Cara Download Jurnal Di Google Scholar

Nah pada pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara download jurnal di google scholar dengan mudah. Nah tapi sebelum ke pembahasanya yuk kita kenali terlebih dahulu apa sih google scholar itu?

Baca Juga | Publikasi Jurnal

Biaya Jasa Publikasi Jurnal

Biaya Jasa Publikasi Jurnal

Hanya di Publikasi Indonesia kamu bisa mendapatkan pelayanan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau!

Jasa Publikasi Jurnal Sinta milik kami ini bisa diperuntukan bagi para Mahasiswa, Dosen, Peneliti dan para akademisi lainnya. Bisa juga sebagai syarat kelulusan S1, S2, S3 dan Angka Kredit Pengajuan Jafung (Jabatan Fungsional)

Kami sudah mengelola lebih dari 8 Jurnal Nasional bereputasi Sinta, Jurnal Terakreditasi dan Jurnal International Bereputasi.

Yaitu : Jurnal Syntax Literate, Jurnal Social Sains, Jurnal Psikologi Indonesia, Jurnal Syntax Admiration, Jurnal Indonesia Social Sains, Jurnal Indonesia, Jurnal Cerdika dan masih banyak lainnya.

Kami akan mendampingi naskah yang kamu miliki sampai terbit di Jurnal.

Kelebihan Menggunakan Jasa Kami :

  • Naskah Bisa Terbit Bulan Ini!
  • Pendampingan Sampai Naskah Terbit Di Jurnal
  • LoA cepat (3-7 hari)
  • Focus and Scope : Multidisiplin (Semua Rumpun Ilmu)
  • Gratis Revisi Minor
  • Gratis Proofreading
  • Gratis Mendley
  • Gratis Template
  • Harga Terjangkau
  • SLOT TERBATAS!! (Tersisa 4 Slot)

Karena Slot Terbatas, silahkan langsung hubungi kami dengan klik gambar Whatsapp di bawah ini :

Apa Itu Google Scholar?

Google Scholar ini adalah salah satu produk dari perusahaan terkenal mesin pencarian, yaitu Google. Google telah meluncurkan layanan ini sejak tahun 2004. 

Di Indonesia sendiri google scholar ini di sebut google cendekia. Untuk mengunjungi google scholar atau cendekia ini kamu bisa masuk dengan url berikut https://scholar.google.com/

Jadi seperti yang telah disampaikan di atas, Google Scholar adalah ini merupakan produk mesin pencarian juga, tetapi dikhususkan atau dipokuskanuntuk mencari referensi bagi para akademisi saja.

Nah dengan hadirnya Google Scholar ini, para akademisi dapat mendapatkan rujukan-rujukan ilmiah, seperti artikel ilmiah, jurnal dan publikasi ilmiah yang tentunya sudah terbukti keaslian dan kebenarannya.

Bisa kita sebutkan bahwa Google Scholar ini seperti sebuah perpustakaan tetapi dalam bentuk online. 

Bagi para mahasiswaGoogle Scholar ini bisa digunakan untuk mencari literatur dan referensi saat mengerjakan skripsi.

Hanya Dengan mengetikkan kata kunci penelitian yang ingin dicari saja, Google Scholar akan langsung menampilkan berbagai literatur dan publikasi yang relavan dengan kata kunci tersebut. 

Publikasi-publikasi ilmiah itu umumnya telah diterbitkan secara daring oleh para akademisi, universitas, komunitas profesional, sampai lembaga atau institusi tertentu.

Dan tidak hanya itu, bagi kalian kalian para mahasiswa tentunya juga bisa mengunggah jurnal hasil skripsi kalianke Google Scholar juga, lho. 

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih seperti sekarang ini, Google Scholar ini sudah dijadikan sebagai salah satu sumber yang valid.

Karena, publikasi yang diunggah di Google Scholar juga telah melewati proses verifikasi yang ketat. 

Cakupan jurnal Google Scholar juga tidak sebatas hanya di Indonesia saja, tetapi Google Scholar tentu saja menyajikan jurnal internasional yang berkualitas dari berbagai macam disiplin ilmu. 

Yang membedakan google scholar dengan mesin pencari google.com yang biasa adalah, jika google.com hanya memberikan referensi ilmiah ang cenderung lebih luas sehingga ita tidak mengetahui keasliannya atau kevalidannya.

Sedangkan dengan google scholar aan memberian referensi jurnal ilmiah yang benar-benar valid berasal dari sumber yang telah teruji.

Cara Download Jurnal Di Google Scholar Dengan Mudah

Setelah mengetahui apa itu google scholar yuk kita lanjut ke cara download jurnal di google scholar dengan mudah dan cepat tentunya. Penasaran seperti apa pembahasannya? Silahkan simak materinya berikut ini.

Berikut adalah langkah-langkah cara download jurnal di google scholar:

  • Langkah pertama, silahkan kalian masuk ke laman google scholar. Dengan cara mengetik kata kunci pada kolom pencarian “google scholar” pada browser,  dan laman google scholar akan otomatis muncul
  • Untuk langkah kedua, apabila laman google scholar tadi telah terbuka, silahkan kalian masukan kata kunci yang relavan dengan jurnal yang akan teman-teman cari pada kolom pencarian. Kalian bisa mengetikan apa saja seperti nama dari jurnal, nama penulis dan sejenisnya.
  • Setelah kamu mengetikan nama jurnal dan menekan enter, maka akan otomatis banyak pilihan jurnal akan muncul yang relavan dengan kata kunci yang kamu masukan tadi. Silahkan kamu cari judul jurnal yang sesuai dan pastikan isi dari jurnal itu juga sesuai dengan judul yang kamu butuhkan.
  • Langkah selanjutnya silahkan kamu klik pada link yang telah tersedia dan file jurnal tersebut akan segera muncul dalam bentuk PDF
  • Silahkan kalian unduh file PDF tersebut pada perangkat kamu
  • Selesai

Nah tadi adalah langkah-langkah  cara download jurnal di google scholar, langsung saja lanjut ke pembahasan selanjutnya yaitu tips agar jurnal ilmiah terindeks oleh google scholar

Tips Agar Jurnal Ilmiah Terindeks di Google Scholar

Bagi kamu yang memiliki akun google scholar, kalian bisa simak artikel ini supaya bisa memanfaatkan akun google scholar lebih professional dan bisa memiliki jurnal ilmiah yang terindeks google scholar. Seperti apa tipsnya silahkan simak berikut ini.

1. Melalui Google Console

Salah satu tips yang bisa kamu coba agar publikasi yang telah kamu unggah pada Google Scholar bisa terindeks adalah dengan masuk ke situs search.google.com/search-console/welcome. 

  • Langkah yang pertama adalah klik menu “URL Prefix” atau “Awalan URL”. 
  • Kemudian kau klik menu, masukan situs jurnal yang sudah kalian publikasikan dan kemudian kamu klik continue.
  • Silahkan kamu pilih domain supaya artikel bisa diverifikasi dan kemudian kalian klik “Verify” atau “Verifikasi” 
  • Apabila telah berhasil selanjutnya hanya tinggal menunggu jurnal diverifikasi oleh Google Scholar saja.
  • Jka berhasil, klik “Request Indexing” dan tunggu
  • selesai

2. Mengajukan Permohonan

Tips selanjutnya selain melalui Google Console, cara supaya jurnal terindeks juga bisa dilakukan dengan mengisi formulir permohonan. 

Permohonan pengindeksan itu bisa kamu ajukan dengan melalui url berikut https://google.com/support/scholar/bin/request.

Di situ kalian akan diminta untuk mengisi kolom-kolom yang disediakan. Selesai deh.

3. Judul SEO Friendly

Tips lain agar jurnal ilmiah kalian terindeks yaitu dengan membuat judul yang menarik atau berbeda dengan jurnal lainnya. Menarik dalam konteks ini yaitu dibuat dengan sangat spesifik dan Search Engine Optimization (SEO) friendly.

SEO Friendly ini maksudnya adalah bagaiana caranya jurnal atau artikel kalian bisa masuk ke halaman pertama dalam rujukan dari mesin pencarian, tentunya dalam hal ini adalah Google Scholar. 

Caranya adalah menetukan judul yang mengandung keyword-keyword yang mungkin akan banyak dicari oleh para akademisi lainnya.aka tetapi, usahakan judul tidak terlalu panjang dan menggunakan bahasa yang menarik bagi orang lain. 

Kelebihannya, selain jurnal terindeks dengan baik oleh Google, jurnal ilmiah juga kemungkinan akan dijadikan oleh referensi oleh akademisi lainnya. 

4. Petakan Target Pembaca dengan Tepat

Selain tadi mengenai judul, pemetaan target pembaca juga penting untuk kamu perhatikan. Pemetaan ini harus tepat gar jurnal akan tepat sasaran dan akan banyak peminatnya dan banyak digunakan.

Saat jurnal banyak digunakan, kemungkinan Google juga akan mempertimbangkan untuk mengindeks hasil penelitian kalian tersebut. 

5. Jurnal Harus Informatif dan Orisinil

Cara agar naskah terindeks di Google Scholar adalah dengan menampilkan informasi yang bermanfaat dan memiliki keaslian. Algoritma yang digunakan oleh Google juga lebih menyukai naskah yang tidak hanya memberikan informasi yang bernilai, tetapi juga memiliki keunikannya sendiri.

Dalam konteks ini, Google memiliki kecenderungan untuk memberikan perhatian lebih pada naskah yang memiliki analisis mendalam dan dapat dengan mudah dipahami, dengan panjang minimal 300 kata.

Tidak hanya itu, Google juga akan mengabaikan naskah yang sama dengan yang sudah ada atau yang memiliki tanda-tanda plagiarisme.

Jadi, itulah beberapa panduan agar naskah Anda dapat diindeks dengan baik oleh Google Scholar.

Kesimpulan

Oke teman-teman mungkin cukup sekian sedikit pembahasan dari kami mengenai cara download jurnal di google scholar, semoga artikel ini bisa membantu permasahalan kalian semua dan semoga bisa menambah wawasan kita semua. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *