Cara Download Jurnal Di SINTA

Cara Download Jurnal Di SINTA

Hallo Sobat Publikasi! Kali ini mimin mau ngasih tau cara download Jurnal di SINTA yang pasti mudah, gratis dan yang pasti woth it. Semoga tutorial ini bisa menjadi jawaban dari kebingunan kalian. Tak usah berlama-lama, Yuks simak artikel nya sampai habis.

Cara Download Jurnal Di SINTA

Nah, mimin akan paparkan cara mengunduh atau download Jurnal yang sudah terakreditasi SINTA. Tak bisa dipungkiri, mendownload Jurnal di SINTA cukuplah mudah dilakukan, Tetapi, jika bagi orang yang belum tahu caranya pasti akan merasa kesulitan dan pusing.

Baca Juga : Cara Mencari Jurnal Di SINTA Dengan Mudah

Lantas, bagaimana cara mendapatkan Jurnal yang kita inginkan tersebut? Nah, yuk simak langkah-langkah berikut ini :

1. Buka website SINTA

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah  buka website ini https://sinta.kemdikbud.go.id/

2. Memilih kualitas Jurnal

Selanjutnya kamu bisa pilih kualitas Jurnal dengan menggunakan SINTA1, SINTA2, SINTA3, SINTA4, SINTA5 ataupun SINTA6. Lalu kamu pilih salah satu keyword atau yang kita ketahui sebagai keyword.

3. Memilih Judul Jurnal

Setelah melakukan step menulis keyword di kolom pencarian, selanjutnya klik mencari ( klik kaca pembesar ) lalu akan muncul beberapa judul Jurnal, dan kamu bisa mencari di antara Jurnal teresebut sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kemudian klik logo yang ada dibawah judul tersebut ( Logo tersebut adalah penyedia indeks Jurnal, bisa Arjuna, PDDIKTI, Risbang, Garuda atau scopus ( indeks international journal )

4. Masuk Pada Judul Pilihan 

Lalu klik Jurnal yang kamu cari.

5. Masuk Pada Tautan

Langkah selanjutnya kamu dapat memilih judul yang diinginkan, Kamu juga dapat membaca abstrak dari Jurnal tersebut, kemudian untuk teks full kalian harus masuk ( klik ) yang ada di lingkaran merah di bawah ini, selanjutnya kalian akan di arahkan ke perguruan tinggi atau universitas pembuat Jurnal tersebut.

6. Download Jurnal

Untuk Langkah yang terakhir ini, kemudian muncul artikel yang kalian inginkan dan juga bisa kalian unduh atau download biasanya dalam bentuk PDF, dan selesai deh cara download Jurnal di SINTA.

Baca Juga : Format Penulisan Jurnal SINTA1, 2, 3, 4, 5, & 6

Apa Itu SINTA ?

SINTA adalah kepanjangan dari Science and Technology Index yang mana merupakan wadah atau tempat (website) yang digunakan untuk pengukuran kinerja teknologi dan ilmu pengetahuan di Indonesia yang meliputi antara lain kinerja penulis, kinerja peneliti, kinerja teknologi dan kinerja institusi ilmu pengetahuan dan kinerja Jurnal, dan SINTA adalah gudang judul Jurnal dari Jurnal yang berkualitan sampai kurang berkualitas, semuanya juga sudah dimasukan ke wadah atau tempat yang namanya SINTA S1 sampai dengan S6.

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan SINTA

Pada bab ini kami akan memberitahu Anda langkah langkah untuk Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan SINTA yang mudah untuk dilakukan dimana saja.

Tutorial ini ditujukan untuk para verifikator SINTA, dimana salah satu tugas dari verifikator SINTA adalah melakukan sinkronisasi Google Scholar sehingga metadata Karya Ilmiah Dosen di profil Google Scholar di bawa ke dalam portal SINTA.

Tak usah berlama-lama lagi , Mari kami tunjukan langkah-langkah nya.

  • Dalam tutorial ini, saya akan menyinkronkan Google Scholar dari salah satu dosen di tautan berikut: https://scholar.google.co.id/citations?hl=id&user=pBiiwtsAAAAJ
  • Ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini dengan teliti,  simak sampai selesai!
  • Login pada link berikut : https://sinta.ristekbrin.go.id/authorverification/?mod=login
  • Cari Dosen yang bersangkutan dengan menggunakan nama dosen atau NIDN Dosen.
  • Perhatikan juga di sini bahwa bagian Statistik Penulis di bagian Google Cendekia menunjukkan bahwa artikel tersebut masih 0, dalam hal ini tidak pernah di sinkronkan.
  • Melakukan sinkronisasi semudah mengklik menu Minta Sinkronisasi Google.
  • Pilih opsi Ya, kirim permintaan dan tunggu proses sinkronisasi berhasil. Tanda bahwa sinkronisasi selesai, kemudian jumlah artikel di bagian statistik penulis.
  • Seperti yang bisa di lihat, ada 5 artikel di bagian Google Cendekia, berdasarkan jumlah publikasi di profil Google Cendekia yang bersangkutan.
  • Oleh karena itu, kita dapat melihat SINTA instruktur melalui link https://sinta.ristekbrin.go.id/authors
  • dan mencari nama instruktur yang bersangkutan berdasarkan kata kunci.
  • Lihat bahwa jumlah dokumen di Google adalah 5, yang dapat Anda lihat dengan memilih menu Dokumen GS.

Cara Daftar Akun Google Scholar

Setalah mengetahui Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan SINTA, tidak menutup kemungkinan Anda belum mengetahui cara daftar akun google scholer, Maka dari itukami akan memberitahu caranya di sini. Silahkan simak sampai habis!

Berikut cara daftar akun google scholer, mari ikuti langkah-langkahnya :

  • Langkah pertama, kamu bisa langsung kunjungi situs resmi Google Scholar atau bisa klik link berikut https://scholar.google.co.id/
  • Kemudian Klik Profil Saya
  • Login dengan Email kamu
  • Lengkapi Data Diri
  • Pilih opsi Berikutnya / Next
  • Setelah itu, silahkan Cari Artikel milikmu berdasarkan nama penulis
  • Centang semua Jurnal milikmu yang muncul
  • Klik opsi Tanda Panah ke kanan
  • Pilih Terapkan Dan Update Secara Otomatis
  • Centang di bagian Jadikan Profil Saya Untuk Umum
  • Selesai

Kesimpulan

Demikian pembahasan mimin kali ini mengenai cara download jurnal di sinta. Semoga bisa membantu kamu ya. Seperti biasa, bagi kamu yang ingin bertanya seputar Jurnal / Publikasi, silahkan tulis di kolom komentar.


FAQ

Apa saja contoh jurnal pengabdian masyarakat?

Sudah kami berikan contohnya di artikel sebelumnya.

Apa saja perbedaan SINTA dan SCOPUS?

Ada di artikel sebelumnya yaks.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *