Cara Menerbitkan Buku Dari Wattpad

Cara Menerbitkan Buku Dari Wattpad

Cara Menerbitkan Buku Dari Wattpad – Beberapa dari Anda mungkin akrab dengan platform Wattpad. Wattpad sendiri merupakan platform yang bisa mengunggah cerita secara rutin hingga menjadi cerita yang lengkap.

Di Wattpad, kamu juga bisa membaca cerita-cerita menarik yang diunggah. Beberapa dirilis seminggu sekali dan dua kali seminggu. Ini seperti meja bercerita.

Bacaan Lainnya

Apa tujuan mengunggah/menerbitkan cerita untuk buku cerita di Wattpad? Yah, tentu saja tujuan mereka berbeda. Beberapa orang disesatkan karena mereka hanya menyukai cerita. Beberapa orang memang berniat untuk menuliskannya menjadi sebuah buku. Beberapa orang ingin menjadi terkenal dan mendapatkan perhatian penerbit buku.

Nah, kali ini saya akan mencoba menjelaskan cara atau teknik yang bisa kamu terapkan ketika ingin menerbitkan buku di Wattpad.

Cara Menerbitkan Buku dari Wattpad

Cara Menerbitkan Buku Dari Wattpad

Yuk simak baik-baik di bawah ini cara posting buku di wattpad: 

1. Buat Ceritamu Semenarik mungkin

Untuk menerbitkan buku di Wattpad, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa cerita yang Anda unggah ke Wattpad menarik pembaca. Nah, untuk membuat cerita Anda menarik, Anda harus terlebih dahulu mendefinisikan karakter dan peran.

Selain itu, Anda juga harus menentukan cerita yang akan digunakan dan merancang konsep cerita untuk proses editing yang benar.

Ya, tentu saja. Jenis cerita juga berpengaruh, menarik atau tidaknya cerita. Jadi pastikan jenis cerita yang kamu pilih membuat orang tertarik untuk membacanya. 

2. Buat Profil yang Menarik

Selanjutnya cara publish buku dari wattpad, jika profil wattpad anda kurang berminat disarankan untuk mengedit dan memperbaikinya agar terlihat bagus dan menarik. Deskripsikan diri Anda secara akurat, tetapi tidak terlalu tinggi.

Dan jangan lupa untuk mengunggah foto profil yang mewakili cerita Anda. Misalnya, jika jenis cerita Anda menakutkan, mungkin Anda dapat membuat profil yang terlihat menakutkan.

Untuk deskripsi, Anda dapat menulis deskripsi untuk menarik minat pembaca pada cerita Anda.

3. Buat Cover dengan Kualitas yang Bagus dan Menarik

Jangan mengandalkan sampul untuk mengukur sebuah buku. Namun, tidak bisa dipungkiri ketika kita memilih buku di toko buku, kita sering melihat covernya terlebih dahulu, bukan?

Dan pembaca di Wattpad. jika. Sampul yang Anda gunakan menarik karena kombinasi warna dan ilustrasi yang konsisten dan sesuai. Tentu pembaca akan mengklik cerita Anda dan langsung membacanya, tetapi tidak. 

Anda tahu, membeli sampul dari ilustrator dan desainer adalah ide yang bagus. Atau Anda dapat mencari pasar desain. Contohnya seperti Shutterstock. Nyatanya perjuangan butuh modal. 

Baca Juga: Cara Memposting Jurnal Umum Ke Buku Besar

4. Tulis Cerita dan Rajin untuk Menerbitkan nya

Cara menerbitkan buku dari Wattpad selanjutnya adalah tidak menulis cerita setelah selesai. Buat rantai dan jadwalkan posting secara teratur. Selama rutin, tidak perlu diulang.

Misalnya, Anda dapat menjadwalkan cerita yang Anda unggah setiap hari Rabu setiap minggu. Atau, misalnya, sebulan sekali pada tanggal 15. Tentu saja Anda harus. Teratur dan konsisten, ya. Jangan bodoh. Pembaca masa depan akan kecewa dengan ketidakkonsistenan Anda.

Anda dapat memprediksi ini dengan menyimpan beberapa episode dari seri cerita untuk diunggah. Jadi upload saja timelinenya nanti. Dengan cara ini Anda akan mengurangi kerumitan.

5. Memasang Akun Wattpadmu pada sosial Media

Ini juga merupakan cara Anda dapat menerbitkan buku di Wattpad. Anda dapat menginstal akun Wattpad Anda di semua media sosial.

Misalnya di Instagram, Twitter, Tumblr dan Facebook. Dan akun media sosial lainnya yang bisa menampung pembaca.

Buat pembaca tertarik untuk berkomentar dan menyukai cerita Anda sehingga menjadi lebih populer. Ini adalah cara menerbitkan buku dari Wattpad, dan Anda bisa melakukannya.

6. Mengikuti Kontes Menulis Di Wattpad

Selain itu, untuk dapat menerbitkan buku di Wattpad adalah dengan mengikuti kompetisi menulis milik Wattpad sendiri. Karena Wattpad sering mengadakan kompetisi menulis secara bersamaan.

Jika Anda beruntung, Anda memiliki peluang besar untuk menjadi terkenal di atas panggung.

Oleh karena itu, silakan bekerja keras untuk berpartisipasi dalam kompetisi menulis di Wattpad. Biasanya Wattpad akan mengadakan kompetisi menulis tahunan, kompetisi akan dinilai dari beberapa kategori. Misalnya, cerita unik, pengembangan plot, dan banyak kategori lainnya.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menerbitkan buku dari Wattpad. Semoga bisa membantu, ya! Jangan berhenti menulis.

Penutup

Ini adalah cara menerbitkan buku dari Wattpad, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menerbitkannya ke aplikasi atau situs web Wattpad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *