Perbedaan Artikel dan Jurnal Ilmiah

Sering salah paham mengenai Perbedaan Artikel dan Jurnal Ilmiah kedua karya tersebut memiliki beberapa kesamaan. Namun ada perbedaan mendasar. Artikel adalah artikel yang dirancang untuk

Dwi Rayhan Sunandar Putra

[addtoany]

Sering salah paham mengenai Perbedaan Artikel dan Jurnal Ilmiah kedua karya tersebut memiliki beberapa kesamaan. Namun ada perbedaan mendasar. Artikel adalah artikel yang dirancang untuk memberi pembaca informasi tentang topik yang didukung oleh fakta.

Jurnal adalah karya yang memuat artikel-artikel informatif dan akademis tentang suatu hal yang diterbitkan secara berkala. Umumnya, jurnal digunakan untuk tujuan akademis. Dilihat dari arti keduanya, apakah Anda sudah mulai membuat perbedaan yang jelas?

Baca Juga | Biaya Publikasi Jurnal Sinta

Perbedaan Artikel dan Jurnal Ilmiah

Perbedaan Artikel dan Jurnal Ilmiah

Meski berbeda, artikel dan jurnal ilmiah memiliki tujuan yang sama. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca. Bagi yang ingin mengetahui perbedaan antara jurnal dan artikel ilmiah, silahkan cek komentar di bawah.

Konsultasikan Segera Kebutuhan Publikasi Ilmiah Anda Bersama Tim Ahli Kami Sekarang!

Jenis artikel

Jenis Artikel

Inilah Jenis-jenis Artikel

Dilihat dari perbedaannya, dapat dilihat dari jenis artikel yang diberikan. Ada dua jenis artikel, yaitu artikel penelitian dan artikel non-penelitian. Ini review lebih lengkapnya.

  • Artikel Penelitian

Artikel penelitian bersifat ilmiah. Oleh karena itu, ketika Anda menulis artikel jenis ini, Anda harus secara sistematis menuliskan poin-poin penting. Mulailah dengan menulis judul, nama penulis, abstrak, kata kunci, pendahuluan, gaya, dll. Artikel jenis pencarian memiliki beberapa karakteristik.

Pertama, artikel ilmiah biasanya memuat konten penting, seperti hasil penelitian dan pembahasan hasil penelitian dan kesimpulan. Kedua, jenis bahan ini disusun secara sistematis dalam bentuk simpul dan subbagian. Selain itu, artikel penelitian memuat beberapa prosedur yang harus diikuti.

Pertama, tesis ditulis sebelum laporan teknis. Tujuannya untuk mendapatkan masukan dalam penulisan artikel. Kedua, artikel penelitian dilakukan setelah laporan teknis. Ketiga, artikel berita adalah satu-satunya artikel yang dirancang untuk penelitian yang didanai sendiri. Yaitu menulis artikel tanpa menggunakan sistem angka atau huruf.

  • Artikel non-penelitian

Perbedaan antara jurnal dan artikel ilmiah dapat dilihat pada kategori artikel kedua, yaitu artikel non-riset. Artikel tersebut mengacu pada semua artikel ilmiah yang tidak termasuk dalam laporan penelitian. Meskipun sistemnya tidak serumit artikel penelitian, ada aturan khusus yang harus diikuti untuk artikel semacam itu.

Aturan tidak melebihi 20 halaman. Biasanya, artikel semacam itu berisi pengetahuan dasar. Misalnya, judul, nama penulis, dll, mirip dengan jenis artikel penelitian. Dalam jenis artikel ini, tanda baca dan metode penulisan huruf tidak digunakan.

Hal ini dikarenakan jenis artikel non-penelitian hanya memuat hal-hal yang mendasar. Jumlah halaman hanya 10 sampai 20 halaman. Selain itu, artikel non-penelitian harus mengandung beberapa elemen kunci.

Jenis-Jenis Jurnal

Jenis-jenis jurnal

Apa Saja Jenis-jenis Jurnal?

Perbedaan artikel dan jurnal ilmiah dapat dilihat dari jenis jurnal ilmiahnya. Dalam jurnal ilmiah, Anda harus memahami 3 jenis jurnal. Ini review lengkapnya.

  • Jurnal

Salah satu jenis jurnal ilmiah yang paling banyak ditemui adalah jurnal populer. Majalah jenis ini memuat opini dan informasi yang dapat menghibur pembacanya. Biasanya isi majalah dapat berupa kutipan, iklan, ilustrasi, dan daftar pustaka. Selain itu, majalah populer juga dapat memuat cerita, opini, dan kutipan editorial pilihan.

Bahasa yang digunakan dalam jenis artikel ini mudah dipahami. Biasanya artikel jenis ini banyak mengandung iklan, ilustrasi dan beberapa foto glossy. Selain itu, ada banyak referensi bibliografi yang tidak biasa.

  • Profesional atau Perdagangan

Jurnal jenis ini ditujukan untuk profesi atau industri tertentu. Majalah biasanya memuat berita, opini, atau saran praktis terbaru tentang produk batu. Tidak hanya itu, majalah semacam itu juga memuat ulasan untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang peristiwa industri.

Nanti saya akan mengulas jenis-jenis artikel yang dikumpulkan oleh rekan-rekan. Referensi dapat dimiliki oleh salah satu bagian ini. Contoh untuk referensi Anda termasuk The Bookseller, MediaWeek, dan Advertising Age.

  • Jurnal Ilmiah

Pernahkah Anda mendengar jurnal ilmiah semacam itu? Jurnal ilmiah disebut jurnal referensi, jurnal peer-review dan jurnal akademik. Majalah jenis ini adalah majalah yang isinya berupa artikel dan terbit secara berkala secara berkala. Tujuan pembuatan jurnal semacam itu adalah untuk menyebarluaskan pengetahuan dan meneliti penemuan-penemuan baru.

Selain itu, perbedaan antara artikel ilmiah dan jurnal memuat komentar dan kritik penelitian terkait hasil penelitian. Tidak heran majalah-majalah ini dikenal dengan judulnya. Contoh utama dari jurnal ini adalah publikasi penelitian triwulanan.

Dilihat dari Ciri-cirinya

Setelah Anda melihat perbedaan antara artikel ilmiah dan jurnal sejenis, Anda juga dapat melihatnya berdasarkan karakteristiknya. Dari segi artikel, ciri-ciri tersebut dapat direfleksikan dalam bentuk tulisan artikel. Artikel tidak menggunakan data tabular dan hanya ditulis oleh satu orang. Tidak hanya itu, artikel juga memiliki ciri menggunakan bab dan poin.

Baca Juga: Biaya Publikasi Jurnal Scopus

Struktur pembukaan, isi, dan bentuk penutup. Jurnal memuat fitur-fitur berupa tulisan atau catatan penelitian. Jurnal ilmiah memiliki data panduan belajar dan foto. Selain itu, jurnal biasanya ditulis oleh satu orang atau lebih. Saat menulis buku harian, jangan gunakan bab.

Dilihat dari struktur jurnal, ada judul, abstrak, pendahuluan, alat, bahan, metode, temuan, kesimpulan, dan daftar pustaka. Tidak heran menulis majalah lebih dihargai daripada menulis artikel.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Perbedaan Artikel dan Jurnal Ilmiah, semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah pemahaman kita semua.

Related Post

Tinggalkan komentar