Cara Filter Turnitin

Cara Filter Turnitin

Bagi kamu yang ingin mengetahui tentang bagaimana Cara Filter Turnitin dengan mudah dan cepat, silahkan simak pembahasan berikut ini!

Turnitin dapat secara otomatis mengecualikan sumber atau frasa tertentu dalam dokumen doc, docx, atau pdf. Turnitin menawarkan setidaknya tiga filter pengecualian, Kecualikan Kutipan, Kecualikan Bibliografi, dan Kecualikan Kata Sumber atau opsi Persentase.

Penggunaan filter eksklusi Turnitin dapat diatur sesuai kebutuhan agar sumber tertentu tidak dianggap plagiat oleh sistem Turnitin. Hal ini tentunya akan sangat membantu dalam mengurangi indeks kesamaan untuk frase tertentu seperti kutipan, daftar pustaka, jumlah kata bahkan sumber tertentu.

Khusus untuk kecualikan sumber filter (exclude sources) hanya tersedia dan hanya tersedia di akun Turnitin Instructor. Filterexclude source sangat membantu dalam mengatasi self plagiarism atau plagiarisme pada tulisan anda sendiri.

Cara Filter Turnitin, Kenali Exclude Turnitin Terlebih Dahulu

cara filter turnitin

Dalam cara filter turnitin, Turnitin sendiri sudah menyediakan 3 filter pengecualian dan 2 filter pengecualian pengecualian yang dapat digunakan untuk mengecualikan postingan tertentu agar tidak dianggap plagiarisme, yaitu:

1. Exclude Quotes

Memfilter untuk mengecualikan tanda kutip berarti mengecualikan setiap kata atau kalimat yang dikutip dalam simbol “…” atau simbol lainnya, misalnya:

«…»»…«„…“
《…》〈…〉『…』

Setiap kata atau kalimat yang dikutip menggunakan simbol dalam tabel ini akan dikecualikan dari plagiarisme.

Menggunakan tanda kutip yang tidak biasa tidak mengecualikan tanda kutip tunggal “…” atau tanda kutip di dalam tanda kutip.

“…kata atau kalimat dalam tanda kutip tidak dapat dikecualikan dari simbol ini. Kata atau kalimat dalam tanda kutip tidak dapat dikecualikan dari tanda kutip, kata atau kalimat dalam tanda kutip tidak dapat dikecualikan dari tanda kutip…”.

Penggunaan tanda kutip yang dikecualikan dapat mengatasi kutipan istilah hukum, keputusan pengadilan, Alquran atau kitab suci lainnya, dan semua kata atau kalimat dalam tanda kutip atau simbol yang didukung oleh Turnitin dikecualikan atau tidak dianggap plagiarisme.

Cara mengecualikan kutipan dapat dilakukan dengan memilih atau mencentang opsi “Kecualikan Kutipan” di menu “Filter dan Pengaturan”.

2. Exclude Bibliography

Mengecualikan bibliografi berarti mengecualikan konten dengan judul tertentu, biasanya “referensi”. Oleh karena itu, konten setelah judul “Referensi” akan dikecualikan atau tidak dianggap plagiarisme oleh Turnitin.

Filter Kecualikan Bibliografi membantu mengurangi skor plagiarisme (indeks kesamaan) dalam artikel dengan banyak sumber atau bibliografi.

Selain mengutip kata “Referensi”, algoritme Turnitin juga mengecualikan konten setelah kata judul, seperti:

work citedcited worksreference notes
works citedendnotereferences and links
citationsendnotesreferences index
literaturefootnotereferences list
literature citedfootnotesreferences section
references and further readingfurther informationreferred articles
reference listfurther readingselected references
Resources Directorykey referencesselected works
additional readinglist of literatureselective bibliography
additional sourceslist of referencessitography
annotated bibliographyliterary sourcessource link
article citedliterature reviewedsource list
bibliographic recordliterature usedsources
bibliographical references and notesliteraturessources cited
bibliography citedliteratures citedused literature
citationprevious workused sources
citedprevious worksworks received
cited articlespublished worktextbooks
cited referencespublished works 
referencereference & note 
referencesreferences & note 
reference citedreference & notes 
references citedreferences & notes 
reference and noteresource 
references and noteresources 
reference and notesbibliography 
references and notes  

Filter Kecualikan Bibliografi akan mengecualikan konten dalam tabel ini setelah kata judul.

Algoritma Turnitin melakukan pemeriksaan kesamaan kembali setelah menemukan kata pada tabel berikut:

appendixacknowledgement
appendicesexhibits
glossaryacknowledgements
tablefigure
tablesfigures
acknowledgmentchart
acknowledgmentscharts

Kata-kata ini menjadi acuan Turnitin untuk menelaah kembali persamaan-persamaan tersebut.

Cara mengecualikan bibliografi dapat dilakukan dengan memilih atau mencentang Exclude bibliography pada menu Filters and Settings. Pastikan kata “bibliografi” telah diubah menjadi “referensi” atau kata lain yang ditunjuk oleh Turnitin untuk menghindari dianggap plagiarisme.

3. Exclude Sources

Source Exclusion adalah filter yang mengecualikan kurang dari sejumlah kata (angka) atau persentase kata tertentu sehingga Turnitin tidak menganggap plagiarisme. Berikut penjelasannya:

A. Exclude Sources Words

Mengecualikan sumber dengan jumlah kata kurang dari berarti bahwa setiap kata dalam kalimat dengan jumlah kata yang sama tetapi kurang dari jumlah kata yang ditentukan akan dikecualikan atau tidak dianggap plagiarisme.

Misalnya: Kecualikan kata sumber: 15, kata-kata dengan total kurang dari 15 kata dalam satu kalimat tidak dianggap plagiarisme.

Cara menggunakan kata sumber yang dikecualikan di Turnitin dapat dilakukan dengan memasukkan jumlah kata yang akan dikecualikan di menu filter dan pengaturan.

B. Exclude Sources Percent (%)

Kecualikan sumber kurang dari…% berarti persentase kalimat dengan kata yang sama untuk setiap kata tetapi kurang dari kata yang teridentifikasi akan dikecualikan atau tidak dianggap plagiarisme.

Contoh: Kecualikan persentase sumber: 1%, maka kata-kata dalam kalimat yang kurang dari 1% (persentase) serupa tidak dianggap plagiarisme.

Cara menggunakan Exclude Source % (persentase) di Turnitin dengan memasukkan persentase kata yang akan dikecualikan di menu Filter & Setting.

4. Exclude Sources

Kecualikan Sumber Turnitin adalah filter yang digunakan untuk mengecualikan sumber tertentu dari laporan.

Pengguna dapat memilih beberapa sumber untuk dikecualikan dari dianggap plagiarisme, memungkinkan indeks kesamaan menjadi lebih kecil atau sesuai kebutuhan.

Filter ini mengecualikan sumber Turnitin dapat mengurangi indeks kesamaan Turnitin dalam kasus plagiarisme diri atau dokumen dengan indeks kesamaan yang sangat tinggi (lebih dari 80%) tanpa penjelasan.

Sayangnya, hasil dokumen yang diperiksa dengan filter sumber pengecualian tidak permanen, karena indeks kesamaan kembali ke aslinya saat dokumen diperiksa ulang tanpa filter sumber pengecualian.

Baca Juga : Contoh Hasil Turnitin

Kekurangan Cek Plagiasi Menggunakan Turnitin Gratis (Free)

Jika Anda ingin menggunakan Turnitin versi gratis, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa kekurangan dan bahaya menggunakan Turnitin versi gratis.

Berikut kekurangan pada Cara Mengecek Plagiasi Di Turnitin secara gratis :

  • Hanya dapat memproses maksimal 1 file
  • Upload terbatas, hanya 1 file per hari dan cek 1 x 24 jam
  • Jumlah akun terbatas, hingga 100 pengguna
  • Tidak dapat mengubah avatar dan nama
  • Harus menggunakan koneksi internet yang sangat stabil
  • Bot Turnitin tidak dapat membedakan secara akurat antara kutipan yang benar dan teks yang diproses secara khusus lainnya
  • Situs Turnitin sering ditutup, jadi jika Anda menyegarkan, Anda harus memulai dari awal

Jasa Cek Plagiasi Turnitin Premium Murah (2 Menit)

Jasa Cek Plagiasi Turnitin Premium

Publikasi Indonesia adalah lembaga berbadan hukum yang satu-satunya menawarkan jasa cek turnitin dengan biaya yang terjangkau dan tanpa batasan halaman.

Kami memiliki tim yang sangat profesional dan dapat melayanimu kapan saja (24 jam penuh)

Kami juga akan menawarkan jaminan keamanan penuh mengenai semua kerahasiaan dokumen penting milik rekan-rekan semua.

Sudah lebih dari 1.274 client yang puas dengan jasa cek plagiasi turnitin dari kami ini.

Bagi Kamu Yang Tertarik Dengan Penawaran Jasa Cek Turnitin, Yuk Konsultasi Dengan Tim Turnitin Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Penawaran Eksklusif Jasa Menurunkan Plagiasi Turnitin Premium Harga Terjangkau (100% Lolos)

Jasa Menurunkan Plagiasi Turnitin Premium

Pusing karena plagiasi tinggi? Susah menurunkannya? Jangan risau, kami hadir menjadi solusi terbaik untukmu!

Jasa menurunkan plagiasi turnitin yang kami kelola ini adalah jasa untuk menata kembali tata bahasa dengan menggunakan teknik parafrase manual. Tentu saja, tetap memperhatikan kaidah penulisan jurnal ilmiah.

Kami memiliki tim yang profesional dan sudah ahli dalam dunia turnitin. Oleh karena itulah, kami bsia mengerjakannya dalam hitungan Jam bahkan Menit saja.

Kami selalu menjaga privasi setiap client. Kamu tidak perlu takut akan data-datamu yang bocor. Tenang, kami sudah berbadan hukum.

Selain itu, kami juga memberikanmu garansi lolos turnitin dan tetap memperhatikan kualitas dari isi jurnal.

Bagi Kamu Yang Tertarik Dengan Jasa Menurunkan Plagiasi Turnitin Dari Kami, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Turnitin Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Kerja Turnitin Premium

Cara Kerja Turnitin Premium

Diluncurkan pada tahun 1997, perangkat lunak Turnitin memiliki lebih dari 500 juta database pada tahun 2004. Tutnitin ini bekerja dengan mencocokkan kata, editorial, kalimat, paragraf, dan bentuk lain dari setiap bagian data yang berasal dari database pada sistem.

Meski databasenya banyak, proses cek plagiarisme Turnitin tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 10 menit.

Selama proses pemeriksaan plagiarisme, setiap kalimat diberi skor yang mewakili ada tidaknya plagiarisme menggunakan skor persentase (%).

Namun, karena banyak orang yang sekarang menggunakan software Turnitin, sulit untuk mendapatkan nilai plagiarisme 0% dalam naskah jurnal ilmiah.

Beberapa aturan umum yang dimiliki kampus memberikan persentase plagiarisme Turnitin tingkat atas sekitar 10 hingga 20 persen.

Baca Juga : Akun Turnitin Gratis 2022

Kenapa Bisa Self-Plagiarism?

Kenapa Bisa Self-Plagiarism

Self-plagiarism terjadi karena postingan sebelumnya disimpan di database atau repositori Turnitin. Akun Turnitin milik perguruan tinggi atau universitas dan perusahaan yang bermitra dengan Turnitin dapat memasukkan makalah.

Jika artikel sudah masuk ke database Turnitin, artikel identik berikutnya akan dianggap plagiarisme. Dua indikasi bahwa karya tersebut telah masuk ke dalam database Turnitin adalah sumber plagiarisme dengan informasi yang disampaikan oleh [nama kampus] dan skor persentase plagiarisme (indeks kesamaan) sebesar 100% atau mendekati 100%.

Ada dua cara untuk mengatasi plagiarisme diri Turnitin, menulis ulang atau menulis ulang kalimat sambil mempertahankan substansi, dan mengedit persentase Turnitin dengan mengecualikan sumber aslinya.

Baca Juga : Cara Membuat Akun Turnitin

Kesimpulan

Nah, cukup sekian saja pembahasan kami kali ini seputar bagaimana Cara Filter Turnitin dengan cepat dan mudah. Semoga artikel yang kami buat ini bisa berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian, terimakasih!


FAQ

Filter Di Turnitin Apa Saja?

Exclude Quotes > Exclude Bibliography > Exclude Sources

Bagaimana Cara Agar Turnitin Rendah?

Menyertakan Sitasi > Catat Sumber Daftar Pustaka > Lakukan Parafrase > Gunakan Teknik Interpretasi

Apakah File Pdf Bisa Di Turnitin?

Bisa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *