Macam Macam Publikasi Ilmiah

  • Whatsapp
macam macam publikasi ilmiah

Macam macam publikasi ilmiah – Bagi yang belum terbiasa dengan penelitian atau penerbitan, pasti juga asing dengan bentuk-bentuk publikasi ilmiah lainnya. Hal ini sangat penting untuk dipahami agar dapat memperoleh pemahaman yang mendalam tentang ilmu akademik, khususnya bagi mahasiswa atau sarjana.

Macam Macam Publikasi Ilmiah

Macam macam publikasi ilmiah

Berikut ini akan dijelaskan secara gamblang bentuk publikasi ilmiah yang telah ada selama ini. Tentunya hal ini sangat penting dan perlu pembahasan lebih lanjut, karena berkaitan dengan dunia penelitian dan literasi.

1. Buku atau Teks Pelajaran

Buku-buku yang dibaca siswa dapat merupakan hasil publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh penerbit.

Tentu saja, semua teks yang ada saat ini diproduksi untuk berbagai pertimbangan ilmiah, sehingga pada akhirnya harus dirilis ke publik.

2. Presentasi Pada Forum Ilmiah

Mempresentasikan karya Anda di forum juga merupakan bentuk publikasi jurnal. Di sini, penulis tidak perlu membuatnya menjadi buku, dll, tetapi hanya perlu mempresentasikan hasil penelitiannya dalam sebuah asosiasi ilmiah.

3. Artikel Ilmiah

Anda juga dapat memaparkan hasil penelitian yang telah diselesaikan dan mempublikasikannya dalam bentuk artikel.

Umumnya, metode ini populer di sebagian besar penulis karena artikelnya lebih pendek dari buku atau jurnal.

4. Laporan Penelitian

Sedangkan publikasi ilmiah jenis laporan penelitian meliputi jurnal, makalah, tesis, disertasi, makalah yang diterbitkan, laporan penelitian tindakan kelas, laporan penelitian kepustakaan, dan lain-lain.

5. Tulisan Ilmiah Populer

Karya tulis ilmiah yang biasanya dimuat di surat kabar, majalah atau media lain bisa juga disebut sebagai bentuk publikasi.

Biasanya tulisan ilmiah populer ini lebih banyak menyajikan hasil penelitian singkat seperti artikel, tetapi bisa dipublikasikan di media sosial.

Akhir Kata

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas macam macam publikasi ilmiah yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat bagi setiap pembaca. Menjaga semangat berbagi ilmu dan membudayakan kemampuan menulis jurnal internasional.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *