Cara Menggunakan Google Scholar

Cara Menggunakan Google Scholar

Civitas akademika tentu membutuhkan atau mungkin telah mengingat Pedoman Google Cendekia. Google Cendekia adalah salah satu dari sedikit fitur di dunia akademis. Baik itu dari guru yaitu guru dan dosen, hingga siswa dan siswa dan siswa lainnya, semua aktif menggunakan fungsi ini.

Google Scholar banyak digunakan karena merupakan salah satu sumber untuk mencari referensi ilmiah. Misalnya jurnal ilmiah dari berbagai bidang keilmuan. Jika Anda ingin memperdalam penggunaannya, atau mungkin baru saja mendengar Google Scholar dan ingin aktif menggunakannya. Pas banget kali ini saya akan membahas mengenai Cara Menggunakan Google Scholar dengan baik dan benar, tolong disimak baik-baik ya. 

Bacaan Lainnya

Cara Menggunakan Google Scholar

Cara Menggunakan Google Scholar

Jadi, bagaimana Cara Menggunakan Google Scholar? Tentu saja hal ini mudah dilakukan karena sesederhana menggunakan layanan mesin pencari Google. Namun, detailnya adalah sebagai berikut: 

1. Membuka Situs Google Scholar 

Langkah pertama tentu saja membuka website Google Scholar itu sendiri yaitu Scholar.google.com yang terlihat pada gambar di atas. 

2. Mengetik Kata Kunci 

Langkah selanjutnya adalah mengetikkan kata kunci pencarian pada kolom yang tersedia yaitu kotak panjang di bawah logo Google Cendekia. Contohnya adalah pencarian menggunakan kata kunci “penelitian wanita profesional”

Pada gambar di atas, judul yang diberikan pada kotak merah adalah judul yang direkomendasikan berdasarkan kata kunci. Informasi berikut dapat menyebutkan sumber situs, artikel dan bagian jurnal yang direkomendasikan, dll.

Di sisi kanan hasil pencarian adalah bentuk informasi yang direkomendasikan, yang dapat berupa PDF, Microsoft Word, atau lainnya. Jika rekomendasi berupa buku, maka kolom informasi di sebelah kanan akan dikosongkan, seperti kotak merah di bagian bawah. 

3. Mengunduh Dokumen 

Jika sesuai dengan kebutuhan Anda, klik judul yang direkomendasikan yang disediakan oleh Google Cendekia. Setelah mengklik, Google Cendekia akan menautkan ke beranda situs web. Contohnya adalah sebagai berikut.

Jika Anda menemukan rekomendasi seperti itu, maka Anda hanya perlu mencari kata yang mengandung elemen unduhan. Misalnya, kata PDF yang diberikan dalam kotak merah di atas juga dapat dimasukkan dalam kata “unduh”.

Namun, beberapa hasil rekomendasi Google Cendekia akan diunduh secara otomatis. Artinya, setelah mengklik, dokumen dalam format Word atau PDF akan diunduh ke perangkat. Dengan cara ini, Anda dapat langsung membuka dan membaca konten di dalamnya untuk referensi di masa mendatang.  Maka tidak salah kita untuk mengetahui cara menggunakan google scholar dengan baik.

Baca Juga: Apa Itu Google Scholar?

Akhir Kata Demikianlah pembahasan mengenai cara menggunakan google scholar yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *