Cara Mencari Jurnal Internasional Di Google Scholar

Bagi kamu yang sedang mencari artikel terkait cara mencari jurnal internasional di google scholar, kamu bisa menyimak artikel ini sampai habis. Yuk kita simak! Mengetahui

Dwi Rayhan Sunandar Putra

[addtoany]

Cara Mencari Jurnal Internasional Di Google Scholar

Bagi kamu yang sedang mencari artikel terkait cara mencari jurnal internasional di google scholar, kamu bisa menyimak artikel ini sampai habis. Yuk kita simak!

Mengetahui mengenai bagaimana cara mencari jurnal internasional di google scholar memang sangat diperlukan.

Apalagi bagi yang sedang menyusun tugas akhir, artikel ilmiah, ataupun riset lainnya. Sumber Referensi yang valid adalah hal yang penting dalam mendukung argumen penelitian.

Referensi tersebut dapat bersumber dari buku, skripsi, disertai, internet, jurnal dan masih banyak lagi.

Jurnal sering sekali orang jadikan pilihan dalam mencari sumber referensi karena topiknya yang lebih beragam, dalamnya yang ringkas dan serta penelitian terbaru.

Akan tetapi, saat kamu menggunakan jurnal nasional itu referensinya hanya terbatas (sangat sedikit).

Nah jika kamu tidak menemukan sumber referensi dari jurnal nasional, maka jurnal internasional dapat kamu jadikan solusinya.

Sebenarnya banyak sekali cara dalam mencari jurnal internasional, nah, pada artikel ini kami hanya berfokus pada q mesin pencari saja yaitu google scholar atau yang sering sekali kita sebut dengan google cendekia.

Lalu bagaimana cara mencari jurnal internasional di google scholar? Mudah kok, berikut ini saya akan bahas secara lengkap.

Nah, lalu bagaimana sih cara mencari jurnal internasional di google scholar atau google cendekia? Caranya cukup mudah kok, akan tetapi sebelum kita masuk kedalam cara mencari jurnal internasional di google scholar, adabaiknya jika kita ketahui terlebih dahulu terkait pengertian jurnal internasional.

Baca Juga : Tempat Publish Jurnal

Penawaran Eksklusif Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Khusus Pengunjung Web Publikasiindonesia.id

Belakangan ini, masih banyak dari mereka yang belum mengetahui terkait berapa harga normal yang dibutuhkan untuk jasa publikasi jurnal scopus cepat terbit. Dan banyak dari mereka menganggapnya sangat mahal.

Tapi, perlu diketahui juga bahwa harga tersebut tergantung pada rangking jurnal dan reputasinya. Jadi, tidak semua publikasi jurnal scopus ini di tarif dengan harga mahal.

Kita semua tahu bahwa ada banyak jurnal bereputasi Scopus dan ISI Thomson yang tidak memerlukan biaya sepeserpun dalam publikasinya.

Tapi perlu ingat, bahwa jasa publikasi jurnal Scopus yang gratis, proses reviewnya super ketat. Bahkan, untuk proses reviewnya saja bisa memakan waktu 1-2 tahun. Dan itu juga kalau naskah bapak/ibu di ACC oleh publisher.

Jadi, jika naskah milik bapak/ibu ingin cepat di ACC dan terbit di jurnal Scopus, maka dibutuhkan jasa publikasi jurnal Scopus yang berkualitas.

Kini Kami (Publikasi Indonesia) hadir untuk menjadi solusi terbaik terkait publikasi jurnal Scopus. Terkhusus kepada rekan-rekan baik dosen, mahasiswa, peneliti, doctor dan guru.

Kami siap mendampingi naskah milik Bapak/Ibu agar bisa terbit di jurnal Scopus baik Q1, Q2, Q3 dan Q4.

Berikut beberapa benefit yang akan kamu dapatkan :

  1. Jaminan Mendapatkan ID Scopus
  2. Jaminan Sertifikat
  3. Jaminan Terindeks Scopus
  4. Jaminan Non Presentation
  5. Jaminan Full Text
  6. Jaminan Terbit
  7. Harga Terjangkau

Jika naskah yang kamu miliki belum lengkap, kami juga siap untuk melengkapi dan memperbaiki naskah milik kamu agar sesuai dengan kriteria dalam publikasi jurnal Scopus.

Attention! Kami hanya menyediakan 10 Slot saja untuk pendampingan publikasi jurnal Scopus di tahun ini. Pada bulan ini, tersisa 3 Slot terakhir.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

Pengertian Jurnal Internasional

Cara Mencari Jurnal Internasional Di Google Scholar

Nah pada pembahasan diatas sebelum kita mengetahui terkait cara mencari jurnal internasional di google scholar, adabaiknya jika kita ketahui terlebih dahulu terkait pengertian jurnal internasional.

Jurnal internasional adalah karya ilmiah yang diciptakan oleh penulis dan kemudian diterbitkan atau dipublikasikan secara internasional serta mempunyai target pembaca yang sangat luas.

Jurnal sendiri adalah sebuah bundle yang berisikan kumpulan artikel-artikel ilmiah, yang kemudian diterbitkan atau dipublikasikan secara berkala persis seperti majalah. Jurnal internasional mempunyai banyak ciri yang diantaranya adalah menggunakan Bahasa PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Dan Bahasa yang diakuai PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) sendiri adalah seperti Bahasa inggris, Bahasa spanyol, Bahasa prancis, Bahasa arab, dan Bahasa china. Meskipun seperti itu, bukan berarti semua jurnal dengan salah satu Bahasa tersebut kemudian dipastikan adalah jurnal internasional.

Jurnal internasional yang mempunyai standar yang cukup tinggi dan dikelola dengan sangat ketat. Kondisi inilah yang membuat publikasi jurnal internasional tidak semudah publikasi jurnal nasional. Selain itu juga, menjadi alasan kenapa cara mencari jurnal internasional masih dicari.

Oleh karena itu masih banyak sekali orang yang kesulitan dalam menemukan jurnal internasional. Mengingat tidak semua jurnal berbahasa Inggris adalah jurnal internasional. Lalu, bagaimana cara terbaik dalam menemukannya?

Cara Mencari Jurnal Internasional di Google Scholar

Nah, pada masa sekarang ini, dalam mencari jurnal tidak sesulit dulu. Karena jurnal online sekarang sudah banyak sekali bertebaran dimana-mana.

Dibandingkan denga jurnal nasional, jurnal internasional memiliki sumber referensi yang cukup kuat dalam membuat penelitian ilmiah, tesis dan skripsi.

Akan tetapi masik banyak sekali orang yang masih bingung terkait bagaimana cara mencari jurnal internasional di google scholar.

Berikut  ini adalah cara mencari jurnal internasional di google scholsr.

  • 1. Langkah pertama dalam Cara Mencari Jurnal Internasional Di Google Scholar pastinya membuka situs Google Scholar atau google cendekia di scholar.google.com
  • 2. Dalam tampilan awal, kamu akan dihadapkan dengan tampilan “Cari” seperti pada mesin pencari Google
  • 3. Kemudian kamu ketik kata kunci atau keyword yang hendak dicari. Misalnya butuh mencari jurnal mengenai “Penanganan Covid-19 pada ibu hamil”. Maka ketikkanlah kata itu sebagai kata kunci dalam pencarian tadi
  • 4. Selanjutnya Google Scholar atau google cendekia akan menampilkan beberapa dokumen yang berkaitan atau yang relevan dengan topik tersebut.
  • 5. Berikutya buka atau masuk salah satu hasil pencarian dan pastikan juga bahwa referensi yang akan kamu gunakan sesuai dengan syarat jurnal internasional yang sudah disebutkan di atas, supaya sumber referensi itu dapat dikatakan kredibel memberikan informasi
  • 6. Cara mengklik hasil pencarian itu dapat dengan klik kanan pada mouse pada file yang berbentuk PDF, atau mengklik langsung, kemudian pilih “download”.

Perlu kamu diketahui pada bagian kiri laman yang sama kamu bisa mengkhususkan atau mempersempit pencarian terkait hal yang akan dicari.

Mulai dari waktu publikasi jurnal, hasil pencarian urut dengan berdasarkan relevansi dan tanggal, penyertaan hak paten dan sitasi (pengutipan), dan lain sebagainya.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

Cara Menemukan Jurnal Terbaru Di Google Scholar

Cara Mencari Jurnal Internasional Di Google Scholar

Setelah kita membahas mengenai Cara Mencari Jurnal Internasional Di Google Scholar, kurang rasanya jika kita tidak membahas mengenai cara menemukan jurnal terbaru di google scholar

Hasil pencarian di Google Scholar atau Google Cendekia biasanya akan diurutkan sesuai dengan relevansi, bukan hanya berdasarkan tanggal. Untuk itu ada beberapa hal yang dapat kamu dilakukan supaya mendapatkan artikel yang update dan paling relevan.

1. Jika hendak mencari artikel yang lebih baru, pilih opsi sebelah kiri layar “Since Year”.

2. Jika hendak menampilkan makalah yang baru diterbitkan dan diurutkan berdasarkan relevansi, bisa klik “Urutkan berdasarkan tanggal”.

3. Klik ikon berbentuk amplop jika hendak mendapatkan hasil baru secara berkala yang akan dikirimkan ke e-mail.

Sementara, untuk mendapatkan jurnal secara lengkap dari suatu artikel, biasanya harus berlangganan terlebih dahulu. Namun hal ini bisa diakali dengan cara:

  1. Klik tautan pustaka, misalnya “FindIt @ Harvard”
  • Di sebelah kanan hasil pencarian, klik tautan berlabel [PDF]
  • Klik “All versions” di bawah hasil pencarian dan periksa sumbernya
  • kemudian klik “Citied by” atau “Related Articles” di bawah hasil pencarian untuk menelusuri artikel sejenis.

Cara Download Jurnal Intenasional Di Google Scholar

Setelah membahas tuntas cara mencari jurnal internasional di google scholar, kurang lengkap rasanya jika tidak membahas cara downloadnya.

Kita sudah tahu bahwa situs google scholar atau google cendekia berfungsi dalam mencari jurnal ilmiah maupun penelitian.

Bahkan kamu juga dapat mencari berbagai jurnal ilmiah maupun penelitian internasional maupun nasional.

Nah, langsung saja, berikut adalah cara download jurnal internasional maupun nasional di google scholar :

  • Pertama-tama tentu saja kamu harus membuka web browser dan buka situs website google scholar atau google cendekia
  • Setelah masuk, maka akan muncul kolom pencarian dan kemudian masukkan judul jurnal atau keyword yang ingin kamu cari.
  • Lalu, akan muncul beberapa pilihan penelitian atau jurnal nasional maupun internasional, kemudian klik jurnal yang kamu butuhkan.
  • Selanjutnya Klik link pdf dan file akan terunduh secara otomatis.
  • lalu akan ada pilihan fitur koleksiku, yang artinya kamu dapat melihat beberapa file yang tersimpan.
  • Nanti di google scholar atau google cendekia akan muncul jurnal dengan tahun publikasi yang terbaru dan terlama, kamu juga dapat mengubah urutan berdasarkan tanggal terkini.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

Fitur-fitur Dalam Google Scholar

Cara Mencari Jurnal Internasional Di Google Scholar

Nah, setelah kita membahas Cara Mencari Jurnal Internasional Di Google Scholar, selanjutnya kita akan membahas mengenai fitur google scholar

  • Memiliki literatur dari beragam bidang ilmu
  • Mempermudah atau memudahkan para penggunanya dalam mendapatkan sumber referensi
  • Menyediakan banyak artikel teks atau dokumen
  • Bisa juga untuk mengikuti perkembangan atau isu penelitian terbaru
  • Dan bisa kita gunakan dalam mengkroscek karya yang dikutip Menyajikan artikel atau dokumen teks secara lengkap.

Keunggulan Google Scholar untuk Mencari Jurnal Internnasional

Setelah kita mengetahui Cara Mencari Jurnal Internasional Di Google Scholar dan beberapa pembahasan lainnya, kurang rasanya jika kita tidak membahas mengenai keunggulannya

1. Lebih Selektif

Mesin pencari (search engine) biasanya hanya memberikan seluruh jurnal dan artikel dengan berdasarkan relevansi dengan keyword atau kata kunci yang kamu masukkan saja.

Akan tetapi seluruh artikel yang relevan akan tampil dalam hasil pencarian yang berasal dari berbagai sumber termasuk blog pribadi.

Sedangkan Google scholar dapat menampilkan hasil pencarian secara lebih relevan dan selektif. Hanya dengan dokumen yang memiliki nilai Pendidikan dan berasal dari sumber yang bisa dipercaya saja yang akan tampil.

Contohnya jurnal milik Universitas, Doaj, Buku, Scopus, jurnal internasional seperti Pubmed, dan lain sebagainya.

Ringkasnya, walaupun memiliki sistem kerja yang hampir sama dengan google biasa. Akan tetapi google scholar atau google cendekia dapat lebih selektif, Sehingga jurnal yang tampil benar-benar hasil pencarian yang terseleksi, relevan, dan jurnal internasional yang terakreditasi.

2. Mempermudah Pencarian Artikel Sejenis

Nah, berikutnya adalah memiliki fitur rujukan atau sitasi dalam google scholar atau google cendekia, dalam fitur tersebut ada daftar artikel yang sebelumnya melakukan sitasi. Pada umumnya memiliki kesamaan dalam hal topik yang diteliti.

Sehingga hal tersebut dapat mempermudah cara mencari jurnal internasional di google scholar atau google cendekia.

3. Mengindeks Seluruh Artikel dan Jurnal

Google Scholar atau google cendekia menelusuri seluruh dokumen yang memiliki nilai pendidikan, jurnal seluruh bidang keilmuan, berbeda dengan situs lain misalnya seperti Pubmed yang hanya khusus bahas bidang ilmu kesehatan dan kedokteran saja.

Bagi Kamu Yang Ingin Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit, Bisa Langsung Konsultasi Melalui Whatsapp Di Bawah Ini Dan Dapatkan Promo Bulan Ini!

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja yang bisa kami sampaika terkait Cara Mencari Jurnal Internasional Di Google Scholar semoga dengan adanya artikel Cara Mencari Jurnal Internasional Di Google Scholar bisa berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan semua.

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar