Jurnal Pemakaian Bahan Baku

  • Whatsapp
Jurnal Pemakaian Bahan Baku

Jurnal pemakaian bahan baku – Untuk dapat mencatat bahan baku yang digunakan dalam setiap pemesanan, perusahaan menggunakan dokumen yang disebut dengan aplikasi gudang barang dan sertifikat rilis.

Dokumen ini diisi oleh Bagian Produksi dan diserahkan kepada Bagian Gudang untuk mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan oleh Bagian Produksi. Bagian gudang mengisi jumlah bahan yang diserahkan ke bagian produksi ke dalam tagihan, kemudian tagihan tersebut dijadikan dokumen asli sebagai dasar pencatatan penggunaan bahan.

Jurnal Pemakaian Bahan Baku

Memproses pesanan #101 dan 102, bahan baku yang digunakan adalah sebagai berikut:

jurnal pemakaian bahan baku

Dalam metode kalkulasi biaya pesanan, penggunaan bahan baku dicatat dengan mendebet akun barang dalam proses dan mengkredit akun persediaan bahan baku, berdasarkan bukti permintaan dan bukti pengeluaran barang gudang. Setelah mendebet akun WIP, catat informasi rinci tentang bahan baku yang digunakan dalam biaya pesanan. (Gambar 4.5 dan Gambar 4.6).

Baca juga : cara publikasi jurnal

jurnal pemakaian bahan baku

Log pencatatan penggunaan bahan baku di atas adalah sebagai berikut:

Karena dalam metode biaya pesanan, biaya produksi langsung harus dipisahkan dari biaya produksi tidak langsung, maka penggunaan bahan penolong sebagai unsur biaya produksi tidak langsung dicatat dengan mendebet akun pengendalian biaya tidak langsung pabrik yang sebenarnya.

Debit akun WIP hanya digunakan untuk mencatat overhead manufaktur pada tingkat yang telah ditentukan.

Log untuk mencatat penggunaan bahan pembantu adalah sebagai berikut:

Akhir Kata

Demikian tentang jurnal pemakaian bahan baku yang digunakan dalam produksi, semoga isi bahan-bahan tersebut dapat bermanfaat bagi semua orang.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Sumber : http://akuntansis.blogspot.com/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *