Pengertian Jurnal Khusus

Pengertian Jurnal Khusus – Dalam pencatatan jurnal akuntansi terdapat jurnal umum dan jurnal khusus, namun yang akan kita bahas yaitu jurnal khusus. Jurnal khusus juga terdapat beberapa jenis diantaranya jurnal penjualan, jurnal pembelian, jurnal penerimaan kas, dan jurnal pengeluaran kas.

Pengertian Jurnal Khusus

Pengertian Jurnal Khusus
sumber : freepik

Jurnal yang fungsinya untuk mencatat  semua transaksi keuangan disuatu perusahaan dalam jangka waktu yang berulang, namun dibuat sesuai dengan jenis transaksinya agar memudahkan para karyawan untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Jika sudah dicatat selanjutnya dimasukan secara berurutan ke dalam buku besar dan diringkas kembali dengan data secara berkala dan terperinci. Jurnal khusus juga berfungsi sebagai salahsatu alat untuk memantau perusahaan dalam pencatatan data transaksi.

Dalam artikel ini, semua informasi transaksi pembayaran di suatu perusahaan tidak akan dimasukan secara langsung ke dalam jurnal. Oleh karena itu, jurnal khusus mencatat semua transaksi secara khusus. Transaksi khusus disini bukan berarti transaksi yang di khususkan untuk jurnal umum, tetapi transaksi yang dilakukan secara berulang dengan cara terpenrici.

Berikut masing-masing pengertian jenis-jenis yang terdapat dalam jurnal khusus :

1. Jurnal Penjualan

Yaitu jurnal yang fungsinya untuk menyimpan data transaksi per-hari dari penjualan tersebut secara lengkap dan terperinci. Tujuan utamanya untuk menyederhanakan data informasi transaksi penting dari buku besar, agar jika diposting pada akhir periode ke dalam buku besar hanya inti nya saja.

Jurnal penjualan hanya mencatat secara kredit, sedangkan secara tunai tidak akan tercatat di dalamnya tetapi akan tercatat pada jurnal penerimaan kas.

Setiap akhir periode jumlah kredit dan tunai akan dicatat kedalam buku besar, jika kamu ingin melihat saldo yang sudah termasuk ke dalam buku besar, kamu bisa mengeceknya dengan memasukan nomor faktur yang terdapat pada jurnal penjualan.

Baca juga : Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

2. Jurnal Pembelian

Yaitu jurnal yang fungsinya untuk menyimpan semua jenis informasi pembelian barang secara kredit ataupun bukan, jenis informasi yang termasuk dalam jurnal pembelian seperti pembelian barang dagang secara kredit, pengeluaran barang untuk perlengkapan dan barang lainnya yang dibeli dengan kredit.

Jurnal pembelian juga menulis transaksi per-harinya sesuai dengan tanggal, yang dimana pada akhir periode catatan ini harus dilaporkan dalam jurnal pembelian yang akan di sederhanakan dan diposting ke dalam buku besar. Pada transaksi yang dimasukan pasti akan melibatkan kredit ke rekening hutang, dan tunai ke akun biaya dengan pembelian perlengkapan kantor.

3. Jurnal Pengeluaran Kas

Yaitu jurnal yang fungsinya untuk menyimpan semua transaksi data di setiap pengeluaran uang perusahaan termasuk pembelian secara tunai, pelunasan utang, dan pengambilan uang tunai untuk pribadi. Jurnal khusus di setiap perusahaannya berbeda-beda, oleh karena itu setiap perusahaan memiliki jurnal khusunya masing-masing dan pasti berbeda dengan perusahaan lain, tetapi jika perusahaan tersebut sejenis ada kemungkinan jurnal yang di rancang memiliki kemiripan yang sama.

 4. Jurnal Penerimaan Kas

Yaitu jurnal yang fungsinya jika ada perusahaan dagang yang dimana penjualan itu secara tunai maka harus ditulis, jurnal ini berguna untuk membuka isi dari buku besar yang dimana jika ini dilakukan maka akan terjadi kerusakan antara buku besar dengan jurnal umum, juga berfungsi untuk mencatat semua data transaksi data di setiap penerimaan uang.

Jurnal sebelumnya berguna untuk pencatatan transaksi secara kredit, namun di jurnal penerimaan kas berguna untuk transaksi secara tunai.

Yuk dibaca : Cara Buat Footnote Dari Jurnal

Manfaat Jurnal Khusus

1. Mengakibatkan Terjadinya Pembagian waktu

Jurnal khusus dibagi menjadi berbagai jenis, jadi memungkinkan terjadi adanya pembagian waktu bagi pekerjanya. Bagi perusahaan besar tentu saja harus memperbanyak orang untuk membantu menyelesaikan beberapa jurnal karena tentu saja akan banyak juga transaksi yang masuk dalam perusahaan.

2. Mempermudah untuk posting ke dalam buku besar

Di dalam akuntansi, jurnal ini akan mempermudah untuk pencatatan transaksi dalam jurnal khusus pada buku besar. Jenis pembayaran dalam jurnal khusus akan menjadi lebih muda di posting ke dalam buku besar.

3. Mengurangi resiko data berubah

Membuat data harian dengan pembelian, penjualan, penerimaan dan pengeluaran kas yang dicatat secara terperinci. Untuk proses transaksi yang dicatat per-harinya akan mengurangi resiko data berubah dan penipuan dari pihak manapun di waktu tertentu.

Artikel menarik : Tempat Publish Jurnal

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan tentang pengertian jurnal khusus dan beberapa manfaatnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *