Cara Memahami Jurnal internasional

Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara memahami jurnal internasional secara akurat dan tepat beserta contohnya. dan diketahui juga anda bisa menerbitkan jurnal sinta 2 dibulan ini dengan cepat untuk mengetahuinya lebih ditail mari kita simak artikel ini sampai habis.

Hal pertama yang perlu Anda pahami sebelum mempelajari cara menulis artikel ilmiah adalah memahami artikel ilmiah itu sendiri melalui contoh cara menganalisis jurnal.

Artikel ilmiah sering kali diterbitkan di jurnal. Jurnal ilmiah adalah jurnal yang diterbitkan dengan tata letak tertentu dan sering memuat KTI (Artikel Ilmiah).  

KTI sebenarnya memuat data dan informasi ilmiah dan teknis yang disampaikan, ditulis dan dipublikasikan secara berkala sesuai  kaidah penulisan ilmiah.

Oleh karena itu, beberapa profesor atau instruktur akan memberikan pekerjaan rumah kepada Mahasiswanya untuk menganalisis jurnal. Tanggung jawab pekerjaan meliputi:

  • Sediakan bagi siswa pengantar jurnal yang sebenarnya.
  • Dapat meningkatkan kemampuan analitik mahasiswa dalam menghasilkan jurnal ilmiah.
  • Mahasiswa dapat menemukan kelemahan dan kelebihan jurnal yang dianalisis.

Oleh karena itu, untuk membantu Anda lebih memahami log analitik, harap perhatikan definisi log analitik berikut ini:

Pengertian Singkat Cara Memahami Jurnal

Cara Memahami Jurnal Internaisonal

Cara Memahami jurnal adalah dengan memperhatikan hakikat utama  penelitian yang  dipublikasikan oleh sumber-sumber ilmiah, kemudian memadukannya dengan ide dan pemikiran analitis.

Dalam analisis evaluasi, pernyataan deskriptif singkat  diberikan untuk merangkum evaluasi.

Dengan cara ini, pembaca ulasan dapat secara efektif memahami keseluruhan isi ulasan tanpa harus membaca detailnya.

Ini adalah metode yang efektif, jelas dan berguna untuk memahami artikel. Tujuan memahami  jurnal adalah memecah topik atau dokumen penelitian yang kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga usulan temuan penelitian  dapat lebih dipahami.  

Teknik memahami buku harian ini telah digunakan dalam penelitian pendidikan sejak zaman Aristoteles (384-322 SM).

Meskipun konsep analisis formal  relatif baru dalam karya ilmiah, baik dalam format jurnal internasional maupun nasional, konsep ini terbukti bermanfaat.

Cara Memahami Jurnal Internasional Yang Baik dan Benar

Cara Memahami Jurnal Internaisonal

Dari penjelasan pernyataan di atas dapat dikatakan bahwa untuk melakukan memahami jurnalistik diperlukan keterampilan menulis tertentu, yaitu:

1. Pastikan standar kualitas

Disadari atau tidak, sebagian besar jurnal memiliki spesialisasi yang tinggi, seperti jurnal politik, hukum, ekonomi, dan bisnis.

Meskipun beberapa jurnal menerbitkan artikel dan berbagai jenis karya ilmiah dalam bidang  ilmiah yang berbeda, jurnal ilmiah mengandung unsur artikel peer-review untuk memastikan bahwa artikel tersebut memenuhi standar kualitas  dan nilai ilmiah jurnal.

Oleh karena itu, sebelum menganalisis dan mengevaluasi suatu jurnal, pastikan jurnal tersebut memenuhi standar ilmiah yang akan kita pelajari.

2. Berikan informasi rinci

Publikasi hasil penelitian merupakan bagian penting dari semua jenis metode penelitian ilmiah.

Oleh karena itu, ketika mendeskripsikan suatu percobaan atau perhitungan, harus diberikan rincian yang cukup sehingga peneliti independen dapat mengulangi percobaan atau perhitungan tersebut untuk memverifikasi hasilnya.

Rincian ini termasuk menuliskan kekuatan dan kelemahan Anda dan mencatat hasilnya di buku catatan.

3. Cara Menganalisis Jurnal – Pastikan Ilmiah

Terakhir, saat menulis laporan analitis untuk setiap artikel, pastikan metode linguistik yang digunakan memenuhi standar linguistik yang kita yakini.

Misalnya untuk Indonesia, menurut PUBI atau KBBI, hal ini karena catatan artikel kita merupakan bagian dari catatan ilmiah yang permanen.

Contoh Cara Memahami Jurnal dan Penerapannya

Sebelum menerapkan Memahami Jurnal yang sesuai, lakukan  hal berikut:

  1. Baca ringkasan. Ringkasan merupakan salah satu unsur surat kabar yang berbentuk paragraf pendek. Kelebihan abstrak adalah Anda dapat memahami sebagian kecil dari jurnal. Secara umum abstrak dinyatakan dalam 200 kata.  
  2. Latar belakang penelitian. Pada titik ini, cobalah untuk mengaktifkan penganalisa untuk memahami topik yang disajikan secara cermat dan akurat. Contohnya adalah  mengapa penelitian itu dilakukan dan apakah didasarkan pada tema yang mengintegrasikan tujuan penelitian lainnya.  
  3. Menarik kesimpulan  langsung. Menarik kesimpulan secara langsung dapat membantu Anda menghemat waktu dalam meneliti atau sekadar memahami ringkasan keseluruhan penelitian (jurnal).
  4. Temukan titik kunci atau lokasi item tersebut. Dengan memahami dan menguasai makna argumen utama. Analis akan dapat lebih memahami dan menguasai konten penilaian. Ini akan membantu Anda menghindari pengulangannya di buku harian Anda. Namun, tidak ada salahnya membaca kembali catatan Anda, agar konten Anda dapat dianalisis lebih mendalam dan efektif.  
  5. Tinjau argumennya. Setelah menyelesaikan tugas di atas, bacalah unsur-unsur penting dalam buku harian tersebut dan kemudian tinjau kembali poin-poin penting yang dicatat  peneliti.

1. Judul Analisis Jurnal – Contoh Cara Menganalisis Jurnal

Penerapan metode audiovisual STM untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SD Nuda Penida

2. Rangkuman Isi jurnal

Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa dengan penerapan metode STM berbantuan audio visual.  

Society for Science and Technology (STM) adalah divisi terjemahan dari Society for Science and Technology (STS).

Upaya ini bertujuan untuk membawa ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam pengalaman dan kehidupan masyarakat sehari-hari, dengan tetap memberikan perhatian lebih terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat saat ini.

Pada dasarnya organisasi dengan komponen ilmu pengetahuan dan teknologi bersifat lokal, regional, nasional atau global.

Pada pendekatan STM, media dapat memperlancar proses pembelajaran saintifik melalui pendekatan STM di kelas, khususnya melalui penggunaan media audiovisual.

3.Tuliskan Kelebihan Jurnal

Mahasiswa dapat mencari dan mengorganisasikan apa yang telah dipelajarinya melalui kegiatan belajar.

Melatih peserta didik peka terhadap dampak lingkungan yang diakibatkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Komposisi kelompoknya lebih beragam, memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang  kurang mempunyai kemampuan bertanya atau mengemukakan pendapat, serta melakukan refleksi terhadap hasil kerja seluruh siswa.

4. Tuliskan Kelemahan Jurnal

Penerapan metode STM tentunya akan sangat bermanfaat bagi pembelajaran karena selalu menghubungkan isi mata pelajaran dengan kehidupan nyata mahasiswa dan lingkungan global.

Namun dalam kegiatan pembelajaran tidak mungkin secara langsung mengajak siswa untuk berpartisipasi sehari-hari terhadap objek-objek pembelajaran utama yang ada di lingkungannya.

5. Menyarankan dan Solusi

Dosen dapat memberikan materi pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan nyata, karena dalam proses pembelajaran tidak mungkin mengajak Mahasiswa secara langsung  untuk berpartisipasi dalam objek utama pembelajaran  di lingkungan sehari-hari.

Oleh karena itu penggunaan media pembelajaran akan sangat berguna dalam penerapan metode STM, karena media merupakan wadah  pesan  dan sumber atau saluran bertanggung jawab untuk menyampaikannya kepada sasaran atau penerima pesan.

Akhir Kata

Nah, Itu penjelasan dari kami mengenai Cara Memahami jurnal internasional Metode ini dapat dikaitkan dengan berbagai bidang keilmuan. Misalnya pendidikan, ekonomi, akuntansi, dll.  Semoga bermanfaat terima

FAQ


Bagaimana cara kita mengetahui jurnal internasional?

Caranya dengan membuka situsnya di scholar.google.com. Adapun fitur Google Scholar diantaranya: Memberikan akses literatur ilmiah di berbagai bidang ilmu dengan yang mudah. Sumber yang diversifikasi mulai dari jenis jurnal internasional, buku, tesis, konferensi, dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara menerjemahkan jurnal internasional?

Ada banyak cara menerjemahkan jurnal internasional, untuk mengetahuinya Anda bisa simak pada artikel berikut https://publikasiindonesia.id/blog/cara-menerjemahkan-jurnal-internasional/

By Dion

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *