Struktur Jurnal Internasional

Halo sobat publikasi, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai struktur jurnal internasional. Bagi kamu yang ingin mengetahui struktur jurnal internasional, kamu dapat menyimak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Jurnal Internasional

Struktur Jurnal Internasional

Dilansir dari publikasiindonesia.co.id, Jurnal internasional adalah publikasi ilmiah periodik yang berisi artikel-artikel penelitian yang telah melalui proses peer review dan diterbitkan oleh penerbit yang dapat diakses oleh pembaca di seluruh dunia.

Jurnal ini menjadi wadah utama bagi para peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka, pemikiran ilmiah, temuan eksperimen, dan analisis dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Keuntungan Publikasi Jurnal Internasional

Seperti yang ditulis oleh greenpublisher.id, di bawah ini terdapat beberapa keuntungan publikasi jurnal ilmiah. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasannya berikut ini.

1. Meningkatkan Reputasi Akademik

Salah satu keuntungan utama dari publikasi jurnal adalah dapat meningkatkan reputasi akademik seseorang. Publikasi jurnal di jurnal-jurnal terkemuka akan membuat nama penulis terkenal di kalangan komunitas ilmiah.

Sehingga, penulis akan mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari rekan-rekan mereka dan menjadi anggota yang aktif dalam komunitas ilmiah.

Tak hanya itu saja, publikasi jurnal juga dapat meningkatkan kesempatan untuk memperoleh penghargaan dan hibah penelitian.

2. Meningkatkan Prospek Karir

Keuntungan publikasi jurnal juga dapat meningkatkan prospek karir seseorang di bidang akademik.

Bagi para peneliti yang memiliki banyak publikasi di jurnal terkemuka akan menjadi kandidat yang menarik bagi universitas dan institusi riset lainnya.

Sehingga, publikasi jurnal juga dapat membantu dalam mendapatkan promosi ke posisi yang lebih tinggi atau posisi pengajar di universitas yang lebih baik.

3. Menyebarkan Pengetahuan Ilmiah

publikasi jurnal memungkinkan penulis untuk membagikan pengetahuan dan hasil penelitian mereka kepada komunitas ilmiah.

Ini akan memungkinkan para peneliti lain untuk mengambil manfaat dari penelitian dan menerapkannya dalam penelitian mereka sendiri.

Dengan demikian, publikasi jurnal membantu dalam memajukan pengetahuan ilmiah secara umum.

4. Meningkatkan Citasi dan Pengakuan

Keuntungan publikasi jurnal juga dapat membantu penulis mendapatkan pengakuan dan citasi yang lebih tinggi.

Publikasi di jurnal yang terkemuka akan menjadi referensi penting bagi peneliti lain dan akan dikutip dalam penelitian mereka.

Hal ini akan membantu dalam meningkatkan visibilitas penulis dan reputasi mereka di kalangan komunitas ilmiah.

5. Meningkatkan Nilai Institusi Akademik

Institusi akademik juga mendapat keuntungan dari publikasi jurnal. Peneliti yang mempublikasikan penelitian mereka di jurnal terkemuka akan meningkatkan reputasi institusi mereka.

Ini akan meningkatkan daya tarik institusi untuk menarik peneliti dan mahasiswa berkualitas tinggi.

Selain itu, institusi akademik juga dapat memanfaatkan publikasi jurnal untuk meningkatkan peringkat mereka dalam peringkat universitas dunia.

6. Memenuhi Persyaratan Publikasi

Beberapa universitas dan lembaga riset memiliki persyaratan untuk publikasi jurnal sebagai syarat untuk memperoleh gelar atau promosi akademik.

Oleh karena itu, keuntungan publikasi jurnal dapat membantu penulis memenuhi persyaratan akademik tertentu dan memperoleh gelar atau promosi yang diinginkan.

7. Membangun Jejaring Akademik

Keuntungan publikasi jurnal juga dapat membantu penulis membangun jejaring akademik yang kuat.

Penulis dapat berinteraksi dengan rekan-rekan mereka di kalangan komunitas ilmiah dan membangun kolaborasi yang kuat dengan mereka.

Kolaborasi ini dapat membantu dalam memperluas pengetahuan dan mencapai tujuan penelitian yang lebih besar.

8. Memperbaiki Kualitas Penelitian

publikasi jurnal juga dapat membantu dalam memperbaiki kualitas penelitian. Proses publikasi jurnal melibatkan tinjauan dan evaluasi yang ketat dari artikel ilmiah sebelum diterbitkan.

Tinjauan ini membantu dalam mengidentifikasi kekurangan dan kesalahan dalam penelitian dan memberikan saran untuk perbaikan.

Dengan demikian, publikasi jurnal dapat membantu penulis memperbaiki kualitas penelitian mereka dan menghasilkan penelitian yang lebih baik di masa depan.

9. Menyebarluaskan Penelitian Kepada Masyarakat Umum

Keuntungan publikasi jurnal juga dapat membantu dalam menyebarluaskan penelitian kepada masyarakat umum.

Artikel ilmiah yang diterbitkan di jurnal terkemuka seringkali diberitakan oleh media dan diakses oleh masyarakat umum.

Ini memungkinkan peneliti untuk menyebarkan hasil penelitian mereka kepada masyarakat umum dan meningkatkan kesadaran tentang isu-isu penting yang terkait dengan penelitian mereka.

10. Mendukung Pengambilan Keputusan

Keuntungan publikasi jurnal dapat membantu dalam mendukung pengambilan keputusan.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal terkemuka dapat digunakan oleh pengambil keputusan dalam berbagai bidang, seperti kebijakan publik, bisnis, dan kesehatan. Penelitian ini dapat membantu pengambil keputusan dalam membuat keputusan yang lebih baik dan lebih informasi.

Struktur Jurnal Ilmiah

Wajib ada 8 pengaturan dalam jurnal harian kamu. Mulai dari judul, pendahuluan, abstrak, hasil, pembahasan, kesimpulan, bahan, dan daftar pustaka

1. Judul

Pengertian jurnal ilmiah. Jelaslah saat membuat judul majalah. Judul akan memudahkan pembaca untuk bisa memahami sifat majalah tanpa harus membaca seluruh isi jurnal.

Misalnya, kamu membuat judul jurnal yang disebut dengan “Laporan Laboratium Fisika”. Judul yang seperti ini kurang efektif bagi pembaca karena tidak menggambarkan isi jurnalya.

Beberapa pembaca terlalu bermalas-malasan untuk membaca jurnal karena judulnya saja tidak cukup detaildan kurang menarik. Pilihlah judul yang jelas dan menarik, seperti “Pengaruh gaya sentrifugal pada angin.” Judul ini dapat memudahkan pembaca yang ingin memahami gaya sentrifugal jurnal

2. Abstrak

Setelah jurnal, abstraklah yang harus diperhatikan. Sekilas abstrak hampir sama dengan b strax, akan tetapisebenarnya sangat berbeda. b strax biasanya ditulis di akhir.

Bagian abstrak biasanya dipakai untuk mencerna secara singkat isi jurnal. Abstrak ditulis sebagai penjelasan jurnal, tidak terkait dengan jurnal.

Kamu wajib menggunakan kurang lebih 250 kata untuk meringkas metode, tujuan, hasil, dan kesimpulan di dalam abstrak.

Saat kamu menulis abstrak, perlu kamu hindari penggunaan tanda kutip atau singkatan. Abstrak harus bisaberdiri sendiri tanpa ada catatan kaki.

3. Pendahuluan

Setelah abstrak, kita bisa melanjutnya ke bagian pendahuluan. Pendahuluan adalah pernyataan tentang kasus yang sedang kamu selidiki.

Untuk bagian ini, kamu diharuskan memberi informasi kepada pembac agar bisa memahami tujuan spesifik di kerangka teoretis yang lebih besar.

Bagian ini juga mencakup dasar-dasar latar belakang, seperti abstrak penelitian yang sudah dilakukan dan bagaimana eksperimen bisa membantu memperluas atau memperjelas pengetahuan dalam bidang umum.

Yang harus kalian ingat adalah jangan mebuat pendahuluan terlalu besar atau luas, supaya pembaca tidak kebingungan keberadaannya.

4. Bahan dan Metode

Selanjutnya Langkah bahan dan metode dalam struktur jurnal adalah dengan menentukan metode dan bahan. Untuk bagian yang satu ini, kamu akan menjelaskan proses eksperimen yang sedang berlangsung.

Informasi yang dijelaskan disini meliputi metode pengumpulan data, desain eksperimen, deskripsi lokasi, peralatan yang digunakan, dan tipe control.

Penting untuk kalian catat pada bagian satu ini kita harus bisa menjjelaskn secara detail dan rinci. Dan hindari juga dalam menggunakan kata-kata yang membingungkan.

Bicara tentang ide, biarka pembaca memahami dengan sendirinya tentang informasi yang kamu tulis.

5. Hasil

Di bagian Hasil, kamu bisa menampilkan ikhtisar dan ringkasan dalam berbentuk teks, gambar, ataupun tabel.

Perlu kamu ingat bahwa informasi yang sudah admin berikan dibagian ini hanya hasil yang ditampilkan. 

Tidak ada kesimpulan atau interpretasi data yang ditarik dari data yang kamu dapatkan. Data informasi harus disajikan dalam bentuk tabel atau grafik dengan menggunakan bahasa sederhana dan teks naratif.

FAQ

Berapa lama publikasi jurnal internasional?

Berapa Lama Waktu Untuk Publikasi Jurnal? Penerbitan normal biasanya 21 hari. Setelah penulis meminta, biasanya jasa publikasi jurnal nasional akan melakukan review dengan cepat baik selama pengiriman naskah maupun setelah pengiriman.

Jurnal internasional buat apa?

Bertujuan untuk menampung/mengkomunikasikan temuan ilmiah dan/atau konsep ilmiah dalam disiplin ilmu tertentuBagi masyarakat ilmiah/peneliti dengan disiplin ilmu yang relevan. Penerbitan oleh penerbit/lembaga penelitian/organisasi profesi/universitas dan unitnya.

Apa keuntungan submit jurnal?

Dengan mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah, mahasiswa akan memperluas wawasan mereka dalam bidang penelitian tertentu. Publikasi jurnal dapat memberikan wawasan baru dalam bidang yang sudah dipelajari dan membuka kesempatan untuk mengeksplorasi topik-topik baru dalam bidang yang sama.12 Jan 2024

By suhendi Al Wasim

Saya adalah seorang penulis terbaik yang pernah ada di dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *