftar pustaka. kamu dapat menyusunnya secara berurutan seperti nama pengarang, tahun terbitan, judul, tempat penerbitan, dan nama penerbit.

10. Penutupan

Sebagai langkah terakhir, kamu hanya cukup menutup.

Cara Menghindari Kesalahan Penulisan Jurnal

Cara Membuat Jurnal

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa cara membuat jurnal ilmiah harus atau perlu mengikuti rencana yang telah ditentukan.

Oleh karena itu, isinya sendiri wajib runtut supaya dapat dibaca dan dibedakan dari jenis tulisan lain, terutama tulisan non-ilmiah.

Membantu dalam menghindari kesalahan saat menulis jurnal, sehingga kamu bisa menghindari kesalahan dengan cara berikut ini:

  • Usahakan untuk mencari referensi, karena membaca referensi di jurnal terbitan sama saja dengan mempelajari struktur atau sistematika. Ini bisa membantu untuk mengikuti sistematika yang ada.
  • Konsultasikan dengan senior atau ahli, atau jika kamu seorang pelajar, instruktur yang bidang pengetahuannya sesuai dengan topik jurnal. Dengan cara ini bisa memperbaiki isinya serta penulisan sistem.
  • Jangan lupa untuk mengecek plagiarisme, karena jurnal ilmiah wajib bebas dari unsur plagiarisme. Jika ada kutipan, pelajari cara menambahkannya untuk mencegah plagiarisme.

Menulis jurnal ilmiah dapat menjadi sulit jika tidak ingin belajar dan mencari sumber referensi. Oleh karena itu, cukup penting dalam terus mempelajari, berlatih dan membaca berbagai jurnal supaya bisa lebih memahami bagaimana cara menulis jurnal yang baik dan juga benar.

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan terkait Cara Membuat Jurnal, semoga dengan adanya artikel ini bisa berguna bagi rekan-rekan semua. Terimakasih!!

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar