Bagi kamu yang ingin mengetahui terkait publikasi jurnal nasional, kamu bisa simak artikel ini sampai habis, karena didaalam artikel ini kami akan membahas secara lengkap & detail terkait publikasi jurnal nasional. Yuk simak sampai habis agar kamu mendapatkan jawabannya!

Apa Itu Jurnal Nasional?

Sebelum masuk kedalam pembahasan publikasi jurnal nasional, penting untuk kita ketahui dan pahami mengenai apa itu jurnal nasional

Jurnal nasional adalah publikasi ilmiah yang berfokus pada penelitian, eksperimen, dan analisis ilmiah yang dilakukan oleh peneliti dan ilmuwan di Indonesia. Mereka memiliki cakupan nasional, artinya tujuan utama dari jurnal ini adalah untuk menyebarkan pengetahuan dan hasil penelitian di dalam negeri. Jurnal nasional ini diterbitkan oleh berbagai institusi akademik, seperti universitas, lembaga penelitian, dan asosiasi ilmiah.

Jurnal nasional merupakan salah satu komponen penting dalam ekosistem publikasi ilmiah di Indonesia. Mereka memiliki peran utama dalam mendokumentasikan penelitian, temuan, dan kontribusi akademik dari para peneliti dan akademisi di dalam negeri. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan pengertian jurnal nasional, peran mereka dalam perkembangan ilmu pengetahuan, serta manfaatnya bagi masyarakat dan dunia akademik.

Publikasi Jurnal Nasional

Jasa Publikasi Jurnal Nasional Terakreditasi Dikti

Seperti yang kita ketahui, untuk mendapatkan tempat publikasi jurnal nasional cepat terbit memang cukup sulit. Kita memerlukan waktu yang sangat lama untuk mendapatkannya.

Kami sangat mengetahui akan kebutuhanmu dalam publikasi jurnal ilmiah khususnya jurnal Nasional. Baik untuk kebutuhan kelulusan mahasiswa maupun penambahan nilai KUM untuk jabatan fungsional.

Oleh karena itu, hadirnya kami, semata-mata hanya ingin membantu untuk memenuhi kebutuhan rekan-rekan dalam hal publikasi jurnal nasional.

Publikasiindonesia.id sendiri merupakan lembaga publikasi ilmiah yang sudah berbadan hukum yang sampai saat ini sudah mengelola lebih dari 12 jurnal (Sinta, ISSN, Internasional & Scopus).

Semua rumpun ilmu (pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi dan lain sebagainya) bisa terbit di jurnal kami.

Jurnal yang kami kelola sudah terindeks bahkan lebih dari 17 Indexing berkualitas. Yakni Garuda, Arjuna, Google Scholar, One Search, Sinta, Road, OSF, DOAJ, Copernicus, Scopus, EBSCO dan lain sebagainya.

Kami juga memiliki banyak Tim yang masing-masing sudah ahli dalam bidangnya.

Kami sangat mengedepankan kualitas jurnal yang akan terbit di jurnal yang kami kelola.

Setiap naskah, pasti akan kami cek plagiasinya menggunakan turnitin premium.

Dengan ini, bisa kami jamin, kamu akan puas dengan jasa pendampingan publikasi jurnal nasional dari kami.

Sudah banyak success story dari client kami yang naskahnya berhasil terbit di jurnal impiannya.

Khusus untuk pengunjung website, Kami akan mendampingi naskahmu sampai bisa terbit di jurnal nasional yang kamu butuhkan.

Klik Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Memulai Sesi Konsultasi Gratis Dengan Admin Kami Sekarang Juga!

Cara Publikasi Jurnal nasional

1. Memiliki Karya lmiah Original Dan Bukan Plagiat

langkag pertama yang harus kamu lakukan sebelum publikasi jurnal nasional adalah memiliki sebuah karya ilmiah yang bersifat orisinal atau original. Anda perlu menyusun artikel ilmiah tersebut berdasarkan tinjauan literatur atau melakukan penelitian sendiri.

Karya tulis ini haruslah unik dan tidak boleh mencuri ide dari orang lain. Jika jurnal yang Anda ajukan terdeteksi sebagai plagiat, Anda akan menghadapi konsekuensi serius, termasuk kemungkinan dicabut hak publikasi dan dicatat sebagai pelanggaran etika penelitian, yang dapat berdampak pada reputasi Anda dalam komunitas ilmiah baik di dalam maupun di luar negeri.

2. Mengikuti Template Dari Tempat Publikasi Jurnal Nasional

Mengikuti template dari sebuah jurnal merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan dengan cermat oleh siapa pun yang hendak mengirimkan jurnal. Setiap jurnal umumnya memiliki format khusus yang harus diikuti dengan teliti.

Template ini seringkali mencakup tata letak mulai dari abstrak hingga elemen-elemen yang harus ada dalam isi jurnal. Semua komponen tersebut harus diatur dengan baik sesuai dengan panduan yang berlaku. Selain itu, format jurnal dapat sedikit berbeda antara satu jurnal dan jurnal lainnya, sehingga perlu diperhatikan dengan seksama dan tidak boleh disamakan begitu saja.

Umumnya, jika seseorang mengirimkan jurnal dengan format yang berantakan atau tidak sesuai dengan panduan yang berlaku, hal tersebut dapat menyulitkan proses revisi. Meskipun isi jurnalnya mungkin sangat menarik, pemilik jurnal mungkin ragu untuk menerbitkannya karena kesan kurang profesional yang ditimbulkan.

3. Submit Jurnal Harus Sesuai Dengan Bidang Ilmu

Setiap jurnal memiliki spesifikasi uniknya sendiri. Hal yang sama berlaku untuk jurnal nasional, yang mencakup berbagai bidang seperti ilmu sosial, Matematika, dan bahkan sub-bidang yang lebih spesifik seperti jurnal yang ditujukan khusus untuk dokter gigi atau dokter spesialis lainnya.

Jika Anda melakukan kesalahan dalam cara Anda menerbitkan artikel atau mengunggah jurnal ke dewan redaksi, ada kemungkinan besar jurnal tersebut akan ditolak. Oleh karena itu, sebelum Anda mulai menulis jurnal, sangat penting untuk menentukan kategori atau bidang ilmu yang sesuai dengan jurnal tersebut. Apakah jurnal tersebut masuk dalam kategori ilmu tertentu atau mungkin lebih spesifik lagi.

Jika Anda sering membuat kesalahan, bahkan jika kontennya menarik, jurnal Anda bisa dengan mudah ditolak. Ini adalah kerugian besar jika Anda salah mengirim jurnal karena upaya Anda dalam menulis akan sia-sia.

4. Mengambil Topik Terkini (Fresh)

Jika Anda ingin mengetahui dan memahami cara publikasi jurnal nasional agar lebih mudah diterima, maka penting untuk memilih topik yang paling up-to-date dan segar.

Saat ini, jurnal yang banyak diterbitkan biasanya berfokus pada topik atau materi terkini yang jarang dibahas oleh orang lain, sehingga penerbit jurnal akan memberikan prioritas pada topik tersebut. Dengan memilih topik yang tepat, Anda dapat mempercepat proses penerbitan artikel ilmiah dalam jurnal Anda.

Pemilihan topik yang sesuai ini perlu didasarkan pada riset yang teliti. Jika Anda sering membaca jurnal dalam dan luar negeri, seperti yang terindeks di Scopus, Anda akan lebih memahami materi yang sering dibahas dan yang masih kurang diteliti, sehingga Anda dapat melakukan penelitian baru.

Tips Publikasi Jurnal Nasional Cepat Terbit

Perlu kamu ketahui bahwa kamu bisa melakukan publikasi jurnal Nasional secara cepat sesuai dengan kebutuhanmu. Tetapi, ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui.

Nah, silahkan simak tips-tips berikut ini!

1. Lakukan Riset

Sebelum kamu melakukan publikasi jurnal nasional terakreditasi Sinta, ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu. Pertama, penting untuk melakukan penelitian terkait dengan jurnal-jurnal yang ada dalam bidang ilmu tertentu. Biasanya, terdapat lebih dari satu pilihan jurnal dalam bidang tersebut.

Mulailah dengan melakukan riset ini dengan membaca beberapa jurnal yang menjadi pilihanmu. Dari sini, kamu akan mendapatkan pemahaman tentang gaya penulisan yang umumnya digunakan dalam jurnal-jurnal tersebut, serta persyaratan dan format yang harus kamu ikuti saat mengirimkan artikel ilmiah untuk proses publikasi dalam jurnal nasional.

Disarankan untuk mencoba mendaftar ke beberapa jenis jurnal yang berbeda di dalam bidangmu. Setelah itu, kamu dapat memilih jurnal yang menurutmu paling sesuai. Kemudian, kirimkan karya ilmiah yang telah kamu buat ke jurnal yang kamu pilih tersebut atau ke redaksi jurnal lainnya, jika kamu memiliki lebih dari satu artikel yang ingin dipublikasikan.

2. Bergabung Ke Asosiasi

Salah satu cara yang cukup mudah untuk publikasi jurnal nasional terakreditasi Sinta adalah dengan menjadi anggota suatu asosiasi terkait. Sebagai contoh, jika kamu tertarik pada jurnal yang berkaitan dengan dokter gigi, maka bergabunglah dengan asosiasi dokter gigi yang juga menerbitkan jurnal khusus yang membahas topik-topik dalam bidang tersebut.

Keanggotaan dalam asosiasi akan mempermudah kamu dalam berkomunikasi dengan redaktur untuk mengajukan naskah. Biasanya, naskah dari anggota akan memiliki prioritas untuk segera diterbitkan. Bahkan lebih baik jika naskah tersebut memiliki potensi untuk meningkatkan reputasi asosiasi tersebut.

3. Publikasi Jurnal Nasional Gratis Melalui OJS

Open Journal System atau OJS adalah platform jurnal gratis yang menyediakan beragam informasi terkait pemilik jurnal, lokasi, kontak, serta informasi penting lainnya.

OJS sangat berguna untuk melakukan penelitian mendalam, sehingga Anda dapat mengejar berbagai peluang untuk mengirimkan tulisan secara daring atau menghubungi mereka secara langsung.

Beberapa jurnal mungkin memiliki pedoman tersendiri, sehingga Anda dapat menghubungi mereka langsung saat ingin mengirimkan artikel ilmiah.

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja artikel yang bisa kami berikan terkait publikasi jurnal nasional, semoga dengan adanya artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi teman-teman semua. terimakasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *