Cara Membuat Jurnal Internasional

Bagaimana cara membuat jurnal internasional dengan baik dan benar sesuai dengan strukturnya? Nah, Anda berada pada artikel yang tepat. Biasanya jurnal internasional tulisannya secara urut

Rudi Ferdiansah

[addtoany]

Cara Membuat Jurnal Internasional

Bagaimana cara membuat jurnal internasional dengan baik dan benar sesuai dengan strukturnya? Nah, Anda berada pada artikel yang tepat.

Biasanya jurnal internasional tulisannya secara urut mulai dari judul sampai referensi. Jurnal ini mempunyai struktur penulisan yang baku. Namun cara menulis manuscript jurnal yang mudah tidaklah harus urut. Sebelum ke cara membuat jurnal internasional, ada baiknya Anda ketahui dulu pengertian jurnal internasional.

Apa Itu Jurnal Internasional?

Jurnal internasional adalah terbitan jurnal yang dilakukan oleh pihak internasional. Jurnal ada yang sudah bereputasi dan ada juga yang tidak. Ciri utama jurnal bereputasi adalah terindeks di dalam database yang bereputasi juga seperti scopus.

Hanya saja bisa ditemukan juga penelitian di situs internasional yang menggunakan bahasa selain bahasa Inggris, misalnya bahasa Rusia, Arab, dan banyak lagi. Namun bagi dosen yang akan menerbitkan jurnal biasanya pakai bahasa Inggris.

Publikasi jurnal ini biasanya menjadi salah satu syarat wajib kelulusan saat menempuh pendidikan pascasarjana.

Ada beberapa faktor yang membuat jurnal internasional sulit untuk ditembus. Mulai dari penulisan yang rumit, antrian dari penulis jurnal negara lain, dan juga reviewer yang cenderung lebih perfeksionis.

ARTIKEL TERKAIT : “Cara Publikasi Jurnal Nasional”

Struktur Jurnal Internasional

Biasanya jurnal ini mempunyai susunan seperti berikut :

  • Title
  • Authors
  • Affiliation
  • Abstract
  • Introduction
  • Materials and Method
  • Result
  • Discussion
  • Conclusion
  • Acknowledgements
  • References

Jasa Pembuatan Jurnal Internasional Cepat Dan Terpercaya

Jasa Pembuatan Jurnal Internasional

Bagi kamu yang sedang mencari jasa pembuatan jurnal baik jurnal ilmiah, Internasional, Skripsi, Scopus, Nasional, Sinta 1, 2, 3, 4, 5 dan 6, Kami siap memenuhi kebutuhanmu!

Dalam membuat jurnal sendiri, bisa dikatakan cukup sulit. Tidak sembarangan orang bisa melakukannya. Oleh karena itu diperlukan beberapa tips dan trik dalam membuatnya.

Karena cukup sulit, maka banyak dari mereka lebih memilih mencari jasa pembuatan jurnal.

Tapi ingat! Dalam mencari jasa pembuatan jurnal, kamu harus mencari jasa yang benar-benar kredibel dan terpercaya.

Publikasi Indonesia siap menjadi solusi terbaik dalam pembuatan jurnal.

Bagi kamu yang sedang mencari jasa pembuatan jurnal, bisa langsung konsultasikan kepada kami. Klik Whatsapp di bawah ini untuk mendapatkan promo pembuatan jurnal!

[njwa_button id=”67997″]

Cara Membuat Jurnal Internasional Yang Baik dan Benar

Supaya lebih mudah dalam menyusun penelitian yang akan diterbitkan secara internasional, berikut tata cara penulisannya:

1. Tentukan Tema Penelitian

Tahapan pertama untuk membuat jurnal internasionnal adalah menentukan tema penelitian, penting untuk memastikan menarik. Misalnya memilih tema yang sedang hangat, tetap relevan dengan bidang ilmu yang Anda kuasai, dan mengandung unsur kebaruan.

2. Relevan dengan Bidang Keilmuan

Mencari referensi jurnal dan sebaiknya Anda sesuaikan dengan bidang keilmuan yang dimiliki. Sehingga tidak gagal pada tengah jalan, karena saat relevan maka akan dianggap kompeten di bidang tersebut.

3. Buat Reviewer Terpikat

Penyusunan jurnal perlu memperhatikan selera dan kebutuhan reviewer. Sehingga penting untuk mampu menarik perhatian dari mereka, misalnya menggunakan jurnal referensi hasil penelitian reviewer namun tetap sesuai bidang ilmu yang Anda miliki.

4. Pakai Alat Supaya Tidak Human Error

Saat membuat jurnal usahakan sesuaikan dengan panduan penulisan yang berlaku. Selain itu perlu menghindari kesalahan yang disebabkan oleh human error. Misalnya salah ketik atau typo, salah tata bahasa, salah dalam penyusunan bagian jurnal, dan lain-lain.

5. Menghindari Plagiat

Plagiarisme menjadi dosa besar di dunia akademik, jadi pahami betul bagaimana menyusun jurnal yang bebas unsur plagiat.

6. Menyusun Daftar Pustaka

Penulisan daftar pustaka harus cermat dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Jika diperlukan maka bisa menggunakan aplikasi khusus untuk menyusunnya, supaya terhindar dari human error.

7. Susun Persembahan

Persembahan letaknya di bagian akhir jurnal dan ternyata ini hal yang penting. Karena penulis jurnal bisa menyampaikan segala ucapan terima kasih dan mengapresiasi bantuan dari semua pihak.

8. Pembayaran

Jika jurnal yang disusun sudah diterima maka akan menerima LoA (Letter of Acceptance) dan di dalamnya terdapat invoice. Jadi, silahkan segera melakukan pembayaran dan biasanya menggunakan mata uang dari negara asal namun bisa pula memakai dollar Amerika.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai cara membuat jurnal internasional yang bisa Admin berikan. Semoga pengulasan tentang tips-tips ini bisa bermanfaat serta menambah wawasan bagi segenap pembaca sekalian, yang saat ini sedang mempersipakan hasil penelitiannya go internasional. Untuk artikel seputar jurnal ilmiah nasional bisa terus kunjungi publikasiindonesia.id

Related Post

Tinggalkan komentar