Cara Mengetahui Jurnal Internasional Bereputasi

Oke teman-teman pada materi kali, kami akan memberikan informasi terkait bagaimana cara mengetahui jurnal internasional bereputasi, yuk simak pembahasannya berikut ini. Jurnal internasional secara garis

Dwi Rayhan Sunandar Putra

[addtoany]

Cara Mengetahui Jurnal Internasional Bereputasi

Oke teman-teman pada materi kali, kami akan memberikan informasi terkait bagaimana cara mengetahui jurnal internasional bereputasi, yuk simak pembahasannya berikut ini.

Jurnal internasional secara garis besar merupakan kumpulan artikel ilmiah yang ditulis dalam bahasa internasional atau bahasa PBB.

Bagi kamu yang tertarik dengan penawaran kami, segera konsultasikan kepada Tim Ahli kami melalui Whatsapp di bawah ini!

Cara Mengetahui Jurnal Internasional Bereputasi di Scimago

oke yang pertama, kami akan memberikan cara melihat jurnal bereputasi dengan menggunakan Scimago jr.

  • Silahkan kamu buka halaman Scimago JR dengan url https://www.scimagojr.com/
  • Setelah masuk ke halaman utama, silahkan masukkan nama jurnal yang akan kamu cari. Lalu tekan “Enter” atau klik tombol/tanda cari untuk melakukan pencarian.
  • apa bila telah muncul nama jurnal yang sama persis saat dimasukkan, berarti jurnal itu telah terindeks Scopus dan sudah tercatat di scimago JR. Akan Tetapi, apabila nama jurnal tidak muncul, ada dua kemungkinan. Yang pertama, jurnal tidak terindeks Scopus. Dan yang kedua, jurnal tersebut telah terindeks Scopus, tetapi belum terindeks oleh database Scimago. Biasanya jurnal yang baru saja terindeks scopus tidak langsung terindeks oleh scimago JR.
  • Jika nama jurnal yang kamu cari telah muncul, silahkan klik nama jurnal internasional yang terkenal.
  • Selanjutnya kamu akan dibawa masuk ke halaman detail jurnal internasional tersebut.
  • Nah untuk melihat status Q dari jurnal ilmiah,  arahkan kursor ke bawah layar sampai kamu menemukan blok “Quarters”. 

Perlu kamu ketahui nilai Q jurnal di berbagai bidang berbeda-beda. Perbedaan warna tersebut merupakan perbedaan antara Q, berikut adalah pembahasannya :

  • Hijau menunjukkan bahwa jurnal berada di tingkat kuartil 1
  • Kuning menunjukkan jurnal di tingkat kuartil 2
  • Oranye menunjukkan jurnal di tingkat kuartil 3
  • Merah menunjukkan jurnal di tingkat kuartil 4

Ketika kamu mengarahkan kursor mouse menunjuk ke suatu warna, maka akan muncul pada posisi Q-nya. jadi seperti itulah cara melihat Q jurnal bereputasi di Scimago JR. Jadi jika ada perbedaan antara Q, kamu mau pakai yang mana? Nah jawabannya mungkin berbeda-beda, tapi yang paling masuk akal yaitu berdasarkan artikel atau bidang ilmu yang kamu gulati.

Seringkali ini berkaitan dengan penilaian peringkat atau insentif. Jadi intinya bergantung pada pengulas untuk memutuskan. akan tetapi, Scimago memberikan ulasan posisi Q terbaik jurnal dan SJR-nya pada bagian bawah layar deskripsi jurnal.  

Cara Mengetahui Jurnal Internasional Bereputasi di Scopus

Cara selanjutnya untuk cara melihat jurnal bereputas yaitu melihat langsung pada laman Scopus. Langsung saja berikut langkah-langkahnya :

  • Silahkan kamu buka halaman Scopus dengan url berikut https://www.scopus.com/. lalu klik “Sumber” pada sudut kanan atas monitor kamu.
  • Kemudian ketikan nama jurnal pada kolom “Enter title” lalu klik “Find sources”.
  • Hasil pencarian kamu akan otomatis muncul. Dan jika tidak muncul, jurnal mungkin telah ditangguhkan oleh pihak Scopus.
  • Kemudian silahkan kamu klik nama jurnal pada hasil pencarian jika jurnal yang kamu butuhkan telah muncul.
  • Nah untuk melihat posisi relatif dari jurnal internasional berbasis CiteScore di Scopus, arahkan kursor kamu ke bagian bawah layar.
  • Nah kemudian kamu bisa meliat tinggi rendahnya jurnal dari masing bidang keilmuan tertentu.

Cara Mengetahui Jurnal Internasional Bereputasi di WoS

Selanjutnya kita akan menggunakan bantuan situs yang berna WoS. Berikut adalah cara melihat jurnal internasional bereputasi di WoS :

  • Silahkan kamu buka laman Master Journal List dari Web of Science pada laman https://mjl.clarivate.com/home
  • Jika kamu tidak memiliki akun, silahkan login atau buat akun terlebih dahulu. Untuk mendaftarnya sangat mudah dan gratis, kamu dapat mendaftar atau masuk dengan email Google pada perangkat kamu.
  • Setelah kamu berhasil login, silahkan ketikan nama jurnal yang ingin kamu cari dan klik “Search Journal”.
  • Nah apabila jurnal tersebut tidak muncul pada hasil pencarian, itu artinya jurnal tidak terindeks oleh WoS.
  • Jadi sebagai gantinya, kami akan memeriksa jurnal yang muncul pada bagian atas pencarian. Kemudian silakan klik “Lihat Halaman Profil” untuk melihat Faktor Dampak dari jurnal.
  • Penjelasan rinci mengenai jurnal ditunjukkan akan muncul. Untuk melihat faktor dampak, arahkan kursor ke bagian bawah monitor kamu.
  • Untuk hasilnya ternyata jurnal tersebut belum masuk dalam standar jurnal bereputasi internasional. Karena walaupun masuk dalam WoS, impact factornya atau dampaknya tetap 0,000.
  • Yang termasuk jurnal internasional bergengsi dengan indeks WoS merupakan jurnal yang sudah memiliki impact factor di atas angka 0,000.  

Jasa Publikasi Jurnal internasional Cepat & Pasti Terbit

Untuk mendapatkan tempat publikasi jurnal cepat dan gratis cukup susah. Setidaknya kamu membutuhkan waktu paling cepat 4 bulan hingga satu tahun. Karena jurnal biasanya terbit berkala dalam kurun waktu 3 bulanan, 4 bulanan, 6 bulanan dan tahunan.

Nah, agar naskah jurnalmu bisa terbit dengan cepat, maka kamu membutuhkan tempat publikasi jurnal internasional atau nasional yang terbit setiap bulan.

Memang, sekarang ini cukup sulit untuk mencari tempat submit jurnal internasional maupun nasional yang bisa terbit setiap bulan dan terbukti kredibilitasnya.

Tapi jangan khawatir, kami hadir untuk menjadi solusi terbaik bagi kamu.

Kami (Publikasi Indonesia) sendiri sudah mengelola lebih dari 8 jurnal internasional bereputasi dan nasional terakreditasi. Tentunya, semua jurnal yang kami kelola ini sudah terakreditasi Dikti.

Berikut beberapa contoh Jurnal yang dikelola oleh Publikasi Indonesia : Jurnal Indonesia Sosial Sains, Jurnal Cerdika (Kesehatan), Jurnal Comserva, Jurnal Pendidikan Indonesia dan Jurnal Indonesia Sosial Teknologi.

Dan kemudian ada juga jurnal internasional yaitu : Jurnal JRSSEM.

Selain itu, Publikasi Indonesia juga menyediakan :

Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi (Bagi Kampus Yang Belum memiliki Jurnal Terakreditasi Bisa Memilih Produk Tersebut)

Bagi kamu yang tertarik dengan penawaran kami, segera konsultasikan kepada Tim Ahli kami melalui Whatsapp di bawah ini!

Kesimpulan

Nah bagaimana  teman-teman? mudah bukan cara mengetahui jurnal internasional bereputasi ini, Jika ada yang belum mengerti silahkan tanyakan di kolom komentar ya. Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan, semoga bisa membantu kalian semua. Terima kasih.

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar