Perbedaan ISSN Dan ISBN

Ternyata banyak yang belum mengetahui bahwa fungsi ISBN dan ISSN adalah dua hal yang berbeda. Selama ini, masih cukup banyak orang yang menganggap kedua hal

Rudi Ferdiansah

[addtoany]

Perbedaan ISSN Dan ISBN

Ternyata banyak yang belum mengetahui bahwa fungsi ISBN dan ISSN adalah dua hal yang berbeda. Selama ini, masih cukup banyak orang yang menganggap kedua hal ini sama.

Sebenarnya masih cukup banyak orang yang ingin mengajukan ISBN dan ISSN sendiri, tetapi mereka bingung dan tidak tahu harus berbuat apa. Dan memang benar ISBN dan ISSN tidak bisa disampaikan secara terpisah. Komentar akan ditinjau dalam paragraf berikut.

Jadi, apa gunanya? Kapan mereka digunakan dan kapan? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini. Siapa tahu, review kali ini akan mengungkap wawasan tentang dua kode unik tersebut. Ini reviewnya, semoga bermanfaat.

Konsultasikan sekarang juga terkait ISSN & ISBN

Perbedaan ISSN Dan ISBN

Perbedaan ISSN Dan ISBN

International Standard Book Number (ISBN)

ISBN adalah serangkaian angka unik. Angka tersebut menunjukkan identitas buku yang akan diperdagangkan. Tidak semua buku memiliki ISBN. Nilai rata-rata dari buku-buku yang diperdagangkan di sana. Karena peran ISBN adalah untuk mengidentifikasi buku.

Meski tampil dalam bentuk digital di sampul belakang buku ini. Penggunaan ISBN tidak sembarangan. Pertanyaannya, bagaimana cara mendapatkan ISBN? Ternyata, ISBN tidak mudah didapat. Ada syarat dan ketentuan.

Permohonan untuk mendapatkan ISBN harus terlebih dahulu diajukan ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Dalam beberapa hari, kita akan mendapatkan nomor unik. Sebagai informasi tambahan, proses pengajuan ISBN harus menyertakan naskah buku.

Kemudian, jika isi buku tersebut ditambah dan diedit pada saat penyerahan buku, maka nomor ISBN yang sedang diproses oleh Perpustakaan Nasional RI tersebut menjadi tidak berlaku. Oleh karena itu, persyaratan untuk mengajukan ISBN adalah tidak ada proses pengeditan lanjutan. Karena begitu editan ditambahkan, nomor ISBN juga akan berubah.

Permohonan ISBN hanya dapat diajukan oleh penerbit/lembaga buku. Artinya, ISBN tidak dapat diajukan secara terpisah. Jadi ada struktur organisasi untuk pengajuan persyaratan.

Konsultasikan sekarang juga terkait ISSN & ISBN

Baca Juga: Jasa Publikasi Jurnal Nasional dan Internasional

International Standard Serial Number (ISSN)

Nah, persamaan kedua terdiri dari angka unik, yang menunjukkan identitas buku. Hanya saja ISSN hanya berkomitmen pada penerbitan majalah dan terbitan berkala. Oleh karena itu, bagi yang sering meneliti dan mempublikasikan jurnal-jurnal tersebut dalam koleksi atau jurnal, itu bukanlah ISBN, melainkan ISSN.

Perbedaannya terletak pada lokasi penyerahan. Jika ISBN diajukan ke Perpustakaan Nasional RI, maka permohonan izin ISSN diajukan ke Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDDI) Lippi. Peran dan tanggung jawab PDII LIPI juga bertanggung jawab untuk mengawasi publikasi jurnal.

Kemajuan teknologi memang telah memberikan banyak terobosan. Salah satu terobosan terkait ISBN dan ISSN. Sekarang, setiap kali kita mengajukan ISSN, kita mendapatkan fasilitas tambahan berupa generator barcode online. Bahkan generator barcode online ini, jika dijual dan dibeli, dikatakan mahal. Jadi ketika kita mendapatkannya secara gratis, itu benar-benar hebat. Tahukah Anda bahwa fasilitas ini merupakan fasilitas pertama di dunia yang terhubung langsung dengan pengelolaan ISSN.

Akhir Kata Itulah pengertian dan pengertian ISBN dan ISSN. Semoga ulasan ini akan membuat Anda lebih sadar. Anda juga harus mengetahui persamaan dan perbedaan antara ISBN dan ISSN. Jika ternyata kedua hal ini berbeda. Jadi mereka berdua memberikan kode angka yang unik, tetapi keduanya digunakan untuk hal yang berbeda.

Related Post

Tinggalkan komentar