Aplikasi Review Jurnal

Nah, pada artikel ini, kami akan memberikan kalian artikel terkait aplikasi review jurnal. Yuk kita simak artikel ini sampai habis!

Aplikasi review jurnal tentu saja bukan hal yang baru bagi mahasiswa jika mendapatkan tugas mereview jurnal dari dosen.

Akan tetapi juga review jurnal naskah lumayan cukup berat, karena kita perlu membaca isi jurnalnya terlebih dahulu baru kita bisa mengambil inti dari jurnal tersebut.

Dan terlebih lagi, jurnal dengan halaman yang cukup banyak bisa mengganggu otak.

Dan kita tidak boleh sedikitpun lalai dalam mereview  jurnal, karena dari setiap bagian review jurnal wajib bisa dipertanggungjawabkan.

Setidaknya dalam mereview jurnal ada banyak hal yang wajib kita perhatikan yaitu: abstrak jurnal dan kata kunci.

Setelah mereview sebuah jurnal, seringkali kita masih dikritik oleh dosen kita karena menulis sesuatu yang berbeda dengan apa yang dikatakan jurnal tersebut, atau dengan kata lain kita dicap tidak paham dengan pembahasan di jurnal yang sedang kita review.

Nah, Jadi tidak ada salahnya jika kita mencoba aplikasi review jurnal secara online, baik secara otomatis maupun online.

Ini juga akan sangat berguna, terutama jika kamu memiliki banyak pekerjaan dan sudah kewalahan. kamu hanya membutuhkan 10 detik dan kamu akan segera mendapatkan hasil review.

Baca Juga : Tempat Publish Jurnal

Apa Itu Review Jurnal Otomatis?

Aplikasi Review Jurnal

Sebelum mengetahui terkait Aplikasi Review Jurnal, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu review jurnal otomatis

Review dalam Bahasa Indonesia artinya adalah meninjau atau ulasan. Oleh karena itu, kegiatan review jurnal bisa diartikan sebagai kegiatan menulis yang memberikan revisi atau review terhadap artikel jurnal, baik itu dari segi kelemahan, kekuatan maupun kualitas.

Aplikasi review jurnal ini dapat kamu gunakan dalam review jurnal internasional juga loh.

Aplikasi Review Jurnal Online

Berikut kami paparkan mengenai aplikasi review jurnal online

1. Getdigest

Aplikasi Review Jurnal

Salah satu platform pengulasan naskah yang patut diperhatikan adalah Getdigest. Getdigest adalah situs web yang memfasilitasi otomatisasi proses pengulasan serta jurnal daring.

Layanan ini mampu mendukung berbagai format file jurnal, seperti .txt, .pdf (dokumen teks), dan .doc (dokumen teks). Adapun, batas ukuran file yang dapat diunggah tidak boleh melampaui 5 MB, dan tiap log dapat mencakup hingga 7000 karakter.

Pada tahap pengulasan, Anda berhak memilih persentase seberapa banyak isi jurnal yang ingin Anda tinjau, yang meliputi opsi 5%, 15%, 25%, 35%, 45%, atau 55%.

  • Berikut ini adalah panduan mengenai penggunaan Getdigest untuk mengulas naskah:
  • Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan naskahnya, yang bisa berupa dokumen teks, file Word, atau PDF.
  • Kemudian, Anda dapat mengakses situs Getdigest.
  • Setelah Anda berada di halaman Getdigest, masukkan file jurnal dengan cara menyeretnya dari folder ke area yang ditentukan. Alternatifnya, Anda bisa klik “Pilih Berkas” dan memilih “Buka Berkas”.
  • Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu beberapa saat sampai proses pengulasan jurnal selesai. Hasil pengulasan juga dapat dilihat di sisi kanan halaman. Jangan lupa untuk mengatur persentase tinjauan yang diinginkan di atas ringkasan.
  • Langkah berikutnya adalah menyimpan jurnal yang telah direvisi dengan mengeklik “Dapatkan Digest sebagai Berkas Teks” dan memilih “Simpan Berkas”.

2. Mendeley

Mendeley adalah program berbasis desktop dan web yang digunakan untukmengelola dan berbagi makalah penelitian, menemukan data penelitian, dan berkolaborasi secara online. Program ini menggabungkan aplikasi Desktop, PDF, dan manajemen referensi yang tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac, dan Linux.

Keunggulan dari aplikasi review jurnal Mendeley:

  • Integrasi lintas platform (desktop dan mobile) memudahkan akses dan sinkronisasi referensi di berbagai perangkat.
  • Fitur organisasi yang canggih, memungkinkan pengguna untuk mengatur referensi, catatan, dan dokumen penelitian dengan mudah.
  • Mendukung pembuatan sitasi dan bibliografi secara otomatis dalam berbagai format.
  • Komunitas online untuk berbagi referensi dan berkolaborasi dengan peneliti lain.

3. Zotero

Zotero adalah salah satunyapengelola referensi gratis yang memudahkan penulis dalam mengelola sumber referensi yang dimilikinya sebagai referensi dalam referensi tertulis. Zotero sangat direkomendasikan untuk mereview karya ilmiah seperti jurnal ilmiah.

Keunggulan:

Sumber terbuka dan gratis, dengan kemampuan untuk mengelola referensi dan dokumen penelitian.

Integrasi dengan browser web untuk mengumpulkan referensi dari internet secara langsung.

Fitur kolaborasi yang memungkinkan pengguna untuk bekerja bersama dalam grup dan berbagi koleksi literatur.

Ekstensi word processor untuk memudahkan penulisan sitasi dan pembuatan daftar pustaka.

4. EndNote

Satu catatan adalah aplikasi pencatatan digital yang menyediakan satu tempat untuk menyimpan semua catatan, penelitian, rencana, dan informasi Anda, apa pun yang perlu Anda ingat dan atur dalam kehidupan Anda di rumah, kantor, atau sekolah. Penelitian yang relevan meliputi karya ilmiah.

Keunggulan:

Kemampuan pencarian yang kuat, memungkinkan pengguna untuk mencari database perpustakaan dan artikel jurnal secara langsung dari aplikasi.

Manajemen referensi yang fleksibel dan kemampuan untuk mengatur referensi dalam berbagai kelompok.

Integrasi dengan software pengolah kata untuk sitasi dan pembuatan daftar pustaka yang mudah.

Dukungan untuk berbagai format referensi dan kemampuan untuk menyesuaikan style sitasi.

5. ReadCube Papers

Aplikasi review jurnal selanjutna adalah ReadCube Papers. Aplikasi bisa kita ibaratkan sebagai perpustakaan digital atau online. Jangan salah! aplikasi ini bisa digunakan gratis lho.

Keunggulan Apliaksi ReadCube Papers:

Antarmuka pengguna yang modern dan intuitif, memudahkan navigasi dan manajemen literatur.

Fitur pencarian canggih dengan akses ke berbagai database akademik dan penyimpanan awan untuk dokumen.

Anotasi dan highlight dalam dokumen untuk tinjauan yang lebih efisien.

Sinkronisasi lintas perangkat, memungkinkan akses literatur kapan saja dan di mana saja.

6. RefWorks

RefWorks adalah sebuah aplikasi manajemen referensi yang digunakan untuk mengelola dan menyusun daftar referensi atau sumber informasi seperti jurnal, buku, dan artikel.

Aplikasi ini membantu pengguna dalam membuat daftar kutipan dan daftar pustaka secara otomatis sesuai dengan gaya penulisan yang diinginkan, seperti APA, MLA, Chicago, dan lainnya. RefWorks memudahkan peneliti atau penulis dalam mengelola referensi mereka dan membuat penulisan akademis lebih efisien.

Keunggulan

Berbasis cloud, memudahkan akses dan manajemen referensi dari mana saja.

Kemampuan untuk berbagi koleksi dan kolaborasi dengan peneliti lain dalam proyek penelitian.

Integrasi dengan database dan sumber informasi online untuk impor referensi secara otomatis.

Dukungan untuk berbagai format sitasi dan kemudahan dalam membuat daftar pustaka.

Apabila Anda sudah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, jurnal hasil pengulasan secara otomatis akan tersimpan di folder Anda.

PERHATIAN: Sebelum Anda mempresentasikan hasil pengulasan kepada dosen, disarankan untuk melakukan pembacaan ulang terhadap teks yang dihasilkan. Ini bertujuan untuk memastikan tidak terdapat kesalahan dalam kalimat atau kata yang mungkin terlewatkan dalam pengulasan.

Selain itu, pemahaman mendalam terhadap hasil pengulasan juga sangat penting. Jika ada pertanyaan dari dosen tentang proses pengulasan yang Anda lakukan, pastikan Anda mampu menjawabnya dengan baik. Tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut dapat menimbulkan kecurigaan bahwa Anda tidaklah menjadi pelaku pengulasan jurnal tersebut.

Cara Cepat Review Jurnal Otomatis Online

Nah, selain membahas situs review jurnal, di bagian ini kami akan memberikan beberapa cara cepat untuk mereview jurnal kalian. Lihat berikut ini:

Nah, selain membahas mengenai aplikasi review jurnal, pada bagian ini juga kita memberikan kamu beberapa cara atau tips cepat dalam review jurnal kamu. Berikut ini adalah cara cepat review jurnal:

1. Harus Original

Pertama-tama, dalam Aplikasi Review Jurnal, hal yang utama adalah menjaga keaslian. Tidak sepenuhnya dapat dipercayai bahwa seluruh konten jurnal yang telah Anda kumpulkan adalah sepenuhnya orisinal. Anda sebaiknya membaca pendahuluan dengan teliti.

Selain itu, dari segmen ini, Anda dapat memperoleh informasi terkait latar belakang dan motif peneliti dalam melaksanakan penelitian. Intinya, tujuan dari proses ini adalah agar Anda memiliki pemahaman mengenai autentisitas atau orisinalitas jurnal tersebut.

Ngomong-ngomong soal aplikasi, kunjungi website satukota disana ada banyak informasi seputar teknologi.

2. Perhatikan Bagian Diskusi

Dalam review artikel online, kamu tidak akan melewatkan bagian diskusi di jurnal, apalagi jika Anda melakukan review jurnal otomatis.

Hal ini dilakukan untuk melihat gambaran sistematik dari tes yang dilakukan peneliti. Misalnya, tingkat keberhasilan suatu penelitian ditentukan oleh keberhasilan solusi peneliti atas pertanyaan-pertanyaan di bagian pendahuluan.

3. Bagian Kesimpulan

Nah,pad bagian terakhir dalam aplikasi review jurnal adalah tidak boleh kamu melupakan dalam review artikel online adalah kesimpulan.

Pada bagian kesimpulan, kamu bisa melihat apakah kesimpulannya konsisten dengan pernyataan yang dibuat penulis dalam pendahuluan. atau Juga, kamu bisa melihat seberapa besar kontribusi peneliti dalam melakukan penelitian.

Cara Review Jurnal Menggunakan AI (Humata AI)

sumber gambar : ajaib kripto

Terdapat beragam sistem kecerdasan buatan yang dapat membantu Anda dalam menyelesaikan tugas jurnal. Salah satu opsi yang dapat digunakan untuk mereview jurnal adalah melalui bantuan dari kecerdasan buatan bernama Humata. Berdasarkan informasi resmi yang diunggah di platform YouTube, Humata merupakan asisten PDF yang dapat membantu Anda dalam membaca dan memahami paper penelitian.

1. Registrasi atau Login

Kunjungi situs resmi Humata.ai dan lakukan registrasi menggunakan alamat email Anda atau langsung login jika sudah memiliki akun.

2. Unggah Materi Penelitian

Pada halaman utama, temukan kolom yang tersedia dan unggah dokumen jurnal, artikel, modul, atau materi penelitian lainnya yang ingin Anda review. Tunggu hingga proses unggah selesai.

3. Ajukan Pertanyaan

Setelah proses unggah selesai, klik tombol ‘Ask’. Di dalam ruang obrolan, masukkan pertanyaan spesifik terkait informasi dalam jurnal atau penelitian yang Anda review. Misalnya, tanyakan tentang metode penelitian yang digunakan atau hasil penelitian yang ditemukan.

4. Analisis AI dan Ringkasan

Humata akan melakukan analisis dan menyajikan ringkasan sesuai dengan pertanyaan yang Anda ajukan. Ini mencakup pemahaman terhadap konten jurnal atau penelitian yang kompleks.

5. Draf Ulang dan Integrasi

Dengan informasi yang diberikan oleh Humata, Anda dapat dengan mudah membuat draf ulang dan mengintegrasikannya ke dalam tugas atau skripsi Anda. Proses ini membantu Anda memahami dan menggali informasi dari materi penelitian dengan lebih efisien.

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan terkait Aplikasi Review Jurnal, semoga dengan adanya artikel Aplikasi Review Jurnal bisa berguna dan bermanfaat bagi teman-teman semua. Terimakasih!


FAQ


Apakah ChatGPT bisa mereview jurnal?

AI dapat membantu penulis dalam melakukan riview jurnal, dengan adanya bantuan AI ChatGPT, penulis dapat melakukan riview jurnal dengan lebih cepat, sehingga dapat menghemat tenaga dan waktu.

Review jurnal isinya apa aja?

kemdikbud.go.id, isi dari review jurnal yaitu mengungkapkan sejumlah landasan teori yang dipakai oleh peneliti untuk menjadi acuan serta tujuan dalam penelitiannya. Mulai dari metode, hasil, pembahasannya, hingga kekurangan atau kelebihannya.

Previous Post
Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *