Jenis Jurnal Nasional Yang Wajib Di Ketahui Mahasiswa

Hallo Sahabat Publikasi, kali ini kita akan membahas mengenai jenis jurnal nasional yang terakreditasi. Nah sebelum itu, kita harus tahu terlebih dadulu mengenai apasih jurnal

Rudi Ferdiansah

[addtoany]

Jenis Jurnal Nasional Yang Wajib Di Ketahui Mahasiswa

Hallo Sahabat Publikasi, kali ini kita akan membahas mengenai jenis jurnal nasional yang terakreditasi.

Nah sebelum itu, kita harus tahu terlebih dadulu mengenai apasih jurnal nasional ? apakah sahabat sudah mengetahui apa yang di maksud dengan jurnal nasional ? untuk kalangan dosen mungkin sudah banyak yang tahu, nah tapi untuk kalangan mahasiswa pasti masih belum banyak yang tahu nih, apalagi mahasiswa baru, benar ya ?

Baca Juga : Biaya Publikasi Jurnal SINTA

Jenis jurnal nasional apa yang wajib mahasiswa ketahui ? salah satunya yaitu jurnal nasional terakreditasi yang sering di gunakan oleh mahasiswa untuk syarat tugas kuliah dan syarat kelulusan.

Jurnal Nasional

Jurnal Nasional adalah publikasi ilmiah yang terbit secara berkala dalam bentuk artikel yang menyebarluaskan perkembangan ilmu pengetahuan yang terbit secara resmi dengan ISSN.  Selain terbit secara berkala, jurnal nasional juga harus memenuhi kriteria sebagai berikut :

  • Karya ilmiah memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan
  • Memiliki e-ISSN dan p-ISSN
  • Memiliki terbitan 
  • Bertujuan untuk menampung/mengkomunikasikan dari hasil-hasil penelitian ilmiah dan atau konsep ilmiah dalam disiplin ilmu tertentu.
  • Ditujukan kepada masyarakat ilmiah
  • Diterbitkan oleh Lembaga terpercaya
  • Bahasanya menggunakan Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris atau bahasa baku untuk absrak dalam Bahasa Indonesia dan bahasa inggris atau bahasa Indonesia saja.
  • Penulis minimal dari 2 institusi yang berbeda
  • Memiliki dewan rekdasi/editor minimal 2 institusi yang berbeda dan ahli dalam bidang nya

Sumber : https://dosen.perbanas.id/pengertian-jurnal-ilmiah-nasional-2/

Lalu apasih sih syaratnya agar jurnal nasional kita terakreditasi ?

Syaratnya adalah Mendapatkan status akreditasi dari kepala LIPI atau Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Memiliki masa berlaku yang sesuai.

Lalu apakah boleh jurnal nasional untuk syarat tugas kuliah mahasiswa ? sangat boleh dan biasanya dosen menyarankan mahasiswa untuk publish pada jurnal nasional yang terakreditasi. Nah bagaimana menurut sahabat mengenai penjelasan jurnal nasional yang admin berikan ? mungkin bisa memberi pengetahuan lebih ya untuk sahabat publikasi.

Jurnal Nasional untuk Mahasiswa

Jenis Jurnal Nasional
Jenis Jurnal Nasional
Jenis Jurnal Nasional
Jenis Jurnal Nasional

Nah inilah jurnal nasional yang sudah terakreditasi yang terbit setiap bulan atau sebulan sekali. Jurnal ini sangat rekomendasi sekali untuk mahasiswa yang sedang mencari publikasi jurnal dalam waktu dekat. Tidak hanya mahasiswa, jurnal ini juga sangat rekomended sekali bagi dosen untuk syarat jabatan fungsional dan sebagainya.

Bagi sahabat publikasi yang belum tahu cara publikasi jurnal nasional bisa kunjungi artikel kami yaitu Cara Publikasi Jurnal Nasional

Semoga Info yang kami berikan bermanfaat untuk para pembaca. Jika ingin berkonsultasi bisa kunjungi Web Publikasiindonesia.id atau bisa langsung bisa Klik Link dibawah ini :

Cara Mencari Jurnal Nasional

Jenis Jurnal Nasional – jurnal nasional adalah salah satu sumber penelitian yang sangat dihargai. Jurnal nasional biasanya merupakan publikasi ilmiah yang berkualitas tinggi dan telah melewati proses seleksi dan penilaian yang ketat.

Bagi para peneliti, mahasiswa, atau pustakawan, menemukan jurnal nasional yang relevan dan dapat diandalkan adalah hal yang krusial dalam menghasilkan penelitian atau studi yang berkualitas.

Pembahasan dibawah kamiakan memberikan panduan lengkap tentang cara mencari jurnal nasional dengan efektif. Yuk kita simak!

1. Menggunakan Basis Data Jurnal

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memanfaatkan basis data jurnal. Beberapa basis data jurnal nasional yang terkenal antara lain:

  • Indonesian Scientific Journal Database (ISJD): Basis data yang dikelola oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) ini menyediakan akses ke ribuan jurnal ilmiah nasional dalam berbagai disiplin ilmu.
  • Portal Garuda: Dikelola oleh Ristekdikti (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi), portal ini menyediakan akses ke jurnal-jurnal ilmiah Indonesia.
  • Google Scholar: Mesin pencari ini juga dapat digunakan untuk mencari artikel dari berbagai sumber, termasuk jurnal nasional.

2. Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Saat mencari jurnal nasional, penting untuk menggunakan kata kunci yang relevan dengan topik penelitian atau studi Anda. Pertimbangkan menggunakan variasi kata kunci yang berbeda untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih luas. Cobalah untuk fokus pada kata kunci yang mencerminkan topik penelitian dengan tepat.

3. Manfaatkan Filter Pencarian

Banyak basis data jurnal memiliki fitur filter yang dapat membantu Anda menyempurnakan pencarian Anda. Anda dapat memfilter berdasarkan tahun publikasi, bidang ilmu, bahasa, dan kualitas jurnal.

Mengenal jenis jurnal nasional adalah hal yang wajib diketahui akademisi. Jadi untuk mengetahuinya Anda harus simak artikel ini sampai habis.

4. Evaluasi Kualitas Jurnal

Penting untuk selalu mengevaluasi kualitas jurnal sebelum menggunakannya sebagai referensi. Periksa apakah jurnal tersebut memiliki proses peer-review yang ketat dan telah diterbitkan oleh penerbit terkemuka. Tinjau juga dampak dari jurnal tersebut dalam bidang ilmu yang relevan.

5. Jaringan Akademis dan Kolaborasi

Jaringan akademis Anda dapat menjadi sumber yang berharga dalam mencari jurnal nasional. Bertanya kepada kolega, dosen, atau pustakawan tentang jurnal-jurnal terkini dalam bidang Anda dapat membuka akses ke sumber-sumber yang belum Anda ketahui sebelumnya.

6. Manfaatkan Perpustakaan

Jangan lupakan peran perpustakaan dalam pencarian jurnal nasional. Banyak perpustakaan universitas atau institusi memiliki langganan akses ke berbagai basis data jurnal. Mintalah bantuan pustakawan jika Anda kesulitan menemukan jurnal yang Anda butuhkan.

Itu adalah pembahasan lengkap terkait jenis jurnal nasional, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait: Biaya Publikasi Jurnal Scopus

Related Post

Tinggalkan komentar