Bagi Anda yang sedang mencari cara mengubah skripsi menjadi artikel ilmiah, Anda bisa menemukan jawabannya di bawah ini!

Perlu anda ketahui bahwa sebelum artikel ini diterbitkan, kami mencari informasi bagaimana cara yang lebih cepat dan mudah untuk mengubah disertasi menjadi artikel ilmiah.

Setelah melakukan penelitian, akhirnya kami menemukan 2 metode atau cara mengubah skripsi menjadi artikel ilmiah yang sangat mudah untuk dilakukan.

Penasaran bagaimana kedua metodenya? silahkan simak artikel dibawah ini dengan seksama!

Cara Mengubah Skripsi Menjadi Artikel Ilmiah (Metode 1)

Cara Mengubah Skripsi Menjadi Artikel Ilmiah

Berikut adlaah 10 tips untuk mengubah skripsi menjadi artikel ilmiah yang mudah dipahami antara lain:

1. Sederhanakan Bahasanya

cara mengubah skripsi menjadi artikel yang pertama adalah menyederhanakan bahasa. Mengubah bahasa formal dalam skripsi menjadi bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat umum. Hindari menggunakan kata-kata sulit atau istilah teknis yang hanya dipahami oleh para ahli.

2. Gunakan Istilah yang Mudah Dimengerti

Gunakan istilah-istilah yang mudah dipahami oleh masyarakat umum. Apabila terdapat istilah-istilah teknis yang tidak dapat dihindari, jelaskan maksudnya agar pembaca dapat memahami maksud dari istilah tersebut.

3. Menarik Kesimpulan yang Jelas dan Relevan

cara mengubah skripsi menjadi artikel selanjutnya adalah dengan menarik kesimpulan yang baik. Menarik kesimpulan yang jelas dan relevan terhadap hasil penelitian. Kesimpulan yang diambil hendaknya memberikan manfaat dan implikasi bagi dunia pendidikan atau masyarakat umum.

4. Gunakan Grafik atau Tabel untuk Memudahkan Pemahaman

Gunakan grafik atau tabel untuk memudahkan pembaca memahaminya. Grafik atau tabel dapat menunjukkan hasil penelitian secara visual dan mudah dipahami.

Kunjungi Juga : Jasa Publikasi Jurnal

5. Hindari Pengulangan

cara mengubah skripsi menjadi artikel ke 5 adalah menghindari pengulangan kata. Tentu saja dalam karya tulis ilmiah manapun penjelesan yang berulang-ulang akan membuat pembaca kesulian dalam memahami makna atau tujuan dari artikel tersebut.

6. Menyampaikan Informasi Dalam Urutan yang Logis

Menyampaikan informasi dalam urutan yang logis dan terstruktur menjadi salah satu cara mengubah skripsi menjadi artikel. Mulailah dengan memperkenalkan topik, kemudian menjelaskan tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian dan kesimpulan. Jangan lupa untuk memberikan saran atau rekomendasi yang bermanfaat bagi pembaca.

7. Gunakan Contoh atau Kasus Nyata

Gunakan topik atau kasus nyata yang relavan dan terbaru. Contoh atau kasus nyata ini bisa membantu pembaca memahami bagaimana hasil penelitian dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

8. Berikan Referensi yang Jelas

Berikan referensi yang jelas dan lengkap. Referensi yang digunakan harus valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

9. Gunakan Bahasa yang Menarik

Gunakan bahasa yang menarik dan melibatkan pembaca. Artikel ilmiah yang baik harus mampu menarik minat pembaca untuk membaca hingga tuntas.

10. Tinjau dan Perbaiki Kesalahan

Tinjau dan perbaiki kesalahan. Pastikan artikel ilmiah telah melalui proses review yang baik dan tidak terdapat kesalahan tata bahasa maupun kesalahan penulisan lainnya.

Butuh Publikasi Jurnal Nasional Atau Internasional Terbit Bulan Ini? Hubungi Admin Kami Sekarang!

Cara Mengubah Skripsi Menjadi Artikel Jurnal Ilmiah (Metode 2)

Untuk metode ke 2 cara mengubah skripsi menjadi artikel jurnal ilmiah ini lebih singkat dibandingkan metode pertama di atas. Tanpa basa-basi lagi silahkan simak pembahasannya dibawah ini!

1. Buatlah Judul Jurnal dari Judul Skripsi Anda

Anda dapat memparafrasekan judul disertasi Anda untuk kemudian digunakan sebagai judul jurnal ilmiah Anda. Buatlah judul yang menarik agar menarik perhatian pembaca dan lebih pendek. Judul tidak boleh lebih dari 14 kata. Jadi buatlah sesingkat dan semenarik mungkin.

2. Ubah Pengantar menjadi Abstrak

cara mengubah skripsi menjadi artikel selanjutnya adalah mengubah pengantar menjadi abstrak. Pendahuluan dalam skripsi ini membahas tentang masalah yang akan dibahas, penelitian terdahulu, serta perbedaan penelitian dengan penelitian terdahulu, serta tujuan dan manfaat penelitian.

Ringkasan ini memuat semua unsur untuk menarik minat pembaca, ringkasan hanya terdiri dari 100-200 kata, oleh karena itu sebaiknya disederhanakan lagi menjadi lebih singkat namun memuat poin-poin penting penelitian.
Mengenai pembahasan masalah paling banyak hanya membuat 3 paragraf.

Rangkumlah latar belakang penelitian dan juga konteks penelitian dalam tesis Anda secara langsung pada intinya. Yang paling penting adalah Anda memiliki data dan pendapat ahli terkait masalah tersebut. Dan jangan lupa untuk memposting referensi.

Kunjungi Juga : Cara Upload Jurnal SINTA

3. Memperbaiki bagian Metode Penelitian

Dalam cara mengubah skripsi menjadi artikel ini, metode penelitian dijelaskan secara panjang lebar dan detail. Bila ingin dijadikan jurnal ilmiah, perlu disederhanakan. Metode penelitian pada artikel jurnal harus sama dengan metode penelitian pada disertasi, namun harus diubah dengan cara merangkum metode dan tidak perlu memberikan definisi atau referensi.

4. Jelaskan temuan utama

Hasil penelitian ini sangat penting untuk dipaparkan pada bagian pembahasan jurnal ilmiah. Oleh karena itu, bagian ini secara khusus menyampaikan seluruh hasil temuan penelitian.

Sebab hasil dari penelitian ini adalah inti dari jurnal ilmiah yang tingkat validasinya tinggi, oleh karena itu pada bagian hasil diharuskan menjelaskan percobaan atau penelitian yang telah di lakukan. Informasi yang dijelaskan pada bagian temuan adalah percobaan, peralatan yang digunakan selama penelitian, metode pengumpulan data, dan deskripsi lokasi.

5. Referensi

Cara mengubah skripsi menjadi artikel terakhir adalah referensi. Dalam tesis, kutipan harus dicantumkan dalam pendahuluan atau bagian lain jika diperlukan. Akan tetapi untuk jurnal ilmiah ini, referensinya terbatas, Anda harus menggunakan referensi terbaru dan terkini, disarankan untuk menggunakan referensi terbaru untuk jurnal ilmiah Anda.

Butuh Publikasi Jurnal Ilmiah Terbit Bulan Ini? Hubungi Admin Kami Sekarang!

Struktur Artikel Ilmiah

Setelah mengetahui bagaimana cara mengubah skripsi menjadi artikel Anda juga harus mengetahui struktur dari artikel ilmiah. Struktur artikel ilmiah hasil penelitian terdiri atas 10 bagian utama yaitu:

(1) judul

(2) baris kepemilikan;

(3) abstrak;

(4) kata kunci;

(5) pendahuluan;

(6) metode;

(7) hasil dan pembahasan;

(8) simpulan;

(9) ucapan terimakasih

(10) daftar pustaka

5 Contoh Artikel Ilmiah Terbaik

Setelah mengetahui cara mengubah skripsi menjadi artikel ilmiah dan mengetahui struktur dalam menulis artikel ilmiah, dibawah ini kami paparkan 5 contoh artikel ilmiah terbaik yang pas untuk Anda jadikan referensi.

Tentu saja kami sediakan dalam bentuk PDF agar teman-teman semua bisa mengunduhnya!

1. Contoh Artikel Ilmiah Terbaik

2. Contoh Artikel Ilmiah Terbaik

3. Contoh Artikel Ilmiah Terbaik

4. Contoh Artikel Ilmiah Terbaik

5. Contoh Artikel Ilmiah Terbaik

Butuh Publikasi Jurnal Bereputasi Nasional atau Internasional Terbit Bulan Ini? Hubungi Admin Kami Sekarang!

Penutup

Mengetahui cara mengubah skripsi menjadi artikel ilmiah ini adalah ilmu yang harus Anda miliki terlebih lagi jika Anda adalah seorang Akademisi.

Terimakasih telah membaca! kami harap dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan Anda.


sumber gambar : Freepik.com

sumber referensi : uptJurnal.umsu.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *